iPhone 14 Rilis 13 September, Pre-Order Mulai Dibuka 16 September 2022

Telset.id, Jakarta – Apple tidak pernah membocorkan spesifikasi dan tanggal peluncuran iPhone terbaru. Namun bocoran tentang tanggal peluncuran iPhone 14 sudah muncul. Informasi dari seorang pembocor telah mengungkap tanggal peluncuran iPhone 14 Series.

Seperti sudah diketahui, Apple biasanya meluncurkan model iPhone terbaru pada bulan September, biasanya pada minggu pertama atau kedua setiap bulan September.

Jika melihat kebiasaan Apple tersebut, tidak terasa waktu begitu cepat, kita hanya punya waktu tersesia sekitar delapan atau sembilan minggu lagi untuk melihat jajaran iPhone 14 series diumumkan secara resmi ke publik.

Lantas, apakah ada informasi tanggal peluncuran yang lebih spesifik? Informasi dari Apple tentu saja tidak ada, namun bocoran informasi dari para pembocor sudah bisa kita dapatkan.

Salah satu bocoran diungkap leaker ternama Twitter iHacktu ileaks dengan akun @ihacktu mengatakan bahwa iPhone 14 akan diumumkan pada hari Selasa, 13 September 2022.

“Saya berpikir untuk berhenti menge-tweet setelah presentasi iPhone 14 pada 13 September 2022,” cuit @ihacktu.

Jika melihat tanggal yang disebutkan, iPhone 14 memang dirilis pada minggu kedua September 2022. Hal ini sesuai dengan kebiasaan Apple yang biasanya mengadakan acara peluncuran iPhone baru setiap Selasa pada minggu pertama atau kedua di bulan September.

BACA JUGA:

Kemungkinan Apple memilih tanggal 5 September atau 6 September sebagai tanggal acara peluncuran sangatlah kecil. Karena setiap tahun di negara bagian, Selasa pertama di bulan September selalu didahului oleh momen Hari Buruh yang jatuh pada Senin pertama setiap bulan.

Itu akan mempersempit pembukaan menjadi dua tanggal, 5 September atau 6 September. Tetapi setiap tahun di negara bagian, Selasa pertama di bulan September didahului oleh Hari Buruh yang jatuh pada Senin pertama setiap bulan.

Artinya, seperti Telset kutip dari Phone Arena, acara peluncuran model iPhone terbaru pada 13 September 2022 sesuai perkiraan iHacktu iLeaks bisa jadi benar.

Kemungkinan besar pre-order akan dimulai pada hari Jumat setelah acara, atau pada 16 September dengan kemungkinan tanggal rilis 23 September. Jika prediksi ini benar, berarti Anda paling cepat akhir September atau awal Oktober sudah bisa membelinya.

Perkiraan Spesifikasi iPhone 14 Series

Jika merujuk pada sejumlah bocoran yang beredar sebelumnya, Apple akan merilis empat model, yakni iPhone 14 Plus 6,7 inci (atau iPhone 14 Max) yang akan menggantikan dengan iPhone mini yang dipensiunkan, dan trio iPhone 14 standar 6,1 inci, iPhone 14 Pro 6,1 inci, dan iPhone 14 Pro Max 6,7 inci.

Tahun ini Apple membedakan model non-Pro dan Pro lebih dari yang pernah dilakukan oleh raksasa Cupertino itu sebelumnya. Itu artinya, kita akan mendapati perbedaan harga yang lebih jauh antar model standar dan yang paling mahal.

BACA JUGA:

iPhone 14 Series dilaporkan sudah masuk ke dalam uji validasi teknik. Artinya, rancangan desain dan spesifikasi pun sudah masuk ke tahap finalisasi. Artinya, spesifikasi dan desain akhir iPhone 14 Series telah ditentukan.

Spesifikasi iPhone 14 dan model Max akan ditenagai oleh prosesor Apple A16 terbaru dengan arsitektur 5nm. Sementara iPhone 14 Pro dan Pro Max, bakal ditopang oleh prosesor Apple A16 Bionic yang lebih kencang dengan arsitektur 4nm yang lebih hemat daya.

Model standar dan Max masing-masing akan mengusung layar 6,1 inci dan 6,7 inci. Keduanya punya desain yang sama persis dan bakal mengusung RAM minimum 6 GB kepada konsumen.

Sementara spesifikasi iPhone 14 model Pro dan Pro Max, tampil dengan layar 6,1 inci dan 6,7 inci yang lebih canggih. Ditambah, layar ini memiliki lubang kamera di tengah atasnya sebagai tempat bagi komponen Face ID.

Seperti dijelaskan analis terkenal Ming-Chi Kuo, iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max pun akan tampil dengan tonjolan kamera pada bodi yang lebih tebal karena penggunaan sensor 48MP yang menggantikan sensor 12MP pada generasi sebelumnya.

Sensor 48MP pada iPhone terbaru ini memiliki panjang diagonal yang lebih besar 25% hingga 35% dari sensor 12MP. Selain itu, tinggi lensa 7P-nya juga meningkat 5% hingga 10% daripada sensor 12MP pada iPhone 13 Pro ataupun iPhone 13 Pro Max.

BACA JUGA:

Well, tanggal peluncuran ini tentu saja baru merupakan perkiraan. Namun dengan kondisi terganggunya rantai pasokan akibat pandemi, kini nasib para produsen ponsel sangat bergantung pada pemasok komponen.

Jadi, kemungkinan tanggal peluncuran mundur dari perkiraan sangat mungkin terjadi. Kita sekarang hanya bisa menunggu bulan September, sebagai bulan keramat yang dipilih Apple sebagai hari baik untuk meluncurkan produk barunya. [SN/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0