telset
spot_img
spot_img

Snapdragon 8 Gen 1 Jamin HP Android Lebih Pintar, Cepat & Hemat Daya

Telset.id, Jakarta – Snapdragon 8 Gen 1 diperkenalkan sebagai prosesor unggulan untuk HP Android generasi berikutnya, dengan membawa kelebihan dan spesifikasi yang lebih baik. Tak cuma berganti nama saja, Qualcomm membekali penerus Snapdragon 888 ini dengan rangkaian teknologi baru di dalamnya.

Prosesor terbaru Qualcomm ini hadir dengan skema penamaan yang baru. Digit angka (8) di belakang Snapdragon menandakan bahwa seri ini merupakan chip unggulan dan menjadi generasi penamaan yang pertama.

Prosesor ini menjadi chipset 4nm pertama dari Qualcomm yang menggunakan arsitektur CPU generasi baru ARMv9. Qualcomm tetap mempertahankan desain tiga kluster pada prosesor andalannya.

1-core Cortex X2 akan berjalan pada kecepatan 3 GHz. Sementara kluster lain yang terdiri dari 3-core Cortex A710 punya kecepatan 2,5 GHz dan 4-core Cortex A510 berjalan pada kecepatan 1,8 GHz.

Baca juga: MediaTek Umumkan Dimensity 9000 5G

Kalau dibandingkan dengan HP Android bertenaga Snapdragon 888, prosesor Snapdragon 8 Gen 1 menyuguhkan kecepatan CPU 20% lebih kencang dan konsumsi daya 30% lebih rendah.

Sudah pasti, HP Android dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 1 mampu menjalankan berbagai game berat Android berkat kehadiran kartu grafis Adreno yang baru.

Qualcomm mengklaim, performa GPU ini 30% lebih baik dibandingkan Snapdragon 888. Berkat arsitektur yang baru juga, daya baterai bakal lebih hemat 25%.

Spesifikasi HP Android dengan Prosesor Snapdragon 8 Gen1

Qualcomm mempertahankan fitur Elite Gaming pada chip flagship-nya. Di seri terbaru ini, Elite Gaming memiliki fitur andalan bernama Adreno Frame Motion Engine.

Fitur ini memungkinkan GPU membuat game yang dimainkan memiliki frame rate dua kali lipat lebih banyak meski menggunakan jumlah daya yang sama. Atau, ini dapat menjaga FPS tetap stabil walau daya direduksi sampai setengahnya.

Main game Android terberat sekalipun akan jauh lebih lancar pada HP dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 1. Pasalnya, chipset ini sudah dibekali dengan fitur Variable Rate Shading Pro untuk memastikan grafis game terbaik pada genggaman.

Punya Chip ISP yang Lebih Canggih

Seperti biasa, prosesor tingkat atas dari Qualcomm tak cuma mengandalkan performa super ngebut saja. Snapdragon 8 Gen 1 juga memberikan peningkatan signifikan pada sektor kamera dengan menyertakan chip ISP Spectra generasi terbaru.

ISP generasi terbaru ini berbasis sistem 18-bit yang jauh lebih baik daripada Snapdragon 888. Itu berarti, ISP Spectra mampu memproses 4.096 kali lebih banyak data dari kamera dibandingkan sebelumnya.

Berkat sistem yang baru juga, ISP ini memungkinkan pemotretan sampai 240 foto beresolusi 12MP dalam satu detik atau merekam video 8K HDR sambil mengambil foto 64MP secara bersamaan.

Khusus untuk foto malam, Snapdragon 8 Gen 1 memiliki kemampuan untuk menangkap 30 foto dalam sekali bidikan. Selain itu, ISP pada prosesor terbaru ini mendapatkan peningkatan pada teknik pemrosesan AI, autofokus, teknologi deteksi wajah, mode bokeh, dan sebagainya.

Baca juga: Perbandingan Exynos 2100 vs Snapdragon 888

Tak hanya menyematkan chip ISP untuk pengambilan gambar saja, Qualcomm menyertakan chipset serupa lainnya yang membuat kamera akan selalu menyala sepanjang waktu.

Kamera ini kemungkinan dibuat sebagai sensor yang akan mendeteksi beberapa skenario penggunaan secara otomatis. Misalnya, layar ponsel akan mati ketika kamera mendeteksi ponsel di taruh di atas meja atau mendeteksi ketika ada orang lain yang mencoba melirik smartphone tanpa sepengetahuan pengguna.

Spesifikasi Snapdragon 8 Gen 1 Lainnya

Spesifikasi HP Android dengan Prosesor Snapdragon 8 Gen1

Terdapat mesin AI generasi ketujuh bernama Hexagon yang menyuguhkan kinerja AI empat kali lebih cepat dan 1,7 kali lebih hemat daya daripada sebelumnya. Qualcomm memang memfokuskan efisiensi daya pada prosesor generasi terbarunya.

Di sisi keamanan, Qualcomm menambahkan lapisan keamanan dengan sistem Trust Management Engine yang terintegrasi. Lewat fitur ini, HP Android dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 1 bisa berfungsi sebagai kunci mobil, alat untuk menyimpan informasi pengguna, atau bahkan dompet digital.

Baca juga: Android 12 Sulap HP Jadi Kunci Mobil

Sementara untuk sektor konektivitas, SoC ini sudah dilengkapi dengan model Snapdragon X65 5G. Modem ini mendukung jaringan mmWave dan sub-6 GHz dengan kecepatan sampai 10 Gbps, serta 3GPP Release 16.

Chip ini pun mendukung WiFi 6 dan QiFi 6E, Bluetooth LE Audio, dan Snapdragon Sound AptX Lossless generasi terbaru.

Diharapkan, HP Android pertama dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 1 akan hadir sebelum tutup tahun 2021. Diprediksi, Xiaomi 12 akan menjadi yang pertama dengan chipset paling kencang itu. (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0