Beranda blog Halaman 3801

Iklan Lumia 925 Sindir Pengguna iPhone Seperti Zombie

0
Iklan Nokia Lumia 925 'Zombie'
Iklan Nokia Lumia 925 ‘Zombie’

Jakarta – Bukan kali pertama Nokia membuat sebuah video iklan yang menyindir para kompetitornya. Dalam iklan terbaru Lumia 925, Nokia kembali mengejek pengguna iPhone yang berubah jadi zombie saat menggunakan kamera smartphone flagship Apple tersebut.

Lewat iklan terbarunya ini, Nokia ingin menyindir kelemahan kamera iPhone dalam kondisi cahaya rendah. Sebagai solusinya, Nokia tentu saja menyodorkan Lumia 925 yang dipersenjatai kamera 8,7 megapixel, dual LED flash dan optical image stabilization, sehingga sangat bagus saat digunakan pada cahaya rendah.

Dikutip dari PhoneArena, Sabtu (22/6), saat menyaksikan video ini, Anda justru tidak akan menemui aksi kehebatan Lumia 925 saat digunakan. Nokia hanya ingin menunjukan bahwa saat menggunakan kamera iPhone, orang akan terlihat seperti zombie dengan efek mata merah yang sering muncul di foto dengan flash menyala.

Video ini dibuka dengan adegan seorang pria yang berjalan di malam hari dan dikagetkan oleh munculnya beberapa orang yang terlihat seperti zombie. Setelah diselidiki, ternyata orang-orang tersebut menjadi tampak seperti zombie setelah menggunakan kamera iPhone.

Nokia memang termasuk vendor yang doyan membuat video iklan yang mengolok-olok produk pesaingnya. Sebelumnya Nokia juga pernah menyindir kemampuan kamera iPhone dan Galaxy S3 melalui iklan Lumia 920.

Biar tidak penasaran seperti apa video ‘zombie’ buatan Nokia tersebut, simak videonya dibawah ini:

http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=jhykBMh5IkQ

‘Iron Man’ akan Promosikan Produk HTC

0
Robert Downey Jr, pemeran tokoh Iron Man
Robert Downey Jr, pemeran tokoh Iron Man

Jakarta – Kesuksesan film Iron Man 3 telah mengangkat nama Robert Downey Jr, sang pemeran tokoh superhero tersebut. Dan ingin memanfaatkan kepopuleran Downey Jr, vendor ponsel HTC menjadikannya sebagai ‘brand ambassador’ produk-produk mereka (HTC).

Di tengah situasi yang limbung akibat penjualan yang kurang sukses dalam setahun terakhir, HTC akhirnya mulai mendapati secercah harapan dari kesuksesan penjualan smartphone flagship terbarunya, HTC One.

Tak ingin momentum kesuksesan itu terlewat begitu saja, vendor asal Taiwan ini pun berupaya memanfaatkan kepopuleran seri HTC One untuk merilis versi mini dan phablet dari smartphone flagshipnya tersebut. Selain itu belum lama ini HTC One juga sudah dirilis dalam versi developer dan versi Google.

Selain menggenjot dari sisi inovasi produk, HTC mulai mempertimbangkan langkah baru untuk mempromosikan produk-produk milik mereka. Salah satu langkah yang diambil HTC adalah dengan mengontrak aktor pemeran utama film Iron Man 3, Robert Downey Jr.

Seperti dilansir Bloomberg, Sabtu (22/6), pemeran jagoan ‘Manusia Kaleng’ ini dikabarkan akan diikat dengan kontrak berdurasi 2 tahun dengan nilai kontrak mencapai Rp 120 miliar. Aktor tersebut akan membantu promosi HTC melalui video atau iklan komersial.

Namun saat mempromosikan produk-produk HTC, Downey Jr akan memerankan dirinya sendiri, bukan sebagai karakter Iron Man 3 atau Sherlock Holmes. Hingga saat ini belum ada konfirmasi dari kedua pihak terkait berita tersebut. Namun kemungkinan pengumuman resminya akan disampaikan HTC dalam waktu dekat.[HBS]

Bantah Soal Fragmentasi, Apple Tunjukan Grafik Pengguna iOS

0
ilustrasi iOS vs Android
ilustrasi iOS vs Android

Jakarta – Sesaat setelah meluncurkan iOS 7 pekan lalu, Apple langsung disindir soal masalah fragmentasi di iOS 7. Tidak ingin kabar tersebut mengganggu eksistensi iOS, Apple pun melakukan bantahan dengan merilis sebuah chart baru tentang fragmentasi pengguna iOS.

Seperti diketahui, iOS 7 hanya bisa dinikmati oleh pengguna iPhone 4 ke atas dan juga iPad 2 ke atas. Hal inilah yang kemudian memunculkan pemberitaan tentang masalah fragmentasi di iOS.

Dalam chart baru yang dirilis Apple, memperlihatkan kecilnya persentase fragmentasi pengguna iOS. Chart tersebut membuktikan bahwa persentase pengguna untuk masing-masing versi iOS yang beredar tidak terlalu beragam.

Seperti dikutip telsetNews dari Cnet, Jumat (21/6), Apple mengklaim bahwa 93 persen penggunanya menjalankan iOS 6, sedangkan 6 persen menjalankan iOS 5. Hanya 1 persen dari penggunanya yang menjalankan iOS versi lama.

Sementara masalah fragmentasi telah lama terjadi di Android. Google sendiri telah berusaha untuk mengatasi masalah itu, namun hingga kini fragmentasi masih tetap menjadi masalah yang belum terpecahkan di platform Android.

Menurut data terakhir, Android versi terbaru 4.1 dan 4.2 (Jelly Bean) hanya menguasai 33 persen pangsa pasar Android. Sementara pangsa pasar terbesar masih dikuasai Android 2.3 (Gingerbread) dengan 36,5 persen. Sedangkan Android 4.0 Ice Cream Sandwich hanya kebagian 25,6 persen market share.

Masalah fragmentasi di Android ini memang telah terjadi cukup lama dan belum terpecahkan. Hal tersebut jelas menjadi masalah besar bagi para developer Android yang menginginkan aplikasinya bisa digunakan seluruh pengguna Android.[HBS]

Chart Pengguna iOS

Penjualan S4 Jeblok, Samsung Percepat Rilis Galaxy Note 3

0
Samsung Galaxy Note 3
Samsung Galaxy Note 3

Jakarta – Bagi Anda yang sudah tidak sabar menunggu kehadiran Samsung Galaxy Note III, ada berita gembira untuk Anda. Phablet buatan Samsung itu dikabarkan akan meluncur pada bulan Juli atau Agustus nanti.

Sebelumnya pada akhir bulan lalu, kepala Samsung Mobile J.K. Shin telah mengkonfirmasikan bahwa Samsung Galaxy Note III akan diumumkan pada acara IFA 2013 di Berlin, Jerman, bulan September mendatang.

Namun kini muncul spekulasi yang menyebutkan bahwa waktu peluncuran Galaxy Note III akan dipercepat menjadi antara bulan Juli atau Agustus. Alasannya karena disebabkan oleh menurunnya penjualan Galaxy S4. Samsung ingin kembali mengatrol penjualan perangkatnya dengan merilis perangkat baru.

Seperti dikutip telsetNews dari PhoneArena, Jumat (21/6), Samsung juga dikabarkan telah  mengurangi pesanan suku cadang untuk Galaxy S4 pada bulan Juli mendatang.

Dalam sebuah laporan yang dilansir ETNews, disebutkan bahwa Samsung hanya memesan komponen untuk memproduksi 6.5 juta unit Galaxy S4 saja. Angka ini berkurang setengah dari jumlah orderan Samsung pada bulan Mei yang lalu (sekitar 13 juta).

Bahkan masih menurut sumber yang sama, pada bulan-bulan berikutnya raksasa elektronik asal Korea Selatan itu akan memangkas jumlah produksi Galaxy S 4 hingga 10 persen dari jumlah saat ini.

Selain alasan di atas, alasan lain Samsung memajukan waktu peluncuran Galaxy Note III karena melihat kompetisi phablet yang kelihatannya akan semakin berat. Jika dulu Note 1 dan 2 tidak memiliki saingan berarti, tahun ini muncul beberapa pesaing potensial.

Yup, jika kita mengikuti pemberitaan sebelumnya, HTC diperkirakan akan merilis HTC T6, versi jumbo dari HTC One, yang dirumorkan akan menggunakan Android 5.0 Key Lime Pie. Kemudian ada Sony Xperia ZU dengan layar 6,21-6,44 inci, yang dispekulasikan akan diumumkan di acara Sony tanggal 25 Juni nanti di Jerman.

Samsung sepertinya tidak ingin kehilangan momentum, karena melihat para pesaingnya yang sudah merilis perangkat phabletnya jauh lebih awal. Makanya September dianggap bukan waktu yang tepat untuk merilis Galaxy Note III karena sudah ‘ketinggalan kereta’. [HBS] 

Harga ‘iPhone Versi Murah’ akan Tetap Tinggi

0
10 warna iPhone versi murah
10 warna iPhone versi murah

Jakarta – Rumor tentang rencana Apple akan mengeluarkan iPhone versi murah telah berhembus kecang dalam beberapa bulan terakhir. Namun apakah benar iPhone akan benar-benar berharga murah?

Banyak orang yang masih bertanya-tanya soal berapa harga yang masuk kategori murah bagi Apple. Dan memang sepertinya kita jangan terlalu berharap banyak bisa mendapati ‘harga murah’ seperti layaknya ponsel low-end yang ada sekarang.

Menurut CEO Pegatron – salah satu manufaktur iPhone di China – harga iPhone versi murah masih akan tetap tinggi jika dibandingkan ponsel low-end yang ada dipasaran saat ini.

Dilansir PhoneArena dan dikutip telsetNews, Jumat (21/6), harga iPhone versi murah yang tetap tinggi itu mengindikasikan bahwa Apple akan menerapkan strategi sama seperti yang mereka terapkan pada iPad Mini.

Seperti diketahui, iPad Mini masih menggunakan material kelas atas khas produk Apple, tapi sebagai gantinya Apple memakai spek yang lebih rendah. Dengan begitu harga iPad Mini tetap dibanderol di atas pesaingnya.

Pegatron sendiri sebelumnya dirumorkan akan memproduksi iPhone murah, dengan model yang berwarna-warni dan menggunakan material dari bahan plastik, serta akan dijual berdasarkan iPhone 5S.[HBS]

FAA Mungkin Izinkan Penggunaan Ponsel Saat Takeoff & Landing

0
ilustrasi menelepon di pesawat (Ist)
ilustrasi menelepon di pesawat (Ist)

Jakarta – Federal Aviation Administration (FAA) atau otoritas penerbangan nasional Amerika Serikat AS) dikabarkan tengah mempertimbangkan untuk memperlunak aturan tentang penggunaan perangkat ponsel di dalam pesawat, terutama saat pesawat takeoff  dan landing.

Seperti dilansir Wall Street Journal, Jumat (21/6), FAA kemungkinan akan menerapkan aturan tersebut untuk perangkat ponsel ketika pesawat berada di ketinggian di bawah 10 ribu kaki.

Namun masih belum jelas apakah aturan tersebut juga akan berlaku untuk penggunaan akses WiFi ketika pesawat sedang takeoff dan landing. Kepastian tentang aturan akan siap diumumkan pada musim gugur atau sekitar bulan September tahun ini.

Aturan baru tersebut memang sudah lama dinantikan oleh para pengguna pesawat terbang, karena hingga saat ini masih banyak penumpang pesawat yang tidak benar-benar mematikan ponsel mereka saat pesawat mulai takeoff.

Di Indonesia sendiri pihak Departemen Perhubungan dan Kominfo juga sedang mempertimbangkan hal serupa. Cuma untuk ke arah sana sepertinya memang masih butuh waktu lama, karena menunggu kesiapan pihak maskapai penerbangan.

Peraturan yang berlaku sekarang masih melarang penumpang pesawat untuk menghidupkan ponsel atau perangkat telekomunukasi lainnya saat pesawat mengudara. Penumpang diancam hukuman serius jika melanggar, yakni dihukum penjara atau denda hingga ratusan juta rupiah.

Masih segar dalam ingatan kita, bagaimana seorang penumpang salah satu maskapai lokal dijebloskan ke penjara karena marah-marah dan memukul seorang pramugari saat si penumpang ditegur untuk mematikan ponselnya.

Well, mudah-mudahan tidak ada lagi “tindakan bodoh” seperti yang dilakukan penumpang tersebut. Karena semua orang harus sadar bahwa dengan mengaktifkan ponsel saat di pesawat yang mengudara adalah sangat membahayakan keselamatan pesawat.[HBS]

WhatsApp Catat Rekor 250 Juta Pengguna Aktif

0
WhatsApp
WhatsApp

Jakarta – WhatsApp terus menunjukan ‘tajinya’ dengan semakin menggelembungnya pengguna aktif bulanan layanan instant messaging tersebut. Dalam laporan terbarunya, WhatsApp tercatat telah memiliki 250 juta pengguna aktif bulanan.

CEO WhatsApp Jan Koum mengatakan, angka ini naik cukup pesat sejak 2 bulan yang lalu. Dimana pada bulan April yang lalu, WhatsApp baru memiliki 200 juta pengguna aktif bulanan.

Koum juga mengklaim bahwa pengguna WhatsApp lebih banyak dari jumlah pengguna Twitter, Saat ini situs microblogging tersebut baru memiliki jumlah pengguna aktif sekitar 200 juta orang.

Dikutip telsetNews dari PhoneArena, Jumat (21/6), dengan memiliki 250 juta pengguna aktif, WhatsApp kini mengirimkan sekitar 18 miliar pesan per hari, dan bahkan kini mencapai 25 miliar pesan yang wara-wiri setiap hari melalui server WhatsApp.

Pencapaian ini merupakan sebuah rekor bagi layanan messaging. Menariknya, WhatsApp bisa mencatat rekor tersebut meskipun minim promosi jika dibandingkan para pesaingnya yang lebih jor-joran dalam berpromosi.[HBS]

Tri Perkenalkan Indie+, Layanan Prabayar Rasa Pascabayar

0
Layanan Tri Indie+ (ist/tri)
Layanan Tri Indie+ (ist/tri)

Jakarta  – Operator seluler 3 (Tri) membidik segmen pekerja muda yang memiliki mobilitas tinggi serta aktif menggunakan layanan broadband, dengan memperkenalkan solusi terbarunya, Indie+.

“Indie+ menjadi terobosan baru di industri telekomunikasi, tidak saja di Indonesia bahkan di industri telekomunikasi dunia,” kata Bhuwan Kulshreshta, Chief Commercial Officer, Tri Indonesia dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat (21/6).

Layanan ini, jelas dia, menawarkan fasilitas ‘Kantong Kredit’ yang memungkinkan pelanggan untuk dapat membeli pulsa, kuota data dan paket-paket Tri lainnya secara langsung dan mudah dari perangkat mereka, dan uniknya dapat membayar kembali kapanpun mereka bisa.

“Keunggulan ini menjadikan Indie+ sebagai layanan prabayar dengan kenyamanan setara layanan pascabayar,” klaimnya.

Bhuwan mengungkapkan, para pelanggan sering menghadapi ketidaknyamanan oleh putusnya komunikasi akibat pulsa habis, sementara kondisi keuangan sudah tidak bisa isi ulang, padahal banyak komunikasi penting yang harus segera dituntaskan.

Target utama Indie+ adalah pelanggan yang secara finansial sudah memiliki penghasilan sendiri namun masih membutuhkan kendali, terutama pengeluaran yang dilakukan di akhir bulan hingga tanggal gajian tiba.

Pelanggan Indie+ dapat menggunakan Kantong Kreditnya yang berjumlah Rp 200ribu untuk membeli pulsa Tri atau voucher data yang mereka butuhkan. Caranya, tinggal mengakses menu yang tersedia di layanan BimaTri, dan voucher yang dipilih langsung akan menambah sisa pulsa yang ada dan langsung dapat digunakan.

Keunggulan yang tidak ditemukan di layanan lain, pelanggan dapat membayarnya kembali di saat gajian tiba atau kapanpun mereka mau. Pembayarannya juga dapat dilakukan di manapun, di konter-konter yang menjual produk-produk Tri.

Penukaran apapun yang dilakukan dengan menggunakan Kantong Kredit tidak otomatis diambil dari penambahan pulsa berikutnya dan tidak ada penalti atau bunga bagi yang belum bisa membayar.

“Jika pelanggan belum dapat membayar tagihan Kantong Kredit, Tri tidak akan melakukan pemblokiran. Pake dulu, bayar kapan kamu suka,” tuturnya menirukan iklan layanan Indie+.

Indie+ dapat diaktifkan di outlet-outlet manapun. Biaya layanan ini adalah Rp 200 ribu dan pelanggan akan mendapatkan Pulsa sebesar Rp 200 ribu dan Kantong Kredit sebesar Rp 200 ribu yang akan langsung dapat digunakan begitu proses aktivitas dilakukan. [HBS]

 

Panasonic Targetkan 1000 unit Scanner Terjual di 2013

0

Untitled

Jakarta – Siap kuasai pasar Indonesia di segmen produk Business to Business (B2B), PT Panasonic Gobel Indonesia targetkan penjualan 1000 unit scanner hingga akhir tahun 2013.

“Kami memang baru memasuki produk B2B pada tahun 2013 ini, karena melihat pasar Indonesia di kelas tersebut masih terbuka lebar,” ujar Hot Asi Eben Ezer Nababan, Marketing Manager Panasonic Indonesia, di Jakarta, Rabu (19/06).

Menurutnya, produk B2B di Indonesia hanya diisi oleh pemain-pemain lama seperti Fujitsu dan Canon, dan estimasi pasarnya hanya berkisar 15 ribu unit.

“Dari estimasi pasar yang sebanyak 15 ribu unit itu, kami hanya menargetkan 6 persennya saja atau sebanyak 1000 unit untuk kuantitasnya,” jelas Eben

Dijelaskannya, bahwa target tersebut didasarkan karena Panasonic masih baru dan pertama hadir di Indonesia pada tahun 2013 ini untuk produk Scanner kelas B2B.

“Kami merupakan pendatang baru di tahun ini, dan harus memulai dari Nol untuk merebut pasar B2B ini, tetapi kami tetap optimis karena segmen dan produknya khusus,” imbuh Eben.

Lanjutnya menjelaskan, bahwa produk scanner yang dihadirkan oleh Panasonic merupakan produk yang dikhususkan untuk pengguna enterprise disemua segmen menengah (SOHO) dan menengah keatas, selain itu juga ada untuk pemerintahan, pharmacy, asuransi dan perbankan.

Ada tiga teknik marketing yang akan dijalankan oleh Panasonic, seperti halnya Produk Modern Channel yang akan menghadirkan produk yang sedang ‘In’, melakukan promo dan penjualan dari Tradisional Dealer sekaligus juga melakukan penjualan Online.

“Untuk distributor, kami percayakan pada PT Kharisma Agung Jaya yang akan mendistribusikan kembali kedealer-dealer tradisional disini. Sedangkan untuk service center, kami sudah memiliki 48 Home service center di seluruh Indonesia, dan akan dilengkapi pada tahun 2014 nanti hingga 60 home service center,” tutup Eben.(why)

Telkomsel Beri Beasiswa Untuk Siswa Berprestasi

0

Telkomsel Untuk Anak Indonesia Berprestasi - 3

Jakarta – Di usianya yang ke 18 tahun, Telkomsel memberikan bantuan pendidikan bagi 132 orang siswa-siswi dari tingkat SD, SMP, SMA dan SMK di 33 propinsi seluruh Indonesia.

Program kepedulian sosial pada dunia pendidikan ini  merupakan  salah satu perwujudan dari semangat “Telkomsel Paling Indonesia”, yang  menggambarkan kontribusi Telkomsel dalam enam  dimensi kehidupan yaitu  teknologi, ekonomi, pendidikan, lingkungan hidup, gaya hidup serta tanggung jawab sosial.

“Selama 18 tahun beroperasi di Indonesia, Telkomsel konsisten dengan misinya untuk melayani kebutuhan masyarakat akan jasa telekomunikasi dan berkontribusi dalam pembangunan bangsa Indonesia,” kata Direktur Utama Telkomsel, Alex J. Sinaga, dalam keterangan pers di Jakarta, Kamis (20/6).

Menurutnya, Pemberian beasiswa ini merupakan wujud nyata komitmen dan dukungan kami untuk mendukung pendidikan khususnya bagi putra-putri terbaik bangsa dengan prestasi yang patut diapresiasi.

Sementara itu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, M. Nuh memberikan apresiasi atas inisiatif Telkomsel ini. “Pemberian beasiswa kepada para peraih nilai UN terbaik ini kami sambut dengan sangat positif. Kami berharap apa yang telah dilakukan Telkomsel dapat juga diikuti oleh pihak lain  baik dari kalangan korporasi maupun lembaga lainnya”.

Pemberian Beasiswa Berprestasi Telkomsel ini mengacu kepada data nilai Ujian Nasional (UN)  murni terbaik di tiap tingkat (SD, SMP, SMA dan SMK) per propinsi yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan khusus untuk tingkat SD dari dinas Pendidikan dan Kebudayaan propinsi.

Total nilai beasiswa mencapai lebih dari Rp 2,7 milyar rupiah, ini adalah bagian dari  dukungan Telkomsel di dimensi pendidikan, dimana selama ini perusahaan terus mendukung kemajuan generasi muda Indonesia agar dapat menjadi akselerator kemajuan bangsa dan memberikan yang terbaik bagi bangsa Indonesia.

Hingga saat ini Telkomsel membina 28.000 komunitas sekolah (Telkomsel School Community) dengan 3,3 juta anggota serta 2.000 komunitas kampus (Telkomsel Mobile Campus) dengan 2,2 juta anggota.(MS)

Jaringan XL di Jateng & Jatim Siap Hadapi Lonjakan Trafik Ramadhan

0
Tim XL menyerahkan donasi pendidikan untuk SMP 2 Ngemplak, Boyolali
Tim XL menyerahkan donasi pendidikan untuk SMP 2 Ngemplak, Boyolali

Madiun – Wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur merupakan dua wilayah yang memiliki trafik cukup tinggi setiap musim mudik Lebaran. Untuk itu, operator seluler XL Axiata menggelar uji jaringan di jalur kedua wilayah tersebut untuk memastikan kesiapan jaringannya.  

Uji layanan dan jaringan XL bertajuk ”NetRally 2013” dilakukan di wilayah Jateng dan Jatim, dengan menempuh perjalanan dari Solo – Sragen – Ngawi – Madiun – Ponorogo. Rute tersebut melintasi kota besar dan kecil yang bisa menjadi gambaran jangkauan layanan XL di sebagian besar wilayah Indonesia.

”Momentum Ramadan dan Lebaran kami manfaatkan untuk memastikan kualitas layanan XL bagi pelanggan. Untuk itu, kami mengajak media dan para pegiat jejaring sosial untuk mencoba sendiri berbagai layanan kami,” kata Direktur Service Management XL , Ongki Kurniawan saat melepas peserta XL Net Rally 2013 di Ngemplak, Boyolali, Rabu (19/6).

Dia menyebutkan, kegiatan ini sekaligus juga menjadi sarana menguji kualitas jaringan XL di wilayah Jateng dan Jatim yang saat ini masih terus dalam proses modernisasi.

Untuk mengetahui secara detail uji kualitas jaringan XL di sepanjang perjalanan, XL memasang perangkat uji sinyal di kendaraan yang digunakan untuk mengetahui kekuatan dan kualitas sinyal di sepanjang daerah dan jalur yang dilalui.

Peralatan dan metode yang digunakan sesuai dengan standar regulasi. Pengukuran kualitas dilakukan pada layanan 2G dan 3G, mulai dari voice call, video call, SMS (Short Message Service),  dan data (internet dan BlackBerry).

Menurut Ongki, saat ini XL sehari-hari melayani trafik percakapan hingga 600 juta menit. Sementara untuk trafik SMS adalah 750 juta SMS, dan trafik data sebesar 185 Terabytes.

“Kami perkirakan sepanjang Ramadhan dan Lebaran 2013 nanti akan terjadi lonjakan trafik hingga 20-30% dari trafik normal sehari-hari.,” sebutnya.

Ongki menambahkan, jaringan XL didukung teknologi canggih, seperti MSC pool dan SGSN in pool untuk 3G secara nasional. “Dengan menerapkan sistem pool, kami bisa mengantisipasi lonjakan trafik  pada  satu  lokasi tertentu  karena kapasitas jaringan tersebar di beberapa titik,” jelas Vice Presiden Project Management Service XL, Agus Simorangkir.

Dari pantauan kami di sepanjang perjalanan dari kota Solo hingga Ponorogo, jaringan 3G XL sudah cukup baik mengcover wilayah-wilayah terpencil. Meskipun pada beberapa titik daerah selama perjalanan Solo sampai Ponorogo mengalami penurunan sinyal 3G menjadi 2G, tetapi sejauh ini sudah relatif stabil.

“Kami pastikan kualitas jaringan untuk wilyah East Region sudah sangat siap menyambut Ramadhan dan Lebaran, ” ujar General Manager East Central Region  XL,  Adi Yuharna di Ponorogo, Jawa Tengah.

Selama dalam perjalanan melakukan uji jaringan, para peserta juga diajak XL untuk mencoba layanan e-payment, XL Tunai. Kota Madiun menjadi tempat untuk menguji layanan XL Tunai, yaitu fungsi mengirim dana ke sesama pengguna XL Tunai, membayar belanja di Alfamart, serta menarik dana tunai.

Layanan lain yang juga didemonstrasikan adalah layanan berbasis LBS (untuk mencari keberadaan obyek tertentu seperti fasilitas umum, masjid, restoran, pompa bensin, dan ATM bank. Juga ada layanan konten XPressMe, Games KotaGames, serta chatting KakaoTalk.

Sementara itu, untuk layanan hiburan, peserta mencoba  XLKaraoke yang berbasis 2G, maupun XL Nonton dan Kpop Portal yang harus menggunakan 3G. Peserta juga bisa mencoba browser OperaMini.

”Uji coba layanan-layanan ini tidak lepas dari terus bergeseran pola konsumsi layanan telko oleh pelanggan. Saat ini trafik layanan data dan layanan non Voice/SMS terus meningkat,” pungkas Ongki.

Saat ini untuk melayani lebih dari 49,1 juta pelanggannya, jaringan XL di seluruh Indonesia diperkuat lebih dari 39.819 ribu BTS (Base Transceiver Station, 2G/3G) juga jaringan backbone fiber optic yang membentang di sepanjang pulau Jawa dan tersambung melalui jaringan kabel bawah laut ke Sumatera, Batam, Kalimantan dan Sulawesi.  [HBS]

 

XL Pede Sambut Musim Mudik Lebaran

0
Ongki Kurniawan (kiri), Agus Simorangkir (kanan) di BTS XL Ngemplak, Surakarta
Ongki Kurniawan (kiri), Agus Simorangkir (kanan) di BTS XL Ngemplak, Surakarta (bayu)

Surakarta – Bulan Ramadhan dan Lebaran selalu menjadi ‘masa sibuk’ bagi para operator telekomunikasi, karena terjadi peningkatan trafik komunikasi. Operator seluler XL Axiata terlihat cukup “pede” (percaya diri) menyambut datangnya moment penting bagi umat muslim tersebut.

“Saat musim mudik dalam rangka menyambut Lebaran selalu menjadi tantangan bagi kami para operator untuk bisa memberikan layanan terbaik bagi pelanggan,” kata Ongky Kurniawan, Direktur Service Management XL saat melepas peserta NetRally 2013 di Ngemplak, Surakarta, Rabu (19/6).

Para operator, menurutnya, harus tahu kemana para pemudik agar bisa tahu titik-titik lonjakan trafik ada di daerah mana. “Kami harus tahu di titik mana saja lonjakan trafik terjadi, agar kita bisa menjaga kualitas layanan XL di daerah yang trafiknya tinggi,” jelasnya.

Dan untuk menjaga kualitas layanannya selama musim mudik dan Lebaran, XL telah melakukan beberapa persiapan. Seperti misalnya melakukan modernisasi jaringan dan menempatkan beberapa mobile BTS (Base Transceiver Station) di jalur padat pemudik.

“Kita akan menempatkan mobile BTS di beberapa titik yang menjadi jalur padat pemudik, seperti di wilayah pantura dan pelabuhan penyeberangan Jawa-Sumatera,” terang Ongki.

Menurutnya, seperti tahun-tahun sebelumnya, lonjakan trafik komunikasi  dipastikan akan kembali terjadi di tahun ini. Namun ia memprediksi lonjakan trafik tertinggi akan terjadi pada layanan data.

Tahun lalu layanan data naik 20 persen atau meningkat tiga kali lipat. “Tahun ini kami prediksi layanan data akan melonjak 20-30 persen,” imbuhnya.

Dalam kondisi normal, saat ini XL melayani trafik layanan suara 600 juta menit/ hari, 750 juta SMS per hari, dan untuk layanan data XL sebesar 185 Terabytes. “Saat mudik Lebaran kami perkirakan trafik layanan suara akan naik 5-10 persen, sementara SMS naik sekitar 20-30 persen,” jelas Ongki.

Sementara itu, General Manager East-Central Region XL , Adi Yuharna mengatakan, pihaknya bisa memastikan untuk jaringan di wilayah East Region sudah sangat siap menghadapi lonjakan trafik selama musim mudik Lebaran.

“Dari kesiapan jaringan kita sudah sangat siap Dan untuk mengantisipasi lonjakan trafik tahun ini, kami akan meningkatkan kapasitas jaringan hingga dua kali lipat dibanding hari biasa,” kata Adi di Ponorogo, Jawa Timur.

Ia menjelaskan, XL juga melakukan polling kapasitas jaringan untuk mengantisipasi lonjakan trafik dibeberapa titik yang padat jalur mudik. “Polling dilakukan secara otomatis dengan sudah menggunakan teknologi terbaru,” ucapnya memastikan.

Hal ini diamini oleh Agus Simorangkir, VP Project Management XL Axiata. Menurutnya, jaringan XL telah menggunakan teknologi terbaru, seperti MSC pool dan SGSN in pool untuk 3G secara nasional.

“BTS XL sudah mendukung teknologi IP Base (Internet Protocol Base), sehingga memungkinkan perpindahan kapasitas layanan melalui sistem otomatis secara nasional,” pungkasnya.[HBS]