telset

Selain Cerdas, Galaxy S20 Ultra Juga ‘Gahar’ Diajak Ngegame

Telset.id – Samsung Galaxy S20 Ultra ternyata tak hanya cerdas dipakai untuk bekerja selama Work From Home (WFH) dan jago memotret momen terbaik. Smartphone ini juga pantas jadi pegangan para gamers, karena “gahar” diajak ngegame.

Galaxy S20 Ultra bisa disebut sebagai smartphone gaming kelas atas yang dapat memanjakan para gamers. Smartphone ini bisa melahap game-game berat dengan grafis berkualitas terbaik tanpa gangguan apapun.

Samsung sepertinya “diam-diam” menjadikan Galaxy S20 Ultra sebagai sebuah smartphone gaming dengan performa kelas wahid. Ya, Samsung memang tidak secara tegas menyebut Galaxy S20 Ultra sebagai ponsel gaming, tapi perangkat ini sudah memiliki atribut sebagai smartphone gaming.

Penilaian itu memang subyektif dari kami, setelah menjajalnya dalam pengujian. Kami punya alasan untuk menobatkan S20 Ultra sebagai smartphone gaming. Mulai dari spesifikasi layar, dapur pacu, bahkan sampai fitur yang disematkan di dalamnya bisa dimanfaatkan oleh para gamers untuk bermain game apapun semaunya.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Samsung Terbaru}

Bahas spesifikasi layar misalnya. Samsung Galaxy S20 Ultra punya layar super besar, dengan ukuran 6,9 inci dan resolusi maksimal QHD+. Layarnya berjenis Dynamic AMOLED 2.0, yang menjadi generasi terbaru dari layar yang sebelumnya digunakan pada Galaxy S10 Series.

Tak cukup, Samsung pun menghadirkan sejumlah fitur layar terbaik pada Samsung Galaxy S20 Ultra. Sebut saja, touch latency 2 kali lebih cepat dari S10 Series, refresh rate sampai 120Hz, dan teknologi HDR10+. 

Samsung Galaxy S20 Ultra Gaming
Bermain game grafis tinggi dengan lancar di Samsung Galaxy S20 Ultra

Bisa kamu bayangkan, perpaduan layar Dynamic AMOLED 2.0 berukuran besar dengan resolusi 2K, dipadukan dengan touch latency dan refresh rate yang tinggi, dan konten yang disuguhkan dalam tampilan HDR10+, tentu akan memanjakan mata para gamers yang dikenal “perfeksionis” dalam hal performa.

Samsung Galaxy S20 Ultra merupakan salah satu smartphone Android dengan performa tertinggi saat ini, berkat mesin berupa prosesor Exynos 990 dengan fabrikasi proses 7nm+.

SoC yang disematkan di dalamnya punya delapan otak alias octa-core, dengan konfigurasi 2-core di kecepatan 2.73 GHz Mongoose M5, 2-core di kecepatan 2.5 GHz Cortex A76, dan 4-core di kecepatan 2.0 GHz Cortex A55.

{Baca juga: Ngulik Kamera Galaxy S20 Ultra untuk Bikin Vlog #DirumahAja}

Smartphone ini didukung juga dengan chip pengolahan grafis Mali G77 MP11, RAM 12GB LPDDR5, storage 128GB UFS 3.0, serta baterai berkapasitas 5,000 mAH dengan dukungan fast charging 45W. 

Nah, mungkin kalian ada yang bertanya, “seperti apa performanya?”, “berapa skor AnTuTu-nya?”, dan pertanyaan lain yang berkaitan dengan performa dari Galaxy S20 Ultra ini, bukan?

Tenang, kami sudah melakukan pengujian dengan menggunakan dua aplikasi benchmark, yaitu AnTuTu Benchmark versi 8 dan 3DMark untuk mengetahui performa GPU dan CPU. Berikut ini hasil pengujiannya:

AnTuTu Benchmark

AnTuTu Benchmark merupakan aplikasi benchmark yang paling dikenal oleh konsumen. Bukan cuma konsumen techies atau yang paham soal teknologi, tapi juga konsumen awam.

Galaxy S20 Ultra Gaming

Aplikasi ini memberikan simulasi performa dari empat aspek utama, yakni CPU, GPU, RAM, dan user experience  atau UX. Berdasarkan AnTuTu Benchmark, Samsung Galaxy S20 Ultra mencatatkan skor 516 ribuan. Catatan skor itu sangat tinggi. Tak heran, S20 Ultra sangat powerful.

3DMark

GPU Mali G77 MP11 yang digunakan Samsung Galaxy S20 Ultra tak luput kami uji. Dengan menggunakan 3DMark, aplikasi ini bisa mengetahui performa dalam angka terkait pemrosesan grafis. 

Ada beberapa pengujian, seperti Sling Shot dan Sling Shot Extreme yang biasa digunakan untuk menjajal kemampuan smartphone flagship dengan tolak ukur OpenGL ES 3.0 (Sling Shot) dan OpenGL ES 3.2 (Sling Shot Extreme). 

Galaxy S20 Ultra Gaming

Berdasarkan pengujian, Galaxy S20 Ultra mencatatkan skor 8.123 poin untuk Sling Shot dan 6.776 poin untuk Sling Shot Extreme OpenGL ES 3.1 serta 6.345 poin untuk Sling Shot Extreme Vulkan.

Baterai

Kinerja baterai pun memegang peranan penting dalam bermain game, khususnya main game berat. Kalau baterainya boros, pastinya bikin gak nyaman kan? Beruntung, Samsung Galaxy S20 Ultra ditopang baterai 5.000 mAh dengan dukungan fast charging 45W, salah satu yang tercepat saat ini.

{Baca juga: Memotret Momen Seru WFH dengan “Single Take” Galaxy S20}

Baterai 5.000 mAh pada smartphone ini bisa menopang Galaxy S20 Ultra selama kurang lebih 18 jam dengan kondisi layar refresh rate 120Hz. Sedangkan ketika layar diatur di refresh rate 60Hz, baterai sebesar itu bisa memberikan tenaga selama kurang lebih 24 jam. 

Meski Samsung cuma menyertakan charger maks 25W dalam paket pembelian dan “hanya” mendukung fast charging sampai 45W, tapi itu tidak berarti kecepatan ngecasnya biasa saja. Berdasarkan pengujian kami, ngecas baterai dari 5% sampai penuh, dibutuhkan waktu kurang lebih 90 menit saja. 

Fitur Gaming

Cukup lah kita membahas bagian performa. Intinya, smartphone ini punya performa dan kinerja tinggi di setiap sektornya, termasuk layar, dapur pacu, bahkan sampai baterai sekalipun. Lantas, bagaimana dengan fitur game?

Samsung Galaxy S20 Ultra Gaming
Game Launcher

Jujur saja, ponsel ini membuat kami kagum. Karena meski tidak disebut sebagai smartphone gaming, namun Samsung Galaxy S20 Ultra memiliki fitur gaming yang sangat lengkap.

Bukan cuma Game Launcher saja, tapi juga ada fitur Game Booster Plus yang memungkinkan gamers untuk melakukan tweak atau penyesuaian performa smartphone untuk setiap game yang dijalankan.

Ada lima opsi pengaturan performa yang bisa kamu pilih, yakni Battery Saving, Balance, Max FPS, High Quality, dan Custom. Nah, opsi terakhir sangat kami anjurkan, karena kamu bisa memaksimalkan performa smartphone sampai rata kanan alias mentok

Samsung Galaxy S20 Ultra Gaming
Game Booster Plus

Kamu bisa mengotak-atik performa, kemudian kualitas grafis, maksimal FPS, sampai intensitas cahaya. Yang unik, pengaturan yang tadi sudah disesuaikan bisa diaplikasikan ke semua game dengan menekan tombol Apply to All Games.

Akan tetapi, kalau belum terlalu mengerti soal tweak performa smartphone, kamu bisa memilih pengaturan Max FPS untuk mendapatkan jaminan FPS tertinggi, ataupun High Quality untuk mendapatkan kualitas grafis paling baik. 

Samsung Galaxy S20 Ultra Gaming
Tweak performa smartphone dengan mudah dengan Game Booster Plus

Tak cuma itu saja fitur gaming-nya. Layaknya smartphone gaming, terdapat juga beberapa informasi penting yang tampil di sudut layar ketika game berlangsung, seperti FPS Counter, presentase performa CPU dan GPU, serta temperatur dari smartphone

Samsung Galaxy S20 Ultra Gaming
Informasi penting, seperti FPS, presentase performa CPU dan GPU, sampai temperatur smartphone ditampilkan di layar

Samsung nampaknya ingin gamers tetap “punya kehidupan”. Sebab, dalam Game Booster Plus, mereka menghadirkan fitur Daily Limits. Dalam fitur ini, gamers bisa mengatur batas waktu maksimal mereka main game setiap harinya. 

{Baca juga: Samsung DeX di Galaxy S20 Ultra untuk #KerjaDirumah, Ini Caranya!}

Samsung bahkan menunjukkan beberapa pengetahuan lho di sini. Misalnya, waktu tidur ideal bagi pengguna, pengingat kalau gamers juga harus beraktivitas di luar ruangan, sampai imbauan untuk tidak lupa dengan pendidikan. 

Secara overall, Samsung Galaxy S20 Ultra sangat mumpuni untuk menemani aktivitas kamu dalam bermain game. Apalagi, dalam kondisi WFH atau work from home seperti ini, kamu pun perlu refreshing kan? 

Dengan melimpahnya game untuk platform Android saat ini, dipadukan dengan spesifikasi handal dan fitur mumpuni dari Samsung Galaxy S20 Ultra, kamu yang punya jiwa gamers pasti puas ketika main game apapun di smartphone ini.

Nah, itu tadi ulasan lengkap kami tentang hasil pengujian performa dan fitur-fitur gaming di Samsung Galaxy S20 Ultra. Ternyata smartphone ini sangat jago untuk diajak ngegame lho.

Well, jangan lupa untuk ikutan “Video TikTok & Photo Storytelling Contest”. Kirim foto dan video terbaik kamu yang paling seru dan inspiratif ke Instagram @telset.id dan Facebook Telset.id. Abadikan momen menarik kalian selama #WorkFromHome dan #DiRumahAja. Selamat mencoba! (MF/HBS)

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0