Cegah Penyebaran Covid-19, Korea Selatan Bikin ‘Halte Pintar’

Halte Pintar Covid-19 Korea Selatan

Telset.id, Jakarta – Pemerintah Seoul, Korea Selatan dan LG Electronics menghadirkan inovasi teknologi untuk mencegah penyebaran Covid-19. Adapun inovasi teknologi tersebut adalah berupa ‘Halte Pintar’ atau Smart Shelter yang mampu mencegah penyebaran pandemi mematikan tersebut.

Dilansir Telset.id dari Asia One pada Minggu (16/08/2020), ‘Halte Pintar’ pencegah Covid-19 ini memiliki AC dan pensteril sinar ultraviolet untuk membersihkan dan mendinginkan udara, kamera pengintai dan layar digital untuk memperingatkan saat bus Anda mendekat. 

Halte Pintar ini juga didukung oleh kamera pencitraan termal untuk mengukur suhu pengguna. Melalui kamera tersebut maka pengguna yang boleh masuk ke halte adalah mereka yang memiliki suhu tubuh lebih rendah dari 37,5 derajat Celcius.

{Baca juga: Beli Kosmetik di Korea Selatan Bisa via Cermin AR}

Selain itu terdapat kamera yang dipasang pada ketinggian untuk mendeteksi apakah pengguna adalah anak-anak, remaja atau dewasa. Walaupun terbilang cukup ketat, namun halte ini juga menawarkan fasilitas yang nyaman.

Terdapat cairan pembersih tangan atau hand sanitizer, terminal listrik untuk mengisi daya baterai laptop atau ponsel dan Wi-Fi gratis. Di dalam halte juga terdapat layar besar yang menunjukkan jadwal dan estimasi kedatangan bis, lengkap dengan kondisi lalu lintas di sekitar.

Terakhir terdapat panel surya yang digunakan sebagai daya cadangan jika suatu hari terjadi pemadaman listrik di sekitar halte.

Terdapat 10 halte yang tersebar di distrik Seongdong, Seoul dan halte ini merupakan upaya pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19. Dengan masuk ke dalam halte, calon penumpang akan lebih steril dari virus sehingga penyebaran bisa dicegah.

Biaya pembuatan halte ini cukup mahal. Untuk satu Halte Pintar membutuhkan biaya pembuatan mencapai USD 84 ribu atau sekitar Rp 1,2 miliar. Halte ini mendapat respon dari masyarakat. Misalnya  mahasiswa berusia 25 tahun, Park Sung-yeon yang berharap agar jumlah halte ini diperbanyak.

{Baca juga: Apple Kepo Wabah Corona di Korea Selatan dan Italia, Ngapain?}

“Saya berharap kita bisa memiliki lebih banyak lagi sehingga kita bisa mengatasi virus corona,” ujar Sung-yeon.

Penggunaan teknologi memang terus dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Sebelumnya Restoran The Anaheim White House punya cara canggih untuk mencegah penyebaran virus corona. Restoran ini menggunakan sinar UV untuk menangkal Covid-19.

Dilansir Telset.id dari Restaurant-Hospitality pada Rabu (01/07/2020), koki dan pemilik restoran, Rob Wilson melakukan berbagai upaya agar restorannya yang berada di California, Amerika Serikat tersebut bebas Covid-19.

Misalnya, dengan memasang kaca plexiglass di berbagai sudut restoran serta rutin menyemprotkan disinfektan yang berbentuk seperti kabut. Penyemprotan disinfektan dilakukan di semua sudut restoran, mulai dari meja tamu hingga bagian atas restoran.

{Baca juga: Restoran Ini Gunakan SInar UV untuk Cegah Covid-19}

Tidak cukup dengan menyemprotkan disinfektan, Wilson pun membeli perangkat Ultraviolet jenis Ultraviolet C atau UVC untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Alasannya, berdasarkan riset dari National Academy of Sciences, UVC dinilai mampu memberantas virus corona atau Covid-19.

Penggunaan sinar UV pun dilakukan untuk membersihkan berbagai benda pada meja tamu restoran, seperti buku menu makanan, piring, garpu, sendok dan lain sebagainya. Langkah Wilson juga diikuti oleh toko makanan Magnolia Bakery. [NM/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here