Review Xiaomi TV A2: Layar Lebar, RAM Kurang Besar

Telset.id –  Xiaomi TV A2 Series resmi masuk ke pasaran Indonesia. Produk ini menambah persaingan industri TV pintar di Indonesia karena Xiaomi TV A2 Series memiliki layar yang lebar, dengan harga yang terjangkau.

Peluncuran Xiaomi TV A2 Series, bersamaan dengan Xiaomi TV P1E 65 inci. Bedanya Kalau P1E 65 inci, menyasar konsumen kelas atas harganya yang cukup mahal, tetapi Xiaomi TV A2 Series harganya cukup terjangkau.

Meski harganya terjangkau TV cerdas ini memberikan layar yang lebar hingga 55 inci, dengan spesifikasi yang cukup mumpuni. Tim Telset berkesempatan untuk melakukan review, dan berikut ini hasil review dari Xiaomi TV A2 55 inci.

BACA JUGA:

Desain 

Xiaomi TV A2 55 Inci

TV ini memiliki dimensi termasuk kaki penyangga 1.225,8 × 279,9 × 778,3 mm, dengan bobot 11,23 kg. Warna hitam dengan body berbahan metal dan kaki penyangga berbahan plastik. 

Meski memiliki penyangga, TV ini mendukung pemasangan di dinding dengan standar VESA berukuran 300 x 300 mm.

Untuk desain belakang Xiaomi TV A2 cukup ramping, sehingga tidak memakan tempat. Masih di bagian belakang, terdapat 2 port USB 2.0, 3 port HDMI yang mendukung eARC, Antena, Composite In (AV), Output Audio Digital Optik, dan Ethernet (LAN).

Xiaomi A2 juga mendukung Bluetooth 5.0 dan Wi-Fi 2,4 GHZ/5 GHz, sehingga TV bisa terhubung langsung dengan WiFi rumah. 

Sementara di bagian depan terdapat layar berukuran 55 inci dengan bezel yang tipis. Dari desain yang ditawarkan Xiaomi TV A2 seperti TV premium karena bodinya yang ramping, serta bezel layar yang tipis. 

Lalu konektivitas TV juga lengkap, sehingga bisa Anda hubungkan dengan berbagai perangkat seperti Set Top Box (STB), untuk menyaksikan Siaran TV Digital atau konsol game.

Layar dan Audio

Layar Xiaomi TV Series

 TV Pintar ini hadir dengan pilihan ukuran layar 32 inci, 43 inci dan 55 inci. Tetapi dalam review kali ini, tim Telset mendapatkan versi 55 inci jadi layarnya lebih besar. Adapun layar 55 inci ini memiliki tipe layar UHD 4K atau dengan resolusi 3840 × 2160 piksel.

Layarnya memiliki gamut warna DCI-P3 90%, kedalaman warnanya mencapai 1,07 miliar, dengan refresh rate 60 Hz. Selain spesifikasi tersebut, disematkan pula teknologi Motion Estimation, Motion Compensation (MEMC), sehingga Anda bisa menyaksikan video dengan frame 60 Fps.

Serta bentang layar 178 derajat dan mendukung Dolby Vision dan HDR10. Dengan spesifikasi dan teknologi yang disematkan membuat TV ini mampu memberikan tampilan natural kala menyaksikan video di YouTube dan Netflix dengan resolusi tinggi.

Lalu dengan bentang layar 178 derajat, membuat tampilan video bisa lebih nyaman meski dilihat dari berbagai sudut. 

Sementara untuk Audio speaker 12W ganda dan mendukung Dolby Audio dan DTS-HD. Berdasarkan hasil review, Kedua speaker di Xiaomi TV A2 mampu memberikan suara yang prima dan tidak pecah, walaupun ketika volume suara ditingkatkan hingga maksimum. 

Performa 

Performa Xiaomi TV

Xiaomi TV A2 55 inci didukung oleh OS Android TV™ 10, CPU Quad A55 dan GPU Mali G52 MP2. Sementara untuk kapasitas penyimpanan TV pintar Xiaomi ini memiliki RAM 2 GB dan memori 16 GB. 

Smart TV ini memiliki aplikasi bawaan yakni Netflix, Amazon Prime Video, dan YouTube. Namun, apabila aplikasi dirasa kurang, Anda bisa unduh berbagai aplikasi dan game di Google Play Store. 

Untuk remotenya sendiri ada tombol angka, volume, On/Off serta tombol Netflix, Google Assistant, dan Amazon Prime. Dengan spesifikasi tadi bagaimana dengan performanya?

Proses booting dari TV baru menyala, sampai TV bisa digunakan hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja. Selain itu, proses membuka aplikasi juga cepat begitu juga pengunduhan berbagai aplikasi dan game. 

Remote Xiaomi TV A55 Inci

Lalu untuk bermain game, performa Xiaomi TV ini juga oke dan game tidak mudah ngelag. Namun disarankan untuk menggunakan joystick wireless ketika bermain game supaya tambah seru. 

Sedangkan untuk remote, cukup responsif sehingga kita bisa mengendalikan TV dengan mudah. Sayangnya  tombol Netflix dan Amazon Prime, karena menyatu dengan body membuat tombol kurang nyaman untuk diakses. 

Sedangkan  fitur Google Assistant sangat membantu untuk membuka aplikasi dengan cepat. Tinggal klik dan ucapkan perintah, lalu Google Assistant akan membuka aplikasi dan game yang dimaksud. 

BACA JUGA:

Kesimpulan

 

 

Harga Xiaomi TV A2 Series cukup terjangkau, yakni Rp 2.399.000 untuk versi 32 inci, Rp 3.999.000 untuk versi 43 inci UHD atau 4K, serta Rp 5.999.000 untuk versi 55 inci UHD. Lantas dengan harga seperti itu apakah TV ini layak dibeli? 

Berdasarkan hasil review, Xiaomi TV A2 Series memiliki kelebihan meliputi misalnya saja layar yang lebar dengan bezel layar yang tipis serta kualias audio yang bagus. Begitu juga dengan performa yang tergolong tangguh sehingga bisa dipakai sehari-hari. 

Namun, Xiaomi TV A2 Series bukan berarti tanpa celah. Terdapat kekurangan dari Xiaomi TV A2 seperti kapasitas RAM yang kurang besar dan remote yang kurang nyaman.

Menurut kami, kedua kekurangan tersebut tidak terlalu berarti dan sepadan dengan harga TV ini. Jadi, Xiaomi TV A2 layak untuk dibeli bagi Anda yang ingin mendapatkan hiburan maksimal di rumah.

Kelebihan Xiaomi TV A2 55 Inci 

  • Bezel yang tipis 
  • Kualitas suara yang bagus 
  • Performa yang mumpuni
  • Layar yang Lebar
  • Harga terjangkau 

Kekurangan Xiaomi TV A2 55 Inci 

  • Kapasitas RAM kurang besar  
  • Remote kurang nyaman 

Spesifikasi Xiaomi TV A2 55 Inci 

  • Rilis: Juli 2022
  • OS: Android TV™ 10
  • Layar: UHD 4K 55 inci, gamut warna DCI-P3 90%, refresh rate 60 Hz
  • CPU: Quad A55
  • GPU: Mali G52 MP2
  • RAM: 2 GB
  • Penyimpanan internal: 16 GB
  • Konektivitas: 2 port USB 2.0, 3 port HDM yang mendukung eARC, Antena, Composite In, Output Audio Digital Optik, Ethernet (LAN), Bluetooth 5.0 dan Wi-Fi 2,4 GHZ/5 GHz
  • Dimensi: 1.225,8 × 279,9 × 778,3 mm, bobot 11,23 kg
  • Harga: Rp 5.999.000

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0