telset

Review Tecno Spark 7 Pro: Spek Kencang, Kamera Kurang Maksimal

Telset.id – Tecno menggebrak pasar Indonesia melalui HP Tecno Spark 7 Pro. Tim Telset sudah melakukan review untuk mengetahui performanya. Bagaimana hasilnya? Langsung simak hasil review Tecno Spark 7 Pro berikut ini.

Tecno Spark 7 Pro merupakan merek baru di Indonesia. Sebelumnya Tecno sudah lama dikenal di pasar Afrika. Tecno juga melakukan ekspansi di negara India, Turki, dan Uni Emirat Arab (UEA).

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Tecno Camon 17 yang Baru Diluncurkan

Namun, di tahun ini Tecno mulai berkompetisi di Indonesia dengan membawa Tecno Spark 7 Pro. Kira-kira bagaimana ya desain dan performa dari Spark 7 Pro ini. Yuk disimak artikel review ini sampai selesai.

Desain

review Tecno Spark 7 Pro
Spark 7 Pro

Review Spark 7 Pro akan kita mulai dari membahas desainnya. Ponsel yang satu ini memiliki dimensi yang cukup besar, yakni 164.9 x 76.2 x 8.8 mm, dengan bobot mencapai 193 gram.

Dari sisi materialnya, Tecno Mobile menggunakan bahan polikarbonat sehingga tidak licin ketika dipegang. Walaupun ukurannya lebar dan berat, desain Spark 7 Pro bisa kami bilang tergolong bagus. Smartphone ini menawarkan tiga varian warna, Magnet Black, Alps Blue dan Spruce Green.

Dalam pengujian ini, tim Telset mendapatkan varian warna Magnet Black, yang menurut kami warna dan desainnya cukup unik dan menarik. Keunikan desain Spark 7 Pro dapat dilihat dari bagian belakang dengan tiga kamera yang tersusun secara vertikal di kiri atas. Pada bagian bawah kameranya ada tulisan Spark untuk mempertegas identitas merek.

review Tecno Spark 7 Pro
Bagian bawah HP

Sedangkan di bagian tengah terdapat menu fingerprint, yang diberikan untuk keamanan data pengguna di HP Spark 7 Pro. Demi mempertegas identitas smartphone, disematkan juga tulisan Tecno di bagian kanan bawah.

Beralih ke bagian depan, ponsel ini memiliki layar berukuran 6,6 inci, dengan menempatkan kamera depan di sisi kiri atas layar. Lalu pada bagian sisi kanannya, disematkan tombol power dan volume.

Di bagian bawah terdapat Microphone, Audio Jack 3.5 mm, Micro USB dan Speaker. Sedangkan di bagian slot dual SIM dan Micro SD, serta bagian atas tidak ada tombol atau port apapun sehingga tampak lebih mulus.

Layar 

review Tecno Spark 7 Pro
Layar HP

Layar Spark 7 Pro menggunakan panel layar IPS ukuran 6,6 inci dengan rasio layar ke bodi berkisar 89,5%. Resolusi layarnya HD+ dengan refresh rate 90 Hz dan touch refresh rate 180 Hz.

Dengan spesifikasi layar seperti itu Spark 7 Pro menawarkan pengalaman yang mengesankan ketika bermain PUBG Mobile, ataupun melakukan streaming video YouTube.

Sayangnya layar Spark 7 Pro tidak dilindungi oleh perangkat pelindung seperti Gorilla Glass, sehingga Anda harus berhati-hati dalam memakai ponsel ini.

Spesifikasi dan Performa

Tecno Spark 7 Pro diteganagai chipset Mediatek Helio G80 (12 nm) dengan Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55). Untuk RAM, tersedia varian RAM 6GB dan memori 64GB, yang bisa upgrade hingga 512GB dengan Micro SD.

Baca juga: Tecno Camon 17 Pro & Tecno Camon 17 Rilis di India dengan Kamera 64MP

Dengan chipset Media Tek dan RAM 6GB, performa Spark 7 Pro bisa dibilang cukup kencang sebagai HP entry level. Untuk menguji performa ponsel ini Tim Telset menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark, PC Mark dan 3D Mark.

AnTuTu Benchmark 

Berdasarkan hasil AnTuTu Benchmark, Spark 7 Pro mendapatkan poin 24.7399. Dengan skor diatas 20 ribu poin tersebut, membuat ponsel ini sangat cocok untuk aktivitas sehari-hari. Mulai dari berkomunikasi menggunakan aplikasi WhatsApp, mengakses Instagram hingga bermain PUBG Mobile.

antutu Tecno Spark 7 Pro
Hasil Antutu

PC Mark

Lalu berdasarkan hasil uji performa menggunakan aplikasi PC Mark, skor Work 3.0 Performance Spark 7 Pro menembus angka 8652 poin. Artinya perfoma HP ini bisa menunjang kegiatan Anda mulai dari bekerja hingga bermain game.

pc mark Tecno Spark 7 Pro
Hasil PC Mark

3D Mark 

Hasil yang tidak jauh berbeda dari aplikasi 3D Mark. Dari pengujian performa model Sling Shot dan Sling Shot Extreme, Tecno Spark 7 Pro mendapatkan skor 1813 dan 1371.

Kemudian untuk pengujian model Wild Life dan Wild Life Extreme, ponsel asal China ini mendapatkan skor 692 dan 176 poin.

model Wild Life dan Wild Life Extreme Tecno Spark 7 Pro
Uji performa lewat 3D Mark

Uji performa ini menunjukan bahwa Spark 7 Pro menawarkan performa yang tangguh kepada pengguna. Dengan RAM yang besar, HP ini dapat Anda gunakan untuk mengunduh banyak aplikasi ataupun game favorit.

Uji performa Spark 7 Pro juga sesuai dengan pengalaman saya ketika menggunakan ponsel untuk beraktivitas. Saya tidak menemukan kendala yang berarti saat menggunakan HP ini untuk streaming video, bermain game ataupun sekedar membuka aplikasi media sosial.

Performa Baterai 

Tecno Spark 7 Pro merupakan ponsel dengan daya baterai Li-Po 5000 mAh. Sayangnya baterai yang besar ini tidak didukung oleh teknologi Fast Charging sehingga proses pengisian cukup lama.

Menurut hasil pengujian yang dilakukan untk mengisi baterai dari 17% ke 100% membutuhkan waktu 3,5 jam. Lalu berdasarkan pengujian dengan menggunakan HP untuk aktivitas seperti bermain game, streaming YouTube dan lagu, baterai mampu bertahan sekitar 12 jam.

Merujuk pada hasil tersebut kemungkinkan kalian harus melakukan 2 kali pengisian daya saat kalian aktif menggunakan Tecno Spark 7 Pro.

Test Gaming 

Dalam menguji performa HP, kami juga melakukan pengujian dengan cara memainkan game PUBG di Spark 7. Kami mencobanya dengan setting grafis ultra, resolusi layar high, dan FPS High.

Hasilnya memuaskan. Sepanjang permainan kami tidak mengalami terjadinya lag atau gangguan di Spark 7 Pro. Berdasarkan hasil pengujian ini Tecno Spark 7 Pro bisa dikatakan cocok untuk Anda yang suka bermain game.

Kamera 

review Tecno Spark 7 Pro
Tampilan kamera

Tecno Spark 7 merupakan HP triple camera dengan kamera utama 48 MP.  Lalu untuk mendukung kamera utama, disematkan pula portrait camera 2MP dan QVGA.  Bagi kalian yang suka selfie, disematkan juga kamera depan 8MP.

Di kamera depan maupun belakang, disematkan pula fitur-fitur unggulan seperti Macro Camera, Portrait Mode dan juga Super Night Shot. Macro Camera merupakan fitur yang membuat hasil foto menjadi lebih tajam untuk objek foto seperti benda dan tumbuhan.

Lalu Portrait Mode adalah fitur yang mampu menghasilkan foto menjadi lebih fokus ke objek foto. Sedangkan fitur Super Night Shot, adalah fitur yang memungkinkan Anda mendapatkan hasil foto yang lebih tajam ketika di malam hari.

Hasil fotonya cukup memuaskan. Kamera utama atau 48M AI Triple Camera mampu menghasilkan foto yang tajam. Berkat teknologi AI, kamera dapat secara otomatis mengatur pencahayaan sehingga foto semakin detail.

Hasil yang tidak jauh berbeda juga ada di Portrait Mode. Di fitur ini Anda bisa melakukan selfie dengan efek bokeh yang maksimal. Pada kamera belakang, fitur Macro Mode juga mampu menghasilkan foto yang bokeh untuk objek manusia ataupun tumbuhan.

Kemudian pada fitur Super Night Shot mampu memberikan foto yang cukup bagus. Namun fitur Super Night Shot kurang memberikan hasil foto yang detail, dan pencahayaan pada foto terlalu terang. Berikut ini hasil foto Tecno Spark 7 Pro.

Hasil Portrait Mode Tecno Spark 7 Pro
Hasil Portrait Mode

Hasil Macro Mode Tecno Spark 7 Pro
Hasil Macro Mode

hasil kamera utama Tecno Spark 7
Hasil foto kamera utama 48MP

Tecno Spark 7 Pro
Hasil Foto Super Night Shot

Tecno Spark 7 Pro
Hasil Foto Super Night Shot

Kesimpulan

Tecno Spark 7 Pro Mengenai harga, Tecno Spark 7 Pro dibandrol dengan Rp 1,8 jutaan. Harga yang cukup terjangkau untuk ponsel dengan baterai besar, RAM besar dan juga prosesor yang mumpuni.

{Baca juga: Harga Sejutaan, Tecno Spark 7 Pro Meluncur dengan RAM 6 GB}

Walaupun menawarkan baterai dan RAM yang besar, kami merasa kualitas kamera masih nanggung terutama di Super Night Shot. Terlepas dari itu semua, bagi Anda yang  ingin mencari HP 1 jutaan dengan RAM besar, bisa membeli HP ini.

Kelebihan 

+ Desain menarik

+ Baterai besar

+ Triple camera

+ RAM besar

+ Spek mumpuni

Kekurangan 

– Foto dari Super Night Shot Mode kurang memuaskan

– Tidak ada fitur Fast Charging

– Tidak ada pelindung layar

TELSET RATING: 8/10

SPESIFIKASI TECNO SPARK 7 PRO
Rilis Juni 2021
Network 2G, 3G, 4G
OS Android 11, HIOS 7.5
Chipset Mediatek Helio G80 (12 nm)
CPU Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55)
GPU Mali-G52 MC2
RAM 6 GB
Storage 128GB
Dimensi 164.9 x 76.2 x 8.8 mm (6.49 x 3.00 x 0.35 in)
Layar 6.6-inch IPS LCD, 720 x 1600 pixels, 90Hz refresh rate
Kamera Utama 48 MP (wide), 2 MP, QVGA
Kamera Depan 8 MP
Beterai 5000mAh
Warna Alps Blue, Spruce Green, Neon Dream, Magnet Black
Harga Rp 1,8 jutaan

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0