telset

Review Singkat Oppo A95: Desain Cantik, Spesifikasi Ciamik

Telset.id – Oppo A95 resmi melenggang di Indonesia dengan membawa kelebihan pada spesifikasi, baterai dengan kapasitas jumbo dan fast charging, serta kamera yang mumpuni. Berikut ini tim Telset telah merangkum spek lengkap dan harga dari HP Oppo terbaru ini dalam review singkat Oppo A95 di Indonesia.

Setelah dua tahun tak kunjung dihadirkan di Indonesia, Oppo akhirnya memboyong suksesor Oppo A92 di penghujung tahun 2021. Oppo A95 membawa beragam kelebihan yang mencakup dapur pacu, baterai, kamera, bahkan sampai ke bagian desain dan daya tahan.

Penasaran seperti apa sebenarnya HP terbaru Oppo yang baru meluncur di Indonesia ini? Berikut review singkat Oppo A95 khas tim redaksi TelsetCheck this out!

Desain Menarik, Daya Tahan Jempolan

Oppo A95 desain layar IPX4

Desain HP Rp 3 jutaan ini mengingatkan kami dengan desain Reno Glow dari Oppo Reno6, karena memiliki kilauan halus, bebas sidik jari, dan anti gores. Khusus untuk seri A, pabrikan asal China tersebut menamainya dengan nama Oppo Glow.

Oppo Glow ini memadukan warna bertekstur matte dengan warna yang terlihat eye-catching. Selain anti jejak sidik jari dan tahan gores, sesain ini membuat smartphone terasa sangat halus dan nyaman dipegang.

Smartphone ini hadir dengan dua pilihan warna, yakni Glowing Rainbow Silver bercorak gradasi yang cantik dan Glowing Starry Black dengan lapisan hitam yang elegan.

Secara pengalaman penggunaan, HP Rp 3 jutaan ini pun menjadi smartphone yang nyaman digenggam dengan satu tangan. Bobotnya ringan dan ukurannya pun pas. Di atas kertas, smartphone ini memiliki ketebalan 7,95mm dan berat 175 gram.

Tak cuma cantik, ponsel pintar Oppo ini juga dibuat dengan build quality jempolan. Daya tahan bodinya terbilang sangat baik di kelasnya, karena smartphone ini telah melalui berbagai macam tes ketahanan.

Beberapa pengujian di antaranya seperti jack audio ponsel yang dites 10 ribu kali plug-in dan plug-out, tombol power yang dites tekan sebanyak 500 ribu kali, sampai port USB-C yang diuji plug-in dan plug-out sebanyak 20 ribu kali.

HP Oppo terbaru ini juga mampu melewati 150.000 kali uji tekan tombol volume, dengan asumsi pemakaian normal sampai 8,2 tahun.

Baca juga: Oppo A95 Sukses Lewati Uji Ketahanan Ekstrem

Dua tes skala ekstrem juga dilakukan, seperti 28.000 kali uji jatuh setinggi 10 cm dan pengujian 14 hari di bawah suhu tinggi 65℃ dan kelembapan 90%RH.

Oppo A95 juga menjadi  salah satu ponsel kelas menengah dari Oppo yang mengantongi sertifikasi IPX4. Secara teori, smartphone ini bisa bertahan dari cipratan air hingga kemiringan maksimal 60° dari posisi vertikal.

Membahas soal layar, Oppo A95 mengusung layar AMOLED dengan luas 6,43 inci. Resolusi layarnya Full HD+ dengan rasio yang tergolong tinggi mencapai 90,8%. Tepat sudut kiri atas layarnya, terdapat lubang kamera berukuran mini sebagai tempat bagi kamera selfie 16MP.

Layar ini dibekali dengan ragam fitur untuk memaksimalkan pengalaman dari pengguna. Misalnya saja, AI Smart Backlight dan DC Dimming yang memastikan pengalaman visual yang lebih nyaman sepanjang hari dan dapat menjaga kesehatan mata.

Spesifikasi Oppo A95, Punya Baterai Jumbo dengan Fast Charging

Spesifikasi baterai fast charging Oppo A95

Review Oppo A95 berlanjut ke sektor spesifikasi. Oppo A95 ditenagai oleh prosesor Snapdragon 662, RAM 8 GB, memori penyimpanan 128 GB, serta baterai dengan kapasitas 5.000 mAh.

RAM 8 GB dari Oppo A95 pun bisa “diperluas” dengan memanfaatkan sebagian kecil memori penyimpanan smartphone. HP terbaru Oppo ini mendukung fitur RAM Expansion di mana pengguna dapat menambah RAM bawaan sampai 5 GB, sehingga smartphone ini memiliki RAM total hingga 13 GB.

Bukan hanya ditopang baterai jumbo saja, Oppo A95 pun didukung dengan teknologi fast charging 33W. Dari tes yang dilakukan Oppo, teknologi ini dapat mengisi penuh baterai dari 0% dalam waktu 72 menit saja.

Demi keamanan, Oppo juga menambahkan serangkaian fitur perlindungan baterai yang membuat proses pengisian daya lebih aman dan nyaman bagi pengguna. Sebut saja Battery Guard yang melindungi pengisian daya semalaman secara cerdas dengan menyesuaikan kebiasaan pengguna.

Lewat teknologi AI atau kecerdasan buatan, fitur ini bakal mengisi daya baterai sampai 80% dan 20% sisanya akan terisi satu jam sebelum pengguna bangun.

Kemudian ada Charging Heat Control yang memantau pembuangan panas dan mengontrol suhu perangkat saat mengisi daya untuk mengurangi masalah yang timbul terkait keamanan pengisian daya.

Fitur lainnya, adalah Super Power Saving Mode dan Super Nighttime Standby yang berguna untuk memaksimalkan masa pakai baterai di saat-saat terpenting.

Kamera Oppo A95 dengan Ragam Kelebihan

Kelebihan fitur kamera Oppo A95

Oppo A95 dilengkapi dengan tiga kamera belakang dan satu kamera depan. Kamera belakangnya terdiri dari kamera utama dengan sensor 48MP, kamera depth 2MP, dan kamera makro 2MP. Sedangkan kamera depan, menggunakan kamera selfie 16MP.

Untuk memaksimalkan potensi dari spesifikasi kamera Oppo A95, terdapat fitur bernama AI Scene Enhancement yang memudahkan pengguna untuk memotret objek sesuai kebutuhan fotografi mereka.

Fitur berbasis kecerdasan buatan ini dapat secara cerdas mengenali berbagai skenario pemotretan, seperti makanan, bunga, matahari terbenam, dan lain sebagainya. Fitur inipun mampu mengoptimalkan warna, saturasi, dan kecerahannya.

Baca juga: 5 Fitur Video di Kamera Oppo A95

Lalu, ada Night Mode yang membantu pengguna menangkap foto malam yang lebih terang dan jernih. Hebatnya, kamera selfie Oppo A95 pun mendukung fitur foto malam ini.

Fitur kamera lainnya, ponsel ini mampu merekam video hingga 1080p atau 720p di frame rate 30 FPS. Kamera utama HP Rp 3 jutaan ini juga sudah dilengkapi dengan fitur penstabil gambar EIS atau electronic image stabilization.

Lalu, ada fitur Slo-mo 120 FPS yang memudahkan pengguna merekam momen yang berjalan dengan cepat dan ditayangkan dalam kecepatan rendah. Mutu video slow motion-nya pun terbilang optimal.

Kelebihan lainnya dari kamera Oppo A95 adalah AI beautification, Steady Video, sampai aplikasi editor video bawaan bernama Soloop.

ColorOS 11.1 Kaya Fitur

Sistem operasi ColorOS 11.1 Oppo A95

Oppo A95 berjalan di atas sistem operasi ColorOS 11.1 berbasis Android 11 terbaru. OS ini tak hanya disematkan fitur untuk meningkatkan produktivitas pengguna saja, tapi juga memiliki fitur untuk memaksimalkan pengalaman gaming.

Ada fitur bernama FlexDrop yang memastikan kelancaran multi-tasking. Kemudianm ada Private Safe yang membantu mencegah orang lain selain pengguna mengakses gambar pribadi, video, audio, dokumen, dan file lainnya.

Baca juga: Review Sistem Operasi ColorOS 11

Khusus untuk gaming, sudah pasti ada aplikasi Game Space untuk menambah pengalaman main game para pengguna. Performa Snapdragon 662 pada Oppo A95 pun lebih meningkat dan stabil berkat teknologi Hyper Boost, tanpa mengorbankan konsumsi daya baterai.

Harga Oppo A95 di Indonesia

Harga Oppo A95

Oppo A95 di Indonesia dijual dengan harga Rp 3,9 jutaan. Pre order Oppo A95 di Indonesia akan dimulai pada 18 sampai 25 November di Shopee, Lazada, dan Oppo Official Store. Selama masa pemesanan, pengguna akan mendapatkan tambahan berupa A95 Audio Ball senilai Rp 399 ribu.

Sementara penjualan perdananya akan dimulai pada 26 November mendatang. Oppo A95 bisa didapatkan secara luring melalui jaringan Oppo Store atau toko-toko yang menjual smartphone Oppo di seluruh Indonesia.

Secara daring pun bisa didapatkan melalui aplikasi Oppo Store atau official store di e-commerce Shopee dan Lazada. Itu dia review singkat dari Oppo A95 yang sudah resmi dipasarkan di Indonesia, semoga bermanfaat bagi Anda ya! (MF)

SPESIFIKASI OPPO A95
Rilis November 2021
Network 2G, 3G, 4G
OS Android 11, ColorOS 11.1
Chipset Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 (11 nm)
CPU Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver)
GPU Adreno 610
RAM 8 GB
Memori 128 GB
Dimensi 160.3 x 73.8 x 8 mm, 175 gram
Layar 6.43 inci AMOLED, FHD+, 60 Hz
Kamera Utama 48MP (wide) + 2MP (depth) + 2MP (macro)
Kamera Depan 16 MP
Baterai 5000 mAh, Fast Charging 33W
Warna Rainbow Starry Black dan Glowing Rainbow Silver
Harga Rp 3,9 jutaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0