telset

Review realme 8i: HP 120Hz Murah Kualitas Paripurna

Telset.id – Apa sih yang Anda harapkan dari HP harga Rp 2 jutaan? Punya spesifikasi ngebut dan fitur lengkap saja sudah sangat bersyukur. Tapi beda dengan realme 8i yang telah kami review ini, karena selain punya spesifikasi gegas berkat prosesor Helio G96 terbaru, HP terbaru realme ini membawa layar 120Hz, baterai tahan lama, dan kamera 50MP yang berkualitas.

Awalnya kami mengira kalau realme GT Neo2 justru akan menjadi hidangan penutup yang sempurna dari realme di pasar ponsel Indonesia. Namun prediksi kami salah, karena realme 8i yang justru mengambil panggung berkat harga dan ragam fitur yang ditawarkannya.

Rasanya wajar kalau smartphone ini mengusung slogan “120Hz. Powerfully Smooth”. Selain spesifikasi bertenaga dengan prosesor MediaTek Helio G96 yang masuk sebagai chipset gaming kelas menengah, realme 8i juga dilengkapi dengan layar 120Hz yang super mulus.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga realme 8i

Nah, berikut ini hasil ulasan kami dari smartphone pertama di bawah Rp 3 juta yang mengandalkan layar 120Hz dan MediaTek Helio G96 dalam review realme 8i. Yuk simak selengkapnya, sob!

Desain

Review Realme 8i

Harus diakui, realme merupakan salah satu perusahaan yang getol merilis ponsel terbaru dengan desain yang bagus, khususnya di tahun ini. Sebut saja, realme GT Master Edition dengan desain koper, realme GT Neo2 dengan kelir warna hijau yang menarik perhatian, dan kini realme 8i yang dibuat dengan konsep warna berkilau dan mengalir.

Unit realme 8i yang kami review dilapisi oleh warna Space Purple, yang memperlihatkan perpaduan antara warna ungu gelap, terang, dan silver yang elegan. Warna ini melapisi seluruh bodi smartphone termasuk juga dengan bingkainya.

Transisi dari warna gradasinya sangatlah halus, mengikuti sudut pandang pengguna dan pantulan cahaya yang mengenai bodinya. Ada kalanya ponsel ini terlihat berwarna silver keseluruhan, ungu muda yang merata, dan malah semua ketiga warnanya akan tampil semua saat terkena cahaya yang pas.

realme memberikan softcase dengan warna smoke black dalam paket pembelian. Tapi dengan warna bodi belakang yang menawan, rasanya kami enggan menutupi cantiknya desain dari smartphone ini.

Tepat di sudut atas bodinya, terdapat bingkai kamera dengan empat lingkaran di dalamnya. Kalau dilihat, bentuk modul kamera ini mirip-mirip seperti realme 8 Series yang lebih dulu meluncur di Indonesia.

Baca juga: Review Realme GT Master Edition Indonesia

Review Realme 8i

Bedanya, tersemat tulisan “50MP Matrix AI Camera” yang seolah menandakan bahwa realme 8i punya kualitas mumpuni dalam hal kamera.

Ketebalan kameranya pun kurang lebih sama. Akibatnya, kamera akan menjadi penopang utama ketika smartphone diletakkan di atas meja.

Di bagian depan, smartphone ini memiliki desain yang sama percis dengan jajaran ponsel terbaru realme lainnya di kelas menengah. Layar datar dengan desain memanjang dan memiliki lubang kamera selfie yang kecil di sudut kiri atas layarnya.

Layar ini punya bezel yang cukup tipis di sisi kiri, kanan, dan atasnya. Namun di bagian dagu, bezelnya lumayan tebal.

Review Realme 8i

Oiya, layar ponsel ini sudah terpasang anti gores bawaan yang kualitasnya bagus lho. Lumayan sebagai lapisan keamanan tambahan, secara layar ini tidak terkonfirmasi menggunakan lapisan kaca Gorilla Glass atau tidak.

Di bagian samping kanan, terdapat tombol power berukuran kecil yang berfungsi ganda sebagai sensor sidik jari. Posisinya ergonomis dan punya respon yang amat cepat, walau ukuran tombolnya amatlah mungil. Di sisi kiri, terdapat slot dual SIM dan microSD serta tombol volume. Di bagian bawah, terdapat jack audio, mikrofon, USB-C, dan juga speaker.

Menyoal tentang pengalaman pemakaian, realme 8i terasa solid dan sangat nyaman digunakan dengan satu tangan meski punya kapasitas baterai yang terbilang besar. Ukurannya pas, bobotnya ringan, dan memiliki lengkungan pada bodi belakangnya. Di atas kertas, smartphone ini punya ketebalan 8,5mm dan berat hanya 194 gram saja.

Kalau kami perhatikan, smartphone keluaran realme memiliki built-quality yang cukup baik di berbagai rentang harga. Sepertinya realme selalu mengedepankan kualitas walau di jajaran produk menengah atau kelas harga pemula.

Layar dan Audio

Review Realme 8i

Review realme 8i berlanjut ke bagian layar. Bagian ini memang menjadi salah satu keunggulan utama dari HP terbaru realme. Di harga cuma Rp 2 jutaan saja, para penggunanya kelak sudah mendapatkan fitur layar khas smartphone gaming kelas atas.

Smartphone ini memiliki layar berjenis IPS LCD berukuran 6,6 inci dengan resolusi Full HD+ alias 1.080 x 2.412 piksel. Menakjubkannya, layar ini sudah mendukung refresh rate sampai 120Hz, tertinggi untuk sebuah HP harga Rp 2 jutaan lainnya yang beredar di Indonesia.

Ada tiga pengaturan refresh rate di sini. Standard di mana kecepatan refresh dibatasi sampai 60Hz. Lalu ada High dan Auto Select di mana pengaturan refresh rate layar dibuat adaptif.

Ya, meski layarnya masih IPS LCD, namun realme 8i telah mendukung sistem refresh rate yang adaptif. Saat memilih salah satu di antara dua opsi tersebut, kecepatan refresh layar akan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Gaming atau bagian UI Realme UI 2.0 misalnya, refresh rate layar akan diset ke 120Hz. Namun jika aplikasi atau game yang tak mendukung refresh rate yang tinggi, maka akan diatur ke tingkat terendah di 30Hz, 48Hz, 50Hz, 60Hz, dan 90Hz.

Review Realme 8i

Main game makin terasa asyik karena layar smartphone ini mempunyai touch sampling rate sampai 180Hz. Otomatis, respon layar makin cepat dan cocok untuk main game FPS terbaik yang ada di Android.

Baca juga: Review Realme GT Neo2 Indonesia

Overall, kualitas visual yang ditawarkan HP terbaru realme ini tergolong bagus. Panel IPS LCD memberikan warna yang vivid, detail yang bagus, dan memberikan kecerahan yang pas di segala kondisi berkat intensitasnya yang mencapai 600 nits.

Kalau Anda senang menonton film atau video, ada fitur bernama Video Color Enhancer yang akan memperjelas warna pada video yang ditonton hingga sekelas HDR.

Review Realme 8i

Beralih ke bagian audio, realme 8i cuma dibekali dengan satu speaker saja di bagian bawah bodi. Meski cuma satu speaker saja, suara yang dikeluarkannya sangat lantang dan jelas.

Jika volume diset ke level tertinggi, suara yang dikeluarkan juga masih enak didengar dan minim noise. Kekurangannya, tak ada fitur Dolby Atmos dan equalizer yang membebaskan kami untuk menyesuaikan keluaran audio yang cocok dengan keinginan.

Spesifikasi

Review Realme 8i

realme 8i merupakan HP harga murah yang sudah ditenagai spesifikasi bertenaga berkat kehadiran prosesor gaming kelas menengah dari MediaTek, yakni Helio G96. Prosesor ini tergolong kuat untuk menjalankan berbagai perintah dan aktivitas digital para penggunanya, khususnya untuk gaming.

MediaTek Helio G96 dibangun dengan arsitektur 12nm FinFET dari TSMC. Chipset ini terdiri dari dua kluster CPU, yakni 2-core Cortex A76 dengan clock speed 2,05 GHz dan 6-core Cortex A55 yang hemat energi dengan kecepatan 2 GHz.

MediaTek Helio G96 sendiri adalah satu-satunya chipset seri G9x yang dapat memberikan daya pada layar 120Hz. Chip ini juga mendukung layar dengan kecerahan serendah 1 nits.

Baca juga: Review Laptop Realme Book

Spesifikasi lainnya, realme 8i tersedia dalam dua konfigurasi RAM LPDDR4X dan memori penyimpanan UFS 2.1, yakni 4/64 GB dan 6/128 GB. Kebetulan, ponsel yang kami review merupakan seri terendah dengan konfigurasi 4/64 GB. Sementara untuk baterai, realme 8i ditopang baterai 5.000 mAh.

RAM 4 GB pada sebuah HP Android di zaman sekarang memang tergolong begitu kecil. Apalagi, varian terendah ini belum mendukung fitur RAM Expansion yang menggunakan sebagian kecil memori penyimpanan untuk “menambah” kapasitas RAM.

Nah, berikut ini hasil pengujian kami menggunakan beberapa aplikasi benchmark:

AnTuTu Benchmark

Aplikasi benchmark “wajib” ini biasa digunakan untuk mengukur performa sebuah smartphone. AnTuTu Benchmark dapat mengukur kinerja dari CPU, memori dan juga ruang penyimpanan sebuah smartphone.

HP terbaru realme ini memperoleh skor yang lumayan bagus menggunakan AnTuTu v9.2.0. Dari pengujian yang kami lakukan, skornya mencapai 295 ribuan poin. Hasil yang biasa saja, bagus tidak dan jelekpun tidak.

Nilai yang diraih realme 8i hanya berbeda sedikit dibandingkan ponsel dengan spesifikasi Snapdragon 720G yang pernah kami uji dengan rata-rata skor mencapai 340 ribuan poin.

PCMark

Sistem realme UI 2.0 berbasis Android 11 sama sekali tidak membatasi kinerja dari prosesor MediaTek Helio G96. Dalam review realme 8i yang kami lakukan, skor PCMark smartphone ini mencapai 11.252 poin yang tergolong amat tinggi untuk sebuah HP harga Rp 2 jutaan.

Grafik yang ditunjukan aplikasi memperlihatkan bahwa prosesor ini memberikan kinerja totalitas 100% selama pengujian berjalan. Tak ada penurunan clock speed yang terpantau di aplikasi ini.

Pertanyaannya, apakah berpengaruh pada konsumsi daya baterai? Sama sekali tidak. Di aplikasi yang sama, kami menggunakan metode Battery Life untuk mengukur kemampuan baterai realme 8i.

Dari pengujian, smartphone ini mencatatkan skor screen on time selama 17 jam 38 menit! Kasarnya, smartphone ini berarti dapat bertahan sampai seharian untuk pemakaian normal.

3DMark

Chip MediaTek Helio G96 memiliki kartu grafis ARM Mali G57 yang memiliki konfigurasi dual-core. GPU ini sudah mendukung layar dengan refresh rate 120Hz, walau tidak semua game Android saat ini mampu mencapai 120 FPS ketika dimainkan.

Kami pun menguji kemampuan GPU smartphone ini dengan menggunakan aplikasi 3DMark. Empat mode kami jalankan, yakni Sling Shot, Sling Shot Extreme, Wild Life, dan Wild Life Stress Test.

Tes Sling Shot standar, realme 8i yang kami review mendapatkan skor 3.446 poin dengan rata-rate frame rate mencapai 7 sampai 60 FPS. Sementara untuk versi Extreme, skornya mencapai 2.463 poin dengan frame rate rata-rata 5 hingga 60 FPS.

Sedangkan untuk Wild Life, skor yang didapatkannya mencapai 1.083 poin dengan frame rate rata-rata pada 3 sampai 9 FPS. Untuk Wild Life Stress Test, 1.104 poin berhasil diperoleh dengan stabilitas 93,8%.

Lagi-lagi, kalau dilihat memang performanya secara angka mirip-mirip dengan ponsel yang ditenagai oleh Snapdragon 720G. Hal ini tergolong bagus untuk sebuah smartphone dengan harga Rp 2 jutaan.

Baca juga: Review Samsung Galaxy A72 Indonesia

Gaming

Review Realme 8i

Kami awalnya skeptis dengan spesifikasi yang ditawarkan realme 8i untuk kemampuan gaming. Meski prosesornya MediaTek Helio G96 yang memang dipersiapkan untuk gaming kelas menengah, tapi RAM 4 GB pada realme 8i yang kami review terasa kurang ngangkat.

Namun di luar dugaan, ternyata nikmat banget main game di HP realme terbaru satu ini. Mau game ringan seperti Pokemon Unite ataupun game berat sekelas PUBG New State dan PES eFootball 2021, semuanya bisa dilibas dengan frame rate di atas 40 FPS.

Seluruh game pun dapat dimainkan di grafis rata kanan. PUBG New State dengan frame rate Max dan grafis Ultra dapat dimainkan di rata-rata 40 – 48 FPS.

Sedangkan Pokemon Unite dengan grafis Highest dan frame rate High, manteng di 60 FPS dengan penurunan sampai ke 58 atau 59 FPS saja. PES eFootball 2021 pun sama, di grafis tertinggi dapat kami mainkan di 40 FPS stabil!

Ya meski begitu, ketiga game yang kami coba tidak mendukung refresh rate 120Hz. Tapi bukan jadi masalah selama kami bisa bermain secara lancar dan tanpa gangguan yang berarti.

Soal fitur game, sekarang tidak ada lagi aplikasi Game Space, melainkan aplikasi bernama Games. Tampilannya pun sungguh berbeda dengan Game Space, lebih simple namun fungsional.

Ada fitur seperti Game Focus Mode yang membuat jalannya permainan tak terganggu dengan berbagai notifikasi yang muncul. Kemudian ada opsi untuk menampilkan FPS counter yang melayang di bagian atas, dan lain sebagainya.

Baterai

realme 8i memiliki baterai besar dengan kapasitas 5.000 mAh. Baterai ini bisa tahan nyaris seharian untuk pemakaian normal berdasarkan pengujian kami ketika memakai realme 8i selama melakukan review.

Pemakaian normal yang kami maksud adalah chatting via WhatsApp dan Telegram, mengakses aplikasi sosial media (Facebook, Instagram, dan Twitter), menonton film dengan durasi 90 menit di aplikasi Disney+, hingga bermain game ringan seperti Pokemon Unite dan juga Bus Simulator Indonesia.

Hal inipun sesuai dengan pengujian kami yang dilakukan lewat aplikasi PCMark Battery Life Test yang bisa mencapai 17 jam lebih.

Soal pengisian daya, baterai realme 8i didukung oleh fast charging 18W. Kecepatan ngecasnya sih standar-standar saja, tak cepat tapi tidak lambat juga. Cukup worth it lah dengan masa pakai dan lamanya mengisi daya.

Dibutuhkan waktu sampai 2 jam 44 menit untuk mengisi daya baterai realme 8i dari 1% sampai penuh. Selama proses pengisian daya berlangsung, kami sama sekali tak mengoperasikan ponsel. Namun, smartphone ini tetap terhubung ke jaringan WiFi.

Kamera

Review Realme 8i

Review realme 8i dilanjutkan ke bagian kamera. HP terbaru realme ini dipersenjatai dengan tiga kamera di belakang, antara lain kamera utama dengan sensor 50MP, kamera makro 2MP, dan kamera B&W 2MP. Di depan, realme 8i punya kamera selfie 16MP.

Kamera utama dari realme 8i menggunakan sensor 50MP Samsung ISOCEEL S5KJN1 berukuran 1/2.76”. Kamera ini dibantu dengan adanya PDAF yang membuat fokus lebih cepat dan lensa 5P agar gambar yang ditangkap lebih jernih.

Kamera ini secara default menangkap gambar di resolusi 12,5MP yang punya detail yang bagus, warna yang tajam, dan rentang dinamis yang cukup luas. Ketika memotret di kondisi cahaya yang mencukupi, kontras warna yang dihasilkan terlihat bagus dengan noise yang rendah.

Untuk HP spesifikasi menengah, kamera 50MP dari realme 8i punya mutu yang mengesankan. Kualitas terbaik yang kami dapati ini tak terlepas dari fitur Auto HDR dan AI Scene Enhancement yang mampu menyesuaikan pengaturan kamera tergantung skenario pengambilan gambar.

Bagaimana dengan mode pengambilan gambar di resolusi asli 50MP? Hasilnya cukup bagus, walau tak se-kece resolusi default 12,5MP. Detailnya sih sudah pasti mantap dengan warna yang akurat, tapi terlihat “membosankan” kalau dibandingkan dengan resolusi standar yang punya warna dan detail lebih tajam.

realme 8i dilengkapi dengan kamera B&W atau monokrom 2MP yang membantu kamera utama sebagai sensor kedalaman atau depth. Istilah non-teknisnya, kamera ini memungkinkan pengguna untuk mengambil foto portrait dengan efek bokeh yang bagus.

Perpaduan kamera 50MP dan kamera monokrom ini sangatlah pas. Subjek pada foto terlihat detail dengan warna yang tajam, sementara di sisi lain bagian belakang diburamkan dengan efek yang berbeda-beda.

Ya, ada beberapa filter yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna. Misalnya saja, Bokeh Flare Portrait, AI Color Portrait, dan Dynamic Bokeh. Semuanya memberikan hasil foto portrait dengan kualitas menakjubkan.

realme 8i juga memiliki kamera makro 2MP yang sayangnya tak dilengkapi dengan fitur autofokus. Ya, kamera ini hanya fixed focus saja dengan jarak terdekat hanya 4cm.

Baca juga: Review Huawei Mate 40 Pro Indonesia

Dengan lensa berjenis fixed focus, kami pun perlu usaha lebih untuk menetapkan titik fokus yang pas pada subjek. Setelah mendapatkan fokus yang diinginkan, hasil fotonya terbilang tajam dengan detail yang bisa dinikmati. Oiya, mengambil foto makro dengan lensa fixed focus pun harus pas jaraknya, karena kalau tidak hasilnya akan sedikit lebih buram.

Review Realme 8i

Di bagian depan, kamera selfie 16MP dapat mengambil foto selfie yang jernih. Kamera ini juga didukung dengan fungsi AI beautification, mode HDR, mode potre,t dan fitur Panoselfie yang dapat membantu anda mengambil foto selfie yang lebih luas.

Soal kualitas, warna yang dihasilkannya tergolong cukup akurat. Meski begitu, terkadang kamera selfie ini tak bisa mengatasi pantulan cahaya yang berlebih. Akibatnya, kerap kali kami mendapati foto selfie yang over brightness. Semoga realme akan memberikan pembaruan untuk mengatasi hal ini.

Kamera realme 8i mampu merekam video di resolusi 1080p atau 720p pada 30 FPS. Tidak ada mode 1080p @60 FPS ataupun 4K @30 FPS. Mutu videonya cukup baik, dengan detail yang pas dan warna yang bagus.

Kekurangannya hanya satu, tak ada fitur stabilisasi gambar. Ada fitur Ultra Steady Video yang melakukan cropping pada hasil gambar kamera utama, namun kualitasnya tentu lebih rendah daripada mode standar.

Hasil kamera realme 8i:

Hasil kamera realme 8i

Kesimpulan

Review Realme 8i

Kembali ke pertanyaan di awal, apa yang Anda harapkan dari sebuah HP dengan harga Rp 2 juta? Mendapatkan ponsel dengan spesifikasi yang cukup untuk multitasking saja sepertinya sudah Alhamdulillah, karena biasanya smartphone di rentang harga tersebut menawarkan spek dan fitur yang cenderung pas-pasan demi menekan harga.

Tapi realme 8i yang kami review seakan mengubah persepsi tersebut. Kini, smartphone terjangkau dengan harga Rp 2 jutaan tak lagi dipandang sebelah mata lagi berkat ragam kelebihan yang ditawarkan realme 8i. Mengapa demikian?

Smartphone ini memberikan pengalaman positif kepada kami selama memakainya sebagai daily driver. Bodinya indah dipandang dengan built-quality yang pas dan ringkas. Layarnya pun punya kemampuan luar biasa berkat refresh rate 120Hz yang adaptif.

Spesifikasi realme 8i tergolong gegas di kelasnya. Ditenagai oleh chipset 4G paling baru dan bertenaga dari MediaTek yang sudah dioptimasi untuk layar 120Hz, realme 8i merupakan smartphone 4G terkuat di rentang harga Rp 2 jutaan.

Ya memang, walau RAM dari unit yang kami ulas cukup 4 GB saja tanpa adanya opsi RAM Expansion, namun berbagai aktivitas yang kami jalani secara digital dapat dilalui tanpa gangguan yang berarti.

Review Realme 8i
realme 8i (Foto: Muhammad Faisal/Telset.id)

Baterai realme 8i yang kami review pun punya daya tahan yang jempolan. Baterainya membuat HP dapat menemani kami hampir seharian. Begitu juga dengan kameranya yang bisa diandalkan berkat kemampuan dan kualitasnya yang cemerlang.

Baca juga: Daftar HP yang Dapat Realme UI 3.0

realme 8i memang bukanlah HP yang ideal bagi orang-orang yang membutuhkan daily driver yang kencang, sempurna, dan berfitur lengkap. Sungguh mustahil menemukan ponsel super ekonomis yang perfeksionis seperti itu.

realme 8i masih memiliki kekurangan yang terbilang wajar di rentang harga segini. Frame bodi masih plastik, layar belum AMOLED, tidak ada NFC, audio belum stereo, RAM tak besar, baterai tidak mendukung fast charging 30W ke atas, kameranya pun tak ada pilihan ultrawide.

Akan tetapi, bagi Anda yang menginginkan HP harga ekonomis yang paripurna, realme 8i bisa jadi pilihan terbaik bagi Anda. Seri angka dari realme ini menjawab kebutuhan realme Fans terhadap smartphone yang powerful dan bisa diandalkan baik untuk gaming maupun multitasking sehari-hari. (MF)

Kelebihan realme 8i

  • Desain dengan warna gradasi yang menawan
  • Ponsel nyaman digenggam dengan satu tangan
  • Layar 120Hz adaptif
  • Kinerjanya cekatan berkat MediaTek Helio G96
  • Baterai yang tahan lama, bisa seharian
  • Punya slot microSD dan dual SIM
  • Gaming lancar, game berat bisa 40 FPS ke atas
  • Kamera 50MP dengan kualitas menakjubkan
  • Kamera B&W dan makro suguhkan hasil foto yang bagus

Kekurangan realme 8i

  • Tidak ada NFC
  • RAM tak besar, maksimal 6 GB saja
  • Khusus model 4 GB, tak ada fitur RAM Expansion
  • Tak ada kamera ultrawide
  • Speaker belum stereo
SPESIFIKASI REALME 8i
Rilis November 2021
Network 2G, 3G, 4G
OS Android 11, Realme UI 2.0
Chipset Mediatek Helio G96 (12 nm)
CPU Octa-core (2×2.05 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)
GPU Mali-G57 MC2
RAM 4 GB/6 GB
Storage 64 GB/128 GB
Dimensi 164.1 x 75.5 x 8.5 mm, 194 gram
Layar IPS LCD, 120Hz, 6,6 inci, Full HD+
Kamera Utama 50 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (B&W)
Kamera Depan 16MP
Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 18W
Warna Space Black, Space Purple
Harga Rp 2,4 jutaan (4/64 GB) dan Rp 2,9 jutaan (6/128 GB)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0