Apple Mau Relokasi Pabrik Utama Komponen iPhone ke India

Telset.id, Jakarta –  Setelah mengalami masa pandemi Covid-19, dan hal ini membuat Apple memindahkan produksi iPhone ke India, lalu sekarang perusahaan ingin menetapkan bahwa seluruh perangkat, termasuk komponen diproduksi di pabrik tersebut.

Bukan sebuah rahasia lagi, meski pandemi sudah berlalu, tetapi berbagai dampaknya masih terasa sampai sekarang untuk sebagian orang. Namun, hal ini juga tidak berdampak untuk manusia, karena dampaknya juga berimbas ke negara dan bahkan perusahaan, salah satunya adalah Apple.

Sebagai informasi, pandemi ini juga membuat masalah produksi di China, dan membuat berbagai perusahaan memindahkan fasilitas produksi. Hal ini juga mengakibatkan Apple berinvestasi secara besar-besaran di India, hingga berencana menjadikan India pusat produksi iPhone.

BACA JUGA:

Berdasarkan laporan dari Moneycontrol, raksasa asal Cupertino ini ingin meningkat produksi komponen dalam negerinya di negara India. Perusahaan membagikan rencana ini dalam pertemuan dengan pejabat tinggi kementerian keuangan. 

Pejabat tersebut mengatakan bahwa Apple tertarik meningkatkan produksi komponen dalam negeri dan mencari cari untuk bisa mewujudkan hal tersebut. Pertemuan antara perusahaan dan pemerintahan India ini berfokus pada bagaimana mengelola rantai pasokan dan cara untuk memproduksi komponen dengan lebih baik.

Selain itu, pertumbuhan keseluruhan industri manufaktur smartphone di India juga diulas di pertemuan tersebut. Meskipun, pemerintah tidak bersedia memberikan insentif pajak apa pun ke Apple, tetapi perusahaan masih tetap tertarik berinvestasi di India.

Pejabat mengatakan bahwa Apple ingin mempercepat fasilitas produksinya berjalan di India dan bersemangat untuk meningkatkan basis manufaktur komponen dalam negeri di negara tersebut.

Langkah ini juga kemungkinan besar bagian dari strategi Apple yang lebih luas untuk mendiversifikasi rantai pasokannya di luar China. Sebagian besar pemasok perusahaan berada di China, dan perusahaan berusaha mengurangi ketergantungannya pada negara tersebut dalam beberapa tahun terakhir.

Apple sendiri telah memproduksi iPhone di pabrik India sejak tahun 2017. Perusahaan saat ini memproduksi sekitar 7% iPhone di India, dan diperkirakan jumlah produksi akan meningkat dalam beberapa tahun mendatang.

Rencana ini juga bisa berdampak positif bagi industri elektronik di negara tersebut. Skema PLI pemerintah telah menarik investasi yang signifikan dari produsen ponsel pintar, dan langkah Apple akan meningkatkan hal tersebut.

BACA JUGA:

Meningkatnya aktivitas manufaktur diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan perekonomian. Hal ini juga membantu India menjadi negara yang lebih mandiri dalam hal manufaktur perangkat elektronik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI