telset
spot_img
spot_img

Review Samsung Galaxy A03 Core: Baterai Besar, Kamera Standar

Telset – Di akhir tahun 2021 Samsung secara mengejutkan merilis ponsel entry-level bernama Galaxy A03 Core. HP terbaru dengan layar yang lega dan kapasitas baterai yang besar.

Pertarungan HP 1 jutaan di penghujung tahun 2021 semakin sengit. Salah satu vendor yang gencar merilis HP baru ke pasar Indonesia adalah Samsung, yang menghadirkan Samsung Galaxy A03 Core.

Keputusan Samsung untuk menghadirkan ponsel murah cukup mengejutkan. Sebab di sepanjang tahun 2021, Samsung lebih banyak meluncurkan ponsel kelas menengah dan flagship seperti Galaxy M52 5G, Galaxy A52s 5G, Galaxy Z Flip3 serta Galaxy Z Fold3.

Baca juga: Oh No! Samsung Galaxy S21 FE Dijual Tanpa Charger di Indonesia

Kemungkinan perusahaan asal Korea Selatan itu ingin menjangkau seluruh lapisan konsumen, dengan Samsung Galaxy A03 Core. Lantas bagaimana performa dari HP ini?

Tim Telset berkesempatan untuk menggunakan Samsung Galaxy A03 Core, dan berikut ini hasil reviewnya untuk Anda.

Desain

Review Samsung Galaxy A03 Core spesifikasi

Samsung Galaxy A03 Core memiliki varian warna Black serta Blue, dan kami berkesempatan mendapatkan varian Black. Dimensinya 164.2 x 75.9 x 9.1 mm dengan berat 211 gram. Dimensi yang tergolong lebar dan berat, serta mirip dengan pendahulunya Samsung Galaxy M12 yang rilis pada April 2021 lalu.

Beralih di bagian belakang, Samsung meletakkan kamera utama beserta lampu flash di bagian sudut kanan atas. Uniknya Samsung memberikan sentuhan desain yang berbeda antara kamera dengan bodi keseluruhan.

Desain di kamera berbentuk garis miring hitam, sehingga sedangkan bodi keseluruhan hanya hitam polos dan ada logo Samsung di bagian bawah.

Selanjutnya bagian depan, layar Samsung Galaxy A03 Core terbilang lega dengan rasio layar ke body mencapai 81,8%. Lalu terdapat kamera depan di tengah atas layar dengan ukuran yang kecil, sehingga tidak mengganggu layar secara keseluruhan.

Review Samsung Galaxy A03 Core spesifikasi
Bagian bawah HP

Pada bagian bawah ada port charger USB Micro, port untuk headset dan speaker. Sedangkan di samping kiri terdapat slot kartu yang ketika dibuka terdapat, slot untuk 2 SIM Card, dan MicroSD.

Layar dan Audio

Review Samsung Galaxy A03 Core

Layar Samsung Galaxy A03 Core menggunakan layar tipe PLS TFT dengan ukuran 6.5 inci serta resolusi 720 x 1600 piksel. Layar yang cukup lega terlebih, rasio layar ke body mencapai 81,8% dan refresh rate 60 Hz.

Menurut review Samsung Galaxy A03 Core kami, layar HP ini mampu menyuguhkan pengalaman yang seru ketika melakukan streaming video di YouTube, atau sekedar mengakses HP untuk berkomunikasi.

Layar memberikan video yang detail, sehingga Anda bisa cukup terpuaskan walaupun hanya menyaksikan video dari smartphone.

Baca juga: Harga Samsung Galaxy S21 FE di Indonesia

Sedangkan untuk kualitas audio tergolong standar baik dengan mode loudspeaker atau menggunakan headset.

Performa 

Review Samsung Galaxy A03 Core

Spesifikasi Galaxy A03 Core untuk dapur pacunya didukung oleh komponen yang tidak terlalu mewah. Chipsetnya Unisoc SC9863A dan CPU Octacore. Kapasitas RAM 2 GB, memori 32 GB dan baterai 5.000 mAh.

Berdasarkan hasil review Samsung Galaxy A03 Core, dapur pacunya mampu menopang kegiatan sehari-hari. Kami tidak menemukan terjadi lag menggunakan HP ini untuk membuka aplikasi WhatsApp, lalu streaming video dan menggunakan membuka email secara cepat.

Sayangnya ketika diajak untuk bermain game FPS seperti PUBG Mobile, performa HP tidak mendukung untuk itu. Kami sering mengalami lag, selama bermain sehingga hal tersebut sangat mengganggu.

Lalu ketika bermain game yang lebih kasual seperti 8 Ball Pool, kami tidak mengalami kendala dan bisa bermain dengan lancar.

Supaya lebih objektif kami juga menguji performa HP ini menggunakan aplikasi pengujian benchmark, dan berikut ini hasilnya.

AnTuTu Benchmark

Dari pengujian menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark, HP terbaru Samsung ini mendapat skor 97.947 poin. Skor yang sesuai dengan tergolong bagus untuk HP entry-level sehingga cocok untuk dipakai browsing, streaming hingga bermain game.

PC Mark

Ketika diuji melalui aplikasi PC Mark, data memperlihatkan kalau Samsung Galaxy A03 Core performanya kurang maksimal karena mendapatkan skor di bawah 5000 poin yakni 4402 poin.

3D Mark

Melalui 3D Mark, HP ini melalui pengujian di kategori Sling Shot dan Sling Shot Extreme. Dalam 2 jenis tes itu HP mengalami pengujian seperti graphics test dan physics test. Hasilya untuk Sling Shot skor yang diperoleh adalah 614 poin.

Sedangkan untuk Sling Shot Extreme skor yang didapatkan oleh Samsung Galaxy A03 Core adalah 408 poin.

Baterai 

Review Samsung Galaxy A03 Core

Spesifikasi Galaxy A03 Core untuk baterainya tergolong besar yakni 5.000 mAh. Namun baterai besar ini sepertinya menjadi penyebab kalau HP menjadi cukup berat, sehingga akan menyulitkan orang-orang yang sebelumnya sering menggunakan HP yang ringan dan ukurannya kecil.

Pada review Samsung Galaxy A03 Core, kami juga menguji performa baterai. Dengan menggunakan aplikasi PC Mark ternyata HP baterai 5.000 mAh ini menawarkan performa screen on time selama 16 jam 57 menit.

Lalu untuk pengisian daya, HP tidak didukung oleh fitur fast charging sehingga untuk mengisi daya HP sampai 100% diperlukan waktu sekitar 2,5 jam.

Kamera 

Review Samsung Galaxy A03 Core

Dari segi kamera Galaxy A03 Core tidak terlalu istimewa. Kamera utama hanya 8 MP dan kamera depan 5 MP. Begitu juga dengan fitur pendukung di kamera tersebut. Hanya ada fitur flash, timer, panorama dan rasio. Untuk rasio terdapat pilihan rasio 3:4, 9:16, 1:1 dan Full.

Hasil kamera panorama cukup bagus. Kalau menggunakan rasio Full dan kamera panorama, maka Anda akan mendapatkan gambar angle gambar yang lebih lebar sehingga cocok untuk mengambil objek yang luas seperti lapangan.

Foto Galaxy A03 Core
Foto menggunakan fitur Panorama

Hasil kamera utamanya juga bagus, dan bisa menampilkan objek gambar secara detail baik di dalam ruangan atau di luar ruangan.

spesifikasi Galaxy A03 Core
Hasil kamera utama

Kamera Galaxy A03 Core juga ketika mengambil objek secara dekat seperti bunga. Smartphone ini dapat mengambil objek dengan fokus sehingga objek bunga tampak indah ketika dijempret menggunakan Galaxy A03 Core.

Spesifikasi kamera
Hasil foto kamera utama
Spesifikasi kamera
Hasil kamera utama

Begitu juga untuk pengambilan gambar di malam hari. Meskipun tidak ada fitur Night Mode, HP dapat merekam momen di malam hari dengan baik.

Spesifikasi kamera
Hasil kamera utama

Beralih ke kamera depan. Kamera depan cukup mumpuni untuk mengakomodir kebutuhan Anda ketika selfie. Sayangnya saat pengambilan foto di luar ruangan, kamera tidak memiliki pengatur pencahayaan otomatis sehingga Anda harus mengaturnya secara manual untuk mendapatkan gambar yang bagus.

Spesifikasi kamera
Hasil kamera depan

Kesimpulan 

Spesifikasi kamera

Harga Samsung Galaxy A03 Core cukup terjangkau yakni Rp 1,1 juta. Namun dengan harga seperti itu, apakah Galaxy A03 Core layak dibeli?

HP ini memang menambah seru pertarungan HP 1 jutaan di pasar Indonesia. Apalagi HP ini menawarkan baterai 5.000 mAh, desain yang menarik serta kapasitas RAM dan memori yang cukup lega.

Jadi HP ini cocok bagi Anda yang mencari HP berbaterai besar untuk pemakaian sehari-hari seperti berkomunikasi, belajar online atau bekerja sebagai ojek online.

Baca juga: 11 HP Gaming Murah 1 Jutaan Terbaik Januari 2022

Sayangnya Samsung Galaxy A03 Core memiliki kekurangan seperti minimnya fitur yang ada di perangkat kamera, dan tidak adanya fitur fast charging. Selain itu untuk bermain game, HP ini kurang cocok karena mengalami lag ketika Anda memainkan game-game berat seperti PUBG Mobile.

Kelebihan 

  • Desain menarik.
  • Baterai besar.
  • Layar besar.

Kekurangan 

  • Hasil kamera kurang.
  • Fitur kamera sedikit.
  • Tidak ada Fast Charging.
  • Performa kurang.

NILAI 7/10

SPESIFIKASI SAMSUNG GALAXY A03 CORE 
Rilis Desember 2021
Network 2G, 3G, 4G
OS Android 11 (Go edition)
Chipset Unisoc SC9863A (28nm)
CPU Octa-core (4×1.6 GHz Cortex-A55 & 4×1.2 GHz Cortex-A55)
GPU IMG8322
RAM 2 GB
Memori 32 GB
Dimensi 164.2 x 75.9 x 9.1 mm (6.46 x 2.99 x 0.36 in), 211 gram
Layar PLS TFT, 6.5 inci, rasio piksel 720 x 1600, aspek rasio 20:9
Kamera Utama 8 MP
Kamera Depan 5 MP
Baterai Li-Po 5000 mAh
Warna Black, Blue
Harga Rp 1,2 jutaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0