Review ColorOS 11: OS Baru, Bikin Ponsel Oppo Lebih Personal

Review Oppo ColorOS 11
Foto: Muhammad Faisal/Telset.id

Telset.id – Oppo menjadi salah satu vendor pertama di luar Google yang merilis sistem operasi terbaru berbasis Android 11, yakni ColorOS 11. Sistem operasi ini datang dengan beragam fitur-fitur Android 11 favorit, dan kami pun berkesempatan untuk review ColorOS 11 selama beberapa hari.

Setidaknya ada tiga hal yang kami soroti selama melakukan review ColorOS 11 berbasis Android 11, yaitu personalisasi, fitur baterai, dan Game Space. 

Nah, berikut ini ulasan kami soal sistem operassi terbaru besutan Oppo dalam review ColorOS 11 berbasis Android 11. 

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Oppo Terbaru}

Dalam review yang terbit kali ini, tim Telset menggunakan Oppo Find X2 Pro yang sudah berjalan di ColorOS 11 Beta. Simak ulasannya berikut ini!

Personalisasi

Review ColorOS 11

Oppo sukses mengembangkan sistem operasi berbasis Android yang lebih mudah dioperasikan dengan satu tangan, serta lebih gampang disesuaikan tampilannya berdasarkan preferensi pengguna, termasuk kami.

Ya, kami menilai kalau Oppo telah sukses merancang ColorOS 11 lebih personal bagi pengguna. Melalui fitur bernama Personalizations, kami dapat dengan bebas mengatur segala hal yang berkaitan dengan tampilan smartphone.

Bisa dibilang, fitur Personalizations adalah pusat dari segala pengaturan tampilan pada ColorOS 11. Fitur ini mencakup penyesuaian Themes, Wallpaper, Always-on Display, Icon styles, App layout, Fingerprint style, Colors, Font & display size, Notification drawer, Edge lightning, hingga Ringtone maker.

Review ColorOS 11

Dalam review ColorOS 11 ini, kami menjelaskan beberapa fitur yang jadi pembeda pada sistem operasi, seperti Theme, Wallpaper, Always-on Display, Font, hingga Edge Lighting..

Theme

Melalui Theme, kami dapat mengubah tema yang sudah tersedia di dalam sistem. Menariknya, Oppo menyediakan banyak sekali tema baru di Theme Store.

Setiap tema yang diunduh dan diterapkan memiliki gaya wallpaper, font, ikon, sampai warna akses yang berbeda-beda. 

Wallpaper

Penyesuaian wallpaper di ColorOS 11 jauh lebih asyik. Pasalnya, ada fitur bernama “Create Wallpapers” yang memungkinkan kami untuk membuat wallpaper berdasarkan foto yang ada di album. 

Fitur berbasis artificial intelligence atau AI ini akan menganalisa warna dari foto di album yang dipilih. Kemudian, sistem akan secara otomatis menghasilkan beberapa wallpaper dengan model berbeda. Warna wallpaper pun akan menyesuaikan dengan foto di album.

Akan tetapi, model wallpaper cenderung itu-itu saja. Hanya warnanya saja yang berubah-ubah sesuai foto yang dianalisa. Semoga Oppo menambahkan lagi model wallpaper pada fitur menarik ini.

{Baca juga: Review Oppo Reno4: Makin Tipis, Makin Canggih}

Always-on Display

Peningkatan cukup signifikan didatangkan Oppo pada fitur ini. Di versi ColorOS sebelumnya, hanya ada beberapa model Always-on Display saja yang bisa diaplikasikan ketika layar mati.

Kini, ColorOS 11 menawarkan setidaknya puluhan mode AOD yang dikategorikan berdasarkan gayanya, yakni pola kustom, teks, teks dan gambar, jam analog, serta jam digital.

Menariknya, kami dapat membuat pola atau model AOD sendiri. Caranya, cukup tekan tombol “+” di bagian Custom Patterns.

Selanjutnya, tinggal pilih saja gaya, warna, dan pola garis sesuai keinginan. Lalu, kami tinggal mengetuk atau menyeret jari pada kanvas kosong dengan model yang ada.

Saran saja buat Oppo, kenapa tidak menyertakan juga opsi GIF pada AOD? Sepertinya akan jauh lebih seru apabila kami bisa memasukkan animasi GIF pada AOD ponsel.

Icon styles

Ada beberapa pilihan paket ikon yang bisa dipilih pada ColorOS 11, yakni Default, Material Style, dan Pebble. Nah, Oppo pun memberikan kebebasan kepada pengguna untuk membuat bentuk ikon sendiri dengan memodifikasi sudut ikon serta ukuran logo aplikasi di bagian dalam ikon.

Font

Berkat Android 11, font standar ColorOS 11 adalah Roboto dari Google. Meski demikian, Oppo lagi-lagi memberikan kebebasan kepada pengguna untuk mengatur font sesuka hati.

Ada opsi font “Oppo Sans” yang dirancang untuk adaptif terhadap sistem. Maksudnya, font ini secara otomatis akan menyesuaikan ukurannya berdasarkan konten yang ditampilkan. 

Ada pula pilihan font lain yang bisa diunduh di Theme Store, jadi kami sebagai pengguna benar-benar dibebaskan untuk melakukan personalisasi ponsel. 

Edge Lighting

Oppo Find X2 Pro tampil dengan desain layar melengkung di tepi kiri dan kanannya. Karena smartphone ini tidak memiliki LED notifikasi, maka Oppo menambahkan efek edge lighting sebagai alternatif.

Efek ini akan menyala ketika kami menerima panggilan telepon atau notifikasi lainnya. Yup! Kami bisa dengan mudah menyesuaikan efek edge lighting sesuai keinginan. Keren!

Fitur Baterai

Satu fitur anyar ColorOS 11 yang kami suka adalah Battery Guard. Fitur ini sangat cocok bagi pengguna yang suka bablas ketiduran sambil ngecas smartphone mereka. Keteledoran ini sangat berbahaya, karena bisa membuat smartphone panas dan berpotensi juga menyebabkan kebakaran.

Nah, Battery Guard mencegah hal-hal yang tidak diinginkan tersebut terjadi. Fitur ini akan secara pintar menghentikan pengisian daya setelah baterai mencapai 80% dari kapasitas maksimumnya apabila pengguna tak sengaja mengecasnya semalaman.

Nah, AI ColorOS 11 akan memprediksi kapan pengguna bangun dengan melihat kebiasaan bangun tidur dari alarm atau kapan biasanya pengguna menyalakan ponsel di pagi hari. 

Sehingga menjelang jadwal bangun tidur pengguna, Battery Guard otomatis akan melanjutkan proses pengisian daya hingga baterai mencapai 100%. 

Selain melindungi pengguna dari kejadian tak diinginkan, battery Guard pun berguna untuk mengurangi keausan baterai selama ratusan siklus pengisian daya.

Selain Battery Guard, ada fitur bernama Super Power Saving juga di ColorOS 11. Fitur ini sebenarnya sudah hadir di ColorOS versi sebelumnya.

Fitur ini memanfaatkan pendekatan seluruh sistem dan menyesuaikan penghematan daya untuk masing-masing aplikasi. Mode ini pun memungkinkan kami sebagai pengguna untuk memilih 6 aplikasi.

Oppo mengklaim bahwa smartphone dengan baterai 4.000 mAh dan kapasitas dayanya tersisa 5 persen dapat digunakan hingga 90 menit untuk pengiriman pesan WhatsApp, sebelum baterainya kemudian mati.

{Baca juga: Review Oppo Reno4 F: Body Tipis, Kinerja Oke untuk ‘Daily Driver’}

Game Space

Secara keseluruhan, Game Space di ColorOS 11 masih sama pengaturannya seperti model OS sebelumnya. Ada Competition Mode yang bisa diaktifkan untuk meningkatkan performa smartphone ketika main game.

Mode ini juga dapat memblokir panggilan telepon, SMS, serta notifikasi lainnya untuk meningkatkan pengalaman gaming pengguna.

Tapi, ada satu mode baru yang bisa diaktifkan pada Game Assisstant saat permainan dijalankan, yakni Immersive Mode. Saat fitur ini aktif, ponsel akan benar-benar difokuskan untuk main game saja

Seluruh notifikasi akan diblokir sementara. Bahhkan, tombol navigasi, power, volume, dan floating windows juga akan dimatikan sementara. Mode ini kami nilai sebagai “level ekstrem” dari Competition Mode yang sebenarnya sudah efektif menjaga dan meningkatkan pengalaman gaming kepada pengguna.

Kesimpulan

Review ColorOS 11

Dua kata yang tepat dari kami selama melakukan review ColorOS 11, yakni lebih personal. Memang banyak fitur baru yang dihadirkan Oppo pada OS berbasis Android 11 ini.

Namun fitur yang benar-benar kami rasakan dampaknya disini adalah personalisasi yang membuat smartphone tidak tampil kaku atau apa adanya. Kami sebagai pengguna dapat mengatur tampilan smartphone “sampai ke akarnya”, mulai dari pewarnaan, font, bahkan sampai AOD.

Di samping itu, kami juga merasakan pengalaman yang smooth.selama menggunakan Oppo Find X2 Pro untuk keperluan review ColorOS 11. Transisi tiap menu, scrolling aplikasi, loading aplikasi, sampai berpindah dari satu aplikasi ke lainnya, terasa lebih cepat. (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here