telset

Review Tecno Pova 2: Kamera Biasa Saja, Baterai Tahan Lama

Telset.id – Nama Tecno mungkin masih terdengar asing di telinga para smartphone enthusiast di Indonesia. Tidak heran karena brand ini belum lama memulai debutnya. Kali ini, kami memperoleh kesempatan untuk review Tecno Pova 2, salah satu smartphone anyar yang dihadirkan Tecno untuk konsumen di Tanah Air.

Tecno Pova 2 datang dengan menawarkan keunggulan di segi kapasitas baterainya yang sangat besar. Tidak tanggung-tanggung, HP terbaru Tecno ini menggendong baterai berkapasitas 7.000 mAh.

Tentu tak banyak smartphone yang menawarkan kapasitas baterai sebesar ini di pasaran. Sekilas, smartphone ini sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan Anda yang sehari-harinya banyak berkutat dengan ponsel pintar.

Baca Juga: Tecno Pova 2 Debut di Indonesia

Dibanderol dengan harga hanya Rp 2 jutaan, membuat Tecno Pova 2 mungkin dilirik banyak konsumen di Tanah Air.

Buat Anda yang penasaran dengan kinerja dari smartphone debutan ini, yuk langsung saja simak review Tecno Pova 2 persembahan redaksi Telset. Enjoy!

Desain

Tecno Pova 2

Pembahasan review Tecno Pova 2 kita mulai dari desain. Meski masih mengadopsi frame kamera berbentuk kotak seperti smartphone masa kini pada umumnya, namun mereka cukup percaya diri untuk tampil beda dengan desain yang diterapkannya.

Pada bagian back cover yang menggunakan material plastik atau polikarbonat, Tecno Pova 2 menerapkan finishing yang menurut kami cukup keren.

Warna dasar yang menampilkan tekstur bergaris yang unik, ditiban dengan sentuhan garis panjang yang melintang dari atas ke bawah dan akan berpendar ketika tertimpa cahaya. Desain yang menurut kami terasa cukup segar.

Baca Juga: Review Tecno Spark 7 NFC: Baterai Besar, Performa Standar

Dimensi smartphone ini juga cukup lebar dan punya bobot yang sedikit berat. Kami menganggapnya sebagai kewajaran, yang mana merupakan imbas dari kapasitas baterai besar yang diembannya.

Maka dari itu, smartphone ini mungkin kurang cocok untuk pengguna wanita atau Anda yang memiliki tangan berukuran kecil. Sebab, pengoperasian dengan satu tangan agak merepotkan, karena akan cukup sulit menjangkau keseluruhan layar.

Tecno Pova 2

Sementara untuk ketebalan bodinya berada di kisaran 9,62mm. Grip-nya tetap terasa nyaman di genggaman dan build quality yang bagus.

Terpasang juga sensor pemindai sidik jari di bagian sisi, terintegrasi dengan tombol power dan sejajar dengan tombol volume. Di sisi bawah tersemat port charging USB Type C. Sedangkan speaker terpisah di bagian atas.

Slot SIM ejector tertanam di sisi kiri dan sanggup memuat dua SIM card, serta satu microSD sekaligus. Tecno Pova 2 tersedia dalam tiga varian warna yang berbeda, yakni Polar Silver, Energy Blue dan Dazzle Black.

Layar 

review tecno pova 2

Menyesuaikan dimensi bodinya yang juga lebar, Tecno Pova 2 mengusung layar yang tergolong cukup luas. Terbentang layar dengan ukuran 6,9 inci beresolusi Full HD+.

Ukuran layar seluas ini menurut kami begitu nikmat ketika digunakan untuk bermain game atau streaming film. Sudut pandang jadi terasa lebih lega.

Sayang kenikmatannya agak berkurang karena refresh rate layar masih tertahan di 60Hz, sehingga transisi konten masih terasa kurang halus terlebih saat bermain game. Meski demikian, touch sampling rate-nya sudah di 180Hz.

Baca Juga: Review Tecno Spark 7 Pro

Untuk urusan audio, Tecno hanya memberikan speaker berjenis mono. Grill speaker ini dipasang di sisi bagian atas. Sayang, kualitas audionya menurut kami terasa cukup medioker.

Semburan suara yang dikeluarkan terasa sangat flat. Walaupun tidak pecah di volume tertinggi, tapi kami sama sekali tidak merasakan suara yang terdengar kaya dari speakernya.

Kondisi ini jelas mengurangi pengalaman entertainment yang ditawarkan Tecno Pova 2. Kecuali jika Anda memang bukan tipe pengguna yang terlalu peduli dengan urusan audio dari speaker smartphone.

Spesifikasi dan Performa

HP Tecno

Tecno Pova 2 ditenagai chipset MediaTek Helio G85. Chipset ini diluncurkan pada tahun 2020 yang lalu dan memiliki arsitektur 12nm.

Helio G85 menggunakan konfigurasi prosesor delapan inti dengan dua inti berkecepatan tinggi clockspeed 2.0 GHz, dan enam inti dengan clockspeed 1.8 GHz.

Chipset ini juga memiliki fitur HyperEngine yang diklaim akan dapat membantu meningkatkan performa pada smartphone saat sedang digunakan untuk bermain game.

Baca Juga: 8 Fitur Chipset MediaTek Helio G85

Tidak cuma layar dan baterainya saja yang besar, kapasitas RAM dan memori internalnya juga demikian. Pada unit yang kami review ini memiliki RAM 6 GB dan memori internal 128 GB.

Mengukur performanya untuk disajikan dalam bentuk angka, kami telah melakukan serangkaian uji coba dengan menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark, PC Mark dan juga 3D Mark.

Pada hasil pengujian benchmark dengan menggunakan aplikasi AnTuTu, smartphone ini berhasil meraih skor sebesar 252.247 poin. Skor rata-rata dari smartphone yang menjalankan Helio G85.

Screenshot_20210921-171419

Kemudian pada pengujian kedua dengan aplikasi PC Mark, Tecno Pova 2 dapat mengantongi skor sebesar 8.319 poin. Pengujian ini melihat kemampuan smartphone untuk penggunaan sehari-hari, semakin tinggi poin tentu semakin bagus.

Screenshot_20210921-152302

Terakhir pengujian kemampuan grafis dengan menggunakan 3D Mark. Tiga mode kami gunakan untuk pengujian, Wild Life, Sling Shot dan Sling Shot Extreme.

Pada Wild Life, smartphone ini berhasil meraih skor 718. Sementara untuk Sling Shot Extreme meraih poin 1.394 poin. Sedangkan untuk Sling Shot mendapatkan skor 1.841 poin.

Screenshot_20210923-131412

Untuk pengalaman selama menggunakan smartphone ini sebagai daily driver, berbagai proses multitasking bisa berjalan lancar. Sistem operasinya menjalankan Android 11 yang dilapisi HiOS 7.6.

Kami cukup terganggu dengan banyaknya aplikasi bloatware yang ada di aplikasi ini, kebanyakan tidak dibutuhkan. Sayangnya, aplikasi ini bahkan tidak bisa dihapus karena sudah menjadi bagian dari sistem.

Terus, gimana dengan performa gamingnya? Kami sudah menjajal memainkan berbagai game seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile.

Seperti di PUBG Mobile Legends misalnya, pengaturan tertinggi yang bisa didapat berupa grafik HD dan frame rate high. Meski belum mentok kanan, tetapi kami cukup puas dengan kemampuan HP harga Rp 2 jutaan ini untuk bermain game.

Baterai

Ini bagian yang menjadi keunggulan dari Tecno Pova 2. Kapasitas baterai mencapai 7.000 mAh ini membuat kami lebih bebas menggunakan smartphone tanpa khawatir bakal cepat habis.

Saat kami uji daya tahan baterainya dengan menggunakan aplikasi PC Mark, smartphone ini mencatatkan screen on time selama 21 jam 52 menit dengan baterai sisa 19%.

Screenshot_20210923-044805

Ini berarti Anda bisa menggunakan smartphone ini hampir 24 jam non stop. Jika dengan penggunaan normal, berarti smartphone ini bisa Anda gunakan selama sekitar 2 hari hanya dengan sekali pengisian daya.

Sayangnya, baterai dengan kapasitas besar ini tidak diimbangi dengan teknologi fast charging yang mumpuni. Sebab, Tecno hanya menyediakan teknologi pengisian daya 18W saja.

Saat kami coba mengisi daya dari 2% sampai 100%, kami menghabiskan waktu selama sekitar 3 jam.

Kamera

Kamera Tecno Pova 2

Tecno Pova 2 mengusung empat kamera belakang. Komposisinya terdiri dari kamera utama 48 MP, kamera makro 2 MP, kamera depth 2 MP dan 0,3 MP AI Lens. Sedangkan di bagian depan terpasang kamera 8 MP.

Jika Anda jeli, smartphone ini tidak memiliki lensa ultra wide. Mereka lebih memilih membenamkan AI Lens dibanding lensa ultra wide. Mungkin saja sektor kamera bukan jadi prioritas utama.

Terkait hasil, kamera utamanya cukup lumayan apabila mengambil gambar dengan kondisi ruangan yang cerah. Namun jika cahayanya agak kurang, detail foto akan terlihat menurun, begitu juga dengan warna objek yang kurang terpancar.

IMG_20210923_170236_300

IMG_20210923_170547_437

IMG_20210923_173742_290

Pengambilan gambar dengan mode portrait cukup membuat kami jengkel. Sebab, fokus ke objek sangat sulit didapat. Untungnya hasil foto portrait tidak begitu mengecewakan, karena tepian objek yang di-blur cukup rapih.

IMG_20210923_163524_190

Untuk kemampuan makronya, kamera bisa dengan cepat mengunci fokus dari jarak dekat. Tetapi hasil fotonya tergolong standar. Detail dan dan warna foto yang dihasilkan kurang maksimal.

IMG_20210923_163542_096

Lalu bagaimana dengan kemampuan kamera depannya? Untuk kamera depannya cukup lumayan, hanya saja untuk kondisi tempat selfie yang cukup cahaya. Jika cahaya kurang, hasil selfie-nya agak mengecewakan.

IMG_20210923_172911_406

Overall, untuk kemampuan kamera dari Tecno Pova 2 menurut kami kurang begitu memuaskan.

Kesimpulan

Setelah menyelesaikan review Tecno Pova 2, kami menilai Tecno Pova 2 jadi pilihan smartphone baru yang cukup menarik di segmen harga Rp 2 jutaan, kecuali kameranya.

Suguhan performa dari Helio G85 lumayan memuaskan, baik untuk penggunaan sehari-hari ataupun gaming casual. Ditambah dengan daya tahan yang disuguhkan dari baterai 7.000 mAh membuat Anda tak perlu khawatir kehabisan daya.

So, buat Anda yang penasaran dan ingin mencoba menggunakan smartphone besutan Tecno, rasanya tak salah jika memilih seri Tecno Pova 2. Terutama bagi Anda yang butuh smartphone dengan baterai dan display yang besar.

Tetapi jika Anda mengingkan smartphone dengan kamera yang mumpuni, kami sarankan untuk Anda bisa mencari opsi smartphone lainnya.

Kelebihan Tecno Pova 2

  • Layar Besar
  • Baterai Besar
  • Daya Tahan Lama
  • Performa Bisa Diandalkan

Kekurangan Tecno Pova 2

  • Suara speaker flat
  • Durasi charging lama
  • Hasil kamera kurang memuaskan

TELSET RATING: 8/10

SPESIFIKASI TECNO POVA 2
Network 2G, 3G, 4G
OS Android 11, HiOS
Chipset MediaTek Helio G85
CPU Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55)
GPU Mali G52
RAM 6 GB
Memori 128 GB
Dimensi 173.3 x 78.8 x 9.6 mm
Layar IPS LCD 6,9 inci Full HD+
Kamera Utama 64 MP + 2 MP + 2 MP + AI Lens
Kamera Depan 8 MP
Baterai 7.000 mAh
Warna Polar Silver, Power Blue, Dazzle Black
Harga Rp 2,4 jutaan

 

Video Review Tecno Pova2:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0