Review LG Tone Free FN4: Fitur Beragam, Desain Standar

Telset.id – LG turut meramaikan pasar True Wireless Stereo (TWS) di Indonesia, dengan menghadirkan LG Tone Free FN4. Untuk mengetahui performa dan mencoba berbagai fitur yang ada TWS ini, silahkan simak hasil review lengkapnya.

LG Tone Free FN4 merupakan TWS yang didukung oleh teknologi Headphone Spatial Processing​ (HSP), dari perusahaan audio bernama Meridian. Teknologi HPS Meridian diklaim mampu memberikan kualitas audio yang jernih dan realistis.

Selain itu LG Tone Free juga dilengkapi dengan beberapa fitur pendukung seperti Echo Cancellation dan Ambient Sound Mode. Nah, kami telah melakukan review TWS LG terbaru ini dan berikut ini hasil review LG Tone Free FN4. Yuk disimak!

Desain

LG Tone Free FN4
Desain LG Free FN4 (Foto: Surya/Telset.id)

Aspek pertama yang kita bahas adalah desain. TWS LG ini memiliki desain yang mirip dengan earbuds pada umumnya. Dengan pilihan warna putih dan hitam TWS LG Tone Free FN4 memiliki diameter 16,1 mm x 32,7 mm x 25 mm dengan berat 5,4 gram.

TWS tersebut memiliki jaring speaker, mikrofon serta touchpad di bagian belakang. Touchpad sendiri berfungsi untuk menerima atau mengakhiri panggilan telepon, memutar musik dan mengaktifkan fitur pendukung. Di bagian bawah terdapat terminal pengisian daya serta mikrofon.

Tidak hanya itu, LG Tone Free FN4 memiliki sertifikasi IPX4 atau tahan terhadap cipratan air dan keringat. Sertifikasi IPX4 membuktikan bahwa earbuds TWS ini memang layak digunakan untuk aktivitas di luar ruangan.

{Baca juga: Review TWS Ugreen HiTune T2: Bass Mantap, Desain Kurang Nyaman}

Selanjutnya beralih ke bagian casing pengisian daya. Casing pengisiannya berbentuk bulat dengan diameter 54,6 mm x 54,6 mm x 27,5 mm dan berat 39 gram. Bentuknya yang bulat membuat casing ini bisa disimpan di kantong celana atau di dalam tas.

Warna casing senada dengan earbuds TWS dan disertai kalimat “Tone” dan “With Meridian” serta logo LG untuk mempertegas identitas merek.

Di bagian luar casing terdapat lampu indikator status pengisian earbuds, tombol untuk memeriksa kondisi baterai casing dan lubang pengisian daya untuk mengalirkan listrik ke casing.

Pada bagian dalam terdapat cekungan untuk tempat pengisian daya TWS serta lampu mood yang otomatis menyala dan mati jika dibuka kotak pengisian dibuka.

Fitur 

LG Tone Free FN4
Fitur mengenai LG Tone FN4 (Foto: Surya/Telset.id)

LG Tone Free FN4 didukung oleh teknologi HPS dari Meridian. Teknologi ini diklaim mampu menghadirkan suara yang realistis dan juga jernih ke telinga pengguna.

Selain teknologi HPS Meridian, LG Tone juga didukung oleh fitur Echo Cancellation dan Noise Reduction. Kedua fitur tersebut terletak di mikrofon bagian atas dan mampu mendeteksi hingga meminimalisir gangguan suara dari lingkungan sekitar.

Dengan fitur tersebut Anda bisa mendengar dengan jelas ketika melakukan panggilan telepon walaupun berada di keramaian. LG TWS tidak hanya memberikan kemudahan saat melakukan panggilan telepon saja.

Ada juga fitur yang membuat Anda semakin nyaman saat mendengarkan lagu atau video yaitu fitur Noise Isolation yang mampu memblokir kebisingan di lingkungan sekitar.

Dengan Noise Isolation, Anda bisa tetap nyaman mendengarkan musik walaupun berada di keramaian seperti di transportasi umum, kafe atau kantor. Selain Noise Isolation, LG juga menghadirkan fitur penyeimbang yakni Ambient Sound Mode.

{Baca juga: 15 Earphone TWS Mirip AirPods 2021 Harga Mulai Sejutaan, Canggih!}

Fitur Ambient Sound Mode adalah fitur yang membantu Anda supaya bisa mendengar situasi sekitar tanpa harus mencopot earbuds atau mengecilkan volume suara.

Fitur ini hadir supaya Anda bisa mendengar suara dari luar dengan jelas seperti suara pengumuman di stasiun atau klakson kendaraan.

Untuk mengaktifkan fitur Ambient Sound Mode, Anda cukup menyentuh dan menahan sebentar bagian earbuds touchpad sebelah kiri atau kanan. Nantinya akan ada suara pemberitahuan bahwa fitur ini telah aktif.

Kualitas Suara

Review TWS LG Tone Free FN4
Kualitas suara TWS LG (Foto: Surya/Telset.id)

Kualitas suara TWS LG ini cukup memuaskan. Kami telah mencoba menikmati lagu dari beragam genre mulai dari rock hingga jazz menggunakan perangkat ini. Hasilnya suara yang dihasilkan sangat jernih dengan dentuman bass yang kencang.

Bagi Anda yang penyuka musik pop, rock, jazz, K-Pop hingga dangdut seperti akan suka dengan semburan suara yang dihasilkan LG Tone Free FN4. Kualitas suara yang prima juga tetap Anda dapatkan saat mengaktifkan fitur Ambient Sound Mode.

{Baca juga: 12 Earphone TWS Murah Terbaik 2021, Harga Mulai 100 Ribuan}

Fitur ini tidak membuat suara lagu kalah dengan suara di lingkungan sekitar. Melalui fitur ini kedua sumber suara tersebut mampu berjalan beriringan dan membuat nyaman telinga.

Daya Tahan Baterai

Review TWS LG Tone Free FN4
Daya baterai LG Tone Free FN4 (Foto: Surya/Telset.id)

LG FN4 didukung oleh baterai Lithium-ion 55 mAh dan Lithium-ion 390 mAh untuk earbud dan kotak pengisi daya. Dalam sekali pengisian baterai TWS mampu bertahan hingga 6 jam, sedangkan kotak pengisian daya memiliki masa pakai hingga 18 jam.

Durasi pengisian daya earbud di dalam kasing juga tidak terlalu lama yakni 2 jam untuk pengisian hingga 100%. Durasi yang sama juga terjadi pada pengisian baterai casing TWS baik melalui USB Type C ataupun menggunakan wireless charging.

Kesimpulan

Review TWS LG Tone Free FN4
LG Tone Free FN4 (Foto: Surya/Telset.id)

Di pasaran LG Tone Free FN4 merupakan salah satu TWS terbaik dengan harga di bawah Rp 1 juta. Di platform e-commerce dan toko offline, Anda dapat membeli LG Tone Free FN4 di  dibandrol dengan harga Rp 800 ribu.

TWS ini bisa menjadi pilihan bagi Anda daily driver yang memiliki segudang aktivitas setiap harinya. Anda bisa tetap mendengarkan lagu dengan nyaman karena fitur Noise Isolation dan Ambient Sound Mode yang bisa digunakan saat beraktivitas di luar ruangan.

{Baca juga: Review Samsung Galaxy Buds Pro: TWS Pintar dengan ANC Canggih}

Sayangnya ada sedikit kekurangan dari LG Tone Free FN4 yakni desainnya yang standar. Selain itu ukuran earbud terlalu besar dan sedikit berat sehingga kurang nyaman ketika dipakai terlalu lama.

Saran kami mungkin kedepannya LG harus membuat TWS Earbud yang desainnya lebih menarik dan lebih nyaman di telinga. Terakhir, TWS LG Tone Free FN4 merupakan produk yang cocok bagi Anda seorang daily driver.

Kelebihan

+ Memiliki kualitas suara yang jernih dan bass yang lumayan

+ Terdapat fitur Noise Isolation dan Ambient Sound Mode untuk mendengarkan lagu di luar ruangan

+ Daya tahan baterai cukup lama

Kekurangan 

– Desainnya standar

– Kurang nyaman jika dipakai terlalu lama karena cukup berat

TELSET RATING : 8/10

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -