Samsung DeX di Galaxy Note20 Makin Keren, Lebih Multitasking

Samsung DexGalaxy Note20

Telset.id – Di zaman yang serba canggih seperti sekarang, teknologi dikembangkan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Salah satu inovasi teknologi yang keren adalah Samsung DeX di Galaxy Note20 Series, yang tak hanya untuk kerja, perangkat ini juga bisa untuk nonton dan juga bermain game.

Samsung sadar betul bahwa saat ini smartphone memegang peran penting dalam kehidupan manusia. Dengan segala teknologi yang dihadirkan, smartphone seakan sudah tak bisa lepas dari genggaman.

Begitupun untuk para profesional atau ‘orang kantoran’ yang banyak bekerja secara mobile, tentu sangat membutuhkan perangkat smartphone untuk berkomunikasi dan juga menyelesaikan pekerjaan mereka.

Samsung DeX merupakan salah satu fitur andalan yang disematkan Samsung pada smartphone premium mereka, Samsung Galaxy Note Series. Fitur ini kembali dihadirkan pada perangkat Samsung Galaxy Note20 Series yang baru saja diluncurkan di acara Galaxy Unpacked 2020 pada 5 Agusutus 2020 lalu.

DeX di Galaxy Note20 Series sudah ditingkatkan kemampuannya. Kini Anda bisa mengirim pesan teks ke teman, menonton film di layar lebar, dan mempersiapkan penyajian presentasi penting dengan smartphone Galaxy Note20 yang dibantu perangkat multi-tasking DeX.

Kenapa Samsung DeX Makin Keren?

Samsung DeX pertama kali diperkenalkan pada tahun 2017, bersamaan dengan dirilisnya Galaxy Note8. Samsung terus mengembangkan DeX dengan meningkatkan kemampuannya hingga pada generasi Galaxy Note10 Series yang dirilis tahun 2019.

Kemampuan Samsung DeX di seri Galaxy Note10 sebenarnya sudah terbilang canggih. DeX di Note10 Series sudah bisa melakukan penyambungan ke perangkat lain seperti monitor atau laptop dengan menggunakan kabel HDMI dengan USB Type-C.

Tapi Samsung nampaknya belum puas dengan inovasinya, karena mungkin masih “terganggu” dengan kabel yang berseliweran saat menggunakan DeX. Nah, akhirnya Samsung menyempurnakan teknologi DeX di seri Galaxy Note20 dengan menghadirkan fitur Wireless DeX.

Lewat fitur Wireless DeX ini, Samsung Galaxy Note20 maupun Galaxy Note20 Ultra bisa terhubung ke perangkat PC, laptop, tablet, dan juga smart TV secara seamless alias tanpa kabel, untuk menampilkan berbagai konten di layar yang jauh lebih besar.

Dengan DeX, Anda kini bisa melakukan presentasi lebih mudah, karena hanya perlu masukkan file presentasi di ponsel Galaxy Anda, hubungkan ke Smart TV di ruang rapat melalui Wi-Fi, dan luncurkan DeX dengan menekan tombol “DeX” di ponsel, dan selanjutnya Anda bisa memulai presentasi.

Begitupun untuk Anda yang hobi menggambar atau bekerja sebagai content creator, kini bisa menyalurkan hobi atau menyelesaikan tugas pekerjaan menggambar dengan lebih nyaman di layar besar, karena bisa dihubungkan ke PC, laptop, ataupun smart TV.

Jadi, Anda tak perlu repot  untuk membawa banyak peralatan dan tidak dibatasi kabel, karena DeX sudah menggunakan teknologi wireless. Dengan menggunakan Samsung DeX, kalian pun bisa mendapatkan sensasi menggambar menggunakan pen tablet.

Bermain game mobile di smartphone sudah biasa. Kini saatnya Anda bermain game mobile di layar yang lebih besar dengan menggunakan Samsung DeX di laptop, PC, maupun TV. Buat kalian yang hobi main game bergenre battle royale, bisa lebih mudah melihat pergerakan musuh saat bermain di layar yang lebih luas.

Begitu juga yang senang main game balap, Anda juga bisa memainkan game-game balap favorit lebih seru, karena smartphone Anda juga bisa digunakan layaknya seperti sebuah konsol. Keren banget, kan!

{Baca juga: Kenapa Kamu Harus Upgrade ke Galaxy Note20 Ultra? Ini 5 Alasannya}

Cara Aktifkan Wireless Samsung DeX

Lantas, bagaimana cara menggunakan Samsung DeX secara wireless di powerphone terbaru Samsung ini? Well, Anda perlu mengaktifkan fitur Screen Mirroring pada TV.

Pada ponsel Anda, tarik bar notifikasi dan ketuk menu DeX di bagian Quick Settings. Otomatis, akan terlihat perangkat yang tersedia untuk dihubungkan.

Pilih layar TV yang ingin dihubungkan, dan tekan Start Now. Samsung DeX Langsung tampil pada TV Anda. Sekarang, Anda bisa mengatur DeX dengan menjadikan layar ponsel sebagai touchpad dengan mengaktifkan menu Use Phone as Touchpad di bar notifikasi.

{Baca juga: 7 Alasan Samsung Galaxy Note20 Ultra Paling Ditunggu ‘Tech Savvy’}

Gunakan jari ataupun S Pen Anda untuk mengarahkan pointer ke aplikasi atau fungsi-fungsi tertentu. Lewat Wireless DeX, kini Anda bisa merasakan pengalaman menggunakan PC di sudut rumah manapun kalian mau.

Tak cukup itu saja. Samsung benar-benar ingin menghadirkan pengalaman menggunakan PC kepada pengguna lewat Wireless DeX. Pengguna pun bisa menghubungkan keyboard dan mouse Bluetooth pada ponsel untuk mengatur desktop Samsung DeX dengan sangat mudah. Keren kan?

Wireless DeX Bukan Screen Mirroring

Di awal, disebutkan kalau koneksi antara ponsel dengan TV untuk menggunakan Samsung DeX bisa melalui fitur Screen Mirroring. Pasti ada pertanyaan yang langsung mencuat, yaitu “Berarti Samsung DeX sama dengan Screen Mirroring?”.

So, jawabannya adalah sangat berbeda. Samsung DeX menghadirkan pengalaman desktop ala PC maupun laptop. Fitur ini tidak hanya menempatkan UI layar ponsel ke tampilan lebih besar.

Anda dapat dengan mudah membuka beberapa aplikasi dalam satu waktu, mengubah ukuran jendela aplikasi, mengakses shortcut pada keyboard, dan bahkan menggunakan fungsi tombol kanan dari mouse.

Samsung DeX bahkan memungkinkan Anda melihat notifikasi dan panggilan telepon pada layar lebih besar, tanpa harus menghentikan proses atau sesuatu yang sedang dilakukan.

{Baca juga: 5 Fitur Kamera Samsung Galaxy Note20 Ultra, Suka yang Mana?}

Perbedaan lainnya dengan Screen Mirroring adalah, pengguna tetap dapat menggunakan ponsel mereka meski DeX sedang aktif. Pada dasarnya, ini memberikan Anda pengalaman dua layar dalam satu waktu. Anda dapat melakukan apapun yang diinginkan, sembari melihat tampilan desktop Samsung DeX di layar lebih besar.

Didukung Spesifikasi Andal Galaxy Note20 Series

Kinerja Samsung DeX yang luar biasa tak bisa terlepas dari spesifikasi Samsung Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra yang andal serta mumpuni. Bisa Anda bayangkan, banyak sekali proses rumit dari fitur, aplikasi, sampai AI atau artificial intelligence, yang harus dijalankan dalam watu waktu.

Tentu saja, itu membutuhkan resource yang besar. Karena kalau tidak, pengalaman menggunakan PC pun akan berkurang dan akhirnya membuat para pengguna pun kecewa.

Samsung Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra bisa dibilang sebagai salah satu ponsel dengan spesifikasi kelas atas dengan performa ngegas. Keduanya ditenagai oleh prosesor Exynos 990 yang dirancang menggunakan proses fabrikasi 7nm dan RAM LPDDR5 dengan kapasitas 8GB untuk versi reguler dan 8GB/12GB untuk model Ultra.

{Baca juga: Samsung Galaxy Note20, Performa Makin Gahar dengan RAM LPDDR5}

Sekadar informasi, RAM LPDDR5 punya kecepatan yang jauh lebih kencang dibandingkan LPDDR4X yang ada di seri Galaxy Note sebelumnya. LPDDR5 secara umum memiliki kecepatan 6.400 Mb/s atau 50% lebih cepat apabila dibandingkan dengan kecepatan LPDDR4X dengan 4.266 Mb/s.

Selain kencang, RAM LPDDR5 pun membutuhkan daya yang lebih sedikit. Sebab, RAM jenis ini menggunakan daya 30% lebih efisien dibandingkan dengan LPDDR4X.

RAM LPDDR5 dipadukan dengan storage hingga 512GB, dan baterai berkapasitas masing-masing 4.300 mAh dan 4.500 mAh dengan dukungan fast charging.

Fitur-fitur Canggih Samsung DeX

Apakah Samsung DeX pada Galaxy Note20 atau Galaxy Note20 Ultra hanya berfungsi untuk menghadirkan pengalaman menggunakan PC pada pengguna? Tentu saja tidak. Samsung menyematkan berbagai fitur canggih pada DeX demi menunjang produktivitas para penggunanya.

Lewat Samsung DeX, Anda dapat mempresentasikan file PPT atau PowerPoint dengan mudah. Caranya, dengan membuka aplikasi Microsoft Office, dan maksimalkan jendela aplikasinya. Lalu, buka file PPT dan masuk ke mode presentasi.

Samsung Dex juga memungkinkan Anda untuk membuat desain visual dengan mudah. Samsung Dex memiliki beberapa fitur pendukung untuk desain seperti Photoshop Mix, Adobe Photoshop Express, Infinite Design, Adobe Photoshop Sketch dan lainnya untuk mendukung kegiatan desain Anda.

Fitur Samsung Dex terbaru juga bisa dihubungkan dengan Smart TV. Anda dapat menonton video di Smart TV dengan mudah dengan layar yang besar. Selain itu fitur ini juga berguna bagi para siswa yang ingin menyaksikan video pembelajaran dengan lebih jelas di Smart TV.

Cara menghubungkan sangat mudah. Pertama atur Smart TV dengan membuka menu Source dan pilih Screen Mirroring. Selanjutnya buka Samsung Galaxy Note20 lalu pilih menu Samsung DeX yang ada di Quick Settings.

Setelah itu buka layar Samsung Galaxy Note20 dan akan terlihat layar Smart TV dan klik Start Now. Samsung Galaxy Note20 sudah terhubung ke Smart TV dan Anda bisa menggunakan Samsung Galaxy Note20 sebagai perangkat navigasi ke Smart TV.

{Baca juga: Perjalanan Samsung Galaxy Note Hingga Galaxy Note20: Kisah Lompatan Inovasi}

Tidak hanya cocok untuk mendukung aktifitas pekerjaan dan belajar online saja, fitur Samsung DeX juga memungkinkan Anda untuk bermain game-game favorit di layar yang lebih besar.

Melalui Samsung DeX, Anda bisa menghubungkan Samsung Galaxy Note20 ke layar monitor PC sehingga bisa bermain game dengan layar yang luas. Smartphone Anda juga bisa diubah menjadi layaknya konsol sehingga Anda bisa bermain dengan lebih menyenangkan.

Demikian berbagai fitur dan kecanggihan dari Samsung DeX di Samsung Galaxy Note20 Series yang bisa membantu Anda untuk tetap produktif, walaupun Anda harus bekerja di rumah saja selama masa pandemi. [NM/HBS]

Previous articleCegah Penyebaran Covid-19, Korea Selatan Bikin ‘Halte Pintar’
Next articleTrump Perintahkan ByteDance Jual Semua Aset TikTok di AS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here