Motret Kreatif #DiRumahAja Pakai Kamera 108MP Galaxy S20 Ultra

Kamera Galaxy S20 Ultra

Telset.id – Siapa bilang di rumah aja bikin “mati gaya”. Kamu tetap bisa kreatif kok selama work from home #DiRumahAja. Salah satu aktifitas yang bisa kamu lakukan adalah, memotret sudut-sudut artistik rumah kamu menjadi foto yang keren. Harus pakai kamera profesional? Gak perlu, cukup pakai kamera Galaxy S20 Ultra.

Kebijakan work from home membuat waktu kita banyak habiskan di rumah. Jika tidak pintar-pintar mencari aktifitas, pastilah kita akan merasa jenuh. Makanya cari aktifitas yang positif dan menyenangkan saat kamu #DiRumahAja.

Salah satu aktifitas menyenangkan yang bisa kamu lakukan adalah mencoba untuk memotret beberapa bagian sudut artistik dari sebuah objek yang ada di rumahmu.

Kalian bisa mencoba memotret beberapa bagian sudut rumah yang mungkin selama ini tidak pernah kamu pikirkan. Seperti foto balkon, dapur, ruangan tamu, vas bunga, dengan cara pengambilan yang berbeda.

Aktifitas memotret yang kamu lakukan akan semakin mudah kalau menggunakan Samsung Galaxy S20 Ultra. Kamu bisa mencari sudut pandang yang berbeda untuk memotret dengan menggunakan kamera beresolusi 108MP yang disematkan pada Galaxy S20 Ultra.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Samsung Terbaru}

Cobalah ambil gambar dari sudut yang anti-mainstream. Dengan dukungan teknologi re-mosaic dan Nona-Binning, kamu bisa dapatkan hasil foto yang nyaris setara kamera profesional dengan resolusi tinggi dalam kondisi pencahayaan apa pun.

Biasanya kalau kita ingin memotret, kita harus pergi ke luar rumah atau jalan ke tempat-tempat dengan objek yang menarik untuk memotret berbagai momen dan membagikannya di sosial media. 

Nah, ketika WFH, otomatis kita harus memutar otak untuk tetap dapat menyalurkan hobi fotografi kita. Nah, disinilah serunya, kalian bisa menjelajahi spot atau tempat-tempat di rumah kalian untuk mengambil gambar yang keren. 

Kamu juga bisa kok menambahkan beberapa objek pendukung. Misalnya saja, mobil diecast, mainan atau action figure, pajangan vas bunga, bahkan sampai alat-alat dapur dan makanan. Inilah saatnya kamu untuk mengasah kreativitas.

Dua hal yang harus kamu ingat ketika menyalurkan hobi fotografi. Pertama, kreativitas tidak ada batasnya. Semuanya sesuai selera masing-masing. Kedua, jangan takut untuk mencoba hal-hal baru, termasuk memotret objek-objek di dalam rumah.

Kami cukup beruntung, karena disaat harus WFH, Galaxy S20 Ultra sudah ada di tangan kami. Yup, inilah saat yang tepat untuk menjajal kecanggihan kamera Galaxy S20 Ultra untuk memotret berbagai objek yang ada di dalam rumah, yang pada hari-hari sebelumnya nampak biasa aja.

{Baca juga: Ngulik Kamera Galaxy S20 Ultra untuk Bikin Vlog #DirumahAja}

Ngomong-ngomong soal kamera Galaxy S20 Ultra, kamu pasti sudah tahu kalau inilah smartphone flagship dengan kemampuan fotografi terbaik dari Samsung saat ini. Selain memiliki performa kelas atas, smartphone ini juga punya kualitas kamera juara.

Ada lima kamera yang disematkan Samsung pada Galaxy S20 Ultra. Empat kamera belakang, dan satu kamera depan yang disimpan pada punch hole atau lubang kamera di bagian tengah atas layar. Kelima kamera ini sudah didukung teknologi artificial intelligence (AI) bernama Scene Optimizer.

Samsung Galaxy S20 Ultra juga menjadi smartphone yang memiliki lensa utama dengan ukuran sensor terbesar saat ini. Smartphone tersebut punya lensa utama 108MP yang mendukung teknologi OIS atau optical image stabilization

Kamera Samsung Galaxy S20 Ultra

Sensor 108MP pada smartphone itu juga bisa dibilang yang terbaik. Pasalnya, sensor ini dipadu dengan teknologi yang mereka sebut nona-binning, yang mampu mengubah 9 pixel jadi 1 pixel (9-in-1).

Itu artinya, foto yang ditangkap oleh kameranya punya hasil yang jauh lebih detail, komposisi warna lebih baik, dan kemampuan night mode jauh lebih bagus.

{Baca juga: Memotret Momen Seru WFH dengan “Single Take” Galaxy S20}

Istimewanya kamera Samsung Galaxy S20 Ultra bukan cuma pada lensa utama 108MP saja. Smartphone ini memiliki lensa telephoto dengan skema periscope 48MP yang juga mendukung OIS. Lensa telephoto ini punya kemampuan 4x optical-zoom, 10x hybrid-zoom, dan 100x digital-zoom.

Terdapat pula lensa ultra-wide 12MP, dan lensa 3D ToF atau Time of Flight. Untuk kamera depan, Samsung memberikan lensa 40MP untuk Galaxy S20 Ultra.

Secara default, kamera 108MP Samsung Galaxy S20 Ultra yang kami gunakan menangkap gambar di resolusi 12MP. Apakah lensa 108MP itu cuma gimmick? Bukan kok, tapi semuanya karena teknologi bernama nona-binning.

Lewat teknologi ini, tangkapan dari kamera 108MP akan dipadatkan menjadi 12MP. Alhasil, foto berkualitas dengan detail dan warna yang bagus nan tajam pun bisa didapatkan.

Berikut ini beberapa hasil foto yang kami ambil menggunakan lensa utama Galaxy S20 Ultra:

Foto Normal Samsung Galaxy S20 Ultra

Kamu tetap dapat mengambil gambar di resolusi real 108MP kok. Caranya, dengan menekan rasio kamera, dan pilih 3:4 108MP. Tapi perlu diingat, ukuran gambar yang dihasilkan akan sangat besar, begitu juga dengan ukuran file-nya.

Hasilnya, kamu bisa lihat beberapa hasil foto 108MP dari S20 Ultra di bawah ini:

Foto 108MP Samsung Galaxy S20 Ultra

Saat memotret, kami tak lupa memanfaatkan kamera ultrawide. Samsung dari dulu memang memberikan lensa ultrawide terbaik pada seri flagship-nya, termasuk Galaxy S20 Ultra.

Kamera ini memberikan foto super lebar yang memiliki detail serta ketajaman warna yang baik. Lensa pun mampu menangkap foto wide tanpa adanya efek melengkung. Berikut hasilnya:

Foto Wide Samsung Galaxy S20 Ultra

Cukup sulit memang mengimplementasikan lensa periscope Samsung Galaxy S20 Ultra untuk memotret di rumah. Alhasil, kami pun memanfaatkan beberapa objek menarik yang kami tempatkan dengan jarak yang cukup jauh. 

Sejujurnya kami suka menggunakan lensa periscope pada smartphone ini. Alasannya, foto tetap berkualitas sangat baik meski gambar telah diperbesar beberapa kali dalam rentang yang wajar. Berikut beberapa hasil fotonya:

Foto Periscope Samsung Galaxy S20 Ultra

Jangan lupakan lensa 3D ToF di Samsung Galaxy S20 Ultra. Berkat lensa ini, kami juga bisa memotret foto portrait atau bokeh dengan efek dramatis. Dikombinasikan dengan AI, kamera mampu mengelompokkan mana objek utama dan bagiannya yang harus ditonjolkan, dan mana background foto yang wajib untuk di-blur.

Ditambah lagi dengan adanya fitur Live Focus, kami bisa memilih efek blur pada background sesuka hati. Berikut hasil fotonya:

Foto 3D ToF Samsung Galaxy S20 Ultra

{Baca juga: Galaxy S20 Ultra, “Rekan Kerja” di Rumah yang Multitasking}

Setelah mendapatkan banyak foto berkualitas nan ciamik, jangan lupa untuk sedikit memberikan sentuhan via aplikasi editing. Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu pilih, Adobe Lightroom for Samsung salah satunya.

Lakukan editing lebih cepat dengan dukungan RAM 12GB LPDDR5 pada Samsung Galaxy S20 Ultra untuk memudahkan kamu membuat dan mengedit konten secara langsung. Jangan lupa upload hasil foto kamu di sosial media dan jadikan pengalaman di rumah jadi tidak membosankan. (MF/HBS)

Previous articleInfinix Note 7 Lite Resmi Masuk Indonesia, Harga Rp 1,9 juta
Next articleBenchmark Samsung Galaxy S20 Ultra vs Huawei P40 Pro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here