Video Hands-on Bocorkan Wujud Desain Empat Model iPhone 14

Telset.id, Jakarta – Semakin dekat waktu peluncuran iPhone 14 dan iPhone 14 Pro, banyak bocoran yang mengungkap desain, perangkat keras, dan spesifikasinya. Yang paling baru, beredar video hands-on yang memperlihatkan desain iPhone 14.

Bocoran video yang memperlihatkan empat model iPhone terbaru – yang diduga sebagai iPhone 14 – diposting oleh leakers Apple ternama, Sonny Dickson.

Dalam video berdurasi 1 menit yang tidak bergitu jelas itu, diperlihatkan unit dummy dari empat model iPhone 14 yang kemungkinan akan diluncurkan pada bulan September mendatang.

Seperti banyak bocoran sebelumnya, tahun ini ada empat model yang akan diluncurkan, termasuk iPhone 14, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max, yang merupakan penerus dari seri iPhone 13. Sedangkan pendatang baru di tahun ini adalah model iPhone 14 Max, yang akan menggantikan versi Mini yang dipensiunkan.

Menurut rumor yang beredar, iPhone 14 Max akan memiliki pengaturan dual-kamera seperti yang ada di versi stadar, dengan layar yang lebih besar seperti yang ada di iPhone 14 Max.

BACA JUGA:

Jika melihat video dari Sonny Dickson tersebut, dari sisi desainnya memang sama dengan sejumlah bocoran yang telah beradar sebelumnya, termasuk bocoran gambar mock up 3D yang beredar baru-baru ini.

Tapi mungkin rumor yang paling menghebohkan adalah soal rencana Apple yang akan membuat notch pada iPhone 14 Series dan menggantikannya dengan desain lubang kamera atau punch hole, yang sebenarnya sudah “ketinggalan zaman”.

Selain dianggap sudah jadul karena sudah lama dipakai di HP Android, Apple juga disebut akan mendapatkan “pekerjaan rumah” saat menerapkan desain punch hole, terkait penempatan sistem keamanan Face ID pada iPhone terbaru itu.

Sekadar informasi, Face ID membutuhkan komponen yang kompleks berupa TrueDepth Camera yang dapat menangkap data wajah secara akurat. Komponen ini memproyeksikan dan menganalisa ribuan titik tak terlihat untuk membuat peta kedalaman wajah dan juga menangkap gambar inframerah dari wajah.

Kita mungkin akan melihat hadirnya kembali desain notch di iPhone 14 dan 14 Max, yang sudah ada sejak dirilisnya iPhone X. Pada iPhone 13 Series, Apple telah memperkecil ukuran notch tersebut, namun tidak sekecil ukuran notch di HP Android pada umumnya.

Sementara itu, iPhone 14 Pro dan Pro Max diharapkan memiliki fitur pill dan punch-hole cut-out baru. Sulit untuk melihat takik dalam video tersebut dengan layar dimatikan. Tetapi jika melihat banyak rumor yang telah mengisyaratkan hal ini, kemungkinan rumor tersebut akan jadi kenyataan.

Selain notch, tampaknya tidak ada perubahan besar terkait desain di tahun ini. Sementara penempatan kamera terlihat serupa dan bertentangan dengan beberapa rumor. Sepertinya “benjolan” kamera sangat banyak hadir di iPhone 14 series kali ini.

Benjolan kamera mungkin lebih besar pada model iPhone 14 Pro untuk mengakomodasi lensa yang lebih besar. Bahkan, video terbaru dari Unbox Therapy membocorkan replika iPhone 14 Pro Max dan memamerkan ponsel yang memiliki lensa besar di bagian belakang.

Dari gambar yang dibagikan, iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max akan memiliki tonjolan kamera yang cukup tebal. Dimensi yang besar ini disebabkan oleh pemakaian sensor 48MP terbaru yang menggantikan sensor 12MP.

Masuk Tahap Uji Coba

iPhone 14 Series dilaporkan sudah masuk ke dalam uji validasi teknik. Beberapa bulan lagi  iPhone 14 Series akan diluncurkan, rancangan desain dan spesifikasi pun sudah masuk ke tahap finalisasi.

Berdasarkan survei rantai pasokan yang dilakukan analis Jeff Pu dari Haitong International Securities, uji validasi teknik atau EVT iPhone 14 Series sama sekali tidak terdampak oleh lockdown yang terjadi di Shenzhen, China.

EVT atau uji validasi teknik sebenarnya dilakukan pada perangkat prototipe untuk memastikan produk sudah bekerja dengan baik dan terlihat seperti yang diinginkan. Hal ini menyiratkan bahwa spesifikasi dan desain akhir iPhone 14 Series telah ditentukan.

iPhone 14 dan model Max akan ditenagai oleh prosesor Apple A16 terbaru dengan arsitektur 5nm.

Sementara iPhone 14 Pro dan Pro Max, bakal ditopang oleh prosesor Apple A16 Bionic yang lebih kencang dengan arsitektur 4nm yang lebih hemat daya.

Model standar dan Max masing-masing akan mengusung layar 6,1 inci dan 6,7 inci. Keduanya punya desain yang sama persis dan bakal mengusung RAM minimum 6 GB kepada konsumen.

Sementara varian Pro dan Pro Max, tampil dengan layar 6,1 inci dan 6,7 inci yang lebih canggih. Ditambah, layar ini memiliki lubang kamera di tengah atasnya sebagai tempat bagi komponen Face ID.

BACA JUGA:

Empat Model iPhone 14 Rilis 2022

Seperti dijelaskan analis terkenal Ming-Chi Kuo, iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max pun akan tampil dengan tonjolan kamera pada bodi yang lebih tebal karena penggunaan sensor 48MP yang menggantikan sensor 12MP pada generasi sebelumnya.

Sensor 48MP pada iPhone terbaru ini memiliki panjang diagonal yang lebih besar 25% hingga 35% dari sensor 12MP. Selain itu, tinggi lensa 7P-nya juga meningkat 5% hingga 10% daripada sensor 12MP pada iPhone 13 Pro ataupun iPhone 13 Pro Max.

Well, sudah banyak sekali bocoran yang kita dapatkan dan beritakan untuk Anda, menjelang waktu peluncurannya. Belum ada kepastian tanggal peluncurannya, tapi jika melihat kebiasaan Apple sebelumnya, mereka selalu merilis iPhone terbaru di bulan September.

Sebelum peluncuran iPhone terbaru di bulan September, mungkin kita akan lebih dulu mengetahui tentang perangkat lunak yang akan berjalan di iPhone 14. Minggu depan, Apple menggelar acara WWDC, dimana mereka akan meluncurkan iOS 16.

Biasanya di event WWDC, Apple akan memberikan pratinjau pembaruan besar perangkat lunak iOS. Salah satu pembaruan yang akan dihadirkan adalah dukungan layar selalu aktif (always-on display) di seri iPhone 14 melalui iOS 16.

Selain fitur always-on display, mungkin masih ada fitur baru lainnya yang akan diperkenalkan Apple di ajang WWDC pada pekan depan. Kami akan mengulasnya secara lengkap untuk Anda. [SN/HBS]

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0