telset

Review Realme GT 2 Pro: Performa Terbaik, Kamera Menakjubkan

Telset.id – realme GT 2 Pro merupakan salah satu smartphone yang pernah kami review dengan spesifikasi monster dan fitur yang lengkap. Tak cuma gahar, realme GT 2 Pro juga dirancang dengan desain yang cantik, layar AMOLED berkelas, serta kelebihan kamera yang mumpuni.

Smartphone terbaru dari realme ini merupakan contoh konkret sebuah smartphone dengan desain yang cantik tapi memiliki performa super gesit. Untuk desainnya saja, realme bahkan mengajak desainer produk industri ternama di dunia, Naoto Fukasawa untuk merancang GT 2 Pro.

Ditambah dengan prosesor terbaru Snapdragon 8 Gen 1 dari Qualcomm, realme pun dengan pede menyebut smartphone terbarunya sebagai “The Most Premium Flagship Ever by realme”.

Tim Telset telah menggunakan smartphone ini jauh sebelum peluncuran resminya di Indonesia. Berikut ini ulasan lengkap mulai dari desain, layar, spesifikasi, performa, kemampuan baterai, gaming, sampai kamera dalam review realme GT 2 Pro. Check this out!

Baca juga: Resmi Debut di Indonesia, Segini Harga Realme GT 2 Pro

Desain Realme GT 2 Pro

Review Realme GT 2 Pro

Bodi dengan kulit vegan mungkin dianggap “sudah ketinggalan” oleh realme. Perusahaan asal Tiongkok ini mencoba material baru dan akhirnya menjadi yang pertama mengaplikasikan bahan polimer berbasis bio untuk realme GT 2 Pro.

Dibuat oleh perusahaan asal Arab Saudi bernama Sabic, bahan ini diklaim menghasilkan 35,5% lebih sedikit emisi karbon. Tak cukup, realme juga bekerja sama dengan Naoto Fukasawa, desainer produk industri terkenal asal Jepang.

Sang desainer memang jadi langganan bagi realme untuk merilis produk dengan desain yang berbeda dan tekstur yang tak biasa. Khusus realme GT 2 Pro yang kami review, Naoto membuat casing agar memiliki pola seperti kertas.

Review Realme GT 2 Pro

Ditambah dengan bubuhan tanda tangan yang diukir menggunakan laser, desain smartphone terbaru realme ini terlihat premium dan berbeda dibanding lainnya.

Memegang realme GT 2 Pro selama melakukan review, menaruh kesan unik kepada kami yang biasa memakai smartphone dengan bodi kaca dan plastik. Permukaan belakangnya benar-benar terasa seperti kertas dengan tekstur halus di sekujur bodi.

Memang harus diakui bahan biopolimer ini tak membuat bodi belakang realme GT 2 Pro terlihat ngejreng dan mengkilap seperti smartphone flagship terbaru sekelasnya. Meski begitu, kami justru menyukai desain anti-mainstream yang diaplikasikan realme pada smartphone terbarunya.

Alasannya, bahan biopolimer membuat bodi tak terasa licin sehingga lebih mantap saat menggunakannya dengan satu tangan. Selain itu, bodi smartphone bebas sidik jari, noda, maupun goresan halus.

Di sini yang menarik. Tak hanya menerapkan pola tekstur yang mirip kertas saja. Bodi realme GT 2 Pro benar-benar bisa dicoret-coret dengan pensil, seperti saat kita menulis di atas kertas betulan.

Baca juga: Review realme 9 Pro+

Review Realme GT 2 Pro

Jangan khawatir bodi akan terlihat kotor. Tinggal gunakan penghapus saja, bodi smartphone langsung terlihat putih bersih lagi seperti sedia kala.

Berbicara tentang ornamen lainnya di bagian belakang, modul kamera smartphone ini sebetulnya masih mirip dengan realme GT Neo2 yang sempat kami review.

Terdapat dua lingkaran kamera besar, dengan satu lingkaran ekcil yang diapit oleh dua LED flash. Tepat di bawahnya, terdapat tulisan “Dual 50MP Matrix OIS Camera” yang seolah menegaskan kalau salah satu kelebihan realme GT 2 Pro adalah bagian kameranya.

Beralih ke bagian depan, tampilan smartphone ini kurang lebih sama dengan smartphone realme terbaru yang dirilis di Indonesia. Layarnya fullscreen serta ada lubang kamera mungil yang terletak di sudut kiri atas layar.

Bedanya, bezel sekeliling layar jauh lebih tipis dan lebih simetris. Desain ini memberikan pengalaman visual yang lebih maksimal, apalagi panel layar yang digunakannya juga sudah high tech.

Di sisi kiri terdapat tombol volume, sementara di kanan ada tombol power. Di bawah, realme menyematkan slot SIM, mikrofon, port USB-C, dan juga speaker.

Layar dan Audio

Review Realme GT 2 Pro

Spesifikasi layar menjadi salah satu hal yang menonjol dari realme GT 2 Pro. Smartphone terbaru realme ini menjadi smartphone layar datar AMOLED 2K pertama di dunia dengan teknologi LTPO 2.0 buatan Samsung.

Panel display berukuran 6,7 inci yang digunakannya membuat smartphone ini setara dengan smartphone flagship yang beredar saat ini di Indonesia. Sekadar informasi, panel AMOLED LTPO 2.0 terkenal akan efisiensi energinya.

Tanpa mengorbankan kualitas warna dan detail, panel layar ini mengonsumsi 50% daya lebih rendah ketimbang panel OLED lainnya. Selain itu, layar ini juga mendukung refresh rate adaptif dari 1Hz sampai 120Hz.

Tak cukup, layar realme GT 2 Pro sudah mendukung HDR10+, touch sampling rate hingga 1000Hz, kedalaman warna sampai 10-bit, cakupan warna gamut 100% DCI-P3, beresolusi WQHD+ atau 2K (1.440 x 3.216 piksel), dan kecerahan maksimum 1.400 nits.

Melengkapi kecanggihan dan kelebihan layarnya, panel display realme GT 2 Pro sudah dijamin keamanannya berkat lapisan pelindung Gorilla Glass Victus buatan Corning.

Victus adalah Gorilla Glass terkuat dari Corning. Kaca tersebut dapat dijatuhkan dari 2 meter ke permukaan keras dan akan baik-baik saja. Victus juga memiliki ketahanan gores dua kali lipat dari Gorilla Glass 6

Berbicara soal kualitas, kami tak meragukan kebolehan layar smartphone ini. Layar ini mampu menampilkan visualisasi terbaik baik di dalam ataupun luar ruangan.

Reproduksi warnanya juga akurat dengan tingkat detail yang menakjubkan. Mata kami sungguh dimanjakan ketika menonton film HD terbaik, bermain game dengan grafis terbaik, atau sekadar berselancar di media sosial.

Kemampuan refresh rate adaptif dari AMOLED LTPO 2.0 juga telah sepenuhnya dimanfaatkan oleh realme. Berbekal sistem operasi realme UI 3.0 berbasis Android 12, kecepatan refresh kini lebih bervariasi tergantung kebutuhan.

Review Realme GT 2 Pro

Saat smartphone dalam keadaan diam atau idle, refresh rate statis pada 10Hz. Ketika menonton video di YouTube atau platform lainnya, video ditampilkan pada 30Hz. Tampilan ini bisa lebih rendah atau tinggi, tergantung frame rate video yang ditonton.

Demi memberikan pengalaman yang lebih smooth, setiap kali kami berinteraksi dengan layar, kecepatannya akan stabil di 120Hz. Beberapa aplikasi populer yang kami jalankan pun bisa ditampilkan pada 120Hz, seperti Twitter, Instagram, sampai Facebook.

Hanya saja, refresh rate tinggi tak berlaku pada game yang kami mainkan. Beberapa judul game populer Android, seperti COD Mobile, PUBG New State, sampai Marvel Future Revolution ditampilkan pada 60Hz saja.

Baca juga: 6 Game Metaverse Terbaik 2022

Sama seperti realme 9 Pro+ yang sudah kami review, layar realme GT 2 Pro juga memiliki kelebihan untuk memindai detak jantung. Smartphone terbaru realme ini memungkinkan pengguna untuk mengetahui detak jantung hanya dengan menempelkan jari pada sensor sidik jari di layar.

Caranya, masuk ke Settings dan pilih menu realme Lab. Di bagian bawah, ada Heart Rate Measurement, lalu tempelkan jempol atau jari Anda ke area yang disediakan. Tunggu beberapa saat sampai info detak jantung muncul di layar.

Hebatnya, ini bukan fitur gimmick saja. Sebab, saat kami mengujinya, hasilnya cocok dengan jam tangan pintar yang kami gunakan dengan dukungan yang sama. Keren!

Sudah pasti realme GT 2 Pro dilengkapi dengan pengaturan speaker stereo. Speaker utama berada di bagian bawah, sementara speaker sekunder difungsikan juga sebagai earpiece.

Review Realme GT 2 Pro

Meski demikian, keluaran suaranya tetap seimbang. Apalagi didukung oleh Dolby Atmos, yang memberikan beberapa skenario penyesuaian suara tergantung lingkungan di mana pengguna berada ataupun jenis konten yang diputarkan.

Alhasil, speaker stereo ini memberikan dentuman suara yang maksimal, baik itu suara rendah, menengah, dan tinggi.

Spesifikasi dan Performa Realme GT 2 Pro

Review Realme GT 2 Pro

realme GT 2 Pro yang kami review ditenagai oleh spesifikasi dengan kelebihan yang luar biasa. realme GT 2 Pro menjadi salah satu smartphone pertama dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 1 terbaru.

Mengenal sedikit tentang Snapdragon 8 Gen 1, SoC ini dibuat menggunakan arsitektur Armv9 baru dan teknologi 4nm yang tak cuma kencang, tapi juga efisien.

Prosesor ini terdiri dari tiga kluster, 1-core Cortex X2 dengan kecepatan maksimum 3 GHz, 3-core Cortex A710 berperforma tinggi dengan kecepatan 2,5 GHz, dan 4-core Cortex A510 hemat daya dengan clock-speed 1,8 GHz.

Performa CPU dari chipset ini tak boleh diragukan lagi. Kinerjanya bahkan 20% lebih gahar ketimbang generasi sebelumnya.

Belum lagi dengan GPU Adreno 730 terbaru yang diklaim memiliki power 30% lebih baik dari seri terdahulu. Apalagi, GPU ini didukung teknologi VRS atau variable rate shading. Dengan teknologi tersebut, GPU dapat mendapatkan alokasi sumber daya yang lebih besar saat melakukan rendering gambar.

Intinya, VRS membuat GPU dapat memanfaatkan sumber daya maksimal untuk rendering gambar yang lebih kompleks atau nyata dan menggunakan kekuatan lebih rendah untuk memproses gambar yang lebih sederhana.

Prosesor Snapdragon 8 Gen 1 di realme GT 2 Pro dipasangkan dengan RAM hingga 12 GB berjenis LPDDR5, memori penyimpanan sampai 256 GB UFS 3.1, serta baterai 5.000 mAh yang didukung 65W SuperDart Charge.

realme UI 3.0 Berbasis Android 12

Review Realme GT 2 Pro

Dengan Android 12, realme UI 3.0 terbaru kini tampil lebih bersih dan mulus ketimbang generasi sebelumnya. Memang tergantung selera masing-masing pengguna, tapi kami lebih menyukai UI yang minimalis dan tak banyak gimmick seperti ini.

realme UI 3.0 berbasis Android 12 juga memiliki fitur kustomisasi yang memungkinkan kami menyesuaikan tampilan smartphone sesuka hari bernama Personalizations.

Lewat menu ini, tersedia segudang penyesuaian kosmetik di dalamnya. Tak cuma warna saja, ganti wallpaper, always-on display, warna UI, ukuran font, hingga animasi sensor sidik jari juga bisa di sini.

Soal warna, tersedia beberapa template yang bisa dipilih. Terdapat juga opsi yang memungkinkan sistem untuk memilihkan warna yang sesuai dengan wallpaper. Pengguna pun diizinkan untuk mengatur warna sendiri melalui menu Custom.

Ada yang menarik pada bagian always-on display. Terdapat template Portrait Silhouette. Template ini akan mengubah foto portrait yang ada menjadi siluet dan akan tampil secara otomatis ketika layar mati.

Tak cuma kosmetik, sektor keamanan dan privasi pengguna juga ditingkatkan lebih baik lagi. Android 12 membuat pengguna dapat membatasi akses terhadap kamera dan mikrofon hanya dengan mengubah toggle khusus pada menu App Permissions.

Baca juga: 20 Game Online Multiplayer Terbaik 2022

Review Realme GT 2 Pro

OS pun akan memberitahu pengguna ketika aplikasi dapat membaca pesan, tulisan, maupun gambar yang disalin pengguna melalui clipboard. Terdapat Privacy Dashboard yang memungkinkan kami melihat aplikasi apa saja yang mendapatkan izin akses penting, seperti lokasi, kamera, mikrofon, dan lainnya.

Yang menarik, ada fitur yang memberikan notifikasi kepada pengguna saat aplikasi mengakses clipboard atau menu yang menjadi tempat sementara data teks, gambar, dan konten lainnya yang disalin atau di-copy.

Benchmark

realme GT 2 Pro yang kami review ditenagai oleh spesifikasi kelas wahid. Pertanyaannya, seberapa kencang dapur pacu smartphone ini kalau dites menggunakan aplikasi benchmark?

Seperti biasa, kami menggunakan beberapa aplikasi benchmark untuk menguji kemampuan dan kelebihan dari spesifikasi realme GT 2 Pro, seperti AnTuTu Benchmark versi 9, 3DMark, dan PCMark.

Adapun untuk kualitas baterai, kami sengaja memutar video YouTube tanpa henti dan mencatat aktivitas baterainya dengan aplikasi Battery Log.

Di AnTuTu Benchmark, smartphone flagship terbaru ini meraih skor yang amat sangat tinggi. Boleh dibilang, skor benchmark realme GT 2 Pro menjadi yang tertinggi di antara smartphone yang pernah kami review sebelumnya.

Jangan kaget, skor yang diraihnya mencapai 979 ribu poin! Nilainya bahkan jauh lebih tinggi dari smartphone dengan Snapdragon 8 Gen 1 lainnya yang sempat kami ulas.

Review Realme GT 2 Pro
AnTuTu Realme GT 2 Pro

Kami mengira, kemampuan smartphone ini tak terlepas dari realme UI 3.0 berbasis Android 12 yang memaksimalkan tenaga dari Snapdragon 8 Gen 1. Apalagi, terdapat fitur bernama GT Mode yang menambah power dari chipset ke taraf maksimal.

Sekadar info, GT Mode bisa dinyalakan pada bar notifikasi. Saat mengaktifkannya, kinerja akan bertambah namun mengorbankan daya baterai yang jadi lebih boros.

Untuk PCMark, smartphone ini mencatatkan nilai 12.794 poin yang juga terhitung sangat tinggi. Dari grafik yang ditampilkan, kinerja nyaris 100% disuguhkan pada sepanjang skenario pengujian.

Review Realme GT 2 Pro
PCMark Realme GT 2 Pro

Sementara untuk pengujian kartu grafis, aplikasi 3DMark mengganjar skor yang begitu tinggi untuk smartphone terbaru realme. Pada tes Wild Life, smartphone ini memperoleh nilai 9.638 poin dengan frame rate rata-rata 57,7 FPS.

Frame rate selama pengujian cenderung naik turun. Level terendah berada di angka 38 FPS dengan tingkat tertingginya di 74 FPS.

Sementara itu, Wild Life Stress Test juga memberikan nilai tinggi bagi realme GT 2 Pro. Skor tertingginya 9.791 poin dan skor terendah 6.137 poin.

Stabilitas smartphone ini cuma 62,7%, tergolong rendah memang. Terbukti dari grafis yang ditampilkan juga cenderung naik turun. Tingkat terendahnya mencaoai 26 FPS dan level tertinggi 74 FPS.

Baterai Realme GT 2 Pro

realme GT 2 Pro ditopang oleh baterai dengan kapasitas 5.000 mAh. Baterai yang tergolong jumbo ini didukung fast charging 65W SuperDart Charge yang super ngebut!

Dari pengujian yang kami lakukan, ngecas dari 1% sampai 100% hanya memerlukan waktu sekitar 45 menit saja. Selama proses charging, smartphone terhubung ke koneksi WiFi dengan tingkat kecerahan layar 50%.

Review Realme GT 2 Pro

Beruntung bagi Anda, realme masih menyertakan adaptor charger 65W SuperDart Charge pada paket pembelian. Jadi, Anda tak perlu repot dan mengeluarkan uang tambahan untuk membeli charger lagi, sob!

Baca juga: Tips Charge Baterai HP Android Lebih Cepat dan Awet

Bagaimana dengan daya tahan baterainya? Berdasarkan pengujian dengan memutar video YouTube tanpa henti, baterainya benar-benar habis dalam waktu 14 jam 2 menit.

Review Realme GT 2 Pro

Selama itu, layar terus menyala dengan tingkat kecerahan 50% (kami matikan auto brightness) dan terhubung ke koneksi WiFi yang stabil. Kami cukup terpukau dengan kemampuan baterainya yang lumayan awet dan proses charging yang super cepat.

Gaming

Review Realme GT 2 Pro

Kalau sudah ditenagai Snapdragon 8 Gen 1, sudah pasti realme GT 2 Pro menawarkan kelebihan pada sektor gaming. Boleh dibilang juga kalau smartphone ini menjadi salah satu smartphone dengan kemampuan gaming terbaik yang ada saat ini.

Pengalaman gaming begitu ditekankan pada GT 2 Pro. Tak cuma kehadiran fitur Games saja yang bisa diakses langsung saat bermain game favorit, tersedia pula sistem pendingin di dalamnya untuk menjaga performa dapur pacu tetap stabil.

realme GT 2 Pro dilengkapi dengan Stainless Steel Vapor Cooling Max berukuran 36,761 mm², tergolong paling besar ketimbang smartphone realme seri sebelumnya.

Sistem pendingin ini terdiri dari 9 lapisan, termasuk Diamond Thermal Gel yang 50-60% lebih baik dari standar thermal paste untuk urusan menghilangkan panas.

Sistem cooling ini mencakup semua titik panas, sehingga memastikan Snapdragon 8 Gen 1 tetap adem dan berkinerja maksimal.

Sebagai tambahan, realme pun menggabungkan vapor chamber stainless steel seluas 4.129 mm² dengan bagian belakang paduan tembaga yang menghilangkan panas jauh lebih cepat daripada baja atau aluminium

Baca juga: 10 Game MOBA Terbaik 2022

Soal pengalaman gaming, smartphone ini terasa mantap saat kami bermain beberapa game favorit, seperti COD Mobile, PUBG New State, dan Marvel Future Revolution. Seluruh game dapat dimainkan dengan lancar dan tanpa kendala pada 60 FPS stabil!

Sistem pendingin dari smartphone ini juga berfungsi sebagaimana mestinya. Walau ada rasa hangat pada layar, tapi berkat bodinya yang berbahan biopolimer, penampang belakang tetap terasa adem.

Kamera Realme GT 2 Pro

Review Realme GT 2 Pro

Pantas saja smartphone ini menyandang predikat sebagai “The Most Premium Flagship Ever by realme”. Bagaimana tidak, tak cuma menawarkan dapur pacu yang kencang, sektor kamera pun sungguh dimaksimalkan oleh realme.

Dua sensor 50MP digunakan oleh pabrikan asal Tiongkok tersebut, ditambah dengan sensor microlens yang jadi hal baru di industri smartphone.

Kamera utama realme GT 2 Pro menggunakan sensor premium 50MP Sony IMX766. Kamera ini sudah didukung dengan adanya OIS atau optical image stabilization dan memiliki bukaan lensa f/1.8 yang sudah mumpuni untuk pemotretan malam hari.

Soal kualitas, kamera ini menghasilkan gambar yang tajam dengan warna yang luar biasa kaya. Dibantu dengan teknologi berbasis kecerdasan buatan, sistem kamera bahkan bisa mencocokan saturasi warna sesuai skenario foto yang kami lakukan.

Misalnya saja memotret pemandangan, hasil gambarnya akan terlihat natural dan tidak terlalu terang. Objek-objek bernuansa alam akan dinaikkan warnanya, seperti dedaunan, pohon, hingga birunya langit.

Di kondisi malam, kamera ini pun memiliki kemampuan yang sama baiknya. Pemotretan malam dilakukan dengan cukup cepat, menjaga agar momen yang ingin diabadikan dapat tertangkap dengan jelas.

Hasilnya pun begitu bagus. Foto malam yang kami ambil minim noise, warnanya cantik dan natural, serta detail yang menakjubkan. Kedalaman detailnya masih terlihat dengan sangat baik, walau gambar sudah kami perbesar sampai 50%.

Kamera utama realme GT 2 Pro

Beralih ke kamera ultrawide, realme juga menyematkan kamera 50MP dengan sensor yang berbeda. Sensor yang digunakannya adalah Samsung ISOCELL JN1 dengan bukaan lensa f/2.2.

Kalau biasanya kamera ultrawide smartphone lain berkisar 90 sampai 120 derajat, kamera smartphone terbaru realme ini punya bidang pandang maksimal sampai 150°! realme pun mengklaim smartphone ini merupakan pertama di dunia yang memiliki lensa ultrawide 150°.

Dengan jangkauan seluas ini, bakal banyak objek yang bisa ditangkap dalam sekali pemotretan saja. Menariknya, kamera ini juga memiliki mode fisheye di dalamnya.

Anda tak perlu lagi membeli aksesoris kamera tambahan untuk mengambil foto bergaya fisheye. Tinggal masuk ke More dan pilih menu 150° untuk menjajalnya secara langsung.

Soal kualitas, kamera ultrawide yang sangat lebar ini mampu membidik dengan kualitas yang baik. Warnanya natural dan tak “dirusak” oleh noise. Detailnya pun menakjubkan dan tetap bisa dinikmati walau sudah diperbesar sampai 50%.

Rentang dinamis kamera ini juga mengesankan. Yang membuat kami takjub, kamera ini bisa menghasilkan gambar yang bagus bahkan dalam kondisi pencahayaan yang menantang.

Baca juga: Review realme 8i

Review Realme GT 2 Pro

Mode fisheye merupakan inovasi luar biasa yang dihadirkan realme. Tanpa menggunakan aksesori kamera apapun, kami sebagai pengguna dapat mengambil bidikan dengan efek fisheye secara mudah.

Hasilnya sih tampak keren. Hanya saja, kualitasnya lumayan rendah. Ketajaman warna dan detailnya tak sebaik mode ultrawide normal. Namun untuk sekadar dipamerkan di media sosial, hasilnya sudah terlihat baik.

Kamera ultrawide realme GT 2 Pro

Masih di bagian belakang, tersedia pula kamera “mikroskop” dengan sensor 3MP. Kamera ini jauh lebih jago ketimbang kamera makro.

Bukan cuma memotret detail terkecil dari subjek saja, kamera micro-lens ini mereplikasi kemampuan mikroskop dalam membidik subjek paling kecil.

Dengan kamera ini, kami bisa melihat detail kulit dan rambut halus, benang-benang kecil yang menyatu membentuk kain, melihat debu-debu, detail dari makanan, dan sebagainya.

Hebatnya, ada dua mode perbesaran. 20 kali dan 40 kali. Tapi menurut kami, perbesaran 20 kali jauh lebih baik hasilnya dari 40 kali.

Kualitas warna dan detailnya juga sungguh menakjubkan. Di sini kami mengerti mengapa lingkaran kecil untuk kamera micro-lens ini diapit oleh dua LED flash. Alasannya, untuk memberikan cahaya tambahan agar subjek bisa ditangkap dengan baik.

Kamera microlens realme GT 2 Pro

Beralih ke kamera depan, smartphone terbaru realme ini mengusung kamera 32MP. Hasil kameranya lumayan bagus, meski warna wajah cenderung “agak pucat”.

Namun tingkat detailnya patut untuk diapresiasi. Detail dari wajah terlihat tajam. Mengambil swafoto dengan kondisi cahaya yang menantang juga menghasilkan gambar yang bagus berkat sistem kamera yang mampu mereproduksi warna yang terlalu terang agar terlihat proper.

Kamera depan realme GT 2 Pro

Kesimpulan

Review Realme GT 2 Pro

“The Most Premium Flagship Ever by realme” bukan semacam tagline gimmick demi kepentingan marketing semata. Kata-kata ini memang menggambarkan bagaimana kualitas spesifikasi realme GT 2 Pro yang beneran flagship.

GT 2 Pro tampil berbeda dengan material penampang belakangnya yang anti-mainstream dan pertama di industri. Penggunaan biopolimer dengan tekstur bak kertas menaruh kesan unik kepada kami saat menggunakannya sehari-hari.

Smartphone ini terasa halus digenggam dan juga ringan. Sungguh nyaman menggunakannya dengan satu tangan walau layarnya tergolong besar berukuran 6,7 inci.

Berbicara soal layar, AMOLED LTPO 2.0 pun memang merupakan panel display kelas premium. Layar berteknologi tinggi ini dapat menampilkan visualisasi bermutu tinggi tanpa mengorbankan daya baterai yang berlebihan.

Di balik kerjanya yang efisien, layar AMOLED berteknologi tinggi ini juga mendukung refresh rate adaptif dengan resolusi tinggi mencapai 2K. Khusus buat gamer, touch sampling rate-nya juga amat tinggi sampai 1.000 Hz.

Didukung prosesor Snapdragon 8 Gen 1, realme GT 2 Pro juga menyuguhkan kemampuan maksimal di segala skenario pemakaian mulai dari penggunaan normal, sekadar scrolling media sosial, multi-tasking, sampai keperluan gaming.

Kami pun tertegun dengan skor AnTuTu-nya yang nyaris 1 juta poin. Dengan ini, performa gaharnya memang tak boleh diragukan lagi.

Tak usah khawatir isu hawa panas yang menimpa smartphone Snapdragon 8 Gen 1 ini. Syarat dari Qualcomm agar suhu tidak meningkat signifikan telah dilaksanakan dengan sangat baik oleh realme.

Baca juga: Qualcomm Tanggapi Isu Overheat di Snapdragon 8 Gen 1

Berkat sistem pendingin Stainless Steel Vapor Cooling Max yang mencakup semua titik panas, kinerja Snapdragon 8 Gen 1 dijamin tetap maksimal dengan suhu yang tetap rendah.

Kualitas kamera pun gak main-main. Dua sensor 50MP dan kamera micro-lens di bagian belakang merupakan konfigurasi terbaik yang pernah diberikan realme sampai saat ini.

Ketiga kamera belakang ini betul-betul menghasilkan kualitas gambar yang proper di segala kondisi. Apalagi, terdapat mode fish eye dan pemotretan 150° yang boleh jadi yang pertama di industri smartphone saat ini.

Dengan rentetan kemampuan, kelebihan, serta spesifikasi yang ditawarkannya, realme GT 2 Pro boleh saja dibilang sebagai smartphone terbaik dari realme yang pernah diluncurkan di Indonesia sampai saat ini.

Smartphone ini sangat bisa dijadikan sebagai idaman bagi Anda yang menginginkan smartphone dengan mutu yang luar biasa. realme GT 2 Pro tersedia secara eksklusif di Shopee dengan mengakses link berikut.

Kelebihan realme GT 2 Pro

  • Desain yang berani beda dengan material biopolimer pertama
  • Bodi belakang dengan tekstur kertas yang anti-mainstream
  • Layar AMOLED LTPO 2.0 berkualitas tinggi
  • Layar mendukung refresh rate 120Hz adaptif
  • Form factor ponsel yang nyaman digenggam dengan satu tangan
  • Performa kelas atas dengan Snapdragon 8 Gen 1
  • Kemampuan fast charging yang super cepat
  • Daya tahan baterai yang lumayan lama
  • realme UI 3.0 berbasis Android 12 yang terlihat lebih bersih dan mulus
  • Kualitas kamera yang menakjubkan di semua konfigurasi

Kekurangan realme GT 2 Pro

  • Layar belum memberikan refresh rate tinggi untuk game, terbatas di 60Hz
  • Warna foto saat selfie cenderung pucat
  • Desain modul kamera yang masih sama dengan seri HP realme lainnya
SPESIFIKASI REALME GT 2 PRO
Rilis Maret 2022
Network GSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE / 5G
Layar LTPO2 AMOLED 6,7 inci, 1B colors, 120Hz, HDR10+, 1400 nits, WQHD+, In-Display fingerprint scanner with heart rate detection
OS Android 12, realme UI 3.0
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
GPU Adreno 730
RAM 12 GB LPDDR5
Memori 256 GB UFS 3.1
Dimensi 163.2 x 74.7 x 8.2 mm, 189 gram
Kamera Utama 50 MP Sony IMX 766 + OIS, 50 MP (ultrawide) 150°, dan 3 MP (microlens)
Kamera Depan 32 MP
Baterai 5.000 mAh, Fast Charging 65W
Konektivitas Wi-Fi 6, Bluetooth 5.2, NFC
Warna Paper White & Steel Black
Harga Rp 9,9 jutaan

(MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0