Review Samsung Galaxy A03: Kamera Ciamik, Baterai Tahan Lama

Telset.id – Samsung Electronics Indonesia (SEIN) mengawali tahun 2022 dengan memboyong Samsung Galaxy A03 ke Indonesia. Smartphone ini menawarkan kamera yang bagus dengan baterai yang tahan lama. Apakah benar kamera Samsung Galaxy A03 memang mumpuni? Simak review lengkapnya.

HP Samsung terbaru ini  melengkapi seri Galaxy A03 yang sebelumnya sudah dirilis di Tanah Air yaitu Samsung Galaxy A03s dan Samsung Galaxy A03 Core.

Namun sebagai ponsel yang terakhir dirilis dari seri Galaxy A03, justru ponsel ini menawarkan spesifikasi dan fitur yang lebih tinggi dibandingkan 2 HP sebelumnya.

Menurut pihak SEIN, Galaxy A03 membawa fitur-fitur esensial terbaik ke segmen entry. Kamera Samsung Galaxy A03 disebut-sebut sebagai salah satu fitur andalan dari HP yang satu ini.

Baca juga: Samsung Galaxy A03 Meluncur di Indonesia, Harga Sejutaan!

Selain kamera, apa kelebihan lainnya? Tim Telset sudah melakukan test review Samsung Galaxy A03 secara lengkap. Bagaimana hasilnya? Simak hasil reviewnya berikut ini.

Desain Samsung Galaxy A03

Samsung Galaxy A03 memberikan pilihan warna Blue, Black, dan Red. Pada review ini, kami berkesempatan mendapatkan varian warna Red. Dimensi HP Galaxy A03 adalah 164,2 x 75,9 x 9,1 mm dengan berat 196 gram.

Pada bagian belakang, Samsung menerapkan kamera utama dengan lensa wide dan kamera dengan lensa depth beserta flash di bagian sudut kanan atas.

Desain kamera Samsung Galaxy A03 berwarna merah dan dibuat berbeda dengan desain bodi secara keseluruhan. Tujuannya mungkin untuk memberikan penegasan mengenai fitur kamera di smartphone tersebut.

Adapun desain bodi keseluruhan di bagian belakang juga berwarna merah berbalut bahan polycarbonate bertekstur. Bahan jenis ini membuat HP tidak licin ketika digenggam sehingga Anda tidak perlu menggunakan softcase tambahan.

Review Galaxy A03
Tampilan Desain di Bagian Belakang

Tidak ketinggalan terdapat tulisan Samsung di bagian bawah beserta nomor IMEI HP. Beralih ke bagian depan. Terdapat kamera selfie di bagian atas yang membuat layar tidak bisa tampil secara utuh.

Namun Samsung menutupi kekurangan tersebut dengan rasio layar ke bodi yang lega yakni 81,8% sehingga layar masih bisa gunakan dengan nyaman.

Layar Galaxy A03
Tampilan layar

Di bagian kanan terdapat tombol untuk mengatur volume, tombol untuk mematikan layar, tombol daya mati, mode darurat dan restart HP.

Pada bagian kiri ada slot kartu yang ketika dibuka terdapat, slot untuk 2 SIM Card, dan MicroSD. Untuk bagian bawah, disematkan port charger USB Micro, port jack headphone 3,5 mm dan speaker.

Review Galaxy A03
Bagian bawah smartphone

Layar dan Audio 

Samsung Galaxy A03 memiliki spesifikasi layar PLS TVT dengan ukuran 6.5 inci serta resolusi 720 x 1600 piksel atau HD+. Rasio layar ke body mencapai 81,8% dan refresh rate 60 Hz.

Berdasarkan hasil review, layar HP Samsung Galaxy A03 tergolong tangguh ketika dipakai untuk streaming video di YouTube dan Netflix, atau sekedar mengakses HP untuk mengakses media sosial seperti Instagram dan WhatsApp.

Galaxy A03

Lalu untuk audio HP ini mampu memberikan fitur audio yang cukup baik kepada pengguna berkat teknologi Dolby Audio yang disematkan pada speaker.

Teknologi ini membuat smartphone mampu memberikan suara yang maksimal baik ketika menggunakan mode loudspeaker atau mode headset.

Performa Samsung Galaxy A03

Review HP Samsung

Samsung tetap memberikan performa yang maksimal untuk seri entry-level termasuk Galaxy A03. Hal ini dapat terlihat dari dapur pacu pada smartphone yang satu ini.

Samsung mengandalkan prosesor octa-core dengan chipet Unisoc T606 berkecepatan 1,6 GHz. Kinerjanya juga didukung dengan opsi RAM dan memori internal 3 GB/32 GB atau 4 GB/64 GB.

Tersedia juga dukungan slot microSD hingga 1 TB. Pada review ini kami mendapatkan produk dengan varian RAM 3 GB dan memori internal 32 GB.

Sementara sumber dayanya sudah dilengkapi dengan baterai maksimal berkapasitas 5.000mAh. Sayang, karena smartphone ini tidak dibekali dengan teknologi fast charging.

Melalui spesifikasi yang seperti itu, Samsung Galaxy A03 bisa diandalkan untuk kegiatan sehari-hari. Kami tidak menemukan adanya gangguan saat membuka beragam aplikasi mulai dari WhatsApp, Instagram, YouTube, NetFlix hingga Google Mail.

Baca juga: Spesifikasi Samsung Galaxy A03, HP Entry dengan Kamera 48MP

Bukan cuma itu, Galaxy A03 juga bisa tidak mengalami error seperti lag saat membuka aplikasi-aplikasi tersebut secara cepat atau multitasking.

Namun hasil berbeda terjadi saat HP digunakan untuk bermain game FPS seperti PUBG Mobile. Galaxy A03 sering mengalami lag sehingga tidak mampu memberikan pengalaman game dengan maksimal.

Untungnya masalah tersebut tidak kami temukan saat bermain game FPS lain seperti Free Fire atau game-game casual seperti Angry Birds 2 dan 8 Ball Pool.

Pengujian performa HP juga dilakukan melalui aplikasi pengujian benchmark dan berikut ini hasilnya.

AnTuTu Benchmark 

HP Samsung 1 Jutaan

Pengujian pertama menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark dan hasilnya Galaxy A03 memperoleh skor 156180. Skor yang bagus untuk HP entry-level karena mampu meraih skor di atas 100 ribu poin.

PC Mark 

HP Samsung 1 jutaan

Ketika diuji melalui aplikasi PC Mark, data memperlihatkan kalau Samsung Galaxy A03 performanya cukup maksimal karena mendapatkan skor di atas 5000 poin yakni 6793 poin.

3D Mark 

Melalui 3D Mark, HP ini melalui pengujian di kategori Sling Shot, Sling Shot Extreme, Wild Life Stress dan Wild Life Extreme.

Hasilnya untuk Sling Shot dan Shot Extreme, HP mendapatkan skor 1394 dan 958 poin. Sedangkan untuk Wild Life Stress dan Wild Life Extreme maka skor yang diperoleh adalah 410 dan 113 poin.

samsung 1 jutaan

Hasil ini menunjukkan kalau Galaxy A03 memiliki performa yang bagus dari segi grafis layar serta performa HP saat digunakan untuk segala aktivitas.

Baterai 

Spesifikasi baterai Samsung Galaxy A03 sebesar 5.000 mAh. Dari hasil pengujian menggunakan aplikasi PC Mark, HP baterai 5000 mAh ini memberikan performa screen on time selama 19 jam 25 menit.

Galaxy A03

Hasil ini memperlihatkan kalau HP ini bisa Anda pakai seharian, dalam sekali pengisian daya. Adapun untuk pengisian daya, Galaxy A03 tidak didukung oleh teknologi fast charging.

Kekurangan ini yang membuat durasi waktu untuk pengisian daya hingga 100% membutuhkan waktu hingga 3 jam.

Kamera Samsung Galaxy A03

Kamera Samsung Galaxy A03

Kamera Samsung Galaxy A03 cukup mewah. Pada bagian belakang dipasang kamera utama dengan lensa wide 48 MP dan kamera dengan lensa depth 2 MP. Di bagian depan terdapat kamera dengan lensa 2 MP.

Kamera juga didukung oleh berbagai fitur seperti mode potret, mode panorama, mode pro, mode makanan, mode malam dan mode zoom.

Baca juga:Tips Bikin Konten Kekinian yang Menarik dengan Kamera HP 1 Jutaan

Untuk hasil kamera utama HP mampu memberikan gambar dengan detail yang baik dan juga pencahayaan yang bagus. Bahkan untuk foto di luar ruangan saat kondisi langit cerah, foto yang dihasilkan tetap maksimal.

Kamera Samsung Galaxy A03
Hasil kamera utama
Kamera utama
hasil kamera utama

Lalu untuk mode panorama, HP mampu memberikan gambar yang bagus dengan angle yang luas. Cocok sekali bagi Anda yang ingin mengambil objek foto yang luas seperti lapangan atau jalan raya.

Mode Panorama
Hasil Kamera Mode Panorama

Hasil yang maksimal juga terlihat untuk mode potret. Mode yang satu ini berhasil memberikan efek bokeh pada foto baik saat menggunakan kamera belakang atau kamera depan.

Mode potret kamera depan
Mode Potret di Kamera Utama
Mode potret kamera depan
Mode Potret di Kamera Depan

Hasil serupa juga ditemukan untuk mode makanan. Mode yang satu ini mampu menghasilkan gambar yang lebih fokus untuk objek makanan. Berikut ini hasil foto untuk mode makanan.

Mode makanan HP Samsung
Mode Makanan

Selanjutnya pada mode malam HP berhasil menangkap momen-momen di malam hari dengan baik sehingga foto tetap tampak jelas walaupun pencahayaan di luar sangat minim.

Kamera Mode Malam
Mode Malam

Berikutnya di bagian foto terdapat fitur zoom dengan dukungan zoom digital hingga 10x, yang mampu mengambil objek yang jauh dengan cukup jelas. Seperti ini hasil zoom digital 10x.

Mode Zoom Samsung
Hasil Mode Zoom 10x

Selain fitur untuk berfoto, Galaxy A03 juga bisa dipakai untuk membuat konten video. Salah satu fitur yang menarik pada menu video adalah fitur video hyperlapse.

Fitur ini mampu mengubah video dengan pergerakan normal menjadi lebih cepat. Misalnya jika Anda merekam video selama 2 menit, maka fitur video hyperlapse bakal mengubah durasi video menjadi 30 detik dengan hasil pergerakan yang cepat.

Dalam review ini kami mencoba fitur video hyperlapse di Galaxy A03 dan fitur mampu memberikan video hyperlapse yang bagus.

Kesimpulan 

Kesimpulan Review Galaxy A03

Samsung Galaxy A03 Core masuk dalam kategori HP 1 jutaan. Harganya Rp1.599.000 untuk varian 3/32GB dan Rp1.799.000 untuk varian 4/64GB. Namun dengan harga seperti itu, apakah Galaxy A03 layak dibeli?

HP ini memang menambah seru pertarungan HP 1 jutaan di pasar Indonesia, karena dengan harga terjangkau Galaxy A03 mampu memberikan performa dan fitur yang maksimal.

Belum lagi baterainya besar yaitu 5.000 mAh dengan kamera yang bagus.Jadi HP ini cocok bagi Anda yang mencari HP berbaterai besar dan juga kamera canggih untuk membuat konten foto atau video.

Baca juga: 3 Cara Mudah Buat Anti FOMO Bareng Samsung Galaxy A03 Core

Adapun kekurangan Galaxy A03 adalah layar yang kurang lega, dan tidak adanya fitur fast charging yang membuat durasi pengisian baterai cukup lama. Belum lagi performa yang kurang maksimal saat dipakai untuk game berat seperti PUBG Mobile.

Kelebihan Samsung Galaxy A03

  • Desain menarik.
  • Baterai besar.
  • Kamera dengan resolusi tinggi dan fitur yang lengkap.
  • Speaker yang bagus.

Kekurangan Samsung Galaxy A03

  • Tidak ada Fast Charging.
  • Layar kurang lega.
  • Performa untuk bermain game kurang.

Nilai 8/10

SPESIFIKASI SAMSUNG GALAXY A03
Rilis Januari 2022
Network 2G, 3G, 4G
OS Android 11
Chipset Unisoc T606
CPU Octa-core (2×1.6 GHz & 6×1.6 GHz)
GPU Mali G57
RAM 3 GB/4 GB
Storage 32 GB/64 GB
Dimensi 164.2 x 75.9 x 9.1 mm, 196 g
Layar PLS TFT 6,5 inci, HD+
Kamera Utama 48MP (wide) + 2MP (depth)
Kamera Depan 5MP
Beterai 5000 mAh
Warna Black, Blue, Red
Harga Mulai Rp 1,5 jutaan

 

1 KOMENTAR

  1. Punya saya baru beli A034/64,ehh bermasalah.
    Saat di charge,ternyata layarnya jadi gak respon dan gak bisa di scrolll….buka kunci aja gak bisa..
    Tapi begitu charger dilepas, bisa berfungsi normal lagi….

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0