telset

Review Realme C31: HP Sejutaan dengan Kualitas Apik

Telset.id –  realme C31 yang kami review seolah memupus stigma negatif dari HP Rp 1 jutaan. Dijual dengan harga kurang dari Rp 2 juta, realme C31 tampil berbeda dengan desain yang keren, spesifikasi prosesor yang cukup andal, kamera yang ternyata bagus, sampai baterai yang super awet.

Ya, HP harga Rp 1 jutaan biasanya memiliki kesan negatif di tengah-tengah masyarakat saat ini yang disuguhi banyak produk ponsel kelas menengah ke atas dengan spesifikasi mumpuni.

Sudah jadi rahasia umum kalau smartphone harga Rp 1 jutaan dikemas dalam desain yang monoton, kinerja pas-pasan dan cenderung lemot, hingga kemampuan kamera yang buruk.

Stigma inilah yang seolah coba diubah oleh realme melalui seri C31 terbaru. Dengan harga mulai Rp 1,5 jutaan, realme C31 yang kami review dibuat sedemikian rupa agar tampil dengan desain yang tak murahan, punya spesifikasi andal, dan kamera yang berkualitas di kelasnya.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Realme C31

Untuk selengkapnya, berikut ini review lengkap dari realme C31 yang sudah beredar di Indonesia dengan harga mulai Rp 1,5 jutaan saja. Check this out!

Desain

Review Realme C31

Saat menerima pertama kali HP terbaru realme ini di meja redaksi, kami langsung suka dengan kemasan desainnya. HP sejutaan ini punya bodi yang tipis, desain dengan tekstur yang halus, serta modul kamera yang terlihat premium dan elegan di kelasnya.

Ponsel ini juga nikmat banget buat digenggam. Walau ukuran layarnya tergolong luas, berkat bodi yang tipis dan lengkungan di bodi belakang membuatnya nyaman digunakan sehari-hari.

Seperti smartphone dengan harga Rp 1 jutaan lainnya, realme C31 dibuat dengan frame yang terbuat dari plastik. Jangan pandang sebelah mata material yang digunakannya, karena build quality smartphone tersebut amat bagus.

Bodinya solid dan sudah teruji kualitasnya oleh TÜV Rheinland. HP harga sejutaan ini melalui berbagai pengujian sampai akhirnya mendapatkan sertifikat Keandalan Tinggi Smartphone dari TÜV Rheinland.

Review Realme C31

Sertifikasi Keandalan Tinggi Smartphone TÜV Rheinland berisi 23 tes utama, termasuk 10 Skenario Tes Penggunaan Harian, seperti jatuh, pemakaian, dan keausan.

7 Skenario uji lingkungan ekstrim, seperti suhu tertinggi dan terendah, kelembaban tinggi dan rendah, fluktuasi tegangan, masa pakai tombol, listrik statis, tekanan udara dan 6 Skenario Uji Reliabilitas Komponen.

Tak cukup, realme C31 yang kami review pun lulus lebih dari 300 uji realme untuk memberikan pengalaman smartphone yang tahan lama kepada pengguna.

Baca juga: Realme C35 Masuk Indonesia

Secara desain luar, sekali lagi smartphone ini menampilkan desain yang elegan berkat lapisan warna hijau gelap pada bodi belakangnya. Warna ini tergolong jarang untuk sebuah smartphone kelas Rp 1 jutaan.

Review Realme C31

Buat kami, warna ini memberikan kesan tegas sekaligus elegan. Apalagi, tekstur doff nan halus yang membuatnya tak mudah tertempel jejak sidik jari yang biasanya bikin bodi gampang terlihat kusam.

Menariknya, warna ini memperlihatkan beberapa perspektif warna tergantung paparan cahaya yang mengenai bodinya. Kalau cahaya yang mengenai bodi berada di intensitas biasa, bodinya terlihat berwarna biru gelap dengan sedikit efek garis-garis cahaya putih yang berpusat pada modul kamera. Malahan, jika dilihat dari sudut tertentu, warnanya jadi seperti hitam doff.

Satu elemen yang terlihat mencolok pada ponsel ini adalah modul kameranya. Frame kamera ini berbentuk persegi panjang dengan ukuran yang lumayan besar. Modul ini menyimpan tiga kamera dan LED flash, lengkap dengan logo “AI” serta “13MP AI Camera”.

Review Realme C31

Bentuknya terlihat beda ketimbang ponsel sejutaan lainnya, karena frame kameranya mengusung desain kurva di sepanjang tepian. Modul ini memang tampak mencuat keluar, sehingga menjadi penopang bodi keseluruhan ketika ponsel diletakkan di atas meja.

Di sudut kiri bawah, tersemat logo realme dengan lubang speaker berukuran lumayan besar. Ke bagian depan, realme C31 hadir dengan desain mainstream. Layarnya luas dengan dagu yang cukup tebal. Di atasnya, terdapat notch sebagai tempat bagi kamera selfie.

Di bagian bawah, ada jack audio 3,5mm, mikrofon, serta port micro USB. Sementara di kanan, ada tombol power yang juga bertugas sebagai sensor sidik jari konvensional. Di sisi kiri, ada tombol volume dan slot dual SIM + microSD.

Baca juga: 10 HP Gaming Murah 1 Jutaan Terbaik Maret 2022, Bisa Main PUBG

Layar dan Audio

Review Realme C31

realme C31 yang kami review mengusung layar berukuran 6,52 inci dengan jenis IPS LCD. Resolusi layarnya terasa timpang, karena hanya HD+ saja atau 1.600 x 720 piksel. Sebenarnya wajar saja HP sejutaan diberikan layar beresolusi HD saja, namun dengan ukurannya yang besar, terasa kurang maksimal.

Soal fitur di layar, realme menghadirkan beberapa fitur bawaan pada seri menengah ke realme C31. Salah satunya adalah Dark Theme, Auto Resolution, sampai Video Display Enhancement.

Cukup menarik melihat opsi Dark Theme pada HP dengan layar IPS LCD, apalagi resolusinya cuma HD+ saja. Jangan kira warnanya bakal sehitam dan gelap seperti layar AMOLED, Dark Theme di sini cenderung berwarna abu tua.

Review Realme C31

Tapi tenang, tetap enak dipandang kok walau digunakan saat gelap atau malam hari. Makin nyaman lagi dengan fitur Night Light yang akan mereduksi paparan sinar biru yang sering membuat mata cepat lelah.

Auto Resolution bisa disebut sebagai salah satu fitur yang menarik. Fitur ini hanya berlaku saat pengguna bermain game saja. Dengan mengaktifkannya, resolusi layar saat menampilkan game akan diturunkan agar baterai jauh lebih hemat dan mencegah overheating.

Baca juga: Review Samsung Galaxy M22

Video Display Enhancement adalah fitur yang kami rasa “menutupi” kekurangan dari resolusi HD+. Berkat fitur ini, kualitas konten video atau foto yang tampil bakal ditingkatkan warnanya agar terlihat lebih vivid.

Fitur ini berlaku untuk empat aplikasi populer buatan Google, yakni YouTube, Google Duo, Files by Google, dan Photos.

Review Realme C31

Menyoal tentang kualitas audio, cuma ada satu speaker saja yang terletak di belakang bodi. Posisi ini seperti “aturan tak tertulis” dari beberapa ponsel dengan harga sejutaan.

Dentuman suara yang keluar begitu lantang, tapi jangan coba-coba mengaturnya ke volume maksimal. Sebab, suara terdengar sedikit pecah cenderung sember dengan tone yang terlalu tinggi.

Spesifikasi Realme C31

Review Realme C31

“Lemot”, satu kata yang masih melekat pada HP Rp 1 jutaan pada umumnya. Namun anggapan ini dibuang jauh-jauh oleh realme melalui seri realme C31 yang kami review.

Jujur, saat melihat daftar spesifikasi utamanya, kami sempat menganggap remeh realme C31. “Halah, cuma pakai prosesor Unisoc T612 doang, apa sih kelebihan dari realme C31?” Pikir kami.

Ungkapan tersebut dirasa wajar, karena harus diakui kalau prosesor Unisoc erat kaitannya dengan ponsel murah dengan kinerja “kentang”. Lalu, apa yang membuat spesial realme C31 dengan prosesor Unisoc T612 ini?

Jawabannya, karena sistem operasi realme UI R Edition yang ringan dan cenderung mirip seperti Android Go Edition. UI berbasis Android 11 ini tampak polos tanpa bloatware yang memberatkan. Tampilannya pun lebih bersih, cukup mirip dengan Android murni versi Go Edition.

Review Realme C31

Ini menjadi keputusan yang tepat, melihat spesifikasi realme C31 hadir dengan pilihan RAM 3 GB atau 4 GB dan memori penyimpanan 32 GB ataupun 64 GB. Meski mengusung RAM yang “minimalis”, kinerja ponsel ini terbilang cukup gesit tanpa ada kendala seperti laggy yang mengganggu.

Untuk pemakaian biasa cenderung tak ada masalah. Justru kami menyukai tampilan bersih tanpa banyak bloatware seperti ini, mengingatkan kami pada perangkat berbasis Android One yang sempat populer beberapa tahun lalu.

Pun demikian, sistem operasi pada realme C31 juga memiliki beberapa kekurangan yang kami rasakan selama melakukan review. Sudah pasti, tak ada banyak aplikasi bawaan realme di sini, seperti Games atau Game Space, long screenshot, dan lain sebagainya.

Review Realme C31

Baca juga: Review Realme 8i Indonesia

Benchmark & Baterai

Lantas, bagaimana kemampuan yang disuguhkan oleh HP terbaru realme ini? Kami mengujinya dengan menggunakan dua aplikasi benchmark, yaitu PCMark dan AnTuTu Benchmark versi terbaru.

Smartphone ini memperoleh skor 209 ribuan poin saat mengujinya dengan aplikasi AnTuTu Benchmark versi 9. Nilai yang diraihnya memang tak begitu tinggi, namun hampir mendekati beberapa ponsel kelas menengah ke bawah yang beredar saat ini di Indonesia.

review Realme C31
AnTuTu realme C31

Sementara untuk PCMark, smartphone ini meraih nilai 7.846 poin. Menariknya, perpaduan Unisoc T612 dengan realme UI R Edition memberikan kinerja 100% sepanjang pengujian berlangsung. Pertanyaannya, apakah berpengaruh pada daya tahan baterai?

review Realme C31
PCMark realme C31

Ternyata tidak juga. Baterai dengan kapasitas 5.000 mAh dari realme C31 memiliki daya tahan yang tergolong luar biasa. Dari tes yang juga dilakukan dengan PCMark, screen on-time mencapai 14 jam 52 menit dengan baterai tersisa 18%.

review Realme C31
Uji ketahanan baterai realme C31

Kalau mau lebih hemat baterai, ada fitur Super Power Saving Mode yang mengizinkan pengguna memilih 6 aplikasi yang yang paling sering digunakan agar tetap aktif untuk mencapai masa pakai baterai yang sangat lama. Pada saat yang sama, smartphone akan mengaktifkan strategi hemat daya yang lebih agresif.

Tanpa didukung fast charging, mengisi baterai 5.000 mAh di smartphone ini memang terasa amat lama bagi pengguna yang sebelumnya memiliki HP dengan fast charging yang kencang.

Berdasarkan perhitungan lewat Battery Log, mengisi baterai dari 0% sampai penuh membutuhkan waktu hingga 3 jam. Waktu yang lama, namun diganjar dengan daya tahan baterai yang juga sangat panjang.

Baca juga: Review Realme 9 Pro+

Gaming

Review Realme C31

Buat gaming, memang tak banyak yang diharapkan dari spesifikasi realme C31. Tapi kalau Anda tengah mencari HP gaming harga murah yang pas buat main game kasual, realme C31 bisa jadi alternatif yang tepat.

Memang sungguh terlalu jika Anda berharap banyak pada kemampuan gaming ponsel ini. Tidak, Anda sudah pasti tak akan mendapatkan FPS tinggi ketika bermain game AAA yang ada di Android.

Namun untuk bermain game kasual seperti Subway Surfers, 8 Ball Pool, sampai Clash of Clans, smartphone ini cocok kok. Semua game tersebut dapat dimainkan secara maksimal, tanpa ngelag pula.

Kamera Realme C31

Review Realme C31

Kapan lagi HP kelas entry dibekali tiga kamera belakang plus satu kamera depan? realme C31 dilengkapi dengan spesifikasi kamera yang lumayan bagus di kelasnya.

Kamera utamanya menggunakan sensor 13MP dari Sony dengan bukaan lensa f/2.2. Kamera utama 13MP smartphone ini hasilnya lumayan cakep.

Warnanya natural dan tak berlebihan, terlihat vivid, serta detail yang masih oke. Kekurangan kamera realme C31 yang kami rasakan adalah saat memotret pemandangan dengan sinar matahari yang cukup terik.

Dengan skenario foto tersebut, gambar yang dihasilkan terlihat lumayan over cahayanya. Hal ini berdampak pada warnanya tak keluar, meski detailnya masih tergolong pas. Hebatnya, kamera utama realme C31 punya kelebihan dalam urusan foto malam.

Berkat bukaan lensa f/2.2 dan mode Night Pro di sistem kamera, smartphone ini dapat menangkap foto malam yang berkualitas baik di kelasnya. Gambar yang kami ambil di suasana temaram terlihat agak natural dan tak over brightness.

Hanya saja detailnya tak sebagus saat memotret di siang hari. Dan lagi, agak sulit menetapkan titik fokus pada saat memotret di suasana remang-remang. But overall, hasilnya terbilang sedang untuk kelas HP Rp 1 jutaan.

realme C31 hadir dengan lensa makro dengan jarak fokus super dekat. Konsumen dapat memotret fotografi makro yang unik dengan detail dan menikmati menjelajahi pesona dunia mikro.

Tersedia juga kamera makro 2MP yang dapat mengambil jarak fokus dari dekat. Dengan kamera ini, pengguna dapat memotret fotografi dengan angle makro dari jarak beberapa cm saja.

Baca juga: Review Samsung Galaxy A03

Review Realme C31

Ketiadaan autofokus pada kamera ini menyulitkan kami yang susah menjaga tangan agar tetap stabil. Alhasil, beberapa foto makro yang kami ambil memiliki fokus yang kabur dan tak enak dilihat.

Sementara lensa B/W, membantu kamera utama untuk menangkap foto dengan efek bokeh atau blur di badkground. Menariknya, tersedia beberapa opsi bukaan lensa yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, mulai f/0.95 hingga f/16.0.

Untuk kamera depan, sensor 5MP secara mengejutkan memberikan hasil yang bagus, natural, dan sudah mendukung HDR. Detail dari wajah masih terlihat dengan rona muka yang tetap natural, sementara warna di latar belakang yang juga maish tampak bagus.

Namun karena “hanya” 5MP saja, urusan detail jadi kekurangan dari kamera ini. Selain untuk selfie, kamera depan juga berfungsi untuk membuka kunci layar dengan pengenalan wajah.

Hasil foto realme C31:

Hasil kamera realme C31

Kesimpulan

Review Realme C31

Buat Anda yang mencari ponsel harga sejutaan dengan kemampuan all-rounder, realme C31 bisa dijadikan opsi terbaik. Smartphone ini tampil beda berkat desainnya yang elegan dengan tekstur yang halus dan anti jejak sidik jari.

Build quality-nya juga bukan kaleng-kaleng, meski form factor-nya cukup tipis dan ringkas. Ponsel ini bahkan diganjar sertifikasi Keandalan Tinggi Smartphone dari TÜV Rheinland setelah melalui puluhan pengujian yang ekstrem.

Tak cuma “kosmetik” saja yang terlihat berkelas, spesifikasi yang ditawarkan realme C31 juga memuaskan. Perpaduan prosesor Unisoc T612, RAM sampai 4 GB, memori hingga 64 GB, baterai dengan kapasitas 5.000 mAh, serta sistem operasi realme UI R Edition yang ringan, membuatnya dapat bekerja gegas untuk mendukung pemakaian normal pengguna sehari-hari.

Dipakai chatting, mengakses medsos, sekadar mengetik di Google Docs, browsing, hingga gaming kasual, semuanya bisa dilalui dengan lancar dan tanpa kendala. Patut untuk dilirik adalah daya tahan baterainya yang luar biasa panjang.

Baca juga: Review Samsung Galaxy A03 Core

Jangan lupakan kemampuan kamera utamanya. Asli, kualitas kameranya tergolong mantap untuk sebuah smartphone sejutaan. Memotren di siang hari atau malam hari, didukung opsi AI dan HDR yang membuat mutu gambar bisa lebih baik lagi.

Memang ada kekurangan yang kami rasakan, terutama pada layar yang masih HD+, ketiadaan fast charging, hingga kamera sekunder yang terasa gimmick bagi kami. Andai saja realme menghilangkan dua kamera untuk memaksimalkan potensi satu kamera utama, mungkin realme C31 bisa lebih menarik lagi.

Well, dengan harga yang ditawarkannya, realme C31 bisa Anda lirik sebagai ponsel daily driver yang ramah kantong sekaligus memiliki kemampuan yang oke untuk pemakaian sehari-hari.

Kelebihan realme C31

  • Harga terjangkau
  • Desain elegan
  • Build quality berkelas
  • Layar luas dengan fitur yang beragam
  • realme UI R Edition yang ringan dan minim bloatware
  • Daya tahan baterai yang panjang
  • Kebolehan kamera utama yang patut diapresiasi hasilnya

Kekurangan realme C31

  • Layar masih HD+, tak imbang dengan ukuran layarnya yang luas
  • Tidak membawa fitur-fitur andalan realme UI, seperti Games, long screenshot, dan sebagainya
  • Tidak mendukung fast charging
  • Kamera makro dan B/W yang tidak memuaskan
SPESIFIKASI REALME C31
Rilis Maret 2022
Network GSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE
Layar LCD 6,52 inci, HD+
OS Android 11, realme UI R Edition
Chipset Unisoc T612
GPU ARM Mali-G57
RAM 3 GB/4 GB
Memori 32 GB/64 GB
Dimensi 164.74 x 76.19 x 8.43mm, 197g
Kamera Utama 13 MP + 2MP makro + B/W
Kamera Depan 5 MP
Baterai 5.000 mAh
Konektivitas WiFi 2,4 GHz, Bluetooth 5
Warna Light Silver dan Dark Green
Harga Mulai dari Rp 1,5 jutaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0