Review Xiaomi TV Q1E 55: Desain Elegan, Performa Memuaskan

Telset.id – Xiaomi TV Q1E 55″ merupakan produk smart TV yang dirilis pada Mei 2022 lalu. Xiaomi TV Q1E 55″ menyasar pangsa pasar kelas menengah dengan keunggulan dalam hal layar dan desain.

Selain smartphone, Xiaomi cukup rajin meluncurkan produk smart TV terbaru. Vendor asal China itu, sudah cukup banyak memboyong beberapa produk dimana salah satunya adalah Xiaomi TV Q1E 55″.

TV pintar ini menawarkan layar yang besar, dan berkualitas tinggi berupa layar Quantum Dot-based LED atau QLED dengan resolusi 4K. Selain itu desainnya juga elegan dengan memakai warna abu-abu metalic di bagian frame dan kaki penyangga. 

Namun bagaimana dengan spesifikasi produk secara keseluruhan? Oleh karenanya tim Telset akan melakukan review terhadap Xiaomi TV Q1E 55″ dan berikut ini ulasannya.

BACA JUGA:

Desain 

Xiaomi TV Q1E 55 Inci

Smart TV ini memiliki dimensi termasuk kaki penyangga 1230.4 x 262 x 767 mm dengan bobot 14,6 kg. Warna abu-abu metalic dengan body berbahan metal dan kaki penyangga berbahan Aluminium Alloy.  

Pada desain bagian depan, Q1E 55″ memiliki ukuran layar 55 inci dengan bezel yang tipis, dan frame warna abu-abu metalic dengan lekukan yang simetris. Frame juga tidak disesaki oleh banyak tombol, karena hanya ada satu tombol di berupan tombol on/off di bawah layar. 

Untuk belakangnya Xiaomi TV Q1E 55″ cukup ramping, sehingga tidak memakan tempat. Di belakang pula terdapat 2 port USB 2.0, 3 port HDMI yang salah satunya mendukung eARC, jack 3,5 mm, AV Input, Antena serta port Ethernet.

Xiaomi TV Q1E 55″ juga mendukung konektivitas Bluetooth 5.0, Wi-Fi 2,4 GHZ/5 GHz dan IR Receiver. Dengan begitu TV bisa terhubung langsung dengan sinyal WiFi di rumah Anda. 

Perpaduan spesifikasi desain Xiaomi TV Q1E 55 inci membuat TV ini terlihat elegan dan terasa seperti TV premium. Apalagi karena warna frame abu-abu metalic.

Soalnya kebanyakan smart TV itu mayoritas memakai frame berwarna hitam. Terus bezelnya juga tipis sehingga layar jadi tampak luas. 

Konektivitasnya juga lengkap mulai dari port, bluetooth hingga Wifi. Hal ini tentunya membuat TV bisa dihubungkan dengan Set Top Box untuk TV digital, atau jaringan WiFi di rumah.

BACA JUGA:

Layar dan Audio 

Layar Xiaomi TV Q1E 55 Inci

TV Q1E 55″ menghadirkan pengalaman menonton yang imersif dan tampak begitu nyata. Pasalnya TV ini memiliki layar berkualitas 4K Quantum Dot-based LED (QLED) dengan DCI-P3 color gamut yang mencapai 97% dan kedalaman warna 1.07 miliar.

Kemudian rasio kontras layar adalah 4.500:1, refresh rate 60Hz MEMC serta Viewing angle atau bentang layar sebesar 178 derajat. Tidak ketinggalan layar TV cerdas Xiaomi ini didukung oleh teknologi HDR10 + dan Dolby Vision support.

Dengan spesifikasi layar seperti itu, membuat TV ini mampu memberikan tampilan natural dan cerah. Kami mencoba untuk menyaksikan video di YouTube dengan resolusi tinggi dan hasilnya video bisa ditayangkan dengan baik.

Tampilan warnanya jelas dan adanya apalagi saat Anda menyaksikan video di YouTube dengan resolusi tinggi. Lalu dengan bentang layar 178 derajat, membuat tampilan video bisa lebih nyaman meski dilihat dari berbagai sudut.

Beralih ke audio, TV menggunakan speaker stereo 30W yang terdiri dari tweeter kembar dan dual woofer, serta didukung teknologi Dolby Audio™ dan dukungan DTS-HD. TV Xiaomi mengklaim kalau Q1E 55″ menawarkan suara sinematik tetapi berdasarkan review yang kami lakukan, ternyata suaranya kurang jernih.

Suara sedikit pecah, ketika ditingkatkan hingga maksimum dan kurang memberikan efek surround sehingga TV kurang bisa memberikan pengalaman suara sinematik yang maksimal.

Performa 

Xiaomi TV Q1E 55″ ditenagai oleh prosesor MediaTek MT9611 dan OS Android TV™ 10. CPU yang disematkan adalah Quad Core Up To 1.5GHz dengan GPU Mali G52 MP2. Sementara kapasitas RAM 2 GB dan penyimpanan 32 GB. 

Smart TV ini memiliki aplikasi bawaan yakni Netflix, Amazon Prime Video, YouTube dan Live TV, untuk menyaksikan siaran TV dari beberapa stasiun besar seperti  Indosiar dan SCTV. Namun, apabila aplikasi dirasa kurang, kamu bisa unduh berbagai aplikasi dan game di Google Play Store. 

Untuk remotenya sendiri, Xiaomi menghilangkan tombol angka. Xiaomi hanya memberikan beberapa tombol yaitu Power, Google Assistant, tombol arah, tombol Ok, Back atau kembali, Android TV Home, Patch Wall Home, Netflix, Amazon Prime dan Volume. Remote ditenagai oleh baterai jenis AAA atau A3 sebanyak 2 buah.

Xiaomi TV Q1E 55 Inci

Dengan spesifikasi tadi bagaimana dengan performanya? berdasarkan hasil review kami pproses booting dari TV baru menyala, sampai TV bisa digunakan tergolong mulus. Hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja.

Selain itu, proses membuka aplikasi juga cepat begitu juga pengunduhan berbagai aplikasi dan game. Xiaomi TV Q1E 55 inci bisa pula diajak bermain game, karena selama kami bermain game, tidak terjadi lag atau gangguan. 

Performa Q1E 55 Inci

Namun disarankan untuk menggunakan joystick wireless ketika bermain game supaya tambah seru. Remotenya juga minimalis dan ringan, karena tidak ada tombol nomor 1 sampai 9 seperti produk smart TV yang lain. 

Sedangkan  fitur Google Assistant sangat membantu untuk membuka aplikasi dengan cepat. Tinggal klik dan ucapkan perintah, lalu Google Assistant akan membuka aplikasi dan game yang dimaksud. 

BACA JUGA:

Kesimpulan 

Harga Xiaomi TV Q1E 55 inci cukup mahal yakni sebesar Rp 8.499.000. Lantas dengan harga seperti itu apakah TV ini layak dibeli? berdasarkan hasil review Xiaomi TV Q1E 55″ memiliki beberapa kelebihan. 

Misalnya memiliki desain yang elegan, bezel yang tipis, performa yang mumpuni, layar yang lebar dan berkualitas, serta remote yang minimalis. Sayangnya bukan berarti TV ini tidak memiliki kekurangan atas celah. 

Terdapat 2 kekurangan yang kami soroti yaitu bobot TV yang besar, dan speaker yang kurang maksimal. Namun, dengan kelebihan dan kekurangan yang ada, Xiaomi TV Q1E 55″ worth it dibeli untuk menjadi hiburan di rumah Anda.

Kelebihan Xiaomi TV Q1E 55 Inci

  • Bezel yang tipis
  • Performa yang mumpuni
  • Ukuran layar yang lebar dengan performa prima
  • Desain remote yang minimalis

Kekurangan Xiaomi TV Q1E 55 Inci

  • Bobot tv besar
  • Kualitas speaker kurang0

Spesifikasi Xiaomi TV A2 55 Inci 

  • Rilis: Mei 2022
  • OS: Android TV™ 10
  • Layar: Quantum Dot-based LED  4K 55 inci, gamut warna DCI-P3 97%, refresh rate 60 Hz
  • CPU: Quad Core Up To 1.5GHz
  • GPU: Mali G52 MP2
  • RAM: 2 GB
  • Penyimpanan internal: 32 GB
  • Konektivitas: 2 port USB 2.0, 3 port HDMI, port Ethernet, Bluetooth 5.0, Wi-Fi 2,4 GHZ/5 GHz dan IR Receiver.
  • Dimensi: 1.225,8 × 279,9 × 778,3 mm, bobot 11,23 kg
  • Harga: Rp 8.499.000.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0