telset

Review Realme GT Master Edition: Performa Flagship, Desain Eksklusif

Telset.id – Dua tahun lalu, realme membawa X2 Pro Master Edition ke Indonesia dengan tampilan yang amat berbeda. Edisi spesial itu kembali hadir di tahun ini dengan nama realme GT Master Edition. Kami berkesempatan melakukan review ponsel 5G tersebut.

Realme GT Master Edition diluncurkan dengan membawa slogan “Mastery Beyond Speed”. Penyertaan slogan ini bukan tanpa alasan. Perusahaan asal China itu mempersiapkan realme GT Master Edition sebagai HP 5G dengan spesifikasi “flagship killer“.

Tak cuma membawa spesifikasi gahar saja, HP realme terbaru ini tampil dengan desain yang stylish, eksklusif, kaya fitur kamera, dan dijual dengan harga terjangkau.

Tak tanggung-tanggung, realme bahkan menggandeng desainer industrial andal asal Jepang sekaligus perancang merek MUJI bernama Naoto Fukusawa untuk merancang ponsel terbarunya.

Baca juga: Ponsel Desain Koper, Realme GT Master Edition Debut di Indonesia

Desain yang spesial, performa kencang dengan prosesor 5G terbaru, lalu dengan kemampuan kameranya yang ditujukan bagi peminat street photography, bikin realme GT Master Edition menjadi salah satu smartphone 5G yang menarik di tahun ini.

Well, berikut review dan impresi lengkap kami soal realme GT 5G spesifikasi terbaru. Simak ulasannya ya, sob!

Desain Realme GT Master Edition

Review Realme GT Master Edition

Satu pertanyaan ketika kami menerima realme GT Master Edition untuk dilakukan review, “kok bisa realme kepikiran bikin HP modelnya seperti koper?” Pertanyaan tersebut sebetulnya telah muncul dalam benak sejak realme merilis video teaser soal ponsel terbarunya ini di kanal YouTube resmi mereka.

Namun dari penjelasan sang desainer, Naoto Fukusawa, ternyata koper membawa makna tersendiri baginya, terutama di tengah-tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Koper adalah sebuah benda yang sering digunakan oleh orang-orang ketika bepergian. Namun sayangnya, bepergian atau liburan adalah aktivitas yang cukup jarang dilakukan selama pandemi Covid-19 ini.

Hal ini menginspirasinya untuk merancang realme GT Master Edition agar membuat penggunanya secara alami langsung teringat akan liburan, ketika memakai smartphone di keseharian mereka.

Desain koper ini sangatlah out of the box. Pantas rasanya kalau smartphone ini meraih gelar prestisius di penghargaan iF 2021.

Tapi bukan cuma tampil berbeda dan unik saja, HP terbaru realme ini juga sangat nyaman untuk digenggam dengan satu tangan. Beratnya hanya 180 gram dengan ketebalan mencapai 8,7mm saja.

Review Realme GT Master Edition

Belum lagi, bodi belakangnya berbeda dibandingkan smartphone kebanyakan di luar sana yang masih mengusung permukaan datar. Smartphone ini mengusung bodi dengan bahan dasar kulit vegan cekung pertama di industri yang dibuat timbul.

Baca juga: Realme GT Master Edition Menggoda dengan Desain Super Premium

Desain ini memberikan pengalaman tekstur yang terasa nyaman dan mahal. Selain itu, pemakaian bahan kulit vegan membuatnya menjadi “anti jejak sidik jari” dan selalu terlihat bersih.

Realme GT Master Edition yang kami review terlihat makin eksklusif dan spesial dengan adanya bubuhan tanda tangan sang desainer di bodi belakang smartphone, tepat di samping kanan modul kamera.

Review Realme GT Master Edition

Ditambah, realme juga memberikan softcase bawaan dalam paket pembelian dengan desain yang senada dengan bodi belakangnya. Dengan atau tanpa menggunakan softcase ini, smartphone tetap akan tampil berbeda dari yang lainnya.

Review Realme GT Master Edition

Tak seperti bagian belakang, tampang depannya cukup mainstream. Layarnya fullscreen dengan adanya lubang kamera di sudut kiri atas layarnya, mirip realme 8 Pro yang sebelumnya sempat kami review.

Bezel di sekeliling layarnya tampak tipis, dengan aspek rasio yang cinematic 20:9. Berkat desainnya ini, rasio terhadap bodinya pun tergolong luas mencapai 85,3%.

Cukup mengejutkan ponsel setipis ini masih menyertakan salah satu port terpenting yang “dihilangkan” oleh vendor smartphone zaman sekarang, yakni jack audio 3,5mm di bagian bawah. Di sisi yang sama, ada pula port USB-C, mikrofon, dan speaker.

Di sisi kanan, ada tombol power. Sedangkan di sisi kiri, ada slot dual SIM tanpa microSD dan juga tombol volume.

Layar dan Speaker

Review Realme GT Master Edition

Selama kami memakai realme GT Master Edition untuk kebutuhan review, kami sangat menyukai kualitas layar dari ponsel ini. HP terbaru realme ini menggunakan panel Super AMOLED buatan Samsung yang tekenal akan kualitasnya yang bagus.

Panel layar seluas 6,43 inci beresolusi Full HD+ dengan dukungan refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 360Hz. Pengaturan refresh rate dapat ditemukan pada pengaturan layat atau display, sementara untuk sensitivitas layar terdapat di Game Assistant dengan swipe layar ke tengah ketika bermain game.

Hanya ada tiga pengaturan refresh rate yang dapat ditemui, Auto yang dapat menyesuaikan kecepatan refresh layar secara otomatis, Standard untuk 60Hz, dan High untuk 120Hz. Tak ada pengaturan untuk mengaktifkan refresh rate 90Hz di ponsel ini.

Tampilan layar utama, scrolling menu, berselancar di media sosial (Instagram, Facebook, dan Twitter), membuka Gmail, hingga browsing menggunakan Google Chrome, dapat ditayangkan di refresh rate tertinggi 120Hz.

Sementara ketika membuka YouTube, bermain game FPS populer (COD Mobile dan PUBG Mobile), sampai menonton film menggunakan aplikasi, kecepatan refresh layar akan diturunkan ke 60Hz.

Baca juga: 25 Situs Nonton Film Online Gratis, Link Terbaru 2021!

Layar Super AMOLED realme GT Master Edition juga mampu menampilkan warna dengan kontras lebih banyak, berkat 100% DCI-P3. Sebagai pengguna akan dimanjakan saat menonton konten-konten beresolusi tinggi, karena warna yang diperlihatkan sangat baik, detail yang bagus, dan terasa smooth tanpa gangguan.

Hanya saja, HP terbaru realme ini belum mendapatkan sertifikasi HDR10 maupun HDR10+ untuk menayangkan konten dengan kualitas visual terbaik.

Review Realme GT Master Edition

Sementara untuk audio, cukup disayangkan smartphone ini belum disertai dengan speaker stereo. Untungnya, kualitas satu speaker ini tergolong bagus.

Saat kami memutar musik di volume menengah, suara yang dikeluarkan sangat enak untuk didengar. Treble-nya dapat dan bass-nya pun terdengar cukup empuk. Apabila di-set ke volume tertinggi, audio-nya juga tidak terdengar pecah.

Untungnya lagi, realme tetap menyertakan jack audio 3,5mm pada bodi tipis GT Master Edition. Dengan adanya port ini, kami sebagai pengguna dapat menggunakan headset konvensional maupun earphone TWS terbaik untuk menikmati lantunan musik, menonton film, ataupun bermain game.

Performa Realme GT Master Edition

Review Realme GT Master Edition

Spesifikasi Realme GT Master Edition terbilang kencang, dengan ditenagai prosesor Snapdragon 778G yang telah mendukung 5G. Chipset ini menjadi model  Snapdragon 700 Series pertama dengan arsitektur 6nm yang kinerjanya lebih baik dari seri sebelumnya.

Snapdragon 778G memiliki performa CPU dan GPU 40% lebih kencang daripada generasi terdahulu (Snapdragon 768G dan 750G), serta memiliki performa AI yang jauh lebih bagus dengan persentase 123%.

Qualcomm pun menyematkan beberapa fitur khas yang biasanya terdapat di Snapdragon 800 Series, seperti Game Quick Touch dan Variable Rate Shading yang dapat meningkatkan responsivitas sentuhan hingga 20% dan performa masing-masing sebesar 30%.

Prosesor Snapdragon 778G ini dipadukan dengan kapasitas memori dan penyimpanan internal yang besar, 8 GB/256 GB. Namun, tak ada opsi untuk menambah memori penyimpanan, karena realme tidak menyertakan slot microSD pada ponsel terbarunya ini.

Ada beberapa fitur yang berguna untuk meningkatkan kemampuan dari realme GT Master Edition. DRE atau Dynamic RAM Expansion Technology misalnya, yang dapat mengubah memori penyimpanan menjadi RAM virtual dengan besaran 2 GB, 3 GB, hingga 5 GB agar multitasking menjadi lebih lancar.

Baca juga: 10 HP Gaming Rp 5 Jutaan Terbaik Agustus 2021, Siap Libas Semua Game!

Review Realme GT Master Edition

Kemudian ada GT Mode yang bisa meningkatkan kinerja smartphone ke tingkat maksimal. Mode ini dapat menambah performa beberapa sektor ke tingkat maksimal.

Sebut saja, power CPU ke tingkat maksimal, mengatur refresh rate layar ke tingkatan 120Hz, meningkatkan kualitas gambar yang aktif dengan Ultra-Reality, serta mengaktifkan Game Quick Launch, efek visual Ultra-HD, dan juga vibrasi 4D Gaming.

Review Realme GT Master Edition

Fitur GT Mode ini dapat diakses melalui bar notifikasi. Tinggal menyentuh ikon “GT Mode”, otomatis smartphone akan berada di kinerja terbaik untuk keperluan gaming atau aktivitas yang berat.

AnTuTu Benchmark

Untuk menjajal spesifikasi realme GT Master Edition yang di-review, kami menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark versi 9. Kami melakukan tiga kali pengujian, yaitu tanpa fitur DRE dan GT Mode, dengan fitur DRE, dan menggunakan fitur GT Mode.

Dengan mode normal, skor AnTuTu realme GT Master Edition mencapai 536 ribuan poin. Sementara dengan fitur RAM Expansion 5 GB, skor yang diraih adalah 538 ribuan poin. Sedangkan saat mengaktifkan GT Mode, skor yang didapatkan adalah 539 ribuan poin.

Terlihat dari sini perbedaan skor ketika kami mengaktifkan dua fitur untuk meningkatkan kinerja ponsel. Memang tidak signifikan, namun di atas kertas kemampuan realme GT Master Edition bisa lebih baik jika menggunakan fitur RAM Expansion maupun GT Mode.

PCMark

Skor yang diperoleh realme GT Master Edition saat kami mengujinya menggunakan PCMark juga tergolong tinggi. Smartphone ini meraih skor 12.524 poin saat kami menggunakan DRE sebesar 5 GB dan 12.581 ketika GT Mode dinyalakan.

Perbedaan skor yang sangat tipis memang, tapi ada persamaan yang menarik perhatian kami ketika melakukan review realme GT Master Edition dengan aplikasi PCMark.

Baik menggunakan DRE sebesar 5 GB ataupun GT Mode, sistem mengeset clock-speed CPU ke tingkat maksimal 2,4 GHz di seluruh tipe pengujian. Hal menarik lainnya, justru temperatur dari CPU tersebut cenderung menurun walau tidak signifikan.

3DMark

Snapdragon 778G pada smartphone ini mencakup kartu grafis atau GPU Adreno 642L. Sama seperti review sebelumnya, kami menguji kemampuannya menggunakan aplikasi benchmark 3DMark dengan metode Wild Life dan Wild Life Stress Test di dua kondisi, dengan DRE 5 GB dan GT Mode.

Di pengujian Wild Life dengan RAM Expansion 5 GB, HP terbaru realme ini memperoleh skor 2.496 poin dengan rata-rata 14,9 FPS. Sedangkan saat mengaktifkan GT Mode, skornya beda tipis 2.497 poin dengan rata-rata 15 FPS.

 

Untuk pengujian Wild Life Stress Test, realme GT Master Edition mendapatkan stabilitas 99,2% dengan rata-rata frame rate 11 hingga 19 FPS di mode DRE 5 GB. Beda tipis juga dengan GT Mode, stabilitasnya 99,2% dengan rata-rate frame-rate 11 sampai 20 FPS.

Dari sini menunjukkan bahwa smartphone 5G terbaru ini memiliki kemampuan grafis yang tinggi. Terbukti juga selama kami melakukan review, realme GT Master Edition bisa menjalankan beberapa game FPS terbaik di rentang frame rate 50 – 60 FPS stabil.

Gaming

Review Realme GT Master Edition

Saat melakukan review realme GT Master Edition, kami bermain beberapa game dengan grafis terbaik, seperti PES eFootball 2021, COD Mobile, sampai APEX Legends. Hasilnya?

Ternyata hasilnya cukup mengejutkan, karena ketiga game tersebut dapat dimainkan dengan sangat lancar tanpa drop frame rate yang berarti alias tidak ada lag yang mengganggu.

COD Mobile dapat dimainkan di grafis tertinggi Very High dengan frame rate Very High di rata-rata 50 FPS. Frame rate bisa mencapai Max apabila grafis diturunkan ke High sampai Low, dan kami mendapatkan rata-rata frame rate mencapai 60 FPS.

Sementara PES eFootball 2021, game sepak bola ini bisa dimainkan di grafis tertinggi dengan rata-rata frame rate 60 FPS. Ditambah dengan tampilan layar yang mulus dan berkualitas, jalannya permainan jauh lebih asyik.

APEX Legends juga tergolong game berat, sob. Walau masih Beta Tester, game ini bisa dimainkan oleh beberapa pengguna Android, termasuk kami di tim reviewer Telset.

Realme GT Master Edition ditampilkan di grafis rata kanan. Pengaturan grafisnya Ultra HD dengan frame rate High. Rata-rata frame rate yang kami dapatkan ketika bermain mode Battle Royale adalah 40 – 50 FPS.

Selama kami bermain pun, spesifikasi realme GT Master Edition tidak terlihat kewalahan. Performanya tetap stabil dan tak terasa hawa panas yang berlebih saat bermain game battle royale COD Mobile ataupun APEX Legends selama kurang lebih 30 menit.

Keunggulan tersebut berkat adanya sistem Vapor Chamber yang lebih efisien dalam pendinginan daripada pipa tradisional.

Sistem pendingin ini terdiri dari lima lapis grafis, tembaga, paduan aluminium, silica gel, dan komponen lainnya. Area heatsink super besar dapat mencakup 100% sumber panas inti, dan secara signifikan mengurangi suhu dan menjaga performa ponsel maksimal.

Baterai

Spesifikasi Realme GT Master Edition ditopang oleh baterai berkapasitas 4.300 mAh. Memang tak terlalu besar kalau dibandingkan smartphone kelas menengah yang saat ini dibekali baterai 4.500 ke atas.

Tapi kalau berbicara soal daya tahan, boleh diadu. Kemampuan baterainya patut diapresiasi. Berdasarkan hasil pengujian yang kami lakukan menggunakan PCMark Battery Life, smartphone ini mampu bertahan hingga 15 jam 4 menit dengan baterai tersisa 19%.

Pengujian tersebut menyimulasikan berbagai tugas maupun menjalankan banyak aplikasi standar untuk mengukur daya tahan baterai dari smartphone yang kami review, dalam hal ini realme GT Master Edition.

Baca juga: 10 HP Baterai Besar 5000mAh Murah 2021, Harga 1 Jutaan

Apabila diuji dengan memutarkan video YouTube di resolusi Full HD, smartphone terbaru realme ini mampu bertahan hingga 14 jam 23 menit dengan baterai tersisa 5%. Catatan yang cukup baik dari baterai “sebesar” 4.300 mAh.

Baterai smartphone ini sudah didukung oleh teknologi pengisian daya super cepat 65W SuperDart Charge. Sungguh mengejutkan, mengisi daya ponsel dari 1% hingga penuh hanya dalam waktu 32 menit saja!

Jangan khawatir soal suhu yang panas ketika ngecas dengan kecepatan tinggi, karena realme sudah merancang baterai, port USB-C, adaptor, hingga kabel USB-C seaman mungkin.

Kamera

Review Realme GT Master Edition

Review spesifikasi realme GT Master Edition beralih ke sektor kamera. Smartphone ini dilengkapi dengan spesifikasi yang juga cukup baik, dengan konfigurasi kamera utama 64MP, kamera ultrawide 8MP dengan jangkauan 119°, dan kamera makro 2MP.

Fitur kameranya juga tergolong lengkap. Sudah pasti ada fitur AI Scene Enhancement di sini yang dapat menyesuaikan pengaturan foto tergantung dengan kondisi atau skenario pengambilan gambar.

Fitur berbasis kecerdasan buatan ini secara pintar dapat mengenali objek atau latar belakang foto dengan cepat, seperti Indoor, Outdoor, Food, dan lain sebagainya.

Terdapat pula mode Portrait yang menghasilkan foto bokeh yang ciamik. Agar foto portrait makin estetik, ada ragam filter yang tersedia di sini, seperti Dynamic Bokeh, AI Color Portrait, sampai Bokeh Flare Portrait.

Ada fitur kamera baru yang disematkan realme di GT Master Edition, yakni Street. Fitur ini cocok untuk tipikal pengguna yang menyukai street photography.

Di sini, indikator zoom diganti dengan 16mm, 24mm, 50mm, dan 120mm. Kami pun bisa mengontrol fokus, mengeset pengambilan gambar di format RAW, menyesuaikan filter, hingga mengatur LED Flash.

Berbicara soal kualitas, gambar yang dihasilkan memiliki kualitas warna yang bagus, serta memiliki rentang dinamis yang luas. Detail gambar pun masih terlihat tajam, walau foto sudah diperbesar beberapa kali.

Contoh foto dengan Kamera Utama

Kamera Utama

Contoh foto dengan Kamera Portrait

Kamera Portrait

Contoh foto dengan Kamera Ultrawide

Kamera Ultrawide

Sementara untuk kamera ultrawide, hasil fotonya tipikal realme banget. Foto ultra lebar ini memiliki tone warna yang bagus, tapi ada efek cekung di setiap foto yang bikin ganggu dan mengurangi kualitasnya.

Baca juga: 10 Kamera Mirrorless Murah Terbaik 2021, Harga Mulai Rp 2 Jutaan

Soal detail juga tak terlalu bisa dibanggakan, masih kalah jika dibandingkan dengan lensa utama. But overall, hasilnya tetap bagus dan bisa dinikmati atau dibagikan ke media sosial.

Review Realme GT Master Edition

Beralih ke kamera depan, spesifikasi realme GT Master Edition menggunakan sensor Sony IMX615 32MP. Kamera ini memiliki bukaan lensa f/2.5 dengan sudut pengambilan gambar cukup wide mencakup 85 derajat.

Kualitas dari kamera depan HP harga Rp 5 jutaan ini sungguh menjanjikan. Kualitas gambarnya bagus, warnanya tak berlebihan, serta memiliki detail yang tajam.

Fitur berbasis kecerdasan buatan untuk kamera depan juga dapat dengan cepat “memperbaiki” kontur wajah agar lebih cantik ataupun ganteng, namun tetap terlihat natural.

Kamera Depan

Bagaimana dengan fitur videonya? realme GT Master Edition sanggup merekam video 4K @30 FPS atau Full HD (1080p) di 60 FPS. Tak ada OIS atau optical image stabilization di sini untuk menstabilkan gambar, melainkan cukup dengan Ultra Steady atau penstabil gambar berbasis software saja. Hasilnya cukup baik.

Detailnya bagus dengan warna yang pas dan tak berlebihan. Hanya saja, saat menggunakan Ultra Steady max, perekaman video akan menggunakan lensa ultrawide yang juga telah melalui hasil crop secara real-time.

Kesimpulan

Review Realme GT Master Edition

Realme GT Master Edition memberikan pengalaman yang menyenangkan selama kami melakukan review. Kami menyukai hampir semua sektor pada ponsel ini, mulai dari desain, kinerjanya, baterainya, kinerjanya, sampai kemampuan gamingnya.

Desain yang eksklusif daripada smartphone kebanyakan, menjadi nilai tambah bagi realme GT Master Edition. Kapan lagi memiliki ponsel dengan bodi berbahan kulit vegan di rentang harga Rp 5 jutaan?

Sulit untuk menggambarkan nyamannya menggunakan HP ini sehari-hari. Intinya, smartphone realme ini enak digenggam, memiliki tekstur yang halus, dan pastinya terlihat beda dibandingkan ponsel lainnya di luar sana.

Desainnya yang stylish juga dibarengi dengan kinerja yang kencang, performa baterai yang luar biasa, serta kemampuan kameranya yang hasilkan foto berkualitas.

Hal-hal lainnya yang kami sukai adalah adanya fitur NFC multifungsi. Fitur ini tak cuma berguna untuk mengecek saldo atau topup e-money saja, tapi juga berfungsi sebagai alat pembayaran maupun transfer data via Android Beam.

Satu lagi yang patut dikasih dua jempol adalah, adanya jack audio 3,5mm. Di bodi setipis ini, realme tak lupa menyematkan port yang penting tersebut. Good job!

Memang, ada beberapa kekurangan yang kami rasakan selama melakukan review realme GT Master Edition. Di antaranya, tak ada slot microSD, tidak memiliki setup speaker stereo, layar belum mendukung HDR10 atau HDR10+, serta tak ada informasi mengenai lapisan pelindung layarnya.

Nah, buat yang ingin merasakan kencangnya prosesor terbaru dan pertama di dunia yang tertanam di ponsel ini, Anda bisa langsung mengikuti gelaran flash sale realme GT Master Edition di Shopee tanggal 22 Agustus mendatang jam 12 siang.

Kelebihan

  • Layar Super AMOLED berkualitas
  • Refresh rate 120Hz
  • Bodi yang tipis dan ringan
  • Sangat nyaman digenggam dengan satu tangan
  • Desain yang eksklusif
  • Softcase dengan desain yang eksklusif
  • Bodi belakang memiliki tekstur halus dan anti jejak sidik jari
  • Ada jack audio 3,5mm
  • Snapdragon 778G yang powerful
  • Sudah mendukung jaringan 5G
  • Fast charging 65W
  • Kemampuan gaming maksimal
  • Kamera utama 64MP berkualitas bagus
  • Ada fitur kamera untuk street photography
  • Ada NFC Multifungsi

Kekurangan

  • Layar belum mendukung HDR10/HDR10+
  • Tidak ada informasi mengenai lapisan pelindung layar
  • Tidak ada slot microSD
  • Belum ada speaker stereo
SPESIFIKASI REALME GT MASTER EDITION
Rilis Agustus 2021
Network 2G, 3G, 4G, 5G
OS Android 11, Realme UI 2.0
Chipset Qualcomm Snapdragon 778G 5G (6 nm)
CPU Octa-core (1×2.4 GHz Kryo 670 Prime & 3×2.2 GHz Kryo 670 Gold & 4×1.9 GHz Kryo 670 Silver)
GPU Adreno 642L
RAM 8 GB
Storage 256 GB
Dimensi 159.2 mm x 73.5 mm x 8.0/8.7 mm, 174/178 gram
Layar Super AMOLED, 120Hz, 1000 nits, 6,43 inci, Full HD+
Kamera Utama 64 MP (wide), 8 MP 119˚ (ultrawide), 2 MP (macro)
Kamera Depan 32MP Sony IMX615
Beterai Li-Po 4300 mAh, Fast charging 65W
Warna Voyager Grey dan Daybreak Blue
Harga Rp 5,2 jutaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0