iPhone 14 Series Masuk Tahap Uji Coba, Spesifikasinya Terungkap

Telset.id, Jakarta – iPhone 14 Series dilaporkan sudah masuk ke dalam uji validasi teknik. Sekitar 6 bulan lagi iPhone 14 Series akan diluncurkan, rancangan desain dan spesifikasi pun sudah masuk ke tahap finalisasi.

Berdasarkan survei rantai pasokan yang dilakukan analis Jeff Pu dari Haitong International Securities, uji validasi teknik atau EVT iPhone 14 Series sama sekali tidak terdampak oleh lockdown yang terjadi di Shenzhen, China.

Sekadar informasi, Shenzhen berada dalam penguncian ketat yang diberlakukan pemerintah setempat setelah wabah Covid-19 yang baru menyebar.

Pabrik Foxconn yang terletak di sana pun terkena imbasnya dan ditutup selama 12 hari untuk memutus penyebaran virus ini.

Bava juga: iPhone 14 Pro Ada Kamera 48MP

Desain dan Spesifikasi iPhone 14 Series Sudah Final

Desain Spesifikasi Layar iPhone 14 Pro Max

EVT atau uji validasi teknik sebenarnya dilakukan pada perangkat prototipe untuk memastikan produk sudah bekerja dengan baik dan terlihat seperti yang diinginkan.

Hal ini menyiratkan bahwa spesifikasi dan desain akhir iPhone 14 Series telah ditentukan. Dikutip Telset dari 9to5Mac pada Rabu (30/3/2022), iPhone 14 dan model Max akan ditenagai oleh prosesor Apple A16 terbaru dengan arsitektur 5nm.

Sementara iPhone 14 Pro dan Pro Max, bakal ditopang oleh prosesor Apple A16 Bionic yang lebih kencang dengan arsitektur 4nm yang lebih hemat daya.

Model standar dan Max masing-masing akan mengusung layar 6,1 inci dan 6,7 inci. Keduanya punya desain yang sama persis dan bakal mengusung RAM minimum 6 GB kepada konsumen.

Sementara varian Pro dan Pro Max, tampil dengan layar 6,1 inci dan 6,7 inci yang lebih canggih. Ditambah, layar ini memiliki lubang kamera di tengah atasnya sebagai tempat bagi komponen Face ID.

Baca juga: Bodi iPhone 14 Pro & Pro Max Lebih Bongsor

Seperti dijelaskan analis terkenal Ming-Chi Kuo, iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max pun akan tampil dengan tonjolan kamera pada bodi yang lebih tebal karena penggunaan sensor 48MP yang menggantikan sensor 12MP pada generasi sebelumnya.

Sensor 48MP pada iPhone terbaru ini memiliki panjang diagonal yang lebih besar 25% hingga 35% dari sensor 12MP. Selain itu, tinggi lensa 7P-nya juga meningkat 5% hingga 10% daripada sensor 12MP pada iPhone 13 Pro ataupun iPhone 13 Pro Max.

iPhone 15 Pro atau Pro Max Usung Kamera Periskop

iPhone 15 Pro Face ID
Foto: Gizmochina

Di kesempatan yang sama, Jeff Pu juga mengungkap bahwa iPhone 15 Pro atau Pro Max yang hadir pada 2023 mendatang akan dibekali dengan kamera periskop berkemampuan 5x optical-zoom.

Prediksi ini senada dengan ucapan Ming-Chi Kuo beberapa waktu lalu. Ia menjelaskan, setidaknya satu model iPhone 15 akan mengusung kamera periskop yang canggih.

Baca juga: iPhone 15 Punya Kamera Periskop

Fitur ini menjadi peningkatan signifikan pada iPhone terbaru, meski memang tergolong telat dibandingkan ponsel Android. Asal tahu saja, saat ini jajaran ponsel Android dengan kemampuan kamera periskop tak cuma ada di smartphone harga mahal saja.

Selain itu, Jeff Pu juga memberikan informasi menarik tentang iPad OLED yang turut bakal dihadirkan Apple. Setidaknya perangkat dengan layar OLED akan datang pada 2024 mendatang dengan ukuran 11 inci dan 12,9 inci. Well, kita nantikan kehadiran seluruh perangkat terbaru Apple ini. (MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0