telset

Tak Ada Lagi Model “Mini”, Spesifikasi iPhone 14 Makin Canggih

Telset.id, Jakarta – Setelah iPhone 13 Series, Apple bakal merilis iPhone 14 Series dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Berbeda dengan seri sebelumnya, tak ada lagi model “Mini” pada jajaran iPhone 14 Series. Dilaporkan, Apple akan merilis iPhone 14 standar, model Max, Pro, dan Pro Max sebagai varian dengan spesifikasi paling tinggi.

Menurut analis dari Haitong International Securities, Jeff Pu, keempat iPhone terbaru ini akan mendukung teknologi layar yang jauh lebih canggih daripada iPhone 13 Pro.

Dikutip Telset dari Macrumors, Senin (17/1/2022), mulai dari iPhone 14 standar hingga model Pro Max, semuanya dibekali layar dengan spesifikasi ProMotion.

ProMotion sendiri merupakan teknologi refresh rate sampai 120Hz untuk menampilkan konten yang lebih mulus untuk menonton video, bermain game, atau sekadar pemakaian biasa saja.

Baca juga: iPhone 14 Pro Punya Kamera 48MP

Selain layar, bagian RAM juga ditingkatkan untuk model terendah. Sebelumnya, Jeff Pu menyatakan bahwa model Pro dan Pro Max akan mengusung RAM 8 GB. Namun berdasarkan pertimbangan biaya dan pemeriksaan terhadap rantai pasokan, seluruh model iPhone 14 disematkan RAM 6 GB saja.

RAM sebesar ini menjadi peningkatan bagi model standar, tapi tidak dengan varian Pro dan Pro Max. Seri sebelumnya pun menggunakan besaran RAM yang sama.

Senada dengan prediksi dari analis terkenal Ming-Chi Kuo, Jeff Pu juga berharap bahwa model iPhone 14 Pro akan dilengkapi dengan kamera 48MP dan memori penyimpanan mulai dari 256 GB. Sedangkan varian standar, memori penyimpanannya mulai dari 64 GB karena pertimbangan biaya.

Layar iPhone 14 Tampil “Bolong”

Desain Layar iPhone 14 Series

Apple diduga kuat akan mengubah desain dari iPhone 14 Series. Namun, perubahan desain tersebut tak signifikan dan cenderung “ketinggalan zaman”.

iPhone 14 akan mengusung desain layar dengan lubang kamera yang sudah lama diaplikasikan oleh HP Android. Prediksi ini disampaikan oleh beberapa leakster, termasuk oleh Mark Gurman selaku editor dari Bloomberg yang sering membahas produk-produk buatan Apple.

Baca juga: Desain iPhone 14 Pro Mirip HP Android

Gurman mengatakan bahwa Apple akan membuat notch pada iPhone 14 Series dan menggantikannya dengan desain lubang kamera atau punch hole. Namun menurutnya, adopsi desain ini memberikan tugas tambahan bagi Apple.

Apple harus “memutar otak” untuk menempatkan sistem keamanan Face ID pada iPhone terbarunya. Sekadar informasi saja, Face ID membutuhkan komponen yang kompleks berupa TrueDepth Camera yang dapat menangkap data wajah secara akurat.

Baca juga: Layar iPhone 14 Tampil “Bolong”

Komponen ini memproyeksikan dan menganalisa ribuan titik tak terlihat untuk membuat peta kedalaman wajah dan juga menangkap gambar inframerah dari wajah. Pada iPhone 13 Series, Apple telah memperkecil ukuran komponen tersebut namun tak sekecil ukuran notch di HP Android pada umumnya. Well, kita nantikan update selanjutnya dari iPhone generasi terbaru ini ya! (MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0