10 Fitur Unggulan Oppo A74 5G, Nomor 4 Gamers Banget!

Telset.id – Beberapa waktu lalu, Oppo meluncurkan HP 5G paling murah di Indonesia, yakni Oppo A74 5G. Dijual dengan harga Rp 3 jutaan saja, Oppo A74 5G mengusung beragam fitur anyar dan spesifikasi cukup mumpuni sebagai salah daya tarik utamanya.

Ketika memperkenalkan Oppo A74 5G ke hadapan publik Indonesia, Oppo mengatakan bahwa smartphone ini menjadi ponsel pintar pertama dengan prosesor Snapdragon 480 5G dari Qualcomm.

Sekadar informasi, Snapdragon 480 5G merupakan suksesor dari Snapdragon 460. Diklaim oleh Senior Manager & Business Development Qualcomm Indonesia, Dominikus Susanto, prosesor 5G ini memiliki performa CPU dan GPU lebih kencang dua kali lipat daripada pendahulunya.

“Prosesor ini adalah seri 400 pertama dengan dukungan jaringan 5G,” kata Dominikus.

{Baca juga: Ragam Keunggulan dari Oppo A54, Ada Rating IPX4!}

“Snapdragon 460 itu gak lemot, terhitung oke. Tapi performa CPU dan GPU Snapdragon 480 5G lebih kencang 100%,” tambahnya.

Tentu saja, prosesor Snapdragon 480 5G bukanlah satu-satunya kelebihan maupun fitur yang diusung oleh Oppo A74 5G. Ada ragam fitur lainnya yang disuguhkan ponsel ini untuk para penggunanya. Penasaran apa saja? Check this out!

Fitur Unggulan Oppo A74 5G

Fitur Oppo A74 5G

Sebelum masuk ke topik utama, kami akan sedikit membahas soal spesifikasi serta harga dan ketersediaan dari Oppo A74 5G di Indonesia.

Oppo A74 5G mengusung layar berjenis IPS LCD berukuran 6,49 inci dengan resolusi Full HD+. Bak ponsel gaming harga terjangkau, layarnya sudah mendukung refresh rate 90Hz, touch sampling 180Hz, serta sertifikasi HD dari Netflix dan Amazon Prime.

Ke bagian dapur pacu, selain menggunakan Snapdragon 480 5G, smartphone ini juga dilengkapi dengan RAM 6 GB LPDDR4X, memori internal 128 GB UFS 2.1 yang bisa diperluas dengan microSD hingga 256 GB, serta baterai 5.000 mAh dengan fast charging 18W.

Ke bagian kamera, smartphone ini telah dilengkapi 48MP AI Quad Camera. Konfigurasi kameranya antara lain, kamera utama 48MP, kamera ultra wide 8MP, kamera mono 2MP, dan kamera depth 2MP. Sementara kamera depan 16MP saja.

Oppo A74 5G sudah tersedia di Indonesia sejak 23 April lalu. Ponsel pintar ini memiliki dua pilihan warna, yakni Fluid Black dan Space Silver. Untuk harga, Oppo A74 5G dijual secara eksklusif di Shopee dengan banderol Rp 3,6 jutaan.

SPESIFIKASI OPPO A74 5G
Rilis April 2021
Network 2G, 3G, 4G, 5G
OS Android 11, ColorOS 11.1
Chipset Qualcomm SM4350 Snapdragon 480 5G (8 nm)
CPU Octa-core (2×2.0 GHz Kryo 460 & 6×1.8 GHz Kryo 460)
GPU Adreno 619
RAM 6 GB
Memori 128 GB
Dimensi 162.9 x 74.7 x 8.4 mm (6.41 x 2.94 x 0.33 in), 190 g
Layar IPS LCD, 6.5 inches, 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio, 90Hz
Kamera Utama 48 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
Kamera Depan 16 MP (wide)
Beterai 5.000 mAh, fast charging 18W
Warna Fluid Black, Space Silver
Harga Rp 3,6 jutaan

 

Berikut ini tim Telset telah merangkum 10 fitur unggulan dari Oppo A74 5G. Penasaran apa saja? Yuk simak selengkapnya di bawah ini:

1. Bodi Ramping

Fitur Oppo A74 5G

Meski baterainya tergolong jumbo, namun HP 5G murah ini tetap tampil dengan bodi yang tipis dan ringan. Tebalnya hanya 8,42mm dan berat 190 gram saja.

Karena ukurannya yang ramping, maka ponsel pintar ini sangat mudah dimasukkan ke dalam saku dan cukup ringan untuk bermain game terbaik berjam-jam, sehingga tangan tidak akan merasa lelah.

Tak lupa, Oppo pun menyematkan side fingerprint sensor untuk membuka kunci layar dengan cepat.

2. Desain Premium

Fitur Oppo A74 5G Indonesia

Oppo A74 5G dikemas dengan desain yang premium. Smartphone ini tersedia dalam dua pilihan warna, yakni Fluid Black dan Space Silver.

Kedua warna ini cenderung mengkilap, berkat penggunaan panel komposit yang memiliki tingkat transparansi tinggi hingga 90%. Bodinya pun seperti berbahan kaca yang lebih tahan terhadap pecah maupun retak.

Kamera pada bagian belakang didesain berbentuk “C”. Tonjolan mdoul kameranya pun terbilang tipis, dengan tebalan 1,76 mm dari penutup
belakang.

Modul kamera ini diberi aksen logam yang berfungsi untuk memberikan kesan rata pada kamera dan menawarkan tampilan yang lebih menarik serta premium.

{Baca Juga: 10 HP Oppo Terbaru April 2021, Cocok Jadi Daily Driver}

3. Layar Kaya Fitur

Fitur Oppo A74 5G Indonesia

HP terbaru Oppo ini sudah mengusung layar besar berukuran 6,49 inci dengan resolusi Full HD+. Layarnya dipercantik dengan desain punch-hole dengan bezel yang cukup tipis di tiap sisinya.

Berkat resolusi yang tajam dan tingkat kerapatan piksel yang tinggi, pengguna dapat menikmati warna-warna realistis saat menonton acara atau konten visual favorit. Apalagi, layarnya pun sudah memiliki sertifikasi HD dari Netflix dan Amazon Prime.

Layar Oppo A74 5G juga menampilkan refresh rate 90Hz dan touch sampling 180Hz untuk pengalaman visual terbaik. Ditambah, terdapat fitur-fitur lainnya yang memberikan kenyamanan bagi mata pengguna.

Oppo A74 5G hadir dengan serangkaian fitur yang dapat meningkatkan visibilitas layar di bawah cahaya matahari yang terik atau mempertahankan warna asli layar di lingkungan yang redup atau gelap.

AI Backlight misalnya, fitur ini membuat layar Oppo A74 5G secara otomatis menyesuaikan pengaturan lampu latar sepanjang hari hingga 4.096 pengaturan kecerahan yang berbeda.

Sistem ini dapat mempelajari bagaimana pengguna menyesuaikan kecerahan secara manual dalam kondisi pencahayaan yang berbeda dan mampu memberikan kenyamanan mata saat pengguna menatap layar sepanjang hari.

4. Multi-cooling System

Fitur Oppo A74 5G

Kata siapa HP 3 jutaan tidak memiliki fitur gaming cukup lengkap? Oppo A74 5G rupanya memiliki fitur sistem pendingin yang dapat menjaga suhu ponsel dan performanya tetap stabil.

Multi-cooling System di ponsel ini merupakan sistem pendinginan melalui lapisan grafit yang dipasang pada area strategis perangkat.

Sistem pendingin ini mampu mengoptimalkan distribusi panas yang dihasilkan oleh perangkat, sekaligus memungkinkan ponsel untuk meningkatkan kontrol suhu bahkan saat digunakan untuk bermain game.

{Baca juga: 10 HP Oppo Gaming Terbaik 2021, Rekomendasi Terbaru Mulai Sejutaan}

5. Fast Charging 18W

Fitur Oppo A74 5G

Fitur unggulan lainnya dari Oppo A74 5G adalah fast charging 18W. Teknologi ini dapat mempercepat durasi waktu pengisian baterai 5.000 mAh.

Diklaim Oppo, fast charging 18W dapat mengisi 68% baterai dalam waktu 60 menit. Fitur ini pun didukung oleh Battery Guard untuk melindungi proses pengisian daya.

Battery Guard bakal mencegah pengisian daya baterai yang berlebihan. Fitur ini membuat proses pengisian daya baterai menjadi lebih stabil dan cepat.

6. Smart Power Saving

Fitur Oppo A74 5G

Kemampuan baterai 5.000 mAh pada Oppo A74 5G pun ditingkatkan dengan fitur bernama Smart Power Saving. Fitur ini dapat diaktifkan ketika baterai dalam keadaan kritis alias lowbat.

Mode ini menggunakan serangkaian strategi hemat daya seperti menyesuaikan frekuensi CPU dan pengaturan lampu latar, sekaligus memicu opsi manajemen daya untuk beberapa aplikasi tertentu.

Ada pula fitur bernama Super Nighttime Standby yang akan mempelajari rutinitas waktu tidur pengguna. Fitur tersebut dapat membuat profil tidur yang mengoptimalkan konsumsi baterai ponsel saat pengguna tidur.

Dengan Super Nighttime Standby, Oppo mengklaim masa pakai baterai A74 5G berkurang hanya 2% saat pengguna tidur antara jam 23.00 dan 07.00.

{Baca juga: 5 Alasan Oppo Reno5 F Layak jadi Ponsel “Gaming for Everyone”}

7. AI Scene Enhancement 2.0

Fitur Oppo A74 5G

Empat kamera belakang Oppo A74 5G juga telah didukung oleh beragam fitur canggih untuk meningkatkan kualitas foto maupun video yang diambil pengguna.

Salah satunya adalah AI Scene Enhancement 2.0 yang bisa mengenali setiap detail dalam bidikan, termasuk lanskap, rumput, bunga, tanaman hijau, makanan, langit, hingga senja.

Fitur ini kemudian akan menyesuaikan saturasi warna dan rasio kontras. Ini akan membuat foto pemandangan yang lebih indah, tanpa perlu pengeditan terlebih dahulu.

8. Ultra-clear 108MP Image

Fitur Oppo A74 5G

Meski mengusung kamera utama dengan sensor 48MP, namun Oppo A74 5G sudah mumpuni untuk menangkap gambar di resolusi 108MP. Bagaimana caranya?

Bukan melalui proses upscale yang menurunkan kualitas dari gambar, Oppo menggunakan algoritma khusus yang memungkinkan sensor 48MP untuk memproses gambar 108MP yang jernih.

Foto yang diambil akan direkonstruksi pikselnya, sehingga setiap detail yang ditangkap oleh kamera belakang terlihat lebih jelas, bahkan ketika pengguna memperbesar gambar.

{Baca juga: Perbandingan Samsung Galaxy A52, Oppo Reno5, dan Realme 8 Pro}

9. AI Beautification 2.0

Fitur Oppo A74 5G

Sudah jadi rahasia umum kalau tiap ponsel keluaran Oppo memiliki kualitas yang bagus untuk urusan foto selfie, tak terkecuali dengan HP 5G murah ini.

Fitur AI Beautification 2.0 di Oppo A74 5G dapat secara otomatis mengidentifikasi dan mempercantik wajah pengguna ketika mengambil swafoto.

Fitur ini dapat meningkatkan tekstur kulit menjadi lebih halus, menyempurnakan riasan, dan secara cerdas mencocokkan foto dengan filter kecantikan yang paling sesuai dengan lingkungan.

AI Beautification 2.0 juga dapat mendeteksi warna bibir dan merias wajah sesuai dengan pencahayaan atau skenario sekitar.

10. Stylishing Filter

Fitur Oppo A74 5G

Fitur unggulan terakhir dari Oppo A74 5G adalah Stylishing Filter. Fitur tersebut menyediakan 15 filter yang dapat digunakan baik pada kamera depan dan belakang.

Beberapa di antaranya yang tersedia yaitu Warm, Mist, Country, Travel, Food, Forest, dan Autumn. Sementara untuk mode potret di kamera belakang, ada 6 opsi filter seperti Film, Tokyo, Sweet, Time, dan Paris. Menariknya, filter-filter ini dapat diterapkan bersamaan dengan AI Beautification 2.0.

Nah, itu tadi sejumlah fitur unggulan yang terdapat di Oppo A74 5G. Mana fitur terbaik dan favorit menurut Anda, sob? (MF)

{Baca Juga : Spesifikasi Oppo A74 5G}

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0