telset

Galaxy S20 Ultra, Asisten Cerdas yang Cekatan dan Multitasking

Telset.id – Tidak mudah “memindahkan” aktifitas dari kantor ke rumah saat work from home (WFH), karena fasilitas perangkat kerja tak selengkap di kantor. Beruntung, kami memiliki Samsung Galaxy S20 Ultra, yang dipadukan dengan Samsung DeX, membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Saat bekerja dari rumah, kamu akan membutuhkan perangkat yang cukup mumpuni untuk menciptakan kembali produktivitas seperti saat bekerja di kantor. Saran kami, cobalah gunakan Galaxy S20 dan Samsung DeX sebagai “rekan kerja” di rumah.

Kami akan menceritakan pengalaman menggunakan Samsung Galaxy S20 Ultra dan Samsung DeX, yang sangat membantu kami menyelesaikan pekerjaan selama WFH. Ada banyak “kejutan” yang kami dapatkan saat menggunakan smartphone berukuran super jumbo itu.

Memadukan Samsung DeX dengan Galaxy S20 Ultra merupakan keputusan yang sangat tepat selama WFH. Sebab, Samsung DeX membuat kami tetap dapat bekerja secara maksimal, tanpa ada kendala yang berarti. 

Seperti telah kami jelaskan di tulisan sebelumnya, Samsung DeX adalah singkatan dari Desktop Experience. Hanya dengan menghubungkan smartphone ke PC menggunakan Samsung DeX, kamu bisa “menyulap” smartphone menjadi PC.

Fitur ini memang belum tersedia di semua seri smartphone Samsung, karena baru hadir secara eksklusif di seri smartphone premium Samsung. DeX pertama kali muncul di seri Samsung Galaxy S8. Sekarang, DeX sudah hadir di seri Galaxy S8 dan Galaxy Note 8 ke atas. Yang paling baru di Galaxy S20 series.  

Saat pertama kali diperkenalkan, memang agak ribet memakainya, karena masih dibutuhkan docking atau tempat bagi smartphone agar dapat terhubung ke PC atau laptop, sebelum masuk ke mode Samsung DeX.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Samsung Terbaru}

Beruntung, Samsung terus mengembangkan inovasi baru. Pabrikan asal Korea Selatan ini menyematkan langsung fitur Samsung DeX ke dalam software dan hardware dari smartphone, sehingga tidak dibutuhkan lagi docking untuk masuk ke mode Samsung DeX.

Samsung DeX pun kini bertransformasi menjadi fitur yang bisa secara seamless terhubung ke perangkat berbasis Windows dan Mac, asalkan sudah download aplikasinya di situs resmi Samsung DeX.

Bagi kami yang bekerja di industri media online dan konten kreatif, teknologi Samsung DeX dan Galaxy S20 Ultra sangat membantu kami untuk tetap produktif, meskipun harus bekerja dari rumah. 

Mulai dari mengedit tulisan, merekam dan mengedit video untuk konten YouTube di channel Telset TV, semuanya bisa dilakukan di sini. Sebagai alat komunikasi pun S20 Ultra sangat membantu, terutama saat harus meeting online menggunakan beberapa aplikasi video conference, seperti Zoom, Hangout Meeting atau Google Duo dan aplikasi lainnya.

Yang menyenangkan, tampilan saat melakukan video call juga sangat jelas, karena didukung kamera depan 40MP di S20 Ultra. Semuanya bisa dilakukan dengan lancar dan tanpa gangguan yang berarti.

Nah, sesuai janji kami tadi, kali ini tim Telset.id akan berbagi pengalaman selama bekerja dari rumah menggunakan Samsung DeX dan Samsung Galaxy S20 Ultra. Semoga saja, pengalaman yang akan kami bagikan ini bisa meningkatkan semangat kalian untuk menjalani WFH.

Multitasking Tanpa “Worry”

Samsung Galaxy S20 Ultra Samsung DeX

Multitasking di Samsung DeX adalah kenikmatan tersendiri yang kami rasakan. Bagaimana tidak, kami bebas menjalankan banyak aplikasi dalam satu waktu, dan semuanya bisa dijalankan tanpa rasa lag sekalipun.

{Baca juga: Samsung DeX di Galaxy S20 Ultra untuk #KerjaDirumah, Ini Caranya!}

Misalnya saja, kami mengetik via Google Docs, sambil mendengarkan lagu di Spotify, membalas chatting di WhatsApp dan Line secara bergantian, serta browsing berita-berita terkini via Google Chrome.

Apalagi pada satu waktu, kami pun harus melakukan rapat online dengan tim Telset lainnya via aplikasi video call untuk membahas konten selama seminggu ke depan. Semuanya dapat dilakukan dalam satu layar dengan lancar.

Multitasking tanpa kendala dengan Samsung DeX dan Samsung Galaxy S20 Ultra

Semua pekerjaan bisa kami selesaikan dengan mulus tanpa gangguan yang berarti, karena Samsung Galaxy S20 Ultra bisa “mengambil alih” fungsi PC yang kami gunakan. Kenapa smartphone ini bisa bekerja sangat smooth, tanpa gangguan lag yang berarti?

Faktor utamanya tentu saja karena S20 Ultra ditenagai dengan dapur pacu kelas atas nan kencang. Diotaki dengan prosesor Exynos 990 (7nm+), ditambah lagi dengan dukungan chip pengolahan grafis Mali G77 MP11, RAM 12GB LPDDR5, storage 128GB UFS 3.0, dan baterai berkapasitas 5,000 mAH dengan dukungan fast charging 45W

Ketangguhan Galaxy S20 Ultra dalam mendukung kerja multitasking di Samsung DeX telah kami buktikan lewat pengujian yang kami lakukan sebelumnya via benchmark aplikasi PCMark. Aplikasi PCMark merupakan benchmark yang menyimulasikan tugas umum yang biasa diterima smartphone, seperti mengolah data, multitasking, dan lainnya.

Dalam pengujian yang kami lakukan, S20 Ultra mencatat skor 10.381 poin. Itu merupakan catatan skor yang luar biasa gede, dan bahkan PCMark menyebutnya sebagai salah satu perangkat powerful saat ini.

{Baca juga: Selain Cerdas, Galaxy S20 Ultra Juga ‘Gahar’ Diajak Ngegame}

“Kabar baik! Ini adalah salah satu perangkat powerful dan semuanya bisa bekerja dengan normal,” begitu kira-kira yang diungkapkan PCMark, mengomentari catatan skor S20 Ultra.

Akhirnya Bisa Rendering!

Samsung Galaxy S20 Ultra Samsung DeX

Jujur saja, spesifikasi PC yang kami gunakan untuk bekerja di rumah kurang mumpuni untuk melakukan rendering video berkualitas tinggi. Padahal, meski beraktivitas di rumah, kami tetap harus memproduksi video untuk mengisi konten di channel YouTube Telset TV. Dan itu bisa kami kerjakan dengan “lancar jaya”, sob.

Yup, beruntung kami bisa memadukan Samsung DeX dan Samsung Galaxy S20 Ultra, sehingga PC yang kami gunakan akhirnya bisa dipakai untuk rendering video dengan kualitas minimal Full HD @60fps. Ada beberapa aplikasi editing video yang bisa digunakan dan mendukung Samsung DeX, salah satunya adalah Adobe Premiere Rush. 

Kami mencoba mengedit beberapa potong video vlog dengan kualitas Full HD @60fps yang kami rekam menggunakan kamera Samsung Galaxy S20 Ultra. Begini hasil video vlog aktifitas WFH yang kami rekam dan edit menggunakan Galaxy S20 Ultra:

Vlog WFH perdana 😁📸 Samsung Galaxy S20 Ultra

Posted by Muhammad Faisal Hadi Putra on Friday, April 17, 2020

Oh ya, bicara soal kamera Samsung Galaxy S20 Ultra, smartphone ini punya total lima kamera dengan dukungan teknologi AI bernama Scene Optimizer. Masing-masing empat kamera di belakang, dan satu kamera di depan.

{Baca juga: Ngulik Kamera Galaxy S20 Ultra untuk Bikin Vlog #DirumahAja}

Konfigurasi kameranya, terdapat lensa utama dengan sensor 108MP yang didukung oleh OIS atau optical image stabilization. Kemudian, lensa telephoto dengan skema periscope 48MP yang juga mendukung OIS. Lensa telephoto ini punya kemampuan 4x optical-zoom, 10x hybrid-zoom, dan 100x digital-zoom.

Proses rendering cepat menggunakan Samsung DeX dan Samsung Galaxy S20 Ultra

Lalu, terdapat lensa ultra-wide 12MP. Terakhir, ada lensa 3D ToF atau Time of Flight. Untuk kamera depan, Samsung memberikan lensa 40MP untuk Galaxy S20 Ultra.

Kembali lagi ke soal editing dan rendering video, kami bisa secara maksimal memanfaatkan segala fitur di Adobe Premiere Rush. Misalnya saja Transitions, Color, Sound, dan lainnya. Semuanya dapat dilakukan dengan lancar, tanpa kendala yang berarti. Apalagi ketika melakukan rendering, video kurang lebih 5 menit bisa di-render dan disimpan hanya dalam beberapa saat saja. 

Seamless

Samsung Galaxy S20 Ultra Samsung DeX

Ini adalah salah satu keunggulan yang kami nikmati selama bekerja menggunakan Samsung DeX. Ketika DeX dihubungkan ke PC atau laptop, segala aktivitas di smartphone bisa dijalankan dengan baik di PC secara seamless

Misalnya, melakukan panggilan telepon biasa ataupun VoIP menggunakan WhatsApp Call. Atau, melakukan video call maupun video conference. DeX otomatis mengubah Samsung Galaxy S20 Ultra menjadi webcam dengan kualitas kamera yang jernih. 

Menggunakan kamera berkualitas Samsung Galaxy S20 Ultra ketika meeting secara online

Pengalaman seamless juga kami rasakan ketika memindahkan data dari atau ke smartphone. Kami cukup drag & drop saja data yang ingin dipindahkan. Contoh, memindahkan dokumen pekerjaan ke PC. Perkecil tampilan Samsung DeX, drag dokumen yang ingin dipindahkan, kemudian drop di jendela Windows, begitu juga sebaliknya. 

Rehat Kerja, Nikmati Hiburan

Samsung Galaxy S20 Ultra Samsung DeX

Menghilangkan penat dengan mendengarkan musik, nonton streaming video atau bermain game bisa menjadi solusi ampuh di sela-sela pekerjaan yang menumpuk, agar kita tidak dilanda kebosanan selama bekerja. Samsung DeX membebaskan kami untuk menikmati multimedia selama bekerja.

Mendengarkan musik di Spotify atau menonton YouTube misalnya, kami dapat memilih apakah suara yang dikeluarkan dari speaker Galaxy S20 Ultra ataupun speaker Bluetooth atau eksternal yang terhubung dengan PC.

Berbicara soal kualitas suara, S20 Ultra sudah memiliki speaker stereo dengan dukungan Dolby Atmos. Apabila speaker stereo masih kurang, ada earphone dari AKG dalam paket pembelian yang bisa kamu gunakan. Benar-benar paket komplit, bukan.

Samsung DeX dan Samsung Galaxy S20 Ultra menyuguhkan fitur hiburan yang lengkap

Kualitasnya, tentu saja terbaik dan enak didengar. Speaker stereo maupun earphone AKG memberikan suguhan suara yang bagus dan konsisten di segala genre musik maupun film.

{Baca juga: Memotret Momen Seru WFH dengan “Single Take” Galaxy S20}

Hiburan bukan cuma menikmati musik atau film, tapi juga bermain game. Jangan kaget, kamu bisa lho main game di Samsung DeX. Ada beberapa game yang mendukung, seperti Last Day on Earth: Survival, Vainglory, Final Fantasy XV Pocket Edition, Black Desert Mobile, Lineage 2 Revolution, dan gamegame lainnya.

Tunggu, main game HP di PC? Jangan bingung, karena Samsung DeX akan memberikan shortcut keyboard untuk setiap aksi di game. Misalnya, tombol spasi untuk menyerang lawan, tombol CTRL untuk mengambil barang, dan lainnya. Game pun bisa dijalankan dengan maksimal berkat fitur Game Booster yang juga aktif di Samsung DeX. 

Bermain game smartphone dengan tampilan ala PC pun bisa dengan menggunakan Samsung DeX dan Samsung Galaxy S20 Ultra

Itu tadi pengalaman kami melahap pekerjaan menggunakan Samsung DeX di Samsung Galaxy S20 Ultra di rumah. Secara overall, perpaduan keduanya benar-benar membuat kami terbantu untuk melakukan berbagai kegiatan positif selama WFH.

Bagaimana menurut kalian, asyik banget kan WFH menggunakan Galaxy S20 Ultra. Smartphone ini memang paket komplit, karena bisa untuk meningkatkan produktifitas pekerjaan, alat komunikasi yang canggih, dan juga menghadirkan hiburan biar gak mati gaya atau bosan.

Well, sekarang giliran kalian menceritakan pengalaman yang seru selama WFH. Potret dan bikin video singkatnya, dan jangan lupa untuk ikutan “Video TikTok & Photo Storytelling Contest”.

Kirim foto dan video terbaik kamu yang paling seru dan inspiratif ke Instagram @telset.id dan Facebook Telset.id. Abadikan momen menarik kalian selama #WorkFromHome dan #DiRumahAja. Selamat mencoba! (MF/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0