Tips Penguat Sinyal WiFi, Internet Kencang Jadi Gak Ngelag

Telset.id – Jika Anda merasa bahwa sinyal WiFi yang Anda gunakan lemah sehingga menyebabkan kecepatannya sangat menjengkelkan, maka Anda mungkin mengalami sinyal WiFi yang lemah. Untuk itu Anda perlu cara penguat sinyal WiFi.

Masalah WiFi dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari bangunan berdinding tebal, koneksi jarak jauh atau hanya sinyal Wi-Fi yang buruk.

Kali ini kami akan membahas beragam hal mengenai masalah terkait sinyal WiFi, seperti penyebab WiFi lemah, cara memperkuat sinyal WiFi dan juga aplikasi untuk membantu memperkuat sinyal WiFi.

Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak pembahasan lengkapnya berikut ini. Check this out!

{Baca Juga: Cara Ubah SSID dan Password WiFi jadi QR Code}

Penyebab WiFi Lemah

penguat sinyal wifi
Ilustrasi Sinyal WiFi Lemah

Koneksi WiFi yang menjadi lemah tentu ada penyebabnya. Terdapat beberapa kemungkinan yang menyebabkan jaringan WiFi begitu lemot ketika digunakan. Berikut ini beberapa penyebab koneksi WiFi menjadi lemah.

1. Jangkauan WiFi yang Kurang Luas

Luas jangkauan WiFi juga berpengaruh pada kualitas jaringan yang dipancarkannya. Tanpa jangkauan yang luas, mau tak mau Anda harus berada dekat dengan lokasi modem berada.

Semakin jauh jarak Anda dengan modem, sudah pasti kualitas jaringan yang Anda gunakan bakal semakin buruk.

2. Jaringan yang Kelebihan Muatan

Jaringan WiFi memiliki jumlah bandwidth yang terbatas. Jika jumlah bandwidth mencapai batas maksimal, koneksi jaringan akan mulai melambat. Bahkan ada kondisi di mana internet jadi tidak bisa digunakan.

Berlebihnya muatan ini disebabkan banyaknya perangkat yang terhubung dalam satu jaringan WiFi tersebut.

3. Posisi Router WiFi yang Kurang Tepat

Seperti pepatah, “posisi menentukan prestasi”, begitu juga dengan posisi router WiFi yang mempengaruhi kualitas jaringan yang dihasilkannya.

Jika Anda meletakkan router dalam ruangan tertutup, biasanya jaringan di luar ruangan akan lebih lemah. Ini disebabkan banyaknya benda dan juga tembok yang “menghalangi” sinyal WiFi.

{Baca Juga: 5 Posisi Terbaik Router WiFi Biar Sinyal Internet Lebih Kencang}

router - penguat sinyal wifi

4. Koneksi Internet yang Bermasalah

Selain posisi, jangkauan dan lain sebagainya, koneksi internet dari provider juga bisa menjadi penyebab mengapa WiFi yang Anda gunakan sangat lemot.

Untuk mengetahui apabila koneksi internet Anda sedang bermasalah, Anda bisa melakukan pengecekan kecepatan internet. Jika masih terus berlanjut, Anda bisa menguhubungi call center penyedia jasa internet yang Anda gunakan.

5. Download dengan Kapasitas yang Besar

Menggunakan WiFi sering kali membuat penggunanya lupa diri. Pengguna pasti asyik browsing, chatting, hingga mendownload banyak file dengan ukuran yang sangat besar.

Nah, download file dengan ukuran yang sangat besar ini berpotensi membuat sinyal WiFi yang digunakan menjadi lemot.

Apabila ingin mengunduh file dengan ukuran yang besar, disarankan ketika tidak banyak orang yang sedang menggunakannya.

Cara Memperkuat Sinyal WiFi

penguat sinyal wifi
Ilustrasi Sinyal WiFi

Jika mengalami sinyal WiFi yang lemah Anda tidak perlu khawatir. Terdapat sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Yuk simak solusinya.

1. Gunakan WiFi Repeater

Bagi Anda yang mengalami maslaah pada jangkauan sinyal WiFi yang lemah, Anda bisa menggunakan bantuan perangkat tambahan berupa repeater.

Repeater membantu memperluas jangkauan WiFi yang sedang Anda gunakan. Saat ini juga sudah banyak perangkat repeater yang tersedia di pasaran yang bisa Anda beli.

2. Kontrol Bandwidth 

Penyedia layanan internet biasanya memberikan FUP (Fair Usage Policy) bandwidth atau jumlah batas pemakaian wajar. Saat sudah menyentuh batas penggunaan bandwidth, koneksi internet akan ikut menurun.

Untuk itu lakukan kontrol bandwidth secara berkala, maka Anda bisa mengetahui batas Anda bisa menikmati kecepatan internet secara optimal.

{Baca Juga: Cara Mengetahui WiFi Kita Dicuri Orang Lain}

3. Letakkan Router WiFi di Lokasi yang Tepat

Pastikan lokasi router WiFi dengan posisi yang tepat. Anda bisa meletakkan router di posisi yang terbika dan minim penghalang. Hindari meletakkan router WiFi dalam ruangan yang tertutup.

Dengan meletakkan router WiFi di posisi yang tepat, sinyal WiFi yang terpancar jadi lebih optimal.

Mi Router
Mi Router

4. Jauhkan Router dari Perangkat Elektronik

Setelah meletakkan router yang di posisi yang tepat, pastikan juga untuk menjauhkan perangkat elektronik dari sekitarnya. Seperti misalnya, TV, radio, speaker dan lain sebagainya.

Sebab, perangkat elektronik ini bisa mengganggu sinyal WiFi yang dipancarkan dan berujung pada sinyal WiFi yang lemah.

{Baca Juga: Cara Bagikan Password WiFi dari iPhone, Panduan Lengkap!}

5. Restart Router Secara Berkala

Tips ini simpel namun bermanfaat agar selalu bisa menggunakan WiFi dalam kondisi prima.

Router biasanya akan mengalami masalah saat dipakai dalam jangka waktu yang lama. Untuk itu solusinya Anda bisa melakukan restart router agar performanya bisa kembali segar.

7 Aplikasi Penguat Sinyal WiFi

Memperkuat sinyal WiFi juga bisa dilakukan dengan sejumlah penguat sinyal WiFi yang tersedia di smartphone Android. Berikut adalah aplikasi penguat sinyal WiFi di Android.

1. WiFi Analizer

penguat sinyal wifi

Aplikasi WiFi analyzer yang memiliki kelebihan berupa memberikan saluran terbaik yang digunakan untuk jaringan tertentu. Aplikasi penguat sinyal Wifi ini memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan jaringan WiFi yang digunakan.

Aplikasi ini cukup berguna saat di kantor atau tempat umum lainnya, karena memungkinkan smartphone untuk mengetahui jaringan mana yang memiliki koneksi paling stabil.

2. WiFi Solver FDTD

penguat sinyal wifi

Aplikasi penguat sinyal wifi ini digunakan untuk menyelesaikan masalah WiFi di rumah Anda. Satu hal sederhana yang dapat sangat meningkatkan koneksi WiFi optimalisasi lokasi router.

Jika bisa memindahkannya, gunakan aplikasi WiFi solver FDTD yang memungkinkan Anda untuk melihat sekilas jangkauan modem WiFi.

Cara ini terbukti ampuh meningkatkan koneksi WiFi. Jika Anda memiliki pengalaman dan terbukti ampuh meningkatkan sinyal WiFi.

3. WiFi Signal Booster

Aplikasi penguat sinyal wifi

Ini mungkin menjadi pilihan termudah untuk langsung meningkatkan sinyal WiFi Anda, tetapi juga yang paling terbukti ampuh.

Salah satu aplikasi yang memiliki rating tinggi di Play Store seperti WiFi Booster. Anda dapat mengunduhnya secara gratis. Aplikasi ini tidak membutuhkan root sehingga tidak ribet digunakan.

4. WiFi Master Key

Aplikasi penguat sinyal wifi

Tidak cuma bisa memperkuat sinyal WiFi, aplikasi WiFi Master juga bisa digunakan untuk melihat seberapa cepat dan kuat sinyal WiFi yang tengah Anda gunakan.

Aplikasi besutan LinkSure Network ini juga diklaim dapat menghemat daya smartphone, mudah digunakan, serta aman.

Aplikasi ini tersedia dalam 19 bahasa berbeda, termasuk bahasa Indonesia. Pastinya Anda tidak perlu waktu lama untuk beradaptasi menggunakan aplikasi satu ini.

5. WiFi Doctor

Aplikasi penguat sinyal wifi

Sama seperti aplikasi lainnya, WiFi Doctor juga bisa Anda andalkan untuk memperkuat sinyal WiFi melalui smartphone. Selain bisa memperkuat, aplikasi ini juga bisa memonitor jumlah perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi.

Ada juga fitur WiFi Security Check, yang memungkinkan aplikasi memeriksa apakah jaringan WiFi yang tengah Anda gunakan benar-benar aman.

6. WiFi Manager

Aplikasi penguat sinyal wifi

Aplikasi berikutnya yang bisa Anda gunakan adalah WiFi Manager. Aplikasi ini dapat digunakan untuk memindai jaringan WiFi dan mengetahui perangkat apa saja yang tersambung ke jaringan yang tengah Anda gunakan.

Selain itu, ada juga fitur yang bisa digunakan untuk menguji kecepatan internet yang diklaim cukup cepat dan akurat.

Tentunya aplikasi ini juga memiliki fitur yang dapat mengoptimasi jaringan WiFi yang tengah digunakan.

{Baca Juga: 6 Penyebab Laptop Tidak Bisa Terhubung Wifi dan Cara Mengatasinya}

7. Net Optimizer

Aplikasi penguat sinyal wifi

Terakhir adalah aplikasi Net Optimizer. Aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk memperkuat sinyal WiFi yang tengah Anda gunakan.

Aplikasi ini dapat menemukan dan menghubungkan ke server DNS tercepat berdasarkan lokasi dan jaringan Anda. Net Optimizer juga bisa meningkatkan kecepatan berselancar web dengan waktu yang respon lebih cepat.

Net Optimizer juga bisa mempebaiki lag dan mengurangi latensi pada game online, sehingga pengalaman bermain game jadi lebih baik.

So, itu dia aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk perkuat sinyal WiFi. Selamat mencoba dan semoga berhasil! (HR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0