7 Aplikasi Lock Screen Android Terbaik 2021, Buat Kunci Layar HP

Telset.id – Lock Screen di Android kini tidak hanya sebagai aplikasi kunci layar saja, tapi juga merupakan layar navigasi yang sangat penting. Aplikasi lock screen kini bahkan punya kemampuan untuk mengunci fitur dan aplikai penting di smartphone Anda.

Smartphone modern sekarang sudah seperti komputer mini, karena hampir semua pekerjaan kita yang dikerjakan di computer atau laptop bisa dibuka atau dilihat di ponsel

Sebut saja misalnya melihat email masuk atau mengirimkannya, membuka file-file pekerjaan dalam format word maupun excel, video call, melihat streaming video, browsing Internet, membaca berita, atau melihat media sosia, dll.

Ponsel tak lagi hanya sebagai alat komunikasi untuk telepon, mengirim pesan SMS atau chatting di aplikasi pesan singkat saja. Itu sebabnya, smartphone banyak menyimpan data penting dan mungkin rahasia pribadi.

Jadi tidak heran jika banyak orang yang kini membutuhkan aplikasi lock screen atau aplikasi kunci layar untuk mengamankan ponsel mereka agar tidak bisa dibuka oleh sembarangan orang.

Anda mungkin tidak ingin “jeroan” ponsel Anda dilihat orang lain. Misalnya, Anda mungkin ingin merahasiakan percakapan dengan teman, menghentikan siapa pun memeriksa riwayat browser Anda, atau membatasi akses ke aplikasi, galeri foto, atau folder tertentu.

Untuk mengamankannya, tidak ada cara lain, Anda harus menambahkan kunci pengaman layar. Jadi apa jawabannya? Cukup instal aplikasi kunci layar atau lock screen yang mampu melindungi aplikasi dan file Anda dengan kata sandi.

10 Aplikasi Lock Screen dan Widget Android

Banyak aplikasi kunci layar yang bisa Anda dapatkan dengan gratis. Tapi kami anjurkan, sebaiknya Anda memilih spesifikasi yang sesuai kebutuhan dan tidak ribet cara dengan berbagai persyaratan. Selain itu, tentu saja carilah yang aman.

Pasalnya, sekarang banyak dari aplikasi ini bahkan tidak dapat dicopot pemasangannya tanpa kode yang benar. Jadi Anda dipaksa untuk mengikuti aturan aplikasi tersebut, yang terkadang justru tidak aman dan nyaman, karena misalnya sudah ditanam adware atau malware.

Kami sudah membuat daftar 10 aplikasi lock screen terbaik yang bisa Anda coba. Nah, tanpa basa-basi lagi, berikut adalah aplikasi kunci layar terbaik untuk Android:

1. Norton App Lock

Norton App Lock

Norton App Lock bisa berjalan di perangkat Android 4.1 atau yang lebih baru. Anda dapat mengunci aplikasi dengan pola 3 × 3, sidik jari, atau kode PIN. Uniknya, jika seseorang memasukkan kode yang salah tiga kali, aplikasi akan memotret orang tersebut, jadi Anda bisa tahu siapa orang yang coba-coba membuat HP Anda secara diam-diam.

Fitur yang mungkin paling menarik adalah fitur “Lock Recommended”, yang hanya dengan satu kali klik, secara otomatis melindungi aplikasi media sosial, kamera, penyimpanan cloud, dan pengaturan sistem HP Anda dari akses yang tidak sah.

2. Gesture Lock Screen

Gesture Lock Screen

Aplikasi lock screen buatan Q Locker ini cukup unik. Gesture Lock Screen merupakan aplikasi kunci layar yang membebaskan penggunanya membuat gambar (gesture) untuk membuka layar yang terkunci.

Sama seperti Norton App Lock, aplikasi kunci layar yang satu ini juga akan memotret siapa saja yang salah memasukkan password hingga tiga kali saat ingin membuka kunci layar. Selain gesture, aplikasi lock screen ini juga menyediakan fitur fingerprint sebagai alternatif untuk mengunci layar ponsel.

 

3. Samsung Secure Folder

 

Samsung Secure Folder

Aplikasi kunci layar Samsung Secure Folder cukup powerful sebagai alat pengunci layar, dan bisa didapatkan secara gratis. Mungkin kekurangannya karena hanya bisa berjalan di perangkat Samsung. Bagi Anda yang sudah menggunakan HP Samsung terbaru, mungkin sudah mendapatkan aplikasi kunci layar terbaik ini.

Pengguna Samsung Secure Folder dapat memindahkan aplikasi dan file ke folder yang diamankan dengan pola, PIN, kata sandi, atau sidik jari. Tapi harap dicatat, Anda harus menghapus aplikasi asli, karena hanya versi di dalam folder yang dilindungi sandi.

Ada beberapa fitur bawaan yang bagus, seperti opsi untuk mengubah ikon menjadi sesuatu yang tidak mencolok (atau menyembunyikan aplikasi sepenuhnya). Caranya, ketik nama khusus untuk aplikasi, dan sembunyikan pemberitahuan dari aplikasi apa pun di folder. Anda juga bisa membuat beberapa profil dan membatasi akses keyboard untuk mencegah seseorang menyalin dan menempelkan data ke dalam aplikasi yang dilindungi.

4. Floatify Lockscreen

Floatify Lockscreen

 

Aplikasi lock screen Android berikutnya adalah Floatify Lockscreen. Pada aplikasi kunci layar ini Anda bisa mengunci ponsel dengan menggunakan beberapa cara, bisa dengan PIN, pola, atau bisa juga dengan sidik jari. Asyiknya, Anda bisa langsung mengakses music player dan tidak perlu melakukan unlock pada layar.

Begitupun pada saat ada pesan atau telepon masuk, Anda bisa langsung membalasnya tanpa harus lebih dulu membuka kunci layar. Aplikasi Floatify Lockscreen ini sudah support OS versi terbaru Android 11.

5. Semper: Learn Effortlessly

Semper: Learn Effortlessly

 

Aplikasi ini sebelumnya dikenal sebagai UnlockYourBrain ternyata membuka ponsel Anda menjadi sesuatu yang sangat berharga. Aplikasi ini  menggunakan 80 atau lebih untuk membuka ponsel Anda setiap hari untuk menjaga otak Anda berdetak menggunakan matematika sederhana dan latihan kosakata.

Apakah ini berarti Anda tidak dapat mengakses telepon Anda jika Anda tidak tahu seperti 12 x 8, atau apa ‘el amigo’ menterjemahkan ke? Tidak, untungnya UnlockYourBrain memungkinkan Anda melewatkan pertanyaan dan mengakses telepon tetap, sehingga tidak ada tekanan.

6. Dynamic Notifications

Dynamic Notifications

 

Dynamic Notification merupakan aplikasi kunci layar yang memiliki tampilan yang sederhana dengan latar belakang berwarna hitam polos, membuat aplikasi ini cukup hemat daya. Uniknya, setiap notifikasi hanya akan ditampilkan jika ponsel Anda ada di luar saku.

Aplikasi lock screen terbaik ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Night Mode yang akan menonaktifkan semua notifikasi yang masuk saat Anda sedang tidur atau beristirahat saat malam hari.

7. AcDisplay

AcDisplay

 

Banyak aplikasi Lock Screen banyak iklannya, akan tetapi tidak dapat menghilangkannya. Di AcDisplay Ikon kecil muncul untuk pemberitahuan, dan Anda hanya tahan jari Anda pada salah satu ikon ini untuk melihat notifikasi secara lebih detail, setelah itu Anda menggesek turun untuk menolaknya.

AcDisplay bahkan menggunakan sensor perangkat Anda untuk mendeteksi ketika itu di saku Anda atau di gunakan, sehingga layar switch on dan off sesuai.

Itulah tadi 7 aplikasi lock screen yang bisa Anda coba untuk mengamankan HP Android Anda. Semoga bermanfaat. [HBS]

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -