Pesan WhatsApp Bisa Terhapus Otomatis, Begini Caranya

Pesan WhatsApp terhapus otomatis

Telset.id, Jakarta – Fitur Pesan Sementara WhatsApp telah resmi diluncurkan dan sudah bisa digunakan di Indonesia. Fitur bernama asli Disappearing Messages ini memungkinkan pesan WhatsApp terhapus otomatis.

Fitur Pesan Sementara sebenarnya sudah hadir pada awal November 2020 oleh pengguna di seluruh dunia, dan kini sudah bisa digunakan di Indonesia setelah ada pembaruan terbaru aplikasi.

Fitur Disappearing Messages ini cukup unik karena pesan yang dikirim pengguna bisa terhapus secara otomatis, setelah 7 hari pesan dikirim.

Fitur Pesan Sementara ini hadir supaya privasi pengguna bisa lebih terjaga. Apalagi fitur terbaru WhatsApp ini dapat dipakai dalam chat antar pengguna atau individu.

{Baca juga: WhatsApp Sekarang Bisa “Hapus Pesan Sendiri” Otomatis}

Sayangnya terdapat batasan tertentu untuk mengaktifkan fitur itu. Sebagai permulaan, semua pengguna harus mengaktifkan fitur tersebut agar benar-benar dapat berfungsi.

Apabila orang A telah mengaktifkannya tetapi orang B tidak, maka fitur Disappearing Messages tidak akan berfungsi. Selain itu, WhatsApp memperingatkan bahwa mungkin ada kasus di mana pesan yang hilang tidak dihapus.

Misalnya ketika pesan ditampilkan dalam pratinjau tanpa pengawasan dalam pemberitahuan, bilamana dikutip atau diteruskan ke obrolan lain, fitur Disappearing Messages tidak diaktifkan di akun WhatsApp milik Anda.

Namun terlepas dari batasan yang ada, Anda dapat menggunakan fitur ini sekarang. Tapi sebelum mencobanya, Anda harus update aplikasi ke versi terbaru yang baru digulirkan WhatsApp.

Cara Gunakan Pesan Terhapus Otomatis di WhatsApp

WhatsApp mengklaim fitur pesan terhapus secara otomatis setelah 7 hari ini akan bisa membuat percakapan chat menjadi lebih ringan dan private. Karena pesan-pesan chat yang dianggap tidak penting akan terhapus sendiri, sehingga tidak membebani ponsel.

Jika Anda sudah mengaktifkan fitur Pesan Sementara, maka pesan baru yang dikirim ke chat yang sudah Anda setting, akan terhapus sendiri setelah 7 hari secara otomatis. Cara menggunakan fitur ini juga tidak sulit.

Nah, buat yang belum tahu cara menggunakannya, berikut ini tips mengaktifkan dan menggunakan fitur Pesan Sementara di WhatsApp. Yuk disimak!

  • Update WhatsApp Anda ke versi yang terbaru
  • Pilih kontak yang ingin Anda aktifkan fitur Pesan Sementara.

Pesan WhatsApp terhapus otomatis

  • Setelah itu buka kontaknya dan pilih menu “Disappearing Messages” atau “Pesan Sementara”. Letak menu ini berada di antara menu “Tampilkan Media” dan “Enkripsi”.

Pesan Sementara WhatsApp

  • Selanjutnya aktifkan mode dengan memilih menu bertuliskan “Nyala” yang berada di bagian atas.

Pesan WhatsApp terhapus otomatis

  • Setelah aktif silahkan chat seperti biasa. Nantinya akan ada pemberitahuan kalau fitur tersebut telah aktif dan pesan bisa terhapus setelah 7 hari dikirim. Anda dapat menonaktifkan fitur tersebut dengan mengatur kembali setelan aplikasi.

WhatsApp

Fitur Hapus Foto WhatsApp 

Fitur pesan sementara ini merupakan bagian dari fitur-fitur WhatsApp lainnya yang hadir di pembaruan terbaru aplikasi. Sebelumnya WhatsApp menghadirkan alat manajemen penyimpanan untuk membantu pengguna membersihkan ruang penyimpanan.

Alat terbaru WhatsApp dapat  membantu pengguna menemukan dan mengelompokkan data-data besar seperti foto dan video dengan mencantumkan data secara berurutan.

Urutan foto dan video nantinya akan diatur berdasarkan ukuran data sehingga pengguna dapat memilih secara massal dan menghapusnya sekaligus. Cara tersebut jauh lebih efisien daripada menghapus lewat obrolan WhatsApp satu per satu.

{Baca juga: Hapus Foto di WhatsApp Makin Gampang, Memori HP jadi Lega}

Pembaruan WhatsApp seharusnya sudah dapat ditemukan di menu Settings. Kalau perangkat Anda dibanjiri foto dan video, alat baru WhatsApp semoga akan memudahkan Anda untuk membersihkan semuanya.

Sedangkan fitur yang akan datang, pengguna bisa melakukan video call via WhatsApp Web dengan mudah.

WhatsApp versi web memang mengalami banyak perubahan supaya bisa sama dengan versi aplikasi. Selama ini, WhatsApp web bisa mengirim dan menerima pesan, mengirim foto, video, dan dokumen, tapi tidak dengan video call.

Namun tak lama lagi, WhatsApp versi web bakal bisa dipakai untuk panggilan suara dan video. WABetaInfo menemukan beberapa bukti yang menunjukkan bahwa WhatsApp untuk web segera memperkenalkan fitur video call.

{Baca juga: Asyik! Sebentar Lagi Bisa Video Call di WhatsApp Web}

Sayang, belum diketahui kapan dukungan tersebut hadir di hadapan para pengguna. Rumornya, dukungan itu akan hadir tanpa butuh waktu lama. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here