Review realme 9 Pro+: Performa Andal, Kualitas Kamera Flagship

Telset.id – realme untuk pertama kalinya membawa seri 9 Pro+ dengan spesifikasi prosesor tertinggi, desain premium, dan kamera dengan kelebihan ala ponsel flagship ke Indonesia. Kebetulan kami menjadi salah satu pihak pertama yang beruntung bisa melakukan review dan memakai realme 9 Pro+ sebagai daily driver.

Ya, realme meluncurkan varian terbaru “Pro+” untuk seri angka mereka. Model ini boleh dibilang menjadi strategi dan segmen baru yang dipersembahkan realme.

Bagaimana tidak, realme 9 Pro+ merupakan HP Android kelas menengah yang menawarkan beberapa fitur ala ponsel flagship. Beberapa di antaranya adalah desain yang premium, kamera utama 50MP dengan sensor high-end dari Sony, jaringan 5G, performa tinggi, sampai layar berteknologi canggih dengan fitur pendeteksi detak jantung.

Baca juga: Daftar Terbaru HP Terbaru realme 2022

Tim Telset telah memakai HP terbaru realme sebagai daily driver, dan berikut ini hasil ulasan lengkap mulai dari desain, spesifikasi dan kinerja prosesor, performa baterai, kualitas kamera, hingga kelebihan dan kekurangannya dalam review realme 9 Pro+. Yuk simak dengan baik, sob!

Desain

Review Realme 9 Pro+

Cantik, satu kata yang menggambarkan kesan pertama kami saat melihat ponsel ini secara langsung. Kami memang sudah mengikuti rangkaian bocoran terkait realme 9 Pro+ yang beredar di internet.

Awalnya, kami kira kalau ponsel ini punya desain yang tak jauh berbeda dibandingkan realme 8 Pro dengan bodi yang tipis serta warna belakang yang cukup heboh.

Namun, perkiraan kami sama sekali tak terjadi. realme 9 Pro+ secara mengejutkan tampil dengan desain yang baru, cantik, elegan, berkualitas tinggi, serta ramping. Kami yakin, perusahaan asal China ini sudah melalui proses riset dan pengembangan yang panjang untuk menciptakan warna yang ciamik pada ponsel terbarunya.

Kebetulan, unit realme 9 Pro+ yang kami review diberikan kelir warna Sunrise Blue. Ada warna lainnya yakni Aurora Green yang menampilkan warna hijau elegan namun tetap terlihat premium.

Baca juga: Review realme 8 Pro

Review Realme 9 Pro+

Warna Sunrise Blue ini terlihat mencolok, namun tidak alay. Warna ini justru terlihat anggun dengan adanya efek glitter pada bagian bodi bawahnya. Glitter akan terlihat jelas saat bodi ponsel terkena paparan sinar matahari.

Glitter ini bisa dibilang menjadi desain pelengkap, karena “pertunjukan utama” yang ditawarkan warna Sunrise Blue adalah efek gradasi warna silver, ungu muda, biru, dan sedikit merah yang tampak menawan serta pantulan cahaya dengan pola abstrak yang membuatnya terlihat modern.

Benar saja, realme mengimplementasi teknologi pewarnaan bernama Photochromic Layer. Teknologi ini menciptakan pantulan cahaya dengan sinar dari atas yang bisa dilihat dari sudut mana pun.

Desain yang bergaya ini pun dipadukan dengan bentuk modul kamera yang berbeda dari generasi sebelumnya. Kini, frame kamera realme 9 Pro+ terinspirasi dari modul realme GT Neo2 yang juga sudah kami review sebelumnya.

Review Realme 9 Pro+

Baca juga: Review realme 8i

Beralih ke bagian depan, tampilannya kurang lebih sama dengan jajaran HP realme terbaru di kelas menengah. Desainnya fullscreen dengan aspek rasio yang memanjang, serta memiliki lubang kamera mungil di sudut kiri atas layarnya. Tak ada yang spesial soal desain bagian depannya.

Review Realme 9 Pro+

Di bagian atas, hanya tersedia mikrofon saja. Di samping kanan, tersemat tombol power. Sementara di sisi kiri ada tombol volume yang disandingkan dengan slot dual SIM yang sayangnya tak mendukung penyimpanan microSD. Di bawah, masih ada jack audio 3,5mm, mikrofon, USB-C, dan speaker.

Membahas tentang pengalaman penggunaan, realme 9 Pro+ sungguh nyaman digenggam dan dioperasikan dengan satu tangan. Ukurannya pas di tangan kami, apalagi bodinya pun tipis sehingga tetap enak dimasukkan ke dalam kantong celana.

Review Realme 9 Pro+

Secara ukuran dimensi, ponsel ini punya ketebalan 7,99mm. Artinya, realme 9 Pro+ lebih tipis daripada model realme 8 Pro, realme 7 Pro, dan realme 6 Pro.

Layar dan Audio

Review Realme 9 Pro+

realme 9 Pro+ punya layar dengan ukuran dan jenis yang sama dengan realme 8 Pro. Jenisnya Super AMOLED berukuran 6,4 inci dengan resolusi Full HD+.

Kelebihan layar realme 9 Pro dibandingkan seri angka sebelumnya adalah kehadiran dukungan refresh rate 90Hz dan touch sampling rate sampai 360Hz yang pas sekali untuk kebutuhan gaming.

Secara kualitas layar ini menampilkan warna yang bagus, tipikal Super AMOLED. Warnanya gonjreng, detailnya mantap, warna hitam yang pekat, serta layar yang nyaman ditatap meski di malam hari ataupun saat suasana sedang gelap.

Refresh rate 90Hz pun menawarkan pengalaman yang smooth untuk scrolling menu, aplikasi, bahkan sampai main game Android yang mendukung. Hanya saja, tak ada opsi refresh rate adaptif di sini yang membuat daya baterai lebih hemat.

Hanya ada Auto Select yang memilih refresh rate 60Hz dan 90Hz sesuai kebutuhan secara otomatis, High di mana layar “dipaksa” menampilkan konten pada 90Hz, dan Standard 60Hz.

Review Realme 9 Pro+

Beberapa aplikasi seperti Facebook, Google Chrome, Twitter, ditampilkan pada refresh rate 90Hz. Sementara YouTube sayangnya cuma 60Hz saja.

Kelebihan yang menarik dari layar realme 9 Pro+ yang kami temukan saat review adalah kemampuannya untuk memindai detak jantung. Ya, layar HP terbaru realme ini memungkinkan pengguna untuk mengetahui detak jantung hanya dengan menempelkan jari pada sensor sidik jari di layar.

Review Realme 9 Pro+

Caranya, masuk ke Settings dan pilih menu realme Lab. Di bagian bawah, ada Heart Rate Measurement, lalu tempelkan jempol atau jari Anda ke area yang disediakan. Tunggu beberapa saat sampai info detak jantung muncul di layar.

Baca juga: 10 Situs Streaming Film Kartun Terbaik

Hebatnya, ini bukan fitur gimmick saja. Sebab, saat kami mengujinya, hasilnya cocok dengan jam tangan pintar yang kami gunakan dengan dukungan yang sama. Keren!

Beralih ke audio, realme 9 Pro+ yang dijual di Shopee sudah disertai dengan speaker stereo dan didukung oleh racikan suara terbaik dari Dolby Atmos. Perpaduan speaker stereo dengan Dolby Atmos ini bikin suara yang dikeluarkan terdengar nikmat di telinga.

Review Realme 9 Pro+

Dentuman suaranya terasa maksimal, baik itu suara rendah, menengah, dan tinggi. Apalagi ada beberapa skenario penyesuaian suara yang diberikan oleh Dobly Atmos, tergantung lingkungan di mana pengguna berada ataupun jenis konten yang diputarkan.

Performa realme 9 Pro+

Review Realme 9 Pro+

realme 9 Pro+ merupakan salah satu HP Android pertama yang menggunakan prosesor MediaTek Dimensity 920 5G. Prosesor dengan dukungan 5G itu dibangun dengan arsitektur 6nm yang memberikan kinerja tinggi dengan konsumsi daya yang lumayan rendah.

MediaTek Dimensity 920 5G terdiri dari dua kluster CPU, 2-core ARM Cortex A78 dengan kecepatan sampai 2,5 GHz dan 6-core ARM Cortex A55 dengan kecepatan hingga 2 GHz.

Spesifikasi dapur pacunya terasa maksimal dengan RAM 8 GB yang bisa ditambah secara virtual sampai 5 GB berkat fitur DRE atau Dynamic RAM Expansion serta memori penyimpanan 128 GB. Sayang, memori penyimpanan ini tak bisa ditambah karena tidak mendukung slot microSD tambahan.

Dalam review realme 9 Pro+, kami menguji spesifikasi ponsel ini dengan menjalankan tiga aplikasi benchmark populer, antara lain AnTuTu Benchmark, PCMark, dan 3DMark. Tapi sebelum itu, mari kita bahas sistem operasi smartphone ini yang sudah Android 12 berlapis realme UI 3.0 terbaru.

Baca juga: Review realme GT Neo2

realme UI 3.1 Berbasis Android 12

Review Realme 9 Pro+

realme UI dengan Android terbaru ini memberikan kesan yang lebih bersih dan punya transisi jauh lebih mulus dibandingkan generasi sebelumnya. Ikonnya kini lebih berwarna dan memungkinkan kami sebagai pengguna menyesuaikan bentuknya sesuai keinginan.

Kalau warna yang disediakan sistem kurang menarik atau eye-catching, tersedia menu Personalizations dengan segudang penyesuaian kosmetik di dalamnya. Tak cuma warna saja, ganti wallpaper, always-on display, warna UI, ukuran font, hingga animasi sensor sidik jari juga bisa di sini.

Soal warna, tersedia beberapa template yang bisa dipilih. Terdapat juga opsi yang memungkinkan sistem untuk memilihkan warna yang sesuai dengan wallpaper. Pengguna pun diizinkan untuk mengatur warna sendiri melalui menu Custom.

Baca juga: Daftar HP yang Dapat Update Realme UI 3.0

Review Realme 9 Pro+

Ada yang menarik pada bagian always-on display. Terdapat template Portrait Silhouette. Template ini akan mengubah foto portrait yang ada menjadi siluet dan akan tampil secara otomatis ketika layar mati.

Dengan Android 12, sektor privasi pengguna pun lebih diperhatikan. OS ini membuat pengguna dapat membatasi akses terhadap kamera dan mikrofon hanya dengan mengubah toggle khusus pada menu App Permissions.

Review Realme 9 Pro+

OS pun akan memberitahu pengguna ketika aplikasi dapat membaca pesan, tulisan, maupun gambar yang disalin pengguna melalui clipboard. Di bagian Privacy Dashboard, pengguna pun dapat melihat aplikasi apa saja yang mendapatkan izin akses penting, seperti lokasi, kamera, mikrofon, dan lainnya.

AnTuTu Benchmark

realme 9 Pro+ rupanya mampu mencetak skor AnTuTu yang tinggi. Skornya mencapai 494 ribuan poin! Kalau dibandingkan, skornya hampir sama dengan ponsel bertenaga Snapdragon 778G yang sempat kami review.

Ini bisa dibilang menjadi hasil yang bagus bagi sebuah HP harga Rp 4 jutaan. Dengan harga yang lumayan ekonomis, pengguna bisa mendapatkan smartphone yang menyuguhkan kinerja yang tinggi di kelasnya.

PCMark

PCMark merupakan aplikasi benchmark yang menyimulasikan tugas-tugas yang biasanya dilakukan pengguna setiap harinya, seperti browsing, editing video, menulis, editing foto, hingga bekerja.

realme 9 Pro+ dengan spesifikasi prosesor MediaTek Dimensity 920 5G dan realme UI 3.0 memberikan performa 100% tanpa penurunan berdasarkan pengujian di PCMark. Sistem operasi terbaru ini seolah mendorong smartphone agar terus tampil maksimal di setiap skenario penggunaan yang diuji melalui PCMark.

HP terbaru realme ini mencatatkan skor 10.759 poin, terhitung tinggi untuk sebuah HP harga Rp 4 jutaan. Namun, dengan kinerja 100% yang diberikan, apakah berdampak pada konsumsi daya baterai?

Well, masih dengan pengujian menggunakan PCMark, realme 9 Pro+ memiliki screen on-time mencapai 15 jam 44 menit dengan baterai tersisa 16%. Selama itu, ponsel terus bekerja dengan menjalankan berbagai skenario maupun aplikasi dari PCMark.

3DMark

Sementara 3DMark, kami manfaatkan untuk mengetahui kekuatan dari GPU Malu-G68 MC4 pada MediaTek Dimensity 920 5G. Dua skema pengujian kami lakukan, yakni Wild Life dan Wild Life Stress Test.

Dalam skema Wild Life, smartphone ini mendapatkan skor 2.315 poin dengan rata-rata frame rate 13,9 FPS. Dari grafik yang ditampilkan, frame rate selama pengujian cenderung naik turun di level 8 sampai 17 FPS.

Sementara saat mengujinya di Wild Life Stress Test dengan durasi yang lebih lama, skor terbaiknya mencapai 2.322 poin dengan stabilitas 99,7% yang tergolong sangat tinggi. Puncak frame rate yang diperoleh dalam pengujian ini adalah 17 FPS.

Kemampuan Baterai realme 9 Pro+

realme 9 Pro+ yang kami review ditopang oleh baterai dengan kapasitas 4.500 mAh, sama dengan realme 8 Pro. Namun untuk urusan fast charging, ponsel ini jauh lebih ngebut berkat fitur 60W SuperDart Charge.

Dari pengujian yang kami lakukan, baterai 4.500 mAh pada ponsel ini punya daya tahan yang amat menakjubkan. Bagaimana tidak, saat kami menguji ponsel dengan memutar video YouTube Full HD tanpa henti, butuh waktu sampai 23 jam 16 menit hingga baterainya benar-benar habis.

Proses ngecasnya pun ngebut. Mengisi baterai dari 0% sampai penuh hanya membutuhkan waktu 58 menit saja. Selama proses pengujian, ponsel tetap aktif dan terhubung ke jaringan WiFi dan selular.

Gaming

Review Realme 9 Pro+

Percaya atau tidak, realme 9 Pro+ pun dipersiapkan sebagai HP gaming kelas menengah dengan performa yang mumpuni. Tak melulu soal prosesor kencang, realme mempersembahkan fitur gaming yang cukup lengkap dan sistem pendingin berteknologi canggih untuk memberikan pengalaman gaming maksimal kepada pengguna.

Smartphone ini dilengkapi dengan sistem pendingin Vapor Cooling Chamber yang dapat mengurangi temperatur hingga 10°C di area utama. Dengan sistem ini, kinerja ponsel tetap stabil dan maksimal untuk berbagai skenario pemakaian, termasuk gaming berat.

Ditambah, terdapat fitur gaming bernama Games dengan tampilan yang lebih simple namun fungsional. Di Games, terdapat beberapa fitur yang bisa diakses langsung saat kami bermain game, hanya dengan swipe sudut layar kiri ke tengah saja.

Ada fitur Game Focus Mode yang membuat jalannya permainan tak terganggu dengan berbagai notifikasi yang muncul. Kemudian ada opsi untuk menampilkan FPS counter yang melayang di bagian atas, dan lain sebagainya.

Baca juga: 10 Game MOBA Terbaik 2022

Soal pengalaman gaming, sungguh ponsel ini terasa OP alias over power saat kami bermain beberapa game favorit, seperti COD Mobile dan Marvel Future Revolution. Kedua game dapat dimainkan dengan lancar dan tanpa kendala.

COD Mobile dengan pengaturan grafis tertinggi bisa ditampilkan secara mulus dari 55 sampai 60 FPS. Sementara Marvel Future Revolution yang dikenal sebagai game AAA yang berat, bisa dimainkan di rentang 35 sampai 40 FPS.

Sistem pendingin dari smartphone ini juga berfungsi sebagaimana mestinya. Bodi smartphone tetap terasa adem, tangan kami pun tetap nyaman bermain game di posisi landscape maupun portrait.

Kamera realme 9 Pro+

Review Realme 9 Pro+

realme 9 Pro+ dibekali dengan spesifikasi kamera dengan kelebihan yang mumpuni. Kamera utamanya menggunakan sensor Sony IMX766 50MP yang dilengkapi dengan OIS atau optical image stabilization dan EIS atau electronic image stabilization.

Sensor ini masuk ke kelas flagship dan biasanya dipakai oleh HP high-end. Sensor Sony IMX766 sendiri memiliki kemampuan untuk menangkap foto kondisi minim cahaya yang lebih baik dengan noise yang minim.

Kehadiran OIS dan EIS juga menjadi nilai tambah dan peningkatan yang signifikan. Dengan OIS, tak cuma video saja yang bisa lebih stabil, pemotretan foto malam dengan Night Mode pun akan terhindar dari blur yang membuat gambar kehilangan detail dan keindahannya.

Asal tahu saja, Night Mode atau mode malam dari sistem kamera biasanya akan melakukan pemotretan selama beberapa detik (tergantung kondisi cahaya) untuk menangkap cahaya sebanyak mungkin dan menghasilkan satu foto malam dengan kualitas yang bagus.

Review Realme 9 Pro+

Hanya saja, Night Mode mengharuskan ponsel harus stabil selama pemotretan berlangsung. Jika tidak, maka foto yang dihasilkan justru blur ataupun kabur dan tak enak untuk dilihat.

Spesifikasi kamera utama 50MP pada realme 9 Pro+ dipadukan dengan kamera ultrawide 8MP dengan jangkauan 119° dan juga kamera makro 2MP berjenis fixed focus dengan jarak terdekat hanya 4cm. Sementara kamera selfie, realme menyematkan sensor 16MP yang didukung oleh fitur berbasis AI atau kecerdasan buatan.

Baca juga: Review Samsung Galaxy S21 FE 5G

Menyoal tentang kualitasnya, kamera utama 50MP pada realme 9 Pro+ memberikan foto dengan detail yang tajam dan warna yang kaya, khas HP flagship. Rentang dinamisnya juga luas, apalagi ditambah dengan fitur Auto HDR dan AI Enhancement yang aktif bersamaan.

AI kamera ini secara pintar dapat mengenali skenario foto yang kami ambil, sehingga dapat mengatur saturasi warna yang sesuai secara otomatis. Kamera realme 9 Pro+ juga memiliki respon fokus yang cepat. Menekan tombol shutter, dan tak butuh waktu lama sistem kamera akan menangkap subjek yang kami inginkan dengan baik.

Dengan bukaan lensa yang besar, kamera utama 50MP realme 9 Pro+ sungguh mumpuni untuk memotret foto malam. Apalagi ditambah dengan dukungan OIS dan EIS yang memungkinkan kami sebagai pengguna untuk menangkap foto malam yang tidak blur dan minim noise.

Hasil foto malamnya terlihat bagus, warna lampu-lampu dan objek yang terlihat natural dan tak berlebihan, serta detail yang menakjubkan. Kami mencoba memperbesar gambarnya sampai 50%, detailnya tetap dapat kami nikmati dengan baik.

Kamera 50MP dengan sensor Sony IMX766 ini terbukti mampu menghasilkan foto kondisi minim cahaya jauh lebih baik dengan noise yang minim.

Kamera ultrawide juga secara mengejutkan menghasilkan foto dengan tone warna yang bagus, asalkan kondisi cahayanya mendukung. Namun saat mengambil gambar ultra lebar di cahaya yang redup atau malam hari, kualitasnya langsung menurun. Ada noise di mana-mana, detail yang kurang, serta warna yang buram.

Kamera makro 2MP berjenis fixed focus menurut kami cuma sebagai pelengkap saja. Tanpa dukungan autofokus, kami pun perlu usaha lebih untuk menetapkan titik fokus yang pas pada subjek.

Setelah mendapatkan fokus yang diinginkan, hasil fotonya terbilang tajam dengan detail yang bisa dinikmati. Oiya, mengambil foto makro dengan lensa fixed focus pun harus pas jaraknya, karena kalau tidak hasilnya akan sedikit lebih buram.

Review Realme 9 Pro+

Di bagian depan, kamera selfie 16MP pasti akan sangat disukai oleh para penggemar swafoto. Sebab, kamera ini mampu mengambil foto selfie yang jernih. Warna yang dihasilkannya juga natural dan akurat, meski terkadang hasil fotonya suka over brightness saat menerima paparan sinar matahari yang berlebihan.

Baca juga: Review Huawei Nova 9

Untuk video, kamera realme 9 Pro+ dapat mengambil gambar di resolusi maksimal 4K pada 30 FPS ataupun 1080p di 60 FPS. Saat AI diaktifkan, frame rate akan diturunkan ke 30 FPS di semua resolusi.

Berkat OIS dan EIS, hasil video jauh lebih stabil. Fitur stabilisasi gambar ini memang pas bagi pengguna yang senang mengambil vlog maupun video sinematik. Lagi pula, terdapat fitur Movie yang memungkinkan pengguna merekam video dengan rasio 16 : 9.

Hasil Foto Kamera Utama

Kamera Utama realme 9 Pro+

Hasil Foto Kamera Ultrawide

Kamera Ultrawide realme 9 Pro+

Hasil Foto Kamera Makro

Kamera Makro realme 9 Pro+

Hasil Foto Malam

Foto Malam realme 9 Pro+

Hasil Foto Kamera Depan

IMG20220216084350

Video

VID20220216084311

Kesimpulan

realme 9 Pro+ yang kami review ini memang layar disebut sebagai flagship in mid-range berkat spesifikasi dengan performa mumpuni yang ditawarkannya. Tak cuma soal kinerja saja, kemampuan kamera dan penampakan desainnya yang premium juga patut untuk diapresiasi.

Ya, HP terbaru realme ini tampil dengan desain yang mewah, elegan, dan modern berkat bodi yang dapat berubah-ubah warnanya. Mengusung teknologi pewarnaaan Photochromic Layer, bodi belakang smartphone ini punya efek gradasi yang cantik dengan efek pantulan cahaya abstrak yang indah.

Form factor ponsel itu juga tergolong ergonomis. Bodinya ramping dan pas di tangan, membuatnya enak dioperasikan dengan satu tangan ataupun dimasukkan ke dalam kantong celana.

Keunikan yang dibawa layar Super AMOLED realme 9 Pro+ juga menjadi kelebihan dan daya tarik tersendiri. Layar ini punya kemampuan untuk memantau detak jantung pengguna, hanya dengan menempelkan jari ke sensor sidik jari.

Performa kelas atas juga ditawarkan oleh HP terbaru realme ini. Berbekal prosesor MediaTek Dimensity 920 5G, realme 9 Pro+ menyuguhkan kinerja tinggi untuk pemakaian sehari-hari, mulai dari bekerja, media sosial, multimedia, sampai urusan gaming. 

Ditambah, terdapat fitur DRE atau Dynamic RAM Expansion yang memungkinkan pengguna untuk menambah RAM secara virtual sampai 5 GB. Fitur ini membuat multi-tasking lebih lancar dari sebelumnya.

Dengan prosesor MediaTek Dimensity 920 5G, realme 9 Pro+ pun sudah 5G ready. Artinya, realme terus mendobrak pasar smartphone dengan memberikan lebih banyak lagi pilihan smartphone 5G di kelas menengah dan future 5G ready.

Baca juga: HP 5G Terbaru di Indonesia

Bagian favorit kami adalah sektor kamera. Asli deh, kamera utama 50MP dengan sensor Sony IMX766 ini memberikan hasil foto yang menakjubkan di segala kondisi baik itu pagi, siang, sore, sampai malam sekalipun.

Dengan banyaknya kelebihan, ada beberapa kekurangan yang kami rasakan saat melakukan review realme 9 Pro+. Salah satu di antaranya adalah ketiadaan slot microSD karena menurut kami memori penyimpanan 128 GB masih kurang cukup bagi tipikal pengguna yang senang mengambil video maupun foto di manapun dan kapanpun.

Kekurangan lainnya, desain bagian depan yang masih saja sama dengan seri terdahulu. Apalagi, bezel bagian bawahnya yang masih cukup tebal. Kemudian, kamera ultrawide dan makro yang kami rasa kualitasnya sama dengan realme 8i dengan harga yang lebih murah.

Konfigurasi “kamera pelengkap” ini setidaknya bisa dibedakan. Ada baiknya realme membawa kamera telephoto ketimbang menghadikan kamera makro fixed focus dengan kualitas gambar yang biasa saja.

Well, sebagai model Pro+ pertama untuk seri angka dari realme, ponsel terbaru ini membawa kesan positif kepada kami. realme 9 Pro+ menawarkan banyak kelebihan kepada pengguna, meski ada beberapa kekurangan minor yang semoga saja diperbaiki oleh perusahaan asal China ini pada seri berikutnya.

Dijual dengan harga Rp 4 jutaan di Shopee, realme 9 Pro+ bisa dijadikan salah satu pilihan utama buat Anda yang menari HP spesifikasi kelas atas, berkualitas tinggi, dan kemampuan kamera yang bagus dengan harga yang ekonomis.

realme 9 Pro+ (8GB+128GB) dijual dengan harga Rp 4.999.000 dan early bird sale pada 16 Februari 2022 pukul 18:00 WIB dan Flash sale pada 18 Februari 2022 pukul 9:00 WIB menjadi Rp 4.499.000. (MF)

Kelebihan Realme 9 Pro+

  • Form factor ergonomis, membuatnya lebih nyaman digenggam
  • Desain yang cantik dengan pola warna dan cahaya yang bisa berubah-ubah
  • Layar Super AMOLED 90Hz, menawarkan pengalaman yang mulus
  • Layar bisa memindai denyut jantung
  • Speaker stereo dengan Dolby Atmos
  • Kinerja andal dengan MediaTek Dimensity 920 5G
  • RAM bisa ditambah secara virtual sampai 5 GB dengan fitur DRE
  • Baterai sangat tahan lama
  • Proses charging singkat dengan SuperDart Charge 60W
  • OS terbaru Realme UI 3.0 berbasis Android 12
  • Sistem keamanan dan privasi yang ditingkatkan
  • Kamera 50MP dengan sensor Sony IMX766
  • Kamera utama dilengkapi dengan OIS dan EIS
  • Night Mode yang bagus

Kekurangan Realme 9 Pro+

  • Tidak ada slot microSD
  • Bezel layar di bawah masih tebal, terlihat kurang pas
  • Kualitas kamera ultrawide dan makro yang biasa saja
  • Tidak ada kamera telephoto
SPESIFIKASI REALME 9 PRO+
Rilis Februari 2022
Network GSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE / 5G
Layar Super AMOLED 6,4 inci, Full HD+, 90Hz, Gorilla Glass 5, In-Display fingerprint scanner with heart rate detection
OS Android 12, realme UI 3.0
Chipset MediaTek Dimensity 920 5G
GPU ARM Mali-G68 MC4
RAM 8 GB
Memori 128 GB, 256 GB
Dimensi 160.2 x 73.3 x 7.99m, 182 gram
Kamera Utama 50 MP Sony IMX 766 + OIS, 8 MP (ultrawide), dan 2 MP (macro)
Kamera Depan 16 MP
Baterai 4.500 mAh, Fast Charging 60W
Konektivitas Wi-Fi 6, Bluetooth 5.1, NFC
Warna Sunrise Blue & Aurora Green
Harga Mulai dari Rp 4,9 jutaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0