telset

10 Tips Charge Baterai HP Android Lebih Cepat Penuh dan Awet

Telset.id – Charge baterai HP Android bisa lebih cepat penuh, walaupun HP Anda tidak didukung fitur fast charging. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan dengan mudah supaya daya baterai HP Android bisa cepat mencapai 100%.

Selama ini aktivitas charge baterai, menjadi aktivitas yang membosankan. Alasannya karena durasinya tergolong lama dan Anda harus segera menggunakan HP untuk memenuhi kebutuhan.

Namun, sebenarnya ada solusi untuk mengatasi masalah ini. Ada banyak tips yang bisa dicoba supaya proses charge baterai HP Android bisa lebih cepat. Anda bisa melakukannya walaupun HP tidak didukung oleh teknologi fast charging. Kira-kira apa saja tipsnya?

1. Charge HP Dalam Keadaan Mati

Charge Baterai HP Android

HP disarankan dalam keadaan mati. Alasannya karena ketika HP menyala, perangkat RAM, prosesor, aplikasi dan lainnya menyebabkan pengisian baterai menjadi lebih lambat. Jadi supaya HP Anda cepat terisi maka HP harus dalam keadaan mati.

2. Aktifkan Mode Pesawat Saat Charge HP 

Charge Baterai HP Android Cepat

Tips berikutnya yakni dengan mengaktifkan mode pesawat atau AirPlane saat charge HP. Dengan menggunakan mode Pesawat, semua jaringan dan konektivitas di HP Anda dihentikan.

Baca juga: 5 Tips Menjaga Kesehatan Baterai Oppo Reno6

Dampaknya konsumsi baterai akan menurun dan Anda dapat mengisi dayanya dengan cepat dengan efisiensi yang sangat baik. Cara ini bisa mengurangi waktu pengisian daya hingga 40% dibandingkan saat HP dalam keadaan normal.

3. Gunakan Adaptor Charge dan Kabel yang Asli 

Baterai HP Android

Pastikan Anda menggunakan adaptor dan kabel charger yang asli. Bukan KW atau palsu serta dari merek HP lain. Hal ini karena penggunaan perangkat charger yang asli maka proses pengisian baterai lebih maksimal, dan durasinya bisa lebih cepat.

Sedangkan jika menggunakan perangkat KW atau palsu, tidak hanya membuat pengisian baterai jadi lama. Namun, juga membuat baterai cepat rusak.

4. Nonaktifkan Paket Data 

Jika Anda tidak ingin mematikan perangkat atau mengaktifkan AirPlane Mode, setidaknya Anda harus menonaktifkan paket data, Wifi, GPS, dan Bluetooth.

Pasalnya berbagai fitur ini dinilai dapat menghabiskan banyak baterai, dan proses pengisian baterai Anda jadi lebih lama. Oleh karena itu, Anda bisa mematikan fitur tersebut supaya charge lebih cepat.

5. Jangan Gunakan HP Saat Sedang Charge 

Baterai HP Android

Menggunakan smartphone saat mengisi daya membuat proses pengisian daya semakin lama. Penyebabnya karena RAM, prosesor dan layar tetap bekerja sehingga menyedot daya baterai.

Supaya proses pengisian lebih cepat, Anda diminta untuk bersabar dengan tidak memegang HP saat ngecharge agar baterai cepat terisi penuh.

6. Jangan Mengisi Baterai di PC atau Laptop 

Charger Baterai HP Android

Waktu pengisian baterai HP di PC dan laptop durasinya sangat lama. Hal ini karena kedua perangkat tersebut hanya menyediakan setengah arus daya, sehingga waktu pengisian daya menjadi lama.

Baca juga: 7 Tips Mengatasi Baterai Ponsel Tidak Bisa Dicas

Oleh karena itu jika baterai HP ingin terisi penuh dengan cepat dan baterai awet, tidak disarankan untuk mengisi baterai HP lewat PC dan laptop.

7. Jangan Mengisi Baterai dari 0% Hingga 100%

Supaya cepat terisi, Anda disarankan jangan mengisi baterai dalam keadaan 0% dan mengisinya hingga 100%. Kabarnya umur baterai menjadi lebih pendek, dan performa baterai jadi menurun.

Dalam jangka panjang, baterai dikhawatirkan sulit terisi penuh dengan cepat karena performanya yang menurun. Disarankan untuk mulai mengecharge HP jika daya baterai 50%, dan berhenti saat sudah mencapai 95%.

8. Nyalakan Mode Hemat Daya Ultra 

Bagi Anda pengguna HP Samsung, Anda bisa menyalakan mode hemat daya ultra atau ultra power saving mode saat pengisian daya. Efektivitas cara ini sama seperti penggunaan AirPlane Mode sehingga dapat mempercepat pengisian baterai HP Anda.

9. Jangan Menggunakan Wireless Charging

Charger Baterai HP Android

Memang saat ini sudah ada alat pengisian daya tanpa kabel atau wireless charging. Namun, selalu lebih efisien untuk mentransfer daya melalui kabel. Menggunakan wireless charging memang lebih praktis tetapi, durasi pengisiannya cenderung lebih lambat dibandingkan yang versi kabel.

10. Jangan Menggunakan Stop kontak Charger 

Charger baterai HP Android

Supaya charger lebih cepat, Anda jangan menggunakan stop kontak yang bisa otomatis melakukan pengisian daya. Gunakan adaptor dan kabel charger untuk pengisian daya.

Menggunakan stopkontak charger tidak hanya membuat pengisian daya jadi lama, tetapi juga memperpendek umur baterai.

Baca juga: 4 Cara Cek Kondisi Baterai Laptop

Oke itu tadi informasi mengenai 10 tips supaya baterai HP Android Anda cepat penuh. Silakan pilih cara mana yang menurut Anda cocok digunakan di HP Anda. Selamat mencoba.

How To Charge Your Android Battery Faster in 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0