Ngulik Kamera Galaxy S20 Ultra untuk Bikin Vlog #DirumahAja

Vlog Galaxy S20 Ultra

Telset.id, Jakarta – Selama mengikuti anjuran pemerintah untuk bekerja di rumah, tidak seharusnya kita bermalas-malasan. Kita seharus mencari aktifitas yang bisa mengasah kreativitas. Misalnya, bikin video vlog aktivitas kamu selama work from home atau WFH.

Tantangan terbesar bagi kita saat WFH adalah menghindari rasa “mager” (malas gerak) dan jenuh. Buat kamu yang sedang bekerja dari rumah, jangan biarkan rasa jenuh itu mematikan kreatifitas kalian.

Kamu sebenarnya bisa melakukan berbagai aktifitas yang positif saat #DirumahAja, untuk menghilangkan rasa bosan. Bikin video vlog aktifitas kamu di rumah menjadi pilihan menarik.

Kamu bisa bikin video vlog tentang aktifitas WFH, dan diunggah ke sosial media dengan pesan-pesan inspiratif kepada banyak orang, agar tetap semangat menjalankan aktifitas WFH.

Ada yang bilang, untuk membuat vlog yang keren harus pakai kamera dan PC atau laptop mahal untuk proses editing. Pendapat itu tidak sepenuhnya benar, karena sebenarnya sekarang kamu bisa melakukannya dengan mudah menggunakan smarphone.

Salah satu smartphone yang kami rekomendasikan untuk kamu pakai adalah Samsung Galaxy S20 Ultra. Smartphone ini memiliki fitur yang komplit untuk membuat vlog.

{Baca juga: Memotret Momen Seru WFH dengan “Single Take” Galaxy S20}

Kamu sudah tidak perlu lagi menggunakan kamera atau lensa yang mahal, laptop atau PC dengan kemampuan editing kelas atas, cukup menggunakan Samsung Galaxy S20 Ultra saja. Ponsel pintar ini punya spesifikasi handal, karena dibekali kamera terbaik dan fitur editing video yang lengkap.

Galaxy S20 Ultra merupakan smartphone flagship terbaik Samsung saat ini, karena memiliki performa kelas atas, dan juga kualitas kamera jempolan. 

Apa sih keistimewaan kamera S20 Ultra? Ada lima kamera yang disematkan Samsung pada Galaxy S20 Ultra. Empat kamera belakang, dan satu kamera depan yang disimpan pada punch hole atau lubang kamera di bagian tengah atas layar. Kelima kamera ini sudah didukung teknologi artificial intelligence (AI) bernama Scene Optimizer.

Berbicara konfigurasinya, kamera S20 Ultra punya perpaduan lensa wide-angle 108MP yang mendukung teknologi OIS atau optical image stabilization. Jangan kaget, lensa 108MP di sini sangat jauh berbeda dibandingkan lensa serupa yang ada di smartphone lain.

Apa perbedaannya? Samsung menyematkan sensor 108MP terbaik yang dipadu dengan teknologi yang mereka sebut nona-binning, yang mampu mengubah 9 pixel jadi 1 pixel (9-in-1). 

{Baca juga: Samsung DeX di Galaxy S20 Ultra untuk #KerjaDirumah, Ini Caranya!}

Itu artinya, foto maupun video yang ditangkap oleh kameranya punya hasil yang jauh lebih detail, komposisi warna lebih baik, dan kemampuan night mode jauh lebih bagus.

Keistimewaan lainnya, ada lensa telephoto dengan skema periscope 48MP yang juga mendukung OIS. Lensa telephoto ini punya kemampuan 4x optical-zoom, 10x hybrid-zoom, dan 100x digital-zoom.

Lalu, terdapat lensa ultra-wide 12MP. Lensa ini, bisa kamu gunakan untuk merekam video sambil jalan-jalan atau bahkan berlari. Sebab, lensa ini punya tugas tambahan, yakni sebagai lensa untuk Super Steady Video. 

Kamu pasti tahu bagaimana kualitas Super Steady Video di smartphone kelas menengah Samsung. Bagus kan? Apalagi ini yang menyandang gelar sebagai smartphonetop of the top” dari Samsung.

Terakhir, ada lensa 3D ToF atau Time of Flight. Untuk kamera depan, Samsung memberikan lensa 40MP untuk Galaxy S20 Ultra.

{Baca juga: Hands On Samsung Galaxy S20 Ultra: Spek Superior, Powerful!}

Ngomong-ngomong soal video vlog, kamera belakang Samsung Galaxy S20 Ultra sanggup untuk merekam video sampai 8K @30fps, 4K @60fps, dan Full HD @60fps. Sedangkan kamera depannya, mampu mengambil video dengan kualitas maksimal 4K @60fps dan Full HD @60fps.

Kemampuannya untuk merekam video berkualitas tinggi tentu tidak terlepas dari mesin utama yang digunakan S20 Ultra. Smartphone ini ditenagai oleh prosesor kelas flagship, Exynos 990 (7nm+).

Prosesor ini punya konfigurasi 2-core di kecepatan 2.73 GHz Mongoose M5, 2-core di kecepatan 2.5 GHz Cortex A76, dan 4-core di kecepatan 2.0 GHz Cortex A55. Didukung juga oleh chip pengolahan grafis Mali G77 MP11.

Oke, balik lagi soal bikin vlog. Kali ini, tim Telset.id akan membagikan tips buat kalian yang ingin mengasah kreativitas membuat video vlog aktivitas kamu selama WFH. Dalam tips ini, semua pengambilan gambar video dan proses editing menggunakan Samsung Galaxy S20 Ultra. Yuk simak!

  • Kamu bisa menggunakan kamera depan maupun belakang untuk mengambil video vlog. 
  • Usahakan, video vlog diambil dalam one take one shoot, agar memudahkan proses editing. Tapi, kamu juga bisa mengambil video per bagian. Misalnya, opening, isi video, footage, sampai closing.
  • Mengambil video per bagian kami sangat sarankan. Sebab, untuk meminimalisir kesalahan ucapan atau footage, dan masalah-masalah teknis lainnya.
  • Apabila video per bagian sudah diambil, sekarang tekan tombol < Edit > pada video opening. Tombol ini punya ikon dengan bentuk seperti pensil.

Vlog Galaxy S20 Ultra

  • Ketika masuk ke bagian < Editor Video >, terdapat berbagai fitur editing yang bisa dimanfaatkan. Misalnya, Trim, Filter, Text, Stickers, Speed, sampai Sound

Vlog Galaxy S20 Ultra

  • Karena ingin membuat opening terlebih dahulu, maka disarankan untuk menyertakan semacam teks atau tulisan di video. Seperti “Welcome to my Vlog”, “Vlog WFH”, dan tulisan lainnya sesuai kreatifitas kamu. 

Vlog Galaxy S20 Ultra

  • Jangan lupa untuk memasukkan backsound juga agar opening video menjadi lebih asyik dan enak dilihat.
  • Ada banyak backsound yang bisa dipilih dengan menekan tombol < Add >. Terdapat lima kategori backsound, seperti Comics, Happy, Lounge, Relaxing, dan Upbeat.
  • Jika sudah, tekan < Save >. Jadilah video opening yang kalian inginkan.

Vlog Galaxy S20 Ultra

  • Sekarang, saatnya untuk membuat isi video dan closing. Sama seperti membuat video opening, kamu bisa memasukkan berbagai fitur pada video yang dibuat. 
  • Kamu bisa menambahkan video dengan menekan tombol < + > di kanan atas layar atau tombol < + > di bagian atas bar editing video.
  • Kalau kamu ingin memasukkan backsound, usahakan suaranya diperkecil, dan suara pada video diperkecil sedikit saja. Tujuannya, agar suara tidak saling bertabrakan dan malah tidak enak didengar.

  • Jangan lupakan fitur Trim dan Speed. Fitur Trim bertujuan agar kamu bisa memotong footage yang tidak ingin digunakan, Sedangkan fitur Speed, untuk mempercepat beberapa footage video sampai 2 kali lipat. Tujuannya, untuk variasi saja.
  • Tentu perlu ditambahkan transisi setiap video. Caranya, ketika menambahkan footage video untuk diedit, terdapat ikon < > di antara footage. Tekan tombol tersebut, dan kamu akan disuguhi lima tipe transisi video berbeda. 

  • Kalau semua proses editing sudah dilakukan, tekan saja tombol < Save >, dan proses rendering akan berjalan dengan cukup singkat.

Berikut ini, contoh video vlog WFH atau work from home yang telah kami buat menggunakan Samsung Galaxy S20 Ultra:

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Samsung Terbaru}

Bagaimana, mudah kan membuat vlog menggunakan Samsung Galaxy S20 Ultra? Setelah kalian tahu caranya, jangan lupa untuk ikutan “Video TikTok & Photo Storytelling Contest”.

Kirim foto dan video terbaik kamu yang paling seru dan inspiratif ke Instagram @telset.id dan Facebook Telset.id. Abadikan momen menarik kalian selama #WorkFromHome dan #DiRumahAja. Selamat mencoba! (MF/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here