Beranda blog Halaman 3818

Nokia Lumia 1020 Resmi Masuk Pasar Indonesia

0
Peluncuran Nokia Lumia 1020 (wnh/telsetnews)
Peluncuran Nokia Lumia 1020 (wnh/telsetnews)

Jakarta –  Selah meluncur pada Juli lalu di pasar Eropa, Nokia Indonesia akhirnya menghadirkan smartphone flagship terbarunya di Indonesia, Nokia Lumia 1020.

Ponsel cerdas dengan kamera super besar 41MP ini sebenarnya sudah bisa dipesan sejak akhir November lalu, dan kini mulai dipasarkan secara resmi.

Menurut Anvid Erdian, Produk Manajer Nokia Indonesia, kehadiran Nokia Lumia 1020 diharapkan bisa memenuhi keinginan pengguna yang selalu ingin narsis, untuk memajang foto terbaiknya di ranah media sosial yang mereka miliki.

“Lumia 1020 akan mengantarkan penggunannya mendapatkan hasil foto terbaik, bahkan bisa langsung di pajang pada situs sosial mereka,” kata Anvid Erdian di acara peluncuran Nokia Lumia 1020 di The Foundary, Jakarta, Senin (9/12).

Nokia Lumia 1020 dibekali dengan prosesor kelas Dual Core kecepatan 1.5 GHz dengan dukungan memori RAM sebesar 2GB. Pada bagian layar, ponsel ini menggunakan layar dengan dimensi 4.5 inch, dan berjalan menggunakan sistem operasi Windows Phone 8.

Sementara itu, Presiden Director Nokia Indonesia William Hamilton White menambahkan, bahwa Nokia Lumia 1020 memiliki kekuatan daya tarik pada lensa kameranya.

“Ini adalah best camera smartphone yang ada di pasar Indonesia saat ini. Teknologi Carl Zeiss dapat menghasilkan foto yang jernih dengan detail tajam layaknya kamera digital,” pungkasnya.

Hal itu bisa didapat karena Lumia 1020 sudah dibekali teknologi kamera yang super, yakni sensor 41 MP, enam lensa optik Zeiss, dan dilengkapi optical image stabilization

Kelebihan lainnya, menurut Willian, Nokia Lumia 1020 juga mempunyai kekuatan di fitur auto fokus dan dalam pemotretan di cahaya low light. “Kameranya sangat bisa diandalkan saat mengambil foto di kondisi rendah cahaya,” kata William.

Dalam paket penjualannya , Nokia menggandeng Telkomsel untuk membundling dengan kartu perdana Simpati. Setiap pembelian Lumia 1020, pelanggan akan mendapatkan paket data Simpati sebesar 6GB, selama 3 bulan pertama dan waktu bicara sebanya 300 menit.[WNH/HBS]

 

CEO Ford Kandidat Kuat Pimpin Microsoft

0
Steve Ballmer dan Alan Mulally (bussinesinsider/telsetnews)
Steve Ballmer dan Alan Mulally (businessinsider/telsetnews)

Jakarta – Sejak mengumumkan Steve Ballmer akan segera pensiun dari jabatannya sebagai CEO, pihak Microsoft hingga kini masih terus mencari kandidat pengganti Ballmer. Dari beberapa kandidat yang masuk, nama Alan Mulally disebut-sebut menjadi kandidat terkuat.

Adalah Rick Sherlund, analis dari Nomura yang mengklaim informasi tersebut. Sherlund bahkan berani menjamin kabar yang ia hembuskan tersebut adalah akurat dan benar.

Dari rumor yang telah beredar sebelumnya, nama Mulallay memang masuk dalam kendidat CEO Microsoft yang baru bersama beberapa nama lainnya. Mulallay sendiri hingga kini masih menjabat sebagai CEO Ford.

“Kami melihat ini sebagai jawaban atas pertanyaan sebelumnya, dan menurut pandangan kami melihat dewan direksi Microsoft konsisten mengarahkan pilihannya ke Mulallay untuk mengisi slot CEO,” kata Sherlund, yang dikutip telsetNews dari The Verge, Sabtu (7/12).

Meski Sherlund berpendapat informasi yang didapatnya adalah akurat, namun belum ada yang dapat memastikan informasi tersebut akan menjadi sebuah kebenaran. Ada beberapa pihak yang meragukan keakuratan informasi tersebut, karena sebelumnya Mulallay telah menegaskan akan bertahan di Ford hingga 2014 mendatang.

Sebelumnya mantan CEO Nokia Stephen Elop juga sempat disebut-sebut sebagai kandidat kuat CEO Microsoft yang baru. Namun kabar terakhir menyebutkan, Elop sudah tidak masuk lagi dalam daftar calon CEO Microsoft.

Selain Elop, pejabat Microsoft lainnya, Tony Bates juga disebutkan telah dicoret dari dalam daftar calon kandidat. Justru kini nama Satya Nadella Executive Vice president of Cloud and Enterprise Microsoft yang digadang-gadang masuk dalam pertarungan calon pengganti Ballmer.

Microsoft sendiri rencananya akan mengumumkan CEO Mirosoft yang baru pada akhir Desember nanti. [HBS]

 

Typo Keyboard, Casing Keyboard Anti Typo

0
Typo Keyboards
Typo Keyboards

Jakarta – Hampir sebagian besar smartphone kini menggunakan layar sentuh, termasuk iPhone. Layar jenis ini bagi sebagian orang masih kurang familiar, akibatnya banyak yang mengalami kesulitan saat mengetik.

Kesalahan mengetik atau typo merupakan masalah yang paling banyak dikeluhkan para pengguna smartphone layar sentuh. Namun ternyata masalah typo ini justru menjadi peluang bisnis baru bagi Ryan Seacrest.

Ya, presenter acara American Idol itu cukup jeli melihat masalah tersebut dan melalui perusahaan yang dimilikinya, Seacrest membuat sebuah aksesoris berupa casing iPhone anti-typo.

Casing unik yang diberi nama ‘Typo Keyboards’ tersebut selain berfungsi sebagai cover pelindung iPhone, juga dirancang khusus sebagai qwerty keyboard yang bisa dipakai untuk mengetik.

Seperti dikutip telsetNews dari Ubergizmo, Sabtu (7/12), keyboard yang terpasang plug-in  pada bagian bawah casing tersebut menyerupai keyboard qwerty khas milik BlackBerry.  

Dan sesuai namanya, Typo Keyboards juga dilengkapi fitur seperti auto correct yang mengoreksi kesalahan pengetikan secara otomatis. Untuk memudahkan pengetikan saat kondisi gelap, disediakan juga back light keyboard.

Menurut informasi, Typo Keyboards akan mulai diperkenalkan pada Januari mendatang di ajang CES 2014. Sementara untuk harganya, keyboard anti typo ini akan dibanderol seharga USD 99.

Bagi Anda yang berminat ingin memiliki Typo Keyboards, Anda bisa langsung memesannya lewat website resminya di http://typokeyboards.com/. Selamat mencoba.[HBS]

Typo Keyboards
Typo Keyboards

Typo Keyboards

Ulang Tahun Pertama, max3 Raih 120 Ribu Home Pass

0
TV Kabel max3
TV Kabel max3

Jakarta – Di hari jadinya yang pertama, max3 terus melakukan inovasi dan pengembangan jaringan di wilayah Jawa dan Bali. Tepat di ulang tahun yang pertama, max3 telah mencapai pembangunan lebih dari 120 ribu home pass.

Adi Kusma, Presiden Direktur Biznet Networks mengatakan bahwa PT Supra Primatama Nusantara selaku pemegang brand max3 Internet + Cable TV akan terus mengembangkan layanan dan jaringannya di beberapa kota besar lainnya di Indonesia.

“Kami tidak akan pernah berhenti berinovasi dan berkomitment untuk terus mengembangkan layanan TV Kabel di Indonesia,” kata Adi Kusma dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (7/12).

Dengan biaya berlangganan mulai Rp 250 ribu, pelanggan max3 bisa menikmati layanan Internet Ultra Cepat dan hiburan TV Kabel digital dengan lebih dari 90 channel (66 Standard Definition channel dan 25 High Definition channel), termasuk saluran TV lokal.

Saat ini layanan max3 Internet + Cable TV sudah dapat dinikmati di  Jakarta, Banten, Jawa Barat dan Bali. Sedangkan di Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur baru hanya layanan max3 Internet saja. Segmen yang disasar max3 adalah perumahan, apartemen dan villa.

Biznet juga menawarkan layanan Biznet Hospitality Solution. Layanan ini menawarkan solusi yang terintegrasi dari Biznet Dedicated Line dan layanan max3 Cable TV dengan investasi yang terjangkau.

Biznet mengklaim layanan ini menawarkan akses Internet yang sangat cepat dan saluran TV yang jernih dengan kualitas digital HD (High Definition). Salah satu klient yang telah menikmati layanan Biznet Hospitality Solution adalah Hotel RIMBA Jimbaran Bali.

“Memberikan pelayanan yang terbaik adalah komitmen kami dalam menyediakan berbagai fasilitas terbaik seperti Internet kecepatan tinggi, Wifi juga layanan TV kabel dengan kualitas HD,” kata Clive Edwards, Resort Manager RIMBA Jimbaran Bali.[HBS]

 

 

 

Huawei Jadi Sponsor Premium AC Milan

0
Daniele De Grandis Direktur Eksekutif Huawei Device Italia dan Adriano Galliani Wakil Ketua dan Managing Director AC Milan
Daniele De Grandis Direktur Eksekutif Huawei Device Italia dan Adriano Galliani Wakil Ketua dan Managing Director AC Milan

Jakarta – Masuknya sejumlah vendor sebagai sponsor klub sepakbola seperti tengah menjadi trend. Langkah inipun diikuti oleh Huawei yang kini menjadi salah satu sponsor klub sepakbola kenamaan asal Italia, AC Milan.

Dalam sebuah acara konferensi pers yang digelar di “Sala dei Trofei” di dalam markas klub sepak bola di Milan, Huawei, perusahaan raksasa penyedia jasa solusi teknologi asal China mengumukan telah menandatangani perjanjian kerjasama sponsor dengan klub sepakbola AC Milan.

Turut menghadiri penandatanganan adalah George Zhao CEO Huawei Italia, Daniele De Grandis Direktur Eksekutif Huawei Device Italia, Adriano Galliani Wakil Ketua dan Managing Director AC Milan Franco Baresi dan Daniele Massaro, serta dihadiri oleh para mantan pemain dan duta besar resmi dari AC Milan.

Dengan adanya kerjasama sponsor tersebut, Huawei akan menawarkan visibilitas yang lebih baik bagi klub sepakbola tersebut dengan pasar China. Huawei akan menyiakan perangkat terbaiknya bagi para pemain AC Milan dan manajemennya.

Disebutkan, bahwa perjanjian kerjasama sponsor Huawei dan AC Milan ini bertujuan untuk menciptakan sinergi antara kedua merek, termasuk penggunaan logo AC Milan dan gambar para pemain dalam kegiatan komunikasi dan promosi Huawei di Italia dan di luar negeri.

“Merupakan sebuah kehormatan besar bagi AC Milan untuk dipilih oleh raksasa global seperti Huawei untuk menerapkan pengembangan dan strategi pemasarannya,” kata Adriano Galliani, Wakil Ketua dan Managing Director dari AC Milan dalam keterangan pers yang diterima telsetNews, Jumat (12/12).

Menurut Galliani, pihaknya telah menandatangi perjanjian kerjasama tiga tahun yang akan memungkinkan kita untuk secara bersama-sama merencanakan dan mengembangkan sejumlah usaha dan kegiatan konsumen.

“Perjanjian dengan Huawei akan membuka peluang usaha yang besar di pasar China dan saya yakin bahwa kerjasama ini akan memberikan kepuasan bagi kedua belah pihak,” ujarnya.

“Setelah sukses besar pada acara Super Cup 2011 di Beijing, kami sangat menantikan kelanjutan hubungan kerjasama dengan AC Milan, sebuah klub sepak bola terkemuka yang sangat sesuai dengan dengan tujuan kami membangun kepemimpinan dalam pasar konsumen,” kata George Zhao, CEO Huawei Italia.

Sementara itu, Daniele De Grandis, Direktur Eksekutif, Huawei Device Italia mengatakan, bhawa kerjasama sponsor ini merupakan kesempatan yang besar untuk membawa merek dan produk-produk Huawei kepada kalangan konsumen yang lebih luas, tidak terbatas kepada pasar Italia dan Eropa tetapi juga secara global.

“Kami bangga bisa menggandengkan merek kami dengan AC Milan, sebuah tim dengan rekor prestasi yang luar biasa untuk mewakili produk-produk kami yang berteknologi dan berkinerja tinggi seperti Huawei Ascend P6, smartphone terbaru kami yang paling tipis di dunia,” pungkas Daniele De Grandis Direktur Eksekutif Huawei Device Italia.[HBS]

Menyesal, BlackBerry Tolak Justin Bieber

0
Justin Bieber dan BlackBerry
Justin Bieber dan BlackBerry

Jakarta – Penyesalan memang biasanya datang belakangan. Begitulah kira-kira nasib yang dialami BlackBerry. Perusahaan asal Kanada yang kini tengah berjuang keluar dari keterpurukan itu harus menyesal karena telah menolak Justin Bieber.

Kenapa BlackBerry menyesal telah menolak pelantun ‘Never Say Never’ tersebut? Kejadian ini memang sudah cukup lama berlalu, yakni tepatnya sekitar tahun 2011 silam. Saat itu Justin Bieber yang juga berasal dari Kanada itu menawarkan diri untuk menjadi brand ambassador bagi BlackBerry. Namun tawaran itu ditolak BlackBerry.

Penolakan inilah yang mungkin akan disesali pihak BlackBerry sekarang, karena bukan tidak mungkin jika saat itu tawaran Bieber mereka terima, kemungkinan pamor BlackBerry tidak terlalu terpuruk seperti sekarang.

Nama Bieber saat itu memang belum semengkilap sekarang, karena penyanyi kelahiran Kanada itu baru mulai manapaki karirnya di dunia tarik suara pada tingkat lokal negaranya saja.

Ada secuil kisah menarik dari cerita penolakan BlackBerry ini. Adalah Vincent Washington, senior manager business development BlackBerry yang menjabat sejak tahun 2001 hingga 2011 yang mengungkap kejadian menarik tersebut.

Menurutnya, seperti yang diberitakan BusinessWeek, Jumat (12/12), saat itu sekitar tahun 2011, Bieber pernah menawarkan diri untuk menjadi brand ambassador BlackBerry dengan tawaran harga yang sebenarnya sangat murah.

“Beiber datang kepada kami dan mengatakan dia bersedia menjadi brand ambassador BlackBerry asalkan kami memberikan USD 200 ribu dan 20 handset BlackBerry,” ujar Vincent mengisahkan.

Namun tawaran Bieber yang saat itu memang belum terkenal seperti sekarang bukannya diterima, malah tim marketing BlackBerry saat itu justru menertawakan tawaran yang diajukan Bieber tersebut.

“Tawaran anak ini hanya iseng. Popularitasnya paling tidak akan bertahan lama,” ucap Vincent menirukan tim marketing BlackBerry. Menariknya, menurut Vincent, saat itu dia justru mengatakan, “Anak ini popularitasnya mungkin akan lebih lama dibanding RIM,” ucap Vincent yang disambut tawa semua orang yang hadir di ruangan itu.

Sekarang tentu saja Vincent dkk di ruangan itu tak lagi bisa tertawa lebar setelah melihat karir Bieber yang meroket bak meteor di industri musik dunia. Tawaran USD 200 ribu + 20 handset BlackBerry tentulah tak akan lagi bisa terulang.

Karena dengan status Bieber sebagai ‘super star’ seperti sekarang, BlackBerry dipastikan harus merogoh koceknya dalam-dalam jika ingin memakai jasa Beiber sebagai brand ambassador BlackBerry.

Jika sudah begini, sekarang Bieber yang gantian tertawa lebar, sementara BlackBerry harus meratapi nasibnya yang semakin terpuruk di industri ponsel dunia. Menyesal belakangan tiada guna, begitulah kira-kira yang diucapkan Bieber. Nasib…nasib….apes..[HBS]

 

Samsung Patenkan Teknologi Layar Transparan Dual Fungsi

0
Teknologi layar transparan Samsung (SamMobile/telsetNews)
Teknologi layar transparan Samsung (SamMobile/telsetNews)

Jakarta – Samsung seolah tidak ingin berhenti dalam berinovasi dalam mengembengkan teknologi layarnya. Setelah sebelumnya memperkenlakan teknologi layar fleksibel/melengkung, kini Samsung dilaporkan tengah menyiapkan teknologi dengan layar transparan.

Samsung dan LG menjadi dua vendor pertama yang memperkenalkan smartphone dengan teknologi layar melengkung. Meski teknologi ini dipercaya akan segera menjadi tren, namun Samsung sepertinya masih ingin mengembangkan teknologi layarnya dengan memperkenalkan teknologi layar transparan.

Raksasa elektronik asal Korea Selatan tersebut seperti dilaporkan SamMobile, Jumat (12/12), telah mengajukan paten teknologi layar transparan yang disebutkan bakal punya fungsi ganda.

Paten Bolt melansir, paten layar transparan yang diajukan Samsung Display itu adalah mengenai dual fungsi layar. Nantinya tak hanya bagian depan layarnya saja yang bisa menerima perintah, tetapi bagian belakangnya juga bisa.

Menariknya, menurut Paten Bolt, perintah yang diterima pada layar bagian depan dan belakang ponsel bisa menjalani tugas/perintah yang berbeda.

Samsung sendiri diketahui sudah beberapa kali telah mengenalkan layar jenis tersebut di pameran alat elektronik, meski implementasinya masih dalam tahap pengembangan.[HBS]

Teknologi layar transparan Samsung(2)

 

BBM Hanya Populer di Negara-negara Ini

0
BBM lintas platform
BBM lintas platform

Jakarta – Kehadiran aplikasi BBM untuk Android dan iOS ternyata disambut gegap gempita hanya di beberapa negara saja. Hal ini dipengaruhi oleh kepopuleran handset BlackBerry yang semakin redup secara global.

Saat diluncurkan pertama kali pada Oktober lalu, BBM untuk Android dan iOS memang sempat menimbulkan euphoria sesaat. Aplikasi pesan instant milik BlackBerry itu sempat menduduki peringkat 2 iTunes App Store setelah diunduh 5 juta kali hanya dalam waktu 8 jam sejak peluncuran pertamanya.

Namun hal itu tidak berlangsung lama, karena BBM untuk Android dan iOS selanjutnya hanya bertahan di beberapa negara saja.

Menurut laporan Distimo yang dikutip telsetNews dari Ubergizmo, Jumat (12/12), penyebaran aplikasi BBM untuk iOS hanya bertahan di India, Malaysia, Filipina, dan Indonesia.

Di negara-negara tersebut BBM tidak terlalu mendapat kesulitan dalam persaingannya dengan sejumlah layanan instant messaging yang kini tengah naik daun, seperti LINE, WeChat, KakaoTalk, dan Viber.

Sementara di beberapa negara seperti China, Jepang, dan Korea Selatan, kehadiran BBM untuk iOS tidak terlalu berpengaruh, karena di negara-negara tersebut BBM harus bersaingan dengan pesaing-pesaing beratnya tadi.

Hasil survey ini tidak terlalu mengagetkan karena saat ini handset BlackBerry memang masih sangat populer di India, Malaysia, Filipina, dan Indonesia.

Populernya BBM untuk iOS lebih disebabkan karena sebagian besar mantan pengguna BlackBerry yang kini telah beralih sebagai pengguna perangkat iOS masih ingin terus terhubung dengan teman atau kerabatnya yang masih menggunakan perangkat BlackBerry.[HBS]

Penyebaran BBM untuk iOS

Luncurkan Shopify, Telkomsel Sasar Toko Online untuk UKM

0
Telkomsel luncurkan Shopify
Telkomsel luncurkan Shopify

Jakarta – Semakin masifnya penggunaan Internet di Tanah Air menyebabkan usaha situs toko online kini semakin menjamur. Trend ini tak dilewatkan Telkomsel yang pada hari ini memperkenalkan platform e-commerce berbasis web, ‘Shopify’.

Layanan yang merupakan hasil kerjasama dengan Singtel Digital Media (STDM) ini menawarkan solusi pembuatan situs toko online dengan harga ekonomis tapi mudah dalam pengaplikasian dan memiliki tampilan yang profesional.

Shopify akan menyasar para pelaku usaha online di sektor industri Usaha Kecil Menengah (UKM). Layanan ini dipercaya akan mampu meningkatkan kepercayaan calon pelanggan terhadap nilai jual pemilik usaha hingga ke level internasional.

Direktur Sales Telkomsel Mas’ud Khamid mengatakan, bahwa dengan semakin digital-nya gaya hidup masyarakat sekarang ini, berdampak pada makin maraknya pertumbuhan pelaku usaha online.

“Hal itulah yang mendorong Telkomsel menghadirkan Shopify. Layanan platform e-commerce ini sudah siap pakai, yang akan memudahkan penggunanya untuk membangun situs toko online dalam waktu singkat,” ujar Mas’ud dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (3/12).

Dia mengatakan, layanan ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam bertransaksi digital bagi pemilik bisnis level UKM, yang tentu akan membantu perluasan bisnis mereka hingga mendunia ke wilayah manapun yang dinginkan.

Melalui Shopify, setiap pemilik usaha yang ingin mempunyai toko online dapat membuat desain sendiri, mengubahnya serta mengatur fitur-fitur yang dibutuhkan, tanpa perlu belajar tentang IT, programming ataupun Web Design.

Para pelanggan juga dapat memanfaatkan tim technical support yang dapat diakses setiap waktu melalui telepon maupun email, saat menemui kendala. Dan untuk memantau online store, para pelanggan bisa memanfaatkan layanan Telkomsel Flash yang mendukung Shopify.

Tak hanya itu, Telkomsel juga memberikan dukungan dari sisi promosi karena keberadaan platform jual-beli UKM ini juga dilengkapi dengan pilihan paket iklan digital dari Telkomsel Digital Advertising.

Ada tiga pilihan paket Bundling Shopify yang ditawarkan, yakni Starter Package, Advertising Package dan Premium Package. Melalui paket-paket ini para pengguna akan mendapatkan berbagai benefit, diantaranya data gratis dan SMS broadcast gratis.

“Kami sangat mendukung pengembangan UKM agar dapat sukses bersaing. Dengan solusi yang ditawarkan Shopify, kami yakin akan dapat membantu para pelaku UKM di Indonesia membangun online store yang menguntungkan,” kata Mas’ud.

Sebagai informasi, Shopify sebenarnya telah masuk pasar Indonesia pada Agustus 2013 lewat Ideowork sebagai channel partner mereka di Indonesia. Dan kini Telkomsel menyusul menjadi perusahaan yang dipilih menjadi channel partner.

Perusahaan asal Kanada ini menunjuk operator telekomunikasi asal Singapura, SingTel sebagai mitra distribusi di Asia. Saat ini sudah ada lebih dari 70.000 komunitas online yang telah menggunakan layanan Shopify yang tersebar di 108 negara. [HBS]

 

 

Separuh Pembeli iPhone 5c Adalah Pengguna Android

0
iPhone 5c
iPhone 5c

Jakarta – Banyak orang yang kecewa saat Apple merilis iPhone 5c dengan harga yang masih terbilang mahal, padahal sebelumnya perangkat ini digadang-gadang sebagai iPhone seri murah. Sempat sepi peminat, penjualan iPhone 5c kini mulai merangkak naik. Siapakah pembelinya?

Saat dirilis bersamaan dengan iPhone 5S, nasib iPhone 5c tidak semujur saudaranya tersebut. Ya, disaat iPhone 5s laku keras sejak pertama kali diluncurkan, penjualan iPhone 5c justru jeblok di pasaran.

Masalah harga menjadi faktor utama kurang lakunya smartphone ini. Bagaimana tidak, harga iPhone 5c hanya terpaut sedikit dibandingkan harga iPhone 5s yang memiliki fitur dan tampilan yang lebih premium.

Namun ternyata perlahan tapi pasti, penjualan iPhone 5c dikabarkan mulai merangkak naik. Bahkan di Amerika Serikat, tingkat adopsi iPhone 5C terlihat sangat cepat.

Menurut laporan dari lembaga survey Kantar yang dirilis Ubergizmo, Selasa (3/12), adopsi iPhone 5c ternyata kebanyakan berasal dari peralihan pengguna Android.

Dalam laporannya, Kantar menyebutkan bahwa setengah dari pengguna iPhone 5C sebelumnya adalah pengguna ponsel merk lain, kebanyakan adalah pengguna Samsung dan LG.

Jika melihat hasil survey tersebut, itu artinya Apple telah cukup sukses “menggoda” pengguna dari rival berat mereka, Samsung untuk beralih menggunakan iPhone. Sementara Apple sendiri masih memiliki cukup banyak basis pengguna yang loyal, karena 80% pengguna iPhone 5S adalah pengguna iPhone dari seri sebelumnya.[HBS]

 

 

Telkomsel Gelar Roadshow DCIC di Universitas Indonesia

0
Roadshow DCIC di Universitas Brawijaya, Malang (Tsel/telsetNews)
Roadshow DCIC (Tsel/telsetNews)

Depok – Setelah sebelumnya menyambangi Universitas Brawijaya Malang, kini Telkomsel menggelar roadshow Digital Creative Indonesia Competition (DCIC) di Universitas Indonesia (UI) Jakarta.

Kegiatan di UI ini merupakan rangkaian DCIC di 4 universitas sekaligus yakni Universitas Brawijaya Malang, Universitas Airlangga Surabaya, Universitas Gajah Mada Yogyakarta dan Universitas Indonesia Jakarta.

“Melalui roadshow ini kami tidak hanya menghimbau para mahasiswa untuk ikut serta dalam DCIC, namun juga memberikan kesempatan bagi mereka untuk mendapatkan berbagai ilmu, diantaranya mengenai digital entrepreneurship, teknik penulisan dan pembuatan video, serta seputar pembuatan aplikasi,” kata Manager Youth and Community Outer Jakarta Toni dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (3/12).

Disebutkan, DCIC merupakan salah satu upaya Telkomsel untuk menggerakkan dan menginspirasi industri kreatif digital di Tanah Air, guna membangun ekosistem DNA (Device, Network & Application) dan untuk menjaring potensi-potensi muda yang berkualitas serta melek terhadap teknologi, khususnya di era digital.

Ada beberapa kategori yang dikompetisikan dalam program DCIC, yakni Aplikasi Mobile Paling Indonesia, Video Paling Indonesia, dan Kontributor Paling Indonesia (karya tulis).

“Kami berharap DCIC mampu menjaring anak muda Indonesia yang potensial dan inspiratif sehingga ke depannya mampu membentuk masyarakat digital Indonesia yang berdaya saing global,” ucap Toni.

Kompetisi ini terbuka bagi mahasiswa S1 dan S2 untuk kategori Aplikasi Mobile Paling Indonesia, dan umum untuk kategori lainnya. Selain mendapatkan hadiah menarik, para pemenang akan mendapatkan kontrak kerjasama dengan Telkomsel.

Sepanjang tahun 2013 Telkomsel mencanangkan Digital Creative Indonesia yang merupakan upaya untuk menggairahkan industri digital kreatif Indonesia.

Sebelumnya Telkomsel telah giat menggandeng developer muda Indonesia melalui ajang Telkomsel Applications Developer (Teman Dev), dimana terdapat sebanyak 68 aplikasi lokal karya anak negeri yang diperkenalkan melalui www.telkomsel.com/temandev.[HBS]

 

 

Tri Minta Pemerintah Adil Soal Realokasi Spektrum untuk LTE

1
BOD Tri Indonesia saat memberikan prensetasi kepada media di Bandung (hbs/telsetnews]
BOD Tri Indonesia saat memberikan prensetasi kepada media di Bandung (hbs/telsetnews]

Jakarta – Operator telekomunikisi PT Hutchinson 3 Indonesia (Tri) mulai ancang-ancang menggelar layanan 4G LTE (Long Term Evolution). Meski berusia paling muda, namun Tri mengklaim infrastruktur dan teknologi yang mereka miliki telah berstandar dan siap mengaplikasi teknologi LTE.

“Saat ini kami memiliki teknologi yang terdepan dan terbaik dalam bidang layanan Data dengan kekuatan 30.000 BTS, dimana 14.000 diantaranya adalah node B yang 70% diantaranya memiliki kapasitas jaringan hingga 42mbps dan sisanya BTS 2G,” klaim Manjot Mann Presiden Direktur Tri beberapa waktu lalu di Bandung.

Dia mengakui bahwa ada beberapa tantangan serius yang harus dihadapi dalam menggenapi peran Tri sebagai salah satu pemain utama di pasar ini, salah satunya adalah regulasi pemerintah berkenaan dengan spektrum.

Dengan peran spektrum sebagai salah satu sumber daya penting dalam penyediaan layanan data, Tri berharap ke depannya pemerintah bisa menetapkan aturan yang menciptakan kompetisi sempurna bagi seluruh pihak yang terkait.

“Infrastruktur dan teknologi yang kami miliki semuanya telah berstandar dan siap mengaplikasi teknologi LTE, namun untuk menerapkan LTE ada dua elemen krusial yang kami butuhkan, yakni kesiapan perangkat dan spektrum,” tandasnya.

Ia mengungkapkan pihaknya telah siap untuk berinvestasi dalam hal pengadaan perangkat. “Sekarang kami menunggu langkah pemerintah untuk menentukan realokasi spektrum yang akan digunakan oleh Indonesia untuk teknologi LTE,” ucap Mann.

Seperti layaknya yang sudah diaplikasi global market, Tri berharap LTE dapat diaplikasikan di spektrum 1800. “Harapan kami tentunya pemerintah mampu bijak dalam menetapkan alokasi jatah spektrum yang sesuai porsi bagi seluruh provider telekomunikasi,” tambahnya.

Pernyataan ini juga diamini oleh Erick Thohir, Wakil Presiden Komisaris Tri Indonesia. Penguasaha yang mengakuisisi 35% saham Hutchinson 3 Indonesia di awal tahun  ini mengatakan, bahwa Tri sudah lebih dari siap untuk mengimplementasikan teknologi LTE, tetapi diakuinya Tri membutuhkan spektrum.

“Tentunya kami tidak memiliki niat apapun untuk mendesak pemerintah, kami hanya berharap pemerintah bisa bijak dengan memberikan kesempatan yang adil bagi semua provider dengan menyeimbangkan ulang dan revisi alokasi spectrum,” tegas Erick.

Menurut pengusaha yang juga baru saja membeli 70% saham klub sepakbola Inter Milan itu Indonesia adalah sebuah pasar yang sedang berkembang dengan potensi yang sangat besar terutama di segmen anak muda. Dan dengan pertumbuhan signifikan akan kebutuhan data untuk social media, internet serta video membuat Indonesia sebagai pasar potensial bagi industri telekomunikasi.

“Saya percaya, Tri dan saya berbagi visi jangka panjang yang sama untuk Indonesia dalam hal industri telekomunikasi. Kita meyakini bahwa pasar Indonesia masih bisa menampung satu lagi pemain utama untuk menyediakan jasa telekomunikasi di pasar yang sangat besar ini,” pungkas Erick.[HBS]