telset

Review Oppo Reno5 F: Desain Beda, Fitur Gaming Lebih Baik

Telset.id – Oppo Reno5 F telah meluncur resmi di Indonesia beberapa waktu lalu. Bila Anda mencari HP 4 jutaan, mungkin ponsel pintar ini salah satu opsi terbaiknya. Mengapa? Berikut penjelasan lengkapnya lewat review Oppo Reno5 F kali ini.

Sejak kehadirannya di tahun lalu, seri Reno F dari Oppo selalu sukses menarik perhatian konsumen Indonesia. Bukan cuma harganya saja yang lumayan terjangkau, tapi seluruh aspek yang ditawarkannya terasa sangat pas untuk konsumen Tanah Air saat ini.

Desainnya yang stylish, bodi yang tipis dan nyaman digenggam, spesifikasi andal, baterai tahan lama, hingga sektor kamera yang kualitasnya bagus, semuanya diusung oleh seri Reno F dari Oppo, tak terkecuali Oppo Reno5 F.

Tim Telset sendiri telah menggunakan HP terbaru Oppo ini kurang lebih dua minggu untuk kebutuhan review. Nah, berikut ini hasil ulasan lengkapnya yang telah kami sajikan hanya untuk Anda para pembaca setia.

{Baca juga: 10 HP 4 Jutaan Terbaik April 2021, Pilihan Menarik Sambut Hari Raya}

Desain

Review Oppo Reno5 F

Ramping, adalah satu kata tepat yang menggambarkan desain keseluruhan dari Oppo Reno5 F. Bodi yang tipis dan ringan seolah menjadi ciri khas dari seri Reno F sejak kemunculannya di tahun lalu.

Oppo Reno5 F memiliki dimensi panjang dan lebar yang sama dengan seri sebelumnya. Namun, bodi ponsel ini sedikit lebih tebal dan berat daripada Reno4 F.

Bodi dari HP terbaru Oppo ini punya ketebalan mencapai 7,8 mm dan berat 172 gram. Wajar saja bodinya sedikit lebih tebal dan berat, karena smartphone ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas lebih besar serta ada sistem pendingin di dalamnya.

Mengikuti tren desain kekinian, Oppo merombak bentuk modul kamera belakang dari Reno5 F. Tidak lagi berbentuk persegi dengan lingkaran kamera mirip boba di minuman dingin, kini frame kamera Reno5 F berbentuk persegi panjang yang lebih elegan.

Terdapat empat sensor kamera yang diletakkan dalam modul ini, lengkap dengan lambang AI serta besaran resolusi dari kamera utama. Di samping modul kamera, ada LED Flash yang bentuknya memanjang ala kamera digital.

{Baca juga: 10 Fitur Unggulan Oppo A74 5G, Nomor 4 Gamers Banget!}

Review Oppo Reno5 F

Bodi Oppo Reno5 F sendiri terbuat dari panel komposit yang memiliki transparansi tinggi yang sebanding dengan kaca. Tapi, panel ini punya keunggulan dalam hal kekuatan, karena lebih tahan terhadap pecah dan retak.

Kini, HP Rp 4 jutaan dari Oppo tersebut juga tampil dengan warna yang lebih glossy, alih-alih matte atau doff seperti seri terdahulu. Oppo menyebut konsep warna glossy ini sebagai Flowing Light Design.

Desain ini menonjolkan sudut lengkung yang membuat Oppo Reno5 F tampil tipis, sederhana, namun tetap elegan. Desain tersebut juga memberikan efek gradasi yang indah pada bodi.

Hanya satu kekurangannya, bodi smartphone ini lebih mudah terkena jejak-jejak sidik jari yang membuatnya terlihat kotor. Siap-siap saja untuk sering mengelapnya sesudah menggunakannya ya!

Layar

Review Oppo Reno5 F

Layar Oppo Reno5 F pun ditingkatkan tampilan dan desainnya. Smartphone ini tampil lebih segar dan berbeda dibandingkan generasi sebelumnya.

Jenis layar dan ukurannya masih sama, yakni AMOLED berukuran 6,43 inci dengan resolusi Full HD+. Begitu juga dengan refresh rate-nya yang masih standar saja 60Hz.

Tapi, desain layarnya kini jauh lebih lega. Smartphone tersebut mengadopsi desain single punch-hole sebagai tempat bagi kamera depannya. Berkat desain tersebut, kini rasio layar terhadap bodi mencapai 90,8%, lebih besar dari Reno4 F.

Berbagai fitur disematkan Oppo pada layar Reno5 F. Sunlight Screen misalnya, yang mampu meningkatkan visibilitas layar sehingga pengguna dapat melihat layar mereka dengan jelas di siang hari bahkan di bawah terik matahari.

{Baca juga: Perbedaan Oppo Reno5 F dan Oppo Reno4 F: Serupa tapi Tak Sama}

Kemudian, ada Moonlight Screen yang secara otomatis meredupkan layar dengan mengatur kecerahan terendah pada 2 nits untuk memberikan pengalaman menonton yang nyaman dengan tingkat kecerahan dan temperatur warna yang lebih rendah.

Review Oppo Reno5 F

Lalu, ada AI Backlight yang secara otomatis menyesuaikan pengaturan lampu latar sepanjang hari dengan mempelajari bagaimana pengguna menyesuaikan kecerahan secara manual dalam kondisi pencahayaan yang berbeda.

Terakhir, ada In-Display Fingerprint 3.0 yang telah didukung oleh teknologi anti pemalsuan berbasis hardware untuk memberikan keamanan lebih baik bagi lockscreen ponsel.

Spesifikasi dan Performa

Review Oppo Reno5 F

Ketika Oppo Reno5 F diluncurkan, kami mengernyitkan dahi sambil bertanya di dalam hati, “mengapa sih Oppo malah pakai prosesor yang sama dengan Reno4 F?”.

Pertanyaan yang sama mungkin juga ditanyakan oleh para reviewer maupun konsumen Oppo saat HP terbaru ini meluncur resmi.

Ya, seharusnya Oppo menggunakan prosesor yang lebih tinggi dan lebih baru daripada MediaTek Helio P95. Pasalnya, umur SoC ini sudah setahun lebih sejak diperkenalkan pertama kali pada Februari 2020 silam.

Meski demikian, smartphone ini tetap menyuguhkan kinerja yang bagus saat kami menggunakannya sehari-hari, termasuk untuk bermain game. Smartphone ini terasa cepat dan kinerjanya smooth tanpa adanya lag maupun gangguan yang berarti.

Apalagi, ada sistem pendingin bernama Multi-cooling System yang menjadi peningkatan signifikan pada Oppo Reno5 F. Asal tahu saja, Multi-cooling System adalah sistem pendingin yang menggunakan paduan aluminium konduktivitas termal tinggi.

{Baca juga: 10 Fitur Unggulan di Oppo Reno5 F, dari Desain Hingga Kamera}

Sistem pendinginan ini terdiri dari empat lapis tabung grafit dan tiga lapis lembaran grafit yang ditempatkan secara tepat untuk mendinginkan prosesor dan berbagai chip dengan cepat sambil mempertahankan profil yang ramping.

Prosesor MediaTek Helio P95 pada HP terbaru Oppo ini juga dikombinasikan dengan RAM serta memori internal yang sama, yakni 8 GB LPDDR4X dan 128GB. Lantas, bagaimana dengan performanya berdasarkan aplikasi benchmark?

Seperti biasa, kami menggunakan tiga aplikasi benchmark, yaitu AnTuTu Benchmark, 3DMark, dan PCMark. Berikut ini rincian lengkapnya:

AnTuTu Benchmark

Review Oppo Reno5 F
AnTuTu Benchmark

AnTuTu Benchmark merupakan aplikasi tolak ukur yang biasa digunakan oleh kami selama melakukan review, termasuk untuk Oppo Reno5 F. Aplikasi ini mampu memperhitungkan hal-hal seperti memori, kapasitas penyimpanan, hingga kecepatan dari CPU.

Berdasarkan pengujian yang kami lakukan, Reno5 F mencatatkan skor 211 ribuan poin. Skor ini sedikit tertinggal daripada Oppo Reno4 F yang meraih 216 ribuan poin.

PCMark

Berbagai aplikasi maupun tugas sehari-hari dapat dijalankan dengan mulus di Reno5 F. Kinerja smartphone ini tergolong mumpuni untuk menjalankan lebih dari satu aplikasi secara bergantian, mengakses media sosial dengan durasi waktu yang cukup lama, belanja online, mengetik pekerjaan di Google Docs, membuka email, dan lain sebagainya.

Hal ini pun terbukti dengan skor cukup baik yang diraih oleh Oppo Reno5 F saat diuji menggunakan PCMark. Ponsel pintar tersebut memperoleh skor 8.751 poin. Skornya sedikit lebih rendah daripada Reno4 F dengan 8.840 poin.

Review Oppo Reno5 F
PCMark

Berdasarkan pengujian, dapur pacu Oppo Reno5 F memberikan kekuatan maksimal pada clock-speed 2.0 GHz pada aktivitas web browsing, editing video, menulis, editing foto, hingga kalkulasi maupun pemrosesan data.

Hal itu menggambarkan kalau perpaduan antara MediaTek Helio P95 serta RAM LPDDR4X yang cepat sudah bagus untuk mendukung berbagai aktivitas digital yang kami lakukan sehari-hari.

3DMark

Untuk menguji kemampuan GPU dari PowerVR GM9446, kami juga menggunakan aplikasi 3DMark. Ada dua pengujian standar pada aplikasi ini, yaitu Sling Shot dan Sling Shot Extreme.

Dari pengujian selama melakukan review, Oppo Reno5 F meraih 1.307 poin untuk tes Sling Shot Extreme. Skornya sedikit lebih baik daripada seri terdahulu, termasuk juga dengan 36% ponsel pintar lainnya yang pernah diuji 3DMark menggunakan skema ini.

Sementara untuk Sling Shot, skornya mencapai 2.440 poin. Lagi-lagi lebih unggul, bahkan lebih bagus daripada 65% HP yang sudah diuji menggunakan skema yang sama.

Secara overall, Reno5 F mempunyai kemampuan GPU yang cukup baik. Hasil tes ini menggambarkan kalau kinerjanya dalam hal pengolahan grafis sudah bagus, termasuk juga untuk bermain berbagai game Android yang ada.

{Baca juga: 5 Fitur Gaming di Oppo Reno5 F, Main Game Makin Asyik!}

Gaming

Review Oppo Reno5 F

Sejak kehadirannya pertama kali di Indonesia, Oppo meyakini bahwa Reno5 F merupakan perangkat “gaming for everyone” alias HP gaming untuk semua kalangan. Meski tak bisa digunakan untuk bermain game favorit di pengaturan grafis “rata kanan”, tapi smartphone ini sudah lebih dari cukup untuk mendukung aktivitas gaming para pengguna.

Dalam hal desain, bodinya tipis dan ringan yang nyaman untuk digenggam. Layarnya pun berkualitas berkat panel AMOLED. Spesifikasinya juga lumayan untuk bermain game AAA seperti COD Mobile, PUBG Mobile, hingga Genshin Impact.

Oppo juga menghadirkan fitur Game Space pada sistem ColorOS 11 berbasis Android 11. Fitur gaming ini mampu meningkatkan pengalaman gaming para pengguna lewat beberapa fitur turunan, seperti Competition Mode, Game Focus Mode, Quick Startup, Floating Mode, hingga Bullet Screen Message.

Beberapa permainan yang kami coba, seperti Call of Duty Mobile, dapat kami atur di grafis dan frame rate High. Begitu juga dengan PUBG Mobile. Khusus untuk CODM, kami bisa bermain secara stabil dengan rentang FPS dari 55 – 60 FPS.

Review Oppo Reno5 F

Sementara untuk PUBG Mobile, game ini hanya ditampilkan di 30 FPS saja maksimal. Rentang FPS-nya pun cenderung naik turun, tidak stabil. Kadang 20 FPS, malah bisa juga mencapai 35 FPS ketika tidak banyak objek bergerak di sekitar karakter utama.

Yang jadi catatan, ketika kami bermain Genshin Impact. HP gaming Oppo di kelas menengah ini hanya sanggup menyuguhkan kualitas grafis Low dengan rata-rata 20 FPS saja. Cukup patah-patah dan cenderung kewalahan, kecuali grafisnya diturunkan ke tingkat terbawah.

Baterai

Kami menyukai performa baterai Oppo Reno5 F selama menggunakannya untuk kebutuhan review. Kapasitasnya kini lebih jumbo, sebesar 4.310 mAh dengan dukungan fast charging 30W VOOC Flash Charge.

Kami melakukan tiga pengujian untuk mengetahui kemampuan baterai dan fast charging ponsel ini. Pertama, dengan memutar video YouTube tanpa henti sampai baterai benar-benar habis 0%.

Hasilnya, Oppo Reno5 F mampu bertahan selama lebih dari 18 jam! Video YouTube yang kami putar berkualitas Full HD (1080p) dan menggunajan jaringan WiFi.

Pengujian kedua, kami menggunakan Battery Life di PCMark. Smartphone ini mencatatkan waktu 31 jam 55 menit dengan baterai tersisa 15%. Hebatnya, meski diuji selama berjam-jam, suhu ponsel ini tetap stabil. Terlihat dari grafik yang ditampilkan oleh PCMark.

Review Oppo Reno5 F
PCMark

Pengujian terakhir adalah dengan mengisi daya baterainya dari 2% hingga 100%. CUkup dengan waktu 59 menit saja, baterai ponsel pintar ini sudah terisi penuh dan siap digunakan selama 18 jam ke depan. Mantap kan?

Kamera

Review Oppo Reno5 F

Review Oppo Reno5 F masuk ke bagian kamera. Smartphone ini memiliki konfigurasi kamera yang lengkap. Ada empat kamera belakang, dan satu kamera depan.

Ya, cuma ada satu kamera depan saja, bukan dua seperti Reno4 F. Tapi ukuran sensornya meningkat dua kali lipat menjadi 32MP.

Sementara kamera belakang, ada kamera utama Oppo Reno5 F didukung resolusi 48MP, kamera ultra wide 8MP, kamera makro 2MP, dan kamera mono 2MP.

Meski menjadi “versi murah” dari Oppo Reno5, ada banyak sekali fitur kamera di sini. Mulai dari Dynamic Bokeh, AI Color Portrait, AI Beautification 2.0, dan Night Plus. Fitur videonya juga lengkap, mulai dari EIS Steady Video, AI Monochrome Video, hingga yang terbaru Dual View Video.

Hasil foto yang ditangkap oleh kamera utama bisa dibilang cukup bagus, setera lah dengan ponsel kelas menengah lain di kelasnya. Kami sarankan Anda untuk mengaktifkan Auto HDR dan AI Scene Enhancement yang mampu meningkatkan kualitas foto di luar ruangan maupun di dalam ruangan dengan baik.

{Baca juga: Rekomendasi 10 HP Dual Kamera Terbaik Harga Rp 1 Jutaan}

AI Scene Enhancement akan menyesuaikan pengaturan kamera berdasarkan skenario foto yang diambil pengguna. Fitur ini akan mengatur saturasi foto, white balance, dan lain sebagainya.

Kamera ultra wide dari kamera ini juga punya kualitas yang oke asalkan pencahayannya cukup cerah. Bagi penggemar swafoto, kamera depan 32MP tentu sangat bisa dimanfaatkan. Perpaduan hardware dan AI Beautification 2.0 racikan Oppo, memberikan kualitas foto selfie yang bagus.

Sistem kecerdasan buatan bisa mengenali jenis kelamin pengguna, tekstur dan kontur wajah, dan langsung memberikan tone warna dan touch-up yang sesuai dan tidak berlebihan.

Sementara untuk video, kamera belakang mampu mengambil video hingga resolusi 4K @30 FPS. Jika fitur EIS Steady diaktifkan, video hanya beresolusi 1080p @30 FPS saja. Ada fitur Dual View Video di sini, yang sangat bisa dimanfaatkan oleh para vlogger untuk membuat video sehari-hari yang menarik.

Kesimpulan

Review Oppo Reno5 F

Akhir review Oppo Reno5 F, yakni kesimpulan. Smartphone ini mengalami beberapa peningkatan, meski di atas kertas, banyak juga spesifikasi dan fitur yang masih sama dengan seri sebelumnya.

HP terbaru Oppo ini lebih asyik dan bikin nyaman untuk menggunakannya sehari-hari. Bodinya ringan dan ramping, mudah digenggam, dan gak bikin pegal tangan. Hanya saja, kekurangannya adalah, bodinya yang mudah terkena jejak sidik jari yang bikin kotor.

Layarnya pun lebih lega, meski ukurannya sama. Hal itu karena penggunaan single punch-hole yang bikin rasio layar terhadap bodi lebih besar dan memaksimalkan pengalaman visual dari kami sebagai pengguna.

Meski spesifikasinya masih sama dengan Reno4 F dan kinerja (dalam hitungan benchmark) juga sedikit lebih rendah, performa Oppo Reno5 F masih terjaga untuk berbagai aktivitas digital, termasuk bermain game.

Apalagi ada Multi-cooling System yang jadi sistem pendinginan untuk menjaga suhu ponsel tetap adem serta membuat performa lebih stabil saat dipakai berbagai tugas yang berat.

Kamera smartphone ini juga membawa beberapa fitur andalan dari seri Reno5. Fitur AI Color Portrait yang hilang di Reno4 F sudah dapat dipakai oleh pengguna untuk membuat foto ataupun video berkualitas yang menarik.

Pertanyaannya satu, apakah worth it untuk dibeli? Di harga Rp 4 jutaan, Oppo Reno5 F bisa menjadi salah satu pilihan utama bagi Anda yang ingin memiliki ponsel dengan bodi ringkas, desain premium, serta kualitas kameranya yang cukup memuaskan.

Namun sayangnya, ketiadaan NFC menjadi “kekurangan terbesar” dari HP 4 jutaan ini. Padahal, ada lho ponsel dengan harga lebih murah yang sudah memiliki fitur tersebut. Apalagi, fitur NFC benar-benar dibutuhkan saat ini untuk mengisi e-money, melakukan transfer data, dan lain sebagainya.

Kelebihan

+ Body ringan dan ramping

+ Nyaman digunakan

+ Warna premium

+ Layar AMOLED kaya fitur

+ Ada sistem pendingin Multi-cooling System

+ Daya tahan baterai bagus

+ Fast charging memuaskan

+ Kualitas kamera bagus

+ Fitur AI di kamera lengkap

+ Kamera depan 32MP

+ Video sudah ada fitur Ultra Steady

Kekurangan

– Layar masih 60Hz

– Belum ada NFC

– Spesifikasi masih sama dengan seri sebelumnya

– Masih Helio P95. Seharusnya Oppo menggunakan SoC MediaTek bertenaga lainnya, seperti Helio G90T atau Helio G95

TELSET RATING: 8.0/10

SPESIFIKASI OPPO RENO5 F
Rilis Maret 2021
Network 2G, 3G, 4G
OS Android 11, ColorOS
Chipset MediaTek Helio P95
CPU Octa-core (2×2.2 GHz Cortex-A77 & 6×1.8 GHz Cortex A55)
GPU PowerVR GM9446
RAM 8 GB
Memori 128 GB
Dimensi 158.9 x 73.6 x 8.7 mm (6.26 x 2.90 x 0.34 in), 187 g
Layar OLED 6.4 inches, 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio
Kamera Utama 48 MP (wide), 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro), 2 MP (depth)
Kamera Depan 16 MP (wide)
Baterai Li-Po 4310 mAh, Fast Charging 30W
Warna Black, Silver, Purple
Harga Rp 4,2 jutaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0