10 Kamera Mirrorless Murah Terbaik 2021, Harga Mulai Rp 2 Jutaan

Telset.id – Bagi sebagian orang, mirrorless merupakan pilihan kamera berharga mahal. Padahal, saat ini sudah banyak beredar kamera mirrorless murah terbaik dari berbagai brand seperti Nikon, Canon, Sony dan sebagainya.

Kamera mirrorless murah mungkin bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin memiliki kamera mumpuni, namun punya bobot yang ringan dan mudah dibawa kemana-mana.

Memang ada kelebihan dan kekurangan saat kita menggunakan kamera mirrorless, jika dibandingkan memakai kamera DSLR. Tapi yang harus dicatat, kelebihan disini maksudnya di luar dari kualitas fotonya.

Kelebihan Kamera Mirroless

Nah, untuk mengetahuinya lebih jelas, kami akan memberikan penjelasan singkat soal kelebihan dan kekurangan dari kamera mirrorless.

1. Ukuran Lebih Kompak

Membawa kamera berukuran besar dan berat tentu saja dianggap tidak praktis di era tren kamera smartphone. Untuk itu, kamera morrorless yang berukuran kecil lebih menarik digunakan, ketimbang membawa kamera DSLR yang besar dan berat.

Yup, salah satu kelebihan dari kamera mirrorless adalah bentuknya yang kompak dan kecil, serta bobotnya yang ringan. Hal ini memudahkan Anda untuk membawanya kemana saja, karena bisa dimasukkan kantong, sama seperti membawa smartphone.

2. Preview Gambar Lebih Akurat

Kelebihan lainnya dari kamera mirrorless adalah viewfinder yang lebih bisa menampilkan atau memberikan gambaran yang lebih akurat mengenai foto yang Anda potret. Hal ini lebih praktis ketimbang menggunakan kamera DSLR yang harus mengambil gambar terlebih dahulu untuk bisa melihat hasil dari pengaturan Anda sebelumnya.

Sebagai informasi, saat Anda menggunakan kamera DSLR dan ingin lihat dari viewfinder setelah mengatur ISO, shutter, serta aperture Anda bahwa diafragma dan kecepatan tidak akan berubah. Jadi Anda harus memotret terlebih dahulu untuk bisa melihat hasil dari pengaturan Anda sebelumnya.

Hal itu bisa dilakukan karena kamera mirrorless menggunakan viewfinder elektronik atau live view, yang bisa membuat Anda melihat secara langsung efek yang dihasilkan jika Anda mengubah pengaturan kamera. Hal ini membuat kamera mirrorless dianggap lebih praktis, meski secara kualitas gambar masih kalah dari DSLR.

3. Fokus dan Suara

Keunggulan lain dari kamera mirrorless adalah titik fokusnya yang akurat, karena Anda bisa melihat secara akurat titik-titik mana yang fokus. Selain itu, kamera ini juga tidak menghasilkan suara sekeras kamera DSLR pada memotret. Hal ini membuatnya lebih tahan lama ketimbang kamera DSLR karena kurangnya getaran/gerakan yang ditimbulkan.

Kamera Mirrorless murah

Kekurangan Kamera Mirrorless

1. Boros Baterai

Kelemahan pertama yang paling sering dikeluhkan pengguna kamera mirrorless adalah soal baterainya yang lebih boros dibandingkan kamera digital DSLR. Penyebab utama baterainya kurang awet karena penggunaan live view secara terus-menerus saat memotret. Sementara kamera DSLR tidak menggunakan kekuatan baterai saat membidik obyek.

Selain itu, baterai kamera mirrorless biasanya berukuran lebih kecil agar bisa muat di dalam kamera. Biasanya kamera mirrorless mampu bertahan hingga 100-200 foto sebelum baterainya di charge ulang.

2. Sistem Fokus

Kekurangan lain yang sering kita jumpai adalah pada sistem fokusnya. Hampir semua kamera mirrorless menggunakan teknologi fokus dengan mendeteksi kontras, yang membuat sistem ini tidak secepat sistem yang dipakai oleh kamera DSLR yang menggunakan deteksi phase.

Saat ini ada beberapa pabrikan kamera yang sudah mulai mengembangkan teknologi deteksi phase pada kamera mirrorless, namun tetap saja masih belum bisa sebaik kamera DLSR. Teknologi deteksi phase sendiri berguna saat digunakan untuk memotret obyek yang bergerak cepat, seperti memotret olahraga, satwa, dan lainnya

10 Kamera Mirrorless Murah Tahun 2021

Setelah mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan menggunakan kamera mirrorless, sekarang kami akan merekomendasikan kamera mirrorless yang bagus dan murah.

Sebagai catatan, di sini kami fokusnya pada harganya, karena banyak juga yang dijual dengan harga yang lebih mahal. Nah, berikut ini rekomendasi kamera mirrorless termurah yang sudah kami rangkum untuk Anda.

1. Canon EOS M10

Kamera Mirrorless murah
Canon EOS M10

Kamera Canon mirrorless menjadi pembuka daftar ini. Adalah Canon EOS M10, pilihan kamera mirrorless murah yang menawarkan desain simpel dan ramping. Ini membuatnya sangat cocok untuk keperluan nge-vlog dan sebagainya.

{Baca Juga: 10 Kamera Mirrorless Terbaik 2020, Buat yang Hobi Fotografi}

Canon EOS M10 memiliki lensa 18 MP APS-C CMOS, membuatnya mampu mengambil gambar yang jernih dan tajam. Kamera mirrorless ini juga sudah sanggup untuk mengabadikan momen di tempat yang minim cahaya.

Banderol harga jadi kelebihan dari kamera satu ini. Sebab, Anda bisa memilikinya hanya dengan merogoh kocek sekitar 3 jutaan saja. Menarik bukan?!

2. Canon EOS M100

Kamera Mirrorless Murah
Canon EOS M100

Pilihan berikutnya masih dari pabrikan asal Jepang, Canon. EOS M100 memiliki tiga pilihan warna, yakni Black, White dan Grey.

Salah satu pilihan kamera mirrorless murah ini memiliki sensor APS-C CMOS 24.2 MP. Displaynya sudah menggunakan layar sentuh berjenis LCD dengan ukuran 3 inci. Kamera ini sudah bisa merekam video Full HD 1080p di 60 fps.

Dengan kemampuan creative assist dan Self Portrait Mode, Canon EOS M100 saat ini tersedia di pasaran dengan banderol harga sekitar Rp 4 jutaan.

3. Canon EOS M50

Kamera Mirrorless Murah
Canon EOS M50

Selanjutnya ada Canon EOS M50 yang bisa Anda beli dengan harga yang cukup terjangkau. Kamera ini ditenagai sensor 24,1 MP CMOS APS-C dan mendukung Dual Pixel AF. Prosesor gambarnya menggunakan DIGIC 8.

{Baca Juga: 6 Hal Penting Sebelum Membeli Kamera Mirrorless}

Pilihan kamera mirrorless murah ini memiliki layar LCD touchscreen dengan ukuran 3 inci dan OLED ViewFinder 0,39 inci. Koneksi dari kamera ini mengandalkan NFC dan WiFi yang bakal mempermudah proses transfer data.

Bagi Anda yang tertarik dengan Canon EOS M50,  bisa memboyongnya dengan merogoh kocek sekitar Rp 6 jutaan.

4. Nikon 1 J5

kamera mirrorless murah Nikon
Nikon 1 J5

Kamera berikutnya yang masuk daftar ini berasal dari Nikon. Meski harganya relatif murah, namun Nikon 1 J5 tetap menawarkan kemampuan mumpuni untuk mengabadikan momen dalam bentuk foto atau video.

Kamera mirrorless garapan Nikon ini menggunakan sensor CMOS dan memiliki maksimal ISO hingga 12800. Saat ini Nikon 1 J5 menjadi salah satu pilihan kamera mirrorless 3 jutaan yang terbaik.

5. Fujifilm X-A10

kamera mirrorless fujifilm murah
Fujifilm XA10

Kamera mirrorless harga Rp 3 jutaan berikutnya bisa Anda temukan pada Fujifilm X-A10. Fujifilm X-A10 dibanderol dengan harga Rp 3 jutaan saja dan tetap menawarkan fitur yang pastinya bisa diandalkan.

Kamera mirrorless fujifilm murah ini menggunakan sensor APS-C dengan resolusi 16,3 MP. Rentang ISOnya mulai dari 200 hingga 6400. Tersemat juga fitur lainnya seperti eye detection AF dan Portrait Enhancer.

6. Fujifilm X-A5

kamera mirrorless fujifilm murah
Fujifilm XA5

Kamera mirrorless harga terjangkau berikutnya diisi oleh Fujifilm X-A5. Kamera ini ditenagai sensor APS-C CMOS 24 MP dan memiliki kemampaun Zoom Electric hingga rentang 23mm.

Selain itu, kamera mirrorless Fujifilm ini juga sudah mampu merekam video hingga resolusi 4K UHD. Terselip juga fitur seperti Portrait Enhancer, Eye Detection AF dan filter untuk mempercantik hasil foto Anda. Kamera mirrorless fujifilm murah ini dibanderol sekitar Rp 4 jutaan. Lumayan menarik bukan?!

7. Sony A5000

kamera mirrorless murah terbaik

Sony A5000 Kit 16-50mm Hitam f/3.5-5.6 OSS merupakan salah satu kamera mirrorless murah dari Sony. Sony A5000 Kit 16-50mm memiliki resolusi 460.800 dot yang jernih, tajam, dan kaya warna. Selain itu, kamera mirrorless 2 jutaan ini merupakan kamera berdesain Rangefinder-style mirrorless dengan layar berukuran 3 inch.

Didukung dengan sensor CMOS, prosesor Bionz X, resolusi 20 MP, dan ISO 100-16000. Alpha A5000 juga dapat di dudukan dengan lensa Sony E (NEX). Kamera mirrorless murah dan terbaik dari Sony ini dibanderol sekitar Rp 2,2 jutaan.

8. Fujifilm X-E2

kamera mirrorless fujifilm murah
Fujifilm XE2

Selanjutnya masih dari brand Fujifilm yang menawarkan pilihan kamera mirrorless murah dalam seri Fujifilm X-E2. Kamera ini menggunakan sensor bertipe CMOS dangan maksimum shutter speed di 1/4000s.

Selain itu, kamera mirrorless fujifilm murah ini mendukung ISO hingga 6.400. Terdapat viewfinder dengan resolusi 2,36m untuk membantu mengabadikan gambar. Fujifilm X-E2 saat ini dijual dengan banderol harga sekitar Rp 5 jutaan.

9. Panasonic Lumix DC-GF9

kamera mirrorless murah terbaik
Panasonic Lumix DC-GF9

Setelah Nikon, Fujifilm dan Canon, pilihan berikutnya datang dari Panasonic dengan seri Lumix DC-GF9. Ini merupakan pilihan mirrorless berharga murah dengan desain yang cukup unik.

Kenapa berdesain unik? Sebab berbeda dari mirrorless kebanyakan, Panasonic Lumix DC-GF9 memiliki desain yang kental akan nuansa retro. Meski demikian, fitur yang dimilikinya tetap terkini. Seperti kemampuan untuk merekam video beresolusi 4K, dukungan Light Speed AF dan juga EIS.

Dengan beragam kelebihannya tadi, Panasonic Lumix DC-GF9 bisa Anda peroleh dengan banderol harga Rp 4 jutaan.

10. Sony A6000

kamera mirrorless murah
Sony A6000

Sony A6000 menjadi salah satu pilihan kamera mirrorless berharga murah berikutnya. Selain punya harga yang terjangkau, kamera Sony mirrorless ini juga memiliki spek dan fitur yang bisa diandalkan.

{Baca Juga: Sony Luncurkan Kamera Mirrorless Khusus Buat Vlogger}

Sony membenamkan lensa 24,3 MP pada A6000. Sensornya menggunakan APS-C Exmor dan APS HD CMOS untuk membuatnya mampu mengabadikan momen foto dan video terbaik. Untuk bisa memilikinya, Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 5 jutaan saja.

Nah, itu dia 10 kamera mirrorless berharga murah yang bisa Anda jadikan pilihan. Tinggal sesuaikan dengan kebutuhan (misalnya kamera mirrorless untuk vlog) dan tentunya dana yang Anda miliki. (HR/IF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -