Review Samsung Galaxy S20 Ultra: Smartphone Terbaik Tahun Ini

Review Samsung Galaxy S20 Ultra

Telset.id – Samsung Galaxy S20 Ultra merupakan smartphone flagship dan tercanggih yang dibawa Samsung ke Indonesia di tahun ini. Oleh karenanya, Samsung Galaxy S20 Ultra masuk ke daftar smartphone yang harus kami review selengkap mungkin untuk memperlihatkan kepada Anda para pembaca setia, seperti apa kemampuan dan teknologinya secara keseluruhan.

Samsung Galaxy S20 Ultra disematkan berbagai teknologi baru oleh Samsung. Mulai dari layarnya yang menggunakan panel Super AMOLED generasi terbaru. Kemudian dapur pacunya berupa SoC Exynos yang sebenarnya mendukung teknologi 5G.

Jangan lupakan teknologi kamera terbaru yang pertama kali diperkenalkan Samsung di smartphone ini. Lalu, seperti apa sesungguhnya Samsung Galaxy S20 Ultra ini?

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Samsung Terbaru}

Well, kami akan mengulasnya secara lengkap kepada Anda para pembaca setia dalam review Samsung Galaxy S20 Ultra. Yuk simak baik-baik!

Desain

Review Samsung Galaxy S20 Ultra

“Ini HP kok gede banget ya?” Begitulah kira-kira kesan pertama kami ketika menggenggam smartphone ini untuk pertama kali. Samsung Galaxy S20 Ultra menjadi smartphone paling besar dari Samsung dengan ukuran layar mencapai 6,9 inci.

Bahkan, smartphone ini lebih besar dibandingkan phablet andalan Samsung, Galaxy Note 10+. Bila dibandingkan, layar Galaxy S20 Ultra lebih besar 1 inci dibandingkan Note 10+.

Bukan cuma besar, Samsung Galaxy S20 Ultra pun tidak lagi membawa ciri khas ala Galaxy S maupun Note Series. Ciri khas yang kami maksud adalah panel kaca yang melengkung di sisi kiri dan kanannya.

Smartphone ini masih punya lengkungan, tapi lengkungannya mirip-mirip seperti panel kaca 2,5D yang biasanya diaplikasikan oleh smartphone kelas menengah. Terasa ada yang hilang saja dari S20 Ultra ketika tidak ada lagi lengkungan di layar.

Sekadar informasi, lengkungan di layar atau “Edge” di smartphone flagship Samsung merupakan salah satu solusi untuk memperkecil bezel di kiri dan kanan. Beruntung, meski S20 Ultra tidak punya lengkungan tersebut, Samsung tetap mengemasnya secara bezel-less.

Kesan “serba besar” juga kami temukan di bagian belakangnya. Baru kali ini, kami melihat frame kamera berukuran persegi panjang nan besar seperti di Samsung Galaxy S20 Ultra. Kalau diukur, besarnya bahkan lebih dari setengah lebar body belakang smartphone.

Review Samsung Galaxy S20 Ultra

Kamu iseng membandingkan ukuran frame kamera S20 Ultra dengan frame kamera Huawei P40 Pro. Sebab secara bentuk frame, kedua smartphone punya konsep desain yang sama. Ketika disandingkan, ukuran frame kamera di Samsung Galaxy S20 Ultra jauh lebih besar dibandingkan Huawei P40 Pro.

{Baca juga: Samsung DeX di Galaxy S20 Ultra untuk #KerjaDirumah, Ini Caranya!}

Selain besar, frame kameranya juga cukup menonjol. Apabila Anda menggunakan smartphone ini tanpa memakai casing tambahan, otomatis kamera S20 Ultra akan menjadi penopang body secara keseluruhan ketika ditaruh di meja atau alas datar lainnya.

Frame kamera yang besar itu menjadi tempat bagi empat kamera yang diusung S20 Ultra. Tiga lensa dan LED Flash di tempatkan pada persegi di bagian atas, dan lensa periscope diletakkan di bagian bawah dengan adanya tulisan “Space Zoom 100x”.

Besarnya dan menonjolnya frame kamera pada smartphone ini kami rasa wajar-wajar saja. Ada dua alasannya menurut kami. Pertama, Samsung memerlukan space atau ruang yang lebih besar untuk lensa periscope di S20 Ultra.

Review Samsung Galaxy S20 Ultra

Kedua, Samsung tidak mungkin menempatkan empat kamera + LED Flash secara vertikal maupun horizontal mirip seri Galaxy S10. Sebab, secara estetika desain, frame kamera seperti itu kurang enak untuk dilihat dan mengganggu desain body smartphonei secara keseluruhan.

Meski ukurannya serba besar dan tidak lagi punya layar dengan lengkungan di sisi kiri dan kanan, Samsung Galaxy S20 Ultra tetap memiliki body dengan build quality terbaik. Selain itu, smartphone ini tetap nyaman digunakan kok. Sebab, smartphone tersebut punya aspek rasio layar 20 : 9 atau punya lebar yang ramping, tapi berukuran lebih tinggi dari layar biasanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here