telset

Sebelum Download, Kenali Apa Itu Bluestacks dan Keunggulannya

Telset.id – Kalau Anda ingin menggunakan aplikasi atau main game terbaik Android di PC Windows dan Mac, pastinya membutuhkan aplikasi emulator seperti Bluestacks. Saat ini, Anda sudah bisa download salah satu emulator Android terbaik dan terbaru itu secara gratis.

Asal tahu saja, emulator merupakan sebuah program yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi dari OS yang berbeda dari perangkat yang mereka gunakan saat itu.

Bluestacks pun menjadi satu dari sekian banyak emulator Android yang mudah digunakan di perangkat berbasis Windows 10 maupun macOS generasi terbaru.

{Baca juga: Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Mengetik di HP Android dan iPhone}

Aplikasi ini tak cuma bisa dipakai pengguna kasual untuk menjalankan software maupun game Android di PC atau laptop mereka. Bluestacks juga mempunyai fungsi sebagai tools bantuan untuk menguji software yang sedang dibuatnya.

Jika Anda tertarik menggunakan aplikasi Bluestacks di perangkat berbasis Windows 10 maupun macOS terbaru, berikut ini kami jelaskan cara install Bluestacks terbaru di PC dan laptop dengan mudah. Yuk simak selengkapnya!

Apa Bluestacks Itu Aman?

Apa itu Bluestacks

Sebelum masuk ke topik utama, ada baiknya Anda mengetahui apa itu aplikasi emulator Bluestacks. Apakah aplikasi ini aman, legal, dan sudah teruji kualitasnya?

Aplikasi ini dikembangkan pada tahun 2011. Fungsi Bluestacks yang jadi fokus utamanya adalah untuk menjadikan game populer di Android tak hanya bisa dimainkan di smartphone saja, tapi juga perangkat lainnya dengan OS yang berbeda.

Oleh karenanya, pada awal kemunculannya, aplikasi ini erat kaitannya dengan para gamer Android di perangkat Windows. Seiring perkembangannya, aplikasi ini pun menjadi alat bantu bagi para developer aplikasi untuk mengetes software buatannya sebelum dipublikasi di Google Play Store.

Agar memberikan pengalaman yang berkesan “Android banget”, emulator ini pun memiliki user interface atau UI yang menyerupai sistem operasi Android terbaru. Hanya saja, ukurannya jauh lebih besar karena ditampilkan di layar yang lebih luas.

Di zaman sekarang, aman dan legal menjadi dua hal wajib yang harus dimiliki oleh sebuah aplikasi. Bluestacks sebenarnya aplikasi yang memenuhi kedua persyaratan tersebut.

Seperti dikutip dari PureVPN pada Jumat (10/9/2021), Bluestacks merupakan aplikasi yang aman selama Anda download dari situs resminya. Hal ini juga ditekankan oleh pihak developer yang mengklaim bahwa Bluestacks tidak memiliki malware di dalamnya.

“Tapi, kami tidak menjamin keamanan emulator kami saat Anda mengunduhnya dari sumber lain,” tegas developer Bluestacks.

{Baca juga: 5 Tips Transaksi Aman Mobile Banking, Cegah Pencurian Data}

Namun terkadang, peranti lunak antivirus seperti Windows Defender, McAfee, Avast, dan lain sebagainya, kerap mendeteksi aplikasi ini sebagai malware. Penyebabnya, software antivirus salah mengidentifikasi proses atau file yang sah sebagai malware, sehingga dikenali sebagai virus yang palsu.

Seperti halnya OS Android yang berjalan di smartphone dan tablet, emulator seperti Bluestacks juga bisa berjalan dengan lancar dan maksimal jika pengguna login ke akun Google mereka.

Setelah login ke akun Google, maka berbagal layanan dari raksasa pencarian itu bisa Anda gunakan. Sebut saja, Google Play Store untuk download aplikasi dan game Android populer, Google Docs, Google Photos, dan lain sebagainya.

Spesifikasi Minimum Aplikasi Emulator Bluestacks

Spesifikasi minimum Bluestacks

Emulator Android memang banyak di luar sana, tapi yang terbaik cuma beberapa saja, salah satunya Bluestacks. Namun, sebelum download Bluestacks, Anda perlu tahu bahwa aplikasi ini membutuhkan spesifikasi minimum yang cukup tinggi.

Untuk spesifikasi Bluestacks 5 versi terbaru misalnya, aplikasi ini memerlukan RAM 50% lebih sedikit daripada platform lain. Aplikasi tersebut juga mampu memberikan pengalaman bermain game yang lebih cepat dan lancar.

Kebutuhan sumber daya CPU dan GPU juga lebih sedikit daripada kompetitor atau Bluestacks generasi sebelumnya. Dari situs resminya, Bluestacks 5 bahkan diklaim lebih stabil daripada seri terdahulu.

Berikut ini adalah spesifikasi minimum dari Bluestacks 5 generasi terbaru, harus diperhatikan sebelum Anda download:

{Baca juga: Rekomendasi 15 Laptop untuk Mahasiswa 2021, Harga Mulai 2 Jutaan}

  • OS: Microsoft Windows 7 ke atas
  • Prosesor:  Intel atau AMD
  • RAM: Minimal RAM 4 GB
  • Memori penyimpanan: Minimal 5 GB yang bebas atau kosong
  • Wajib sebagai administrator dari PC yang digunakan
  • Driver grafis terbaru dari Microsoft atau vendor chipset yang digunakan

Adapun spesifikasi yang direkomendasikan untuk menjalankan Bluestacks generasi terbaru adalah:

  • OS: Microsoft Windows 10
  • Prosesor: Intel atau AMD Multi-Core
  • GPU: Intel/Nvidia/ATI
  • Please ensure Virtualization is enabled on your PC/Laptop.
  • RAM: 8 GB ke atas
  • Memori penyimpanan: SSD
  • Internet: Koneksi broadband
  • Driver grafis terbaru dari Microsoft atau vendor chipset yang digunakan

Keunggulan Bluestacks

Sebelum memutuskan untuk download dan install aplikasi emulator Bluestacks 5 generasi terbaru, sebaiknya Anda juga harus mengetahui keunggulan dari tools satu ini. Setidaknya, ada 5 keunggulan dari aplikasi Bluestacks. Berikut rinciannya:

1. Ekosistem Game Lengkap

Keunggulan Bluestacks

Kurang lebih ada 2 juta game yang tersedia di Bluestacks generasi terbaru. Anda pun bisa bebas memilih dan download game favorit di perangkat mereka masing-masing.

Dengan banyaknya game yang ada, sudah pasti game FPS terbaik, game MOBA, dan game yang sering Anda mainkan ada di aplikasi emulator Android ini.

Tak hanya jutaan game yang tersedia, fitur gaming pun ada di sini. Mulai dari FPS Lock, kontrol yang intuitif, sampai konsumsi sumber daya CPU dan GPU yang lebih rendah.

2. Manajemen RAM Lebih Baik

Keunggulan Bluestacks

Keunggulan lainnya dari Bluestacks adalah manajemen RAM yang lebih baik. Dalam situs resminya, aplikasi ini mengaku konsumsi RAM-nya lebih bagus daripada emulator Nox, LDPlayer, sampai MEmu.

Ada fitur manajemen RAM di sini, seperti Trim Memory. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengurangi konsumsi RAM saat menjalankan game.

{Baca juga: 10 Emulator PSP Terbaik dan Ringan di Android 2021, Rekomendasi Terlengkap!}

3. UI yang Mudah Digunakan

Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya, aplikasi Bluestacks menyuguhkan UI yang bersih, Android banget, dan juga mudah digunakan. Anda sebagai pengguna bisa mengakses beragam fitur yang ada di halaman utama aplikasi.

Layaknya smartphone, Anda juga dapat menaruh aplikasi favorit atau yang baru di-install ke halaman utama. Untuk download aplikasi maupun game, Google Play Store pun sudah langsung hadir di sini.

4. Eco Mode

Keunggulan Bluestacks

Selain manajemen RAM yang bagus, ada fitur lainnya yang berfungsi untuk meningkatkan performa Bluestacks bernama Eco Mode. Fitur ini mampu mengoptimalkan penggunaan CPU dan GPU agar aplikasi tetap berjalan dengan lancar, tanpa membebankan perangkat PC atau laptop.

Saat mode ini diaktifkan, konsumsi CPU diklaim akan 87% lebih efisien dan pemakaian sumber daya GPU juga 97% lebih rendah.

5. Multi-tasking

Bukan cuma main game saja, fitur multi-tasking juga ditingkatkan di aplikasi emulator Android ini. Untuk memanfaatkan fitur ini, aktifkan saja Multi-instance Bluestacks yang memberikan kendali penuh kepada pengguna untuk menjalankan lebih dari satu aplikasi.

Cara Install dan Menggunakan Bluestacks di PC Windows 10

Cara download dan menggunakan Bluestacks

Cara download, install, dan cara menggunakan Bluestacks di Windows 10 maupun macOS sangat mudah. Berikut panduan lengkapnya:

  • Download Bluestacks terbaru di situs resmi.
  • Jika file Bluestacks.exe telah terunduh, install di perangkat Anda dan tunggu hingga proses instalasi selesai.
  • Sekarang, masuk ke akun Google Anda. Jika ada verifikasi 2 faktor, lakukan sesuai instruksi yang ditampilkan oleh Google.
  • Untuk memasang aplikasi atau game favorit, masuk ke Google Play Store dan lakukan pencarian seperti biasa.

Bagaimana, mudah kan? Setelah selesai, Anda bisa bermain game atau menjalankan aplikasi Android terbaik di emulator ini. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, dan simak juga kanal Telset How To untuk tips dan trik lainnya. (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0