telset
spot_img

Android 12 (Go Edition) Dirilis, Bikin “HP Kentang” Lebih Cepat

Telset.id, Jakarta – Seiring dengan digulirkannya update Android 12, Google pun turut merilis Android 12 (Go Edition) untuk HP kelas entry dan low-end dengan spesifikasi yang minimum. Meski menjadi OS yang ringan, Google tetap menyertakan fitur canggih pada Android 12 (Go Edition) ini.

Saat ini, total pengguna aktif Android (Go Edition) sejak kelahirannya pada 2017 lalu sudah mencapai lebih dari 200 juta pengguna. Dengan rilis Android 12 (Go Edition) yang baru, OS ini memberikan pengalaman yang lebih cepat, lebih cerdas, dan lebih ramah privasi daripada seri sebelumnya.

Menurut Group Product Manager Android, Charmaine D’Silva, HP dengan Android 12 (Go Edition) dapat membuka aplikasi hingga 30% lebih cepat daripada versi sebelumnya.

Baca juga: Google Umumkan Android 12L

Peluncuran aplikasi jauh lebih cepat

Transisi animasinya pun dibuat semulus mungkin berkat SplashScreen API. Berkat API ini, Google mengizinkan pengembang untuk membuat aplikasi yang ringan dan dapat diluncurkan dengan cepat.

Tak cuma cepat, sistem operasi ini juga bakal membuat ponsel entry lebih hemat daya. D’Silva menyebut, sistem operasi ini secara otomatis dapat menghemat masa pakai baterai dengan menghibernasi aplikasi yang tidak digunakan untuk waktu yang lama.

HP Fitur Android 12 Go Edition
Baterai jauh lebih hemat dari sebelumnya

Baca juga: Update Android 12 Stable Dirilis

Hebatnya, fitur hibernasi aplikasi ini juga berpengaruh pada kapasitas penyimpanan ponsel Android Go yang biasanya terbatas. Sementara itu, Google melengkapinya dengan aplikasi Files Go yang sudah diperbarui.

Aplikasi tersebut memungkinkan pengguna untuk memulihkan file dalam waktu 30 hari, sehingga pengguna benar-benar dapat menghapus file yang tak diperlukan lagi untuk mengosongkan ruang penyimpanan.

Fitur Android 12 (Go Edition) Lainnya

Lebih lanjut, D’Silva menjelaskan bahwa sistem operasi terbaru nan ringan ini mempermudah pengguna untuk memahami konten yang mereka lihat.

Fitur Recent Apps sekarang memiliki kemampuan untuk menerjemahkan atau membacakan konten maupun berita ke bahasa pilihan pengguna secara langsung. Menariknya, fitur ini tak ditemui pada versi Android 12 pada umumnya.

HP Fitur Android 12 Go Edition
Translate langsung melalui Recent Apps

Di Android 12 (Go Edition), pengguna pun dimungkinkan untuk memasang aplikasi tanpa mengunduhnya di Google Play Store. Caranya, dengan memanfaatkan fitur sharing apps dengan ponsel di sekitar menggunakan Nearby Share dan Google Play secara wireless.

Sharing aplikasi secara wireless

Meski menyandang predikat sebagai OS ringan, Google tak lupa tentang privasi pengguna. Contoh simpelnya, raksasa pencarian ini memberikan fitur pengaturan privasi yang mudah diakses melalui layar kunci.

Pengaturan ini memudahkan pengguna membuat profik tamu secara langsung jika terpaksa meminjamkan HP dengan Android 12 (Go Edition) kepada teman atau keluarga.

Baca juga: Daftar HP Oppo yang Dapat Android 12

Seperti Android 12, versi Go ini memberikan transparansi seputar aplikasi yang mengakses data-data milik pengguna, seperti mikrofon, kamera, lokasi, dan sebagainya. Dihadirkan dasbor kontrol untuk memutuskan seberapa banyak pengguna ingin “membagikan” informasi atau akses data kepada aplikasi.

Yang hebat, Go Edition ini mempunyai kemampuan untuk memberikan perkiraan lokasi pengguna, bukan yang tepat kepada aplikasi yang membutuhkan akses lokasi pengguna.

D’Silva menjanjikan bahwa ponsel dengan OS Go Edition ini akan hadir di tahun depan. Kita tunggu saja ya! (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0