Whatsapp Web Tips&Trick | Bisa Kepoin Pasangan

WhatsApp Web WA WEB
WhatsApp Web

Telset.id, Jakarta – WhatsApp Web atau biasa disapa wa web menjadi salah satu fitur WhatsApp yang sangat bermanfaat bagi pengguna. Maklum, fitur itu memungkinkan pengguna untuk mengakses WhatsApp via desktop dengan membukanya menggunakan browser ataupun aplikasi berbasis Windows dan juga Mac. Lalu apa fungsinya?

Well, meski secara fitur tidak lebih lengkap dari versi mobile, tapi WA web bisa sangat bermanfaat tatkala Anda sedang melakukan aktifitas di depan PC ataupun Laptop.

Paling tidak, Anda bisa tetap terhubung ke whatsapp saat berada jauh dari HP dan tidak perlu bolak balik membuka HP untuk sekadar balas chattingan saat Anda tengah sibuk berada di depan PC ataupun Laptop.

Yup, kemudahan inilah yang ingin diberikan whatsapp kepada penggunanya. Nah.. untuk Anda yang belum tahu cara menggunakannya, berikut kami berikan tutorial tentang bagaimana menggunakan WhatsApp Web, lengkap dengan trik untuk memaksimalkannya untuk beragam kebutuhan. Check this out!

Cara Menggunakan WhatsApp Web Via Browser

  • Pertama, akses situs WhatsApp di browser Anda. Bisa Mozilla Firefox, Opera, Google Chrome, sampai Microsoft Edge.

barcode whatsapp

  • Kemudian, buka aplikasi WhatsApp di smartphone Anda.
  • Tekan tombol tiga titik bertumpuk di kanan atas layar, dan tekan WhatsApp Web.

setting wa web

  • Selanjutnya, pindah QR Code yang muncul pada browser desktop Anda menggunakan smartphone.

scan whatsapp web di ponsel

  • Apabila proses pemindaian selesai, otomatis WhatsApp Anda akan “pindah” ke browser desktop. Sehingga Anda dapat mengaksesnya tanpa harus menggunakan smartphone.

whatsapp android

Bagaimana, mudah kan? Selamat mencobanya, dan semoga bermanfaat ya!

Cara Menggunakan WhatsApp Web Via Aplikasi

Untuk Anda yang tidak mau repot buka tutup browser untuk mengakses WA Web, Anda bisa menginstall aplikasinya ke dalam desktop, baik yang berbasis Windows maupun Mac. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Buka laman download di situs whatsapp.com
  2. Download aplikasi WA web versi Windows ataupun Mac (tergantung OS yang anda gunakan)
  3. Buka aplikasi WA web yang Anda install di PC/Laptop
  4. Selesai! sekarang Anda bisa menikmati WhatsApp di Laptop/PCtanpa membuka browser.

Cara Menjalankan Dua Akun WhatsApp di Smartphone Tanpa Aplikasi

Seharusnya, WhatsApp Web hanya dapat diakses pada perangkat seperti PC dan laptop. Tapi ternyata, salah satu fitur andalan WhatsApp ini dapat diakses juga lewat smartphone Android. Bagaimana caranya?

Well, memang perlu trik khusus untuk dapat akses fitur itu di smartphone Android. Tapi jangan khawatir, karena tim Telset.id akan membagikan caranya untuk Anda.

Trik ini berguna untuk Anda, karena Anda dapat menjalankan dua akun WhatsApp di smartphone tanpa bantuan aplikasi apapun.

Yuk simak triknya! Catatan: Trik ini hanya berlaku apabila Anda menggunakan dua smartphone. Sehingga dapat memindai dan mengakses WhatsApp Web dengan mudah.

  • Sebelum mengakses situs WhatsApp Web, sebaiknya hapus history dari browser smartphone yang akan Anda gunakan. Dalam trik ini, kami menggunakan Google Chrome.
  • Caranya, tekan tombol tiga titik bertumpuk di kanan atas layar. Kemudian, tekan tombol History, dan klik Clear browsing data.
  • Jika sudah, sekarang akses WhatsApp Web. Lalu, tekan tombol tiga titik bertumpuk di kanan atas layar, dan aktifkan toggle Desktop Site.

  • Otomatis, tampilan situs tersebut akan berubah dengan menampilkan QR Code yang biasanya muncul pada WhatsApp Web versi desktop.

  • Sekarang buka aplikasi WhatsApp pada smartphone lainnya. Langkahnya sama, tekan tombol tiga titik bertumpuk di kanan atas layar, dan tekan WhatsApp Web.

  • Selanjutnya, pindah QR Code yang muncul. Apabila proses pemindaian selesai, otomatis WhatsApp Anda akan “pindah” ke browser smartphone lainnya, yang berarti Anda memiliki dua akun WhatsApp di satu smartphone.

Mudah kan caranya? Nah, trik ini bisa Anda lakukan untuk kepoin chattingan pasangan loh. Tapi sebaiknya jangan sih, dosa!

Trik Memaksimalkan WhatsApp Web

WA Web menjadi salah satu fitur WhatsApp yang sangat bermanfaat bagi pengguna. Maklum, fitur itu memungkinkan pengguna untuk mengakses WhatsApp via desktop dengan membukanya menggunakan browser.

Para pengguna biasanya hanya menggunakan WhatsApp sebatas untuk mengirim chat, video atau foto sampai dokumen, hingga mengirimkan lokasi real-time. Tapi sebenarnya, ada hal lainnya yang bisa dilakukan oleh para pengguna via WhatsApp.

Nah, dalam tulisan kali ini tim Telset.id akan membagikan 3 trik WA Web yang seharusnya Anda tahu dan lakukan dengan mudah. Tapi sebelumnya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu cara menggunakan WhatsApp di desktop, seperti yang telah kami informasikan di atas.

1. Shortcuts WhatsApp Web

wa web

Di WhatsApp versi Web, ada beberapa shortcuts atau pintasan keyboard yang bisa digunakan. Namun, shortcuts ini hanya bisa dimanfaatkan untuk WhatsApp versi aplikasi untuk PC atau laptop, bukan versi browser. Berikut daftar shortcuts yang bisa digunakan:
  • Ctrl + N untuk memulai chat baru
  • Ctrl + Shift + ] untuk melihat chat selanjutnya
  • Ctrl + Shift + [ untuk melihat chat sebelumnya
  • Ctrl + E untuk archive chat
  • Ctrl + Shift + M untuk mute chat
  • Ctrl + Backspace untuk menghapus chat
  • Ctrl + Shift + U untuk menandai chat sebagai Unread
  • Ctrl + Shift + N untuk membuat grup baru
  • Ctrl + P untuk melihat status profil

2. Mencari Emoji dengan Keyboard

Selama ini, untuk mencari dan memilih emoji di WhatsApp kita selalu menekan tombol Emoji dan memilih emoji sesuai keinginan. Namun, itu merupakan “cara lawas” yang cukup menghabiskan waktu. Nah, ada cara yang lebih cepat untuk mencari dan mengirimkan emoji. Caranya, tekan tombol (key). Key di sini adalah dua huruf pertama dari emoji yang ingin Anda ungkapkan. Misalnya, dengan menekan tombol :+sm, maka akan menampilkan emoji smile dan emoji lainnya yang berkaitan dengan itu. Ketika sudah menemukan emoji yang diinginkan, maka tekan saja tombol Enter, maka emoji siap untuk langsung dikirimkan.

3. Menggunakan Beberapa Akun WhatsApp di Desktop

web whatsapp

Sebelumnya, kami sempat memberikan tips untuk menjalankan dua akun WhatsApp di satu smartphone dengan WhatsApp Web. Nah sekarang, ada trik lainnya yang memungkinkan Anda untuk menjalankan beberapa akun WhatsApp di desktop.

{Baca juga: Trik Akses WhatsApp Versi Web di Smartphone Android}

Caranya, adalah dengan memanfaatkan Mode Incognito atau menggunakan lebih dari satu browser. Jadi, ketika Anda login di browser Google Chrome, maka Anda bisa login ke akun lainnya apabila mengakses WhatsApp di browser Firefox, Microsoft Edge, Opera, dan lainnya.

Tapi apabila Anda tidak memiliki lebih dari satu browser, dan juga tidak mengerti cara mengaktifkan Mode Incognito, Anda bisa menggunakan metode lainnya. Caranya adalah dengan mengakses proxy dari WhatsApp Web, yakni dyn.web.whatsapp.com.

Itu dia 3 trik yang wajib Anda tahu di WhatsApp Web. Anda juga bisa melihat video tentang cara memaksimalkan whatsapp web di channel youtube Telset.

Cara Mudah Aktifkan Dark Mode di WhatsApp Web

Sebenarnya sudah lama WhatsApp menambahkan fitur dark mode di aplikasinya. Tapi kali ini kita akan membahas fitur dark mode di WhatsApp Web. Yup, fitur tersebut memang sudah bisa Anda nikmati di laptop.

Pada prinsipnya fungsi fitur ini sama saja dengan versi mobile. Dengan mengaktifkan mode ini, tampilan aplikasi WhatsApp Web yang ada di laptop atau PC Anda akan berubah dari warna putih menjadi hitam.

Kegunaan fitur ini adalah agar bisa mengurangi kelelahan pada mata akibat terpapar sinar dari layar. Selain itu fitur dark mode diklaim bisa menghemat daya baterai.

Nah, buat yang belum tahu caranya, kali ini tim Telset.id akan memberikan tutorial cara aktifkan dark mode di WhatsApp Web. Yuk disimak cara selengkapnya!

  • Buka dan masuk ke WhatsApp Web, kemudian login.
  • Klik icon titik tiga di pojok kanan atas, dan pilih menu Settings.

Dark Mode WhatsApp Web

  • Setelah masuk ke Settings, Anda akan menemukan pengaturan Theme.

  • Akan ada pilihan tema Light dan Dark.
  • Silahkan pilih Dark untuk mengaktifkan fitur Dark Mode, dan klik Ok.

Dark Mode WhatsApp Web

  • Kini Anda sudah aktifkan fitur dark mode di WhatsApp Web Anda.

Well, gampang kan caranya aktifkan fitur dark mode di WhatsApp Web. Nah, silahkan mempraktekannya di perangkat laptop atau PC Anda. Selamat mencoba.

Cara Mudah Video Call WhatsApp di Laptop

Saat ini fitur video call sedang “naik daun” selama pandemi Covid-19. WhatsApp menjadi salah satu aplikasi chatting yang sudah dilengkapi fitur video call. Tapi sayangnya, WhatsApp Web di PC atau laptop belum mendukung panggilan telepon atau VoIP dan video call WhatsApp.

Meskipun demikian, ada lho trik dan cara yang bisa Anda lakukan agar bisa melakukan video call WhatsApp di PC ataupun laptop. Mau tahu caranya? Okay, berikut ini cara video call WhatsApp di laptop. Yuk simak!

Catatan: Cara video call WhatsApp yang akan kami bagikan menggunakan BlueStacks. BlueStacks merupakan emulator Android yang bisa Anda install di PC atau laptop dengan platform Windows dan Mac.

  • Download dan install BlueStacks. Anda bisa mengunduhnya via situs resmi BlueStacks.
  • Apabila Anda telah melakukan proses instalasi, sekarang Anda bisa menggunakannya seperti mengoperasikan smartphone Android pada umumnya.
  • Tapi sebelum itu, Anda pun harus melakukan beberapa pengaturan terlebih dahulu, mirip seperti smartphone Android baru. Misalnya, memasukkan email Google, mengizinkan beberapa akses, dan lainnya.
Video Call WhatsApp Laptop
Foto: Online Tech Tips
  • Jika sudah, sekarang akses Google Play Store. Cari WhatsApp, dan tekan tombol Install.
  • Selanjutnya, buka aplikasi WhatsApp. Masukkan nomor telepon Anda yang terhubung ke akun WhatsApp. Lakukan pengaturan dasar, seperti restore backup chatting, mengizinkan akses kontak, dan lainnya.
  • Sekarang, pilih kontak yang ingin Anda video call. Langkah ini sama seperti Anda melakukan video call WhatsApp di smartphone.
Foto: Online Tech Tips
  • Karena pertama kali, WhatsApp akan meminta izin akses untuk webcam dan mikrofon laptop yang Anda gunakan.

Selesai, Anda sudah bisa menikmati video call WhatsApp di laptop. Pengalaman video call WhatsApp di laptop akan sama seperti Anda melakukannya di smartphone. Tapi, karena Anda menggunakan webcam, mungkin hasil gambar yang diterima lawan bicara tidak sebaik smartphone. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengikuti tips kami untuk mengubah ponsel jadi webcam laptop buat video conference. Selamat mencoba!

Cara Pakai WhatsApp Web Video Call 50 Orang

Tadi kita sudah bahas soal video call WhatsApp di laptop, dan kami juga memberikan tutorial cara menggunakannya. Tapi tahukan Anda, sekarang WhatsApp Web sudah terintegrasi dengan Messenger Rooms, platform video call milik Facebook.

Itu artinya, saat ini Anda pengguna WhatsApp Web sudah bisa melakukan video call dengan 50 orang sekaligus. Tentu hal ini menjadi kabar gembira, karena saat ini banyak orang yang memanfaatkan fitur video conference selama pandemi Covid-19.

Untuk bisa melakukan video call 50 orang sekaligus, caranya dengan mengintegrasikan WhatsApp Web dan Messenger Rooms. Seperti diketahui, Messenger Rooms memungkinkan pengguna bisa melakukan video call sampai 50 orang.

Asyiknya, layanan ini tanpa batas waktu dan gratis. Tapi bagaimana caranya? Nah, buat yang belum tahu caranya, kami akan memberikan tips cara video call hingga 50 orang di WhatsApp Web dengan memanfaatkan Messenger Rooms:

  • Buka situs WhatsApp di komputer dan login dengan memindai kode QR. Kemudian pilih kontak teman atau Grup WhatsApp yang akan Anda ajak melakukan video call.
  • Setelah masuk ke halaman chat kontak atau Grup WhatsApp yang diinginkan, klik ikon cliper di sebelah kanan atas halaman chat untuk yang memakai WhatsApp Web (di PC/Laptop) atau kalau Anda memakain ponsel, ikon clipernya ada di bawah di kotak chat bar.
  • Setelah diklik akan muncul beberapa ikon, silahkan klik ikon handycam.
  • Setelah klik, Anda akan dilihkan ke Messenger. Kemudian akan muncul notifikasi ‘Continue in Messenger to create a room’ (Lanjutkan di Messenger) untuk membuat Grup atau Forum, dan silahkan klik Continue in Messenger atau Lanjut di Messenger.
  • Selanjutnya Anda bisa Login dengan menggunakan Facebook.
  • Kemudian klik Create Room as (dengan nama akun Facebook Anda)
  • Setelah Anda membuat Rooms, Anda bisa membagikan link khusus di grup yang bisa Anda copy untuk mengundang orang dalam WhatsApp yang ingin diajak bergabung di Messenger Rooms. Orang lain yang klik link yang Anda kirim akan secara otomatis bergabung dalam percakapan room yang dibuat. Ohya, orang yang akan Anda undang ke Messenger Rooms tidak harus punya akun Facebook kok.

Setelah orang yang Anda undang sudah bergabung dalam rooms atau forum, maka selanjutnya Anda sudah bisa melakukan video call hingga maksimal 50 orang.

{Baca juga: Video Call WhatsApp Bisa 8 Orang, Begini Caranya}

Ohya, untuk bisa menggunakan video call di WhatsApp Web via Messenger, Anda harus memastikan menggunakan aplikasi WhatsApp versi terbaru ya. Karena versi terbaru itu akan lebih banyak fitur yang bisa Anda gunakan dibandingkan fungsi video call yang saat ini ada di Messenger atay WhatsApp.

Nah, gampang banget kan cara melakukan video call di WhatsApp Web 50 orang. Anda sekarang bisa langsung mencobanya dengan mengundang teman atau rekan kerja Anda.[HZ/HBS]

32 KOMENTAR

  1. Tapi sayang nya yg punya wa tau klo aplikasi ade double karena pemberitahuan dari google tentang web tdi

  2. Ketika ada perangkat yang masuk di whatsappweb. Di HP akan terdeteksi kapan login, sistem operasi, bahkan lokasi perangkat. Namun terkadang lokasi perangkat tidak terdeteksi. Apa yang menyeabkan lokasi perangkat yang masuk bisa terdeteksi?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here