telset

Review Tecno Spark 7 NFC: Baterai Besar, Performa Standar

Telset.id – Tecno Mobile kembali merilis smartphone terbarunya di Indonesia, Tecno Spark 7 NFC. HP ini cukup menarik karena menghadirkan fitur NFC di HP 1 jutaan atau entry-level. Untuk mengetahui performanya, simak hasil review Tecno Spark 7 NFC ini.

Tecno Mobile nampaknya memilih untuk menyasar pasar kelas menengah bawah. Setelah sebelumnya Tecno Spark 7 Pro, kini hadir pula Tecno Spark 7 NFC di pasar Indonesia.

Baca juga: Tecno Pova 2 Debut di Indonesia, Harga Rp 2 Jutaan

Spark 7 NFC menawarkan teknologi Near Field Communication atau NFC sebagai keunggulannya. Selain itu HP NFC murah ini juga memberikan desain yang stylish dengan warna-warna yang cerah layaknya ponsel anak muda.

Seperti biasa, tim Telset mendapat kesempatan untuk me-review Tecno Spark 7 NFC. Kira-kira bagaimana hasil pengujiannya? Simak secara lengkap hasil review Tecno Spark 7 NFC yang dilakukan tim Telset berikut ini.

Desain 

Tecno Spark 7 NFC
Desain HP

Review Tecno Spark 7 NFC pertama kita buka dengan fokus melihat sisi desainnya. Bagi kami, desain cukup penting karena akan menjadi kesan pertama konsumen terhadap sebuah HP yang akan dibelinya.

Sadar akan hal itu, maka Spark 7 NFC menghadirkan desain yang stylish dengan warna-warna yang cerah. Ada tiga pilihan warna, yakni Magnet Black, Spruce Green, dan Alps Blue.

Baca juga: Resmi Dirilis, Ini Harga dan Spesifikasi Tecno Spark 7 NFC

Secara dimensi 164,8 x 76,1 x 9,5 mm dengan berat 210 gram. Bagian belakang dilapisi dengan bahan polycarbonate yang nyaman digenggam, dan warna Apls Blue yang kami coba ini cukup memukau. Di bagian tengahnya diletakkan fingerprint, mirip seperti letak fingerprint di Spark 7 Pro.

Berlanjut ke kiri atas, disematkan 2 kamera dengan resolusi kamera utama 16 MP dan AI Camera 2.0. beserta tulisan “AI Super Cam” untuk menegaskan teknologi kamera yang dipakai ponsel ini.

Tecno Spark 7 NFC
Tampak belakang ponsel

Beralih ke bagian depan, ada layar IPS LCD 6,5 inci dengan resolusi 720 x 1600 piksel, dan aspek rasio 20:9. Pada bagian atas, disematkan kamera depan 8 MP yang bisa digunakan untuk foto selfie.

Untuk bagian sisi kanan HP, ada 2 tombol volume naik dan turun serta tombol power. Di bawah ada lubang untuk headset dan charger microUSB 2.0. Di sisi kiri HP terdapat slot untuk pemasangan 2 kartu SIM, dan 1 microSD.

Tecno Spark 7 NFC
Bagian bawah HP

Dengan desain seperti itu, Spark 7 NFC cukup stylish dan sekilas tampak bukan seperti ponsel entry level. Sayangnya, lubang USB masih versi microUSB 2.0 dan tidak ada speaker khusus, membuat suara yang keluar dari bagian bawah tidak maksimal.

Layar 

Tecno Spark 7 NFC
Layar HP

Ukuran layar Tecno Spark 7 NFC terbilang standar yakni IPS LCD 6,5 inci dan resolusi 720 x 1600 piksel. Aspek rasio layar adalah 20:9 dan rasio bodi ke layar cukup luas yakni 81,3%.

Dengan spek layar yang ada, Tecno Spark 7 NFC bisa diajak untuk streaming video atau bermain game dengan baik. Sayangnya, tidak ada pelindung layar sehingga Anda harus tetap berhati-hati ketika menggunakan HP ini, agar layar tidak rusak.

Performa

Review Tecno Spark 7 NFC
Performa HP

Tecno Spark 7 NFC memakai chipset MediaTek Helio A25 (12 nm), dengan Octa-core (4×1.8 GHz Cortex-A53 & 4×1.5 GHz Cortex-A53), dan GPU PowerVR GE8320. Untuk RAM, tersedia varian RAM 2 GB dan memori 32 GB, yang bisa upgrade dengan Micro SD.

Dengan chipset Media Tek dan RAM  2 GB, spek Spark 7 bisa dibilang sesuai dengan kelasnya di HP entry level. Untuk mengatahui performa Tecno Spark 7 NFC, kami menguji performa ponsel ini menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark, PC Mark dan 3D Mark.

AnTuTu Benchmark 

Bedasarkan hasil AnTuTu Benchmark, skor yang diperoleh Spark 7 NFC dari aplikasi pengujian performa tersebut adalah 94588 poin. Skor yang cukup besar, yang membuktikan bahwa ponsel ini cocok untuk menemani Anda beraktivitas.

Baca juga: Review Tecno Spark 7 Pro: Spek Kencang, Kamera Kurang Maksimal

HP ini dapat mendukung Anda, ketika berkomunikasi lewat WhatsApp atau Telegram, update status di Instagram hingga streaming video di YouTube.

Review Tecno Spark 7 NFC
Hasil AnTuTu

PC Mark

Selanjutnya merujuk pada hasil uji performa di PC Mark, skor Spark 7 untuk Work 3.0 Performance di bawah 5000 atau 4512 poin saja. Performa HP tidak terlalu tinggi namun, cukup baik untuk menunjang kegiatan berkomunikasi dan main game ringan.

Review Tecno Spark 7 NFC
Hasil PC Mark

3D Mark 

Di aplikasi ini, Spark 7 NFC hanya bisa melakukan pengujian Sling Shot saja. Pasalnya ketika kami ingin mencoba pengujian model lain, tidak bisa karena perangkat dinilai kurang kompatibel. Adapun hasil dari Sling Shot di 3D Mark adalah 704 poin saja.

Review Tecno Spark 7 NFC
Hasil 3D Mark

Performa Baterai 

Sama seperti Spark 7 Pro, Tecno Spark 7 NFC masuk daftar HP baterai besar 5000 mAh murah. Sayangnya baterai yang besar ini tidak didukung oleh teknologi Fast Charging, serta masih menggunakan microUSB 2.0.

Dengan baterai 5000 mAh, untuk mengisi baterai dari 20% hingga 100% membutuhkan waktu sekitar 3 jam. Lalu berdasarkan pengujian data tahan baterai atau Work 3.0 battery life di 3D Mark, hasilnya baterai mampu bertahan 17 jam lebih 37 menit.

Review Tecno Spark 7 NFC
3D Park

Merujuk pada hasil tersebut kemungkinkan Anda harus melakukan 2 kali pengisian daya saat kalian aktif menggunakan Tecno Spark 7 NFC.

Test Gaming 

Tidak lengkap review Tecno Spark 7 NFC tanpa melakukan test gaming. Untuk itu, kami melakukan test gaming dengan bermain game PUBG Mobile dalam setting grafis smooth, frame rate medium dan style classic.

Hasilnya kurang memuaskan. Sepanjang permainan, kami memang tidak mengalami lag atau gangguan yang berarti. Akan tetapi, suhu di bagian punggung HP menghangat padahal baru bermain 10 menit. Jadinya saat bermain, kami merasa kurang nyaman.

Lalu kami juga mengujinya dengan game ringan seperti 8 Ball Pool. Hasilnya memuaskan. Selama setengah jam bermain, kami tidak menemukan lag dan suhu ponsel cenderung stabil.

Baca juga: 10 HP Gaming Murah 1 Jutaan Terbaik September 2021, Bisa Main PUBG

Berdasarkan hasil pengujian ini Tecno Spark 7 NFC bisa dikatakan cocok untuk game-game ringan saja. Sedangkan untuk game dengan kapasitas memori yang berat seperti PUBG Mobile, HP ini kurang cocok.

Test Fitur NFC 

Kami juga menjajal fitur NFC yang ada di Spark 7. Dalam mengaktifkan NFC, Anda harus mengunduh aplikasi pembaca fitur NFC seperti Cek Saldo, NFC File Transfer atau aplikasi dompet digital seperti LinkAja dan OVO.

Fitur NFC di Spark 7 bisa digunakan untuk cek saldo atau top-up saldo di e-money. Caranya, Anda aktifkan terlebih dahulu fitur NFC di menu pengaturan. Lalu tempelkan kartu e-money ke di arah kamera belakang HP, dan pilih aplikasi LinkAja.

Nantinya akan muncul sisa saldo di e-money Anda. Jika ingin mengisi saldo, pilih menu “Top Up Saldo” dan masukkan jumlah saldo yang ingin ditransfer ke e-money.

Review Tecno Spark 7 NFC
Menempelkan kartu e-money ke NFC

Fitur NFC untuk cek saldo atau top up e-money sendiri hasilnya memuaskan. Kami tidak mengalami gangguan ketika menggunakan NFC untuk cek atau top up saldo. Fungsi lainnya adalah untuk transfer data seperti file foto dan video antar smartphone.

Caranya dengan unduh aplikasi NFC Transfer dan pilih  foto dan video yang ingin ditransfer. Lalu Anda tempelkan kamera belakang smartphone ke kamera belakang smartphone yang menjadi penerima. Tunggu beberapa saat sampai transfer berhasil.

Review Tecno Spark 7 NFC
Transfer data lewat NFC

Kelemahan transfer data lewat NFC, durasinya cukup lama sekitar 3 menit. Selain lama, transfer data lewat NFC juga cukup melelahkan karena kami harus menempelkan kedua HP dengan stabil. Jika terpisah sedikit saja, maka proses transfer terganggu.

Kamera 

Tecno Spark 7 NFC
Hasil foto

Spark 7 NFC memiliki kamera utama 16 MP dan AI Camera 2.0 serta kamera depan 8 MP. Di dalam kamera tersebut disematkan fitur pendukung yang tidak terlalu banyak seperti AI CAM, Portrait Mode, Beautiful Mode, hingga Night Mode.

Kami menjajal kamera depan dan kamera belakang, dan fitur pendukung. hasilnya cukup memuaskan. AI Cam mampu menghasilkan foto dengan cahaya dan fokus yang baik.

Lensa kamera akan menyesuaikan dengan suasana dan objek foto agar hasilnya maksimal. Lalu ada juga Portrait Mode. Mode ini mampu memberikan efek bokeh kepada objek foto baik, saat pengambilan gambar lewat kamera belakang atau depan.

Portrait Mode cocok digunakan untuk memfoto objek tumbuhan seperti bunga atau objek manusia.Ada juga Night Mode. Fitur ini sudah ada secara otomatis di AI Cam.

Baca juga: Tecno Spark 8 Meluncur, Harga Sejutaan dengan Desain Kekinian

Jadi, saat mengambil gambar di malam hari, pilih menu AI Cam dan nantinya akan muncul notifikasi bahwa Night Mode telah aktif.  Hasil foto Night Mode, sendiri kurang memuaskan karena objek foto kurang fokus dan realistis.

Hasil Beautiful Mode, juga kurang memuaskan. Kami tidak menemukan perbedaan antara hasil foto AI Cam atau Beautiful Mode. Untuk lebih jelasnya berikut ini hasil kamera dari Tecno Spark 7 NFC.

Tecno Spark 7 NFC
Hasil foto AI Cam

Foto Tecno Spark 7 NFC
Hasil foto AI Cam

Hasil Foto Tecno Spark 7 NFC

Foto portrait mode kamera belakang

Hasil foto Tecno Spark 7 NFC
Hasil Portrait Mode kamera depan

Hasil Foto Tecno Spark 7 NFC
Hasil Night Mode

Hasil Foto Tecno Spark 7 NFC
Hasil foto Night Mode

Hasil Foto Tecno Spark 7 NFC
Hasil foto Beautiful Mode

Kesimpulan 

Tecno Spark 7 NFC
Kesimpulan

Tecno Spark 7 NFC harganya cukup terjangkau. Spark 7 NFC dibanderol dengan harga Rp 1,3 jutaan, dan sudah tersedia secara secara eksklusif di JD.iD mulai tanggal 2 September 2021.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Tecno Camon 17 yang Baru Diluncurkan

Walaupun menawarkan baterai yang besar, kami merasa performa HP ini kurang maksimal terutama untuk bermain game. Lalu kualitas suara di Spark 7 NFC juga kurang keras,  sehingga Anda harus menggunakan headset atau TWS ketika streaming video atau lagu.

Terlepas dari itu semua, bagi Anda yang ingin mencari HP 1 jutaan dengan baterai yang besar, Spark 7 NFC bisa menjadi pilihan yang tepat.

Kelebihan 

+ Desain menarik

+ Baterai besar

+ Ada fitur NFC

Kekurangan 

– Performa standar

– Tidak ada fitur fast charging

– Tidak ada pelindung layar

– Tidak ada speaker khusus

TELSET RATING: 7/10

SPESIFIKASI TECNO SPARK 7 NFC
Rilis September 2021
Network GSM/GPRS/EDGE/WCDMA/HSPA+/LTE
OS Android 11 GO
Chipset MediaTek Helio A25 (12 nm)
CPU Octa-core (4×1.8 GHz Cortex-A53 & 4×1.5 GHz Cortex-A53)
GPU PowerVR GE8320
RAM 2 GB
Storage 32 GB
Dimensi 164,8 x 76,1 x 9,5 mm (6.49 x 3.00 x 0.37 in), 210 g
Layar IPS LCD 6,5 inci, 720 x 1600 piksel, aspek rasio 20:9
Kamera Utama 16 MP, AI – QVGA
Kamera Depan 8 MP
Beterai 5000mAh
Warna Magnet Black, Spruce Green, AlpsBlue
Harga Rp 1,3 jutaan

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0