telset

Review TWS Ugreen HiTune T2: Bass Mantap, Desain Kurang Nyaman

Telset.id – Lambat laun, kehadiran TWS mulai menggantikan headset atau earphone konvensional. Selain menawarkan fitur yang lebih canggih, perangkat ini juga terlihat lebih modern. Kali ini, tim Telset akan melakukan review pada earphone TWS terbaru dari Ugreen bernama HiTune T2.

Ugreen merupakan brand teknologi yang baru memulai debut di Indonesia. Salah satu portofolio yang dimilikinya adalah perangkat TWS. Di Indonesia sendiri sudah banyak beredar beragam perangkat TWS terbaik.

Nah, kami berkesempatan untuk mencoba langsung TWS terbaru besutan Ugreen ini. Kelebihan dan kekurangan dari perangkat itu kami tuangkan dalam review Ugreen HiTune T2 spesial untuk Anda. Yuk simak!

Desain

review ugreen hitune t2
Ugreen HiTune T2 (Foto: Surya/Telset.id)

Seperti biasa, pembahasan kita mulai dari segi desain. TWS besutan Ugreen ini memiliki desain yang tidak jauh berbeda dengan earphone pada umumnya. Selain warna putih, Ugreen menyediakan pilihan warna lain seperti biru, hitam, dan merah muda.

Casing pengisian dayanya berbentuk kotak, yang warnanya dibuat senada dengan perangkat earbuds. Terdapat indikator di bagian casing untuk memperlihatkan statusnya, seperti idle atau pairing.

{Baca Juga: 12 Earphone TWS Murah Terbaik 2021, Harga Mulai 100 Ribuan}

Indikator serupa juga tertanam di bagian buds. Untuk indikator di bagian ini berguna untuk memperlihatkan baterai sisa. Walaupun demikian, status baterai tetap bisa dipantau langsung dari smartphone.

Pengisian daya pada casingnya sendiri dapat dilakukan dengan mudah melalui port USB, yang terletak di bagian bawah case.

Ugreen HiTune T2 sudah mengantongi sertifikasi IPX5, yang berarti sudah tahan terhadap air dan juga keringat. Sehingga Anda tetap bisa menggunakan perangkat ini ketika berolahraga.

{Baca Juga: Review Samsung Galaxy Buds Pro: TWS Pintar dengan ANC Canggih}

Selain speaker, pada earbuds-nya tebenam mic dengan noise cancelling, touchpad untuk kontrol sentuh, dan pin untuk mengisi daya.

Sedikit kekurangannya, kami merasa desainnya kurang pas dengan kontur telinga. Pasalnya, kami merasa kurang nyaman ketika menggunakan earphone true wireless ini dalam waktu yang lama.

Fitur

Review Ugreen HiTune T2
UGreen HiTune T2 (Foto: Surya/Telset.id)

Review berlanjut pada fitur apa saja yang ada di Ugreen HiTune T2. Pertama, perangkat ini sudah mendukung mekanisme kontrol berbasis sentuhan.

Seperti misalnya untuk menaikkan volume, Anda bisa melakukan double tap pada earbud kanan. Sebaliknya, untuk menaikkan volume bisa dengan double tap pada earbud di bagian kiri.

Kemudian Anda juga bisa play/pause lagu dengan sekali tap di earbud kanan atau kiri. TWS ini juga memiliki fitur Gaming Mode yang bisa diaktifkan dengan melakukan empat kali tap di earbuds kiri atau kanan.

{Baca Juga: Realme Kenalkan Buds Air Pro, TWS Pertama dengan ANC}

Saat masuk ke Gaming Mode, latency yang dihasilkan jadi lebih rendah mencapai 60ms. Fitur Soundscape 3D juga otomatis akan aktif dan membuat pengalaman gaming makin imersif.

Sejujurnya, kami takjub dengan Gaming Mode ini. Pasalnya suara yang dihasilkan TWS jadi lebih “menggelegar”, sehingga pengalaman ketika bermain juga terasa jadi lebih maksimal.

Kami juga tidak mengalami delay dari gerakan yang ada di layar dengan suara yang keluar dari masing-masing earbud. Masalah ini biasanya terjadi ketika menggunakan earphone wireless untuk bermain game. Tetapi kami tidak menemukannya di TWS Ugreen.

{Baca Juga: Realme Buds Air 2 Series dengan Fitur Anti Bising Rilis di Indonesia}

Uniknya, TWS ini dapat digunakan secara terpisah berkat Mode Stereo atau Mode Mono. Jika hanya ini menggunakan satu earbuds, satu lainnya bisa Anda matikan.

Di setiap earbud sudah terpasang 2 mikrofon canggih yang dapat mengurangi suara bising dari latar belakang. Selain itu, teknologi ini juga membuat panggilan telepon menjadi lebih jernih.

Sedikit disayangkannya belum ada fitur seperti Active Noise Cancelling (ANC), yang sudah jamak ditemukan pada perangkat TWS masa kini.

Kualitas Suara

UGreen HiTune T2
UGreen HiTune T2 (Foto: Surya/Telset.id)

Mengenai kualitas suara yang dihasilkan, kami merasa cukup puas. Dentuman bass sangat dominan di TWS satu ini. Buat Anda yang doyan musik “jedag-jedug” rasanya akan suka dengan semburan suaranya.

Berbagai lagu dari beragam genre juga dapat dinikmati dengan memuaskan melalui Ugreen HiTune T2. Apalagi saat memasuki Gaming Mode, kualitas suara juga berasa meningkat.

Walaupun secara keseluruhan kualitas suaranya tidak terlalu spesial, tetapi masuk dalam kategori yang lumayan nyaman di telinga.

Daya Tahan Baterai

UGreen HiTune T2
UGreen HiTune T2 (Foto: Surya/Telset.id)

Terkait daya tahan baterai, dalam sekali pengisian daya dapat digunakan hingga 4 jam non stop. Case pengisian dayanya menawarkan masa pakai hingga 20 jam.

Untuk sekali proses pengisian daya, Anda bisa menggunakan earbuds kembali selama 1 jam penggunaan non stop.

Pengisian daya pada case-nya berlangsung selama 1,5 jam melalui USB Type C. Perangkat ini juga sudah mendukung pengisian secara nirkabel yang diklaim dapat terisi penuh dan memakan waktu selama 2 jam.

Kesimpulan

review UGreen HiTune T2
UGreen HiTune T2 (Foto: Surya/Telset.id)

Masuk ke bagian kesimpulan dari review Ugreen HiTune T2. Bisa dibilang ini adalah salah satu earphone TWS terbaik dengan harga Rp 500 ribuan. Dari segi suara, TWS ini cukup memuaskan untuk kelas harganya.

Apalagi untuk pengguna yang doyan bermain game, TWS Ugreen HiTune T2 bisa membuat pengalaman bermain game jadi lebih mengasyikkan berkat Gaming Mode-nya.

Sayangnya, kami tidak betah berlama-lama menggunakan TWS ini karena terasa kurang nyaman di telinga. Mungkin ke depannya Ugreen bisa membuat perangkat yang lebih nyaman dan ergonomis untuk kontur telinga penggunanya.

Demikian hasil review kami setelah mencoba TWS Ugreen HiTune T2. Menurut kami TWS ini cocok bagi Anda yang ingin merasakan pengalaman menggunakan TWS setelah beralih dari headset konvensional.

Apalagi banderol harganya yang tidak terlalu mahal, membuatnya jadi pilihan yang cukup rasional.

Kelebihan

+ Kualitas suara lumayan

+ Bass mantap

+ Gaming Mode

+ Tahan Air dan Keringat IPX7

Kekurangan

– Kurang nyaman digunakan dalam waktu lama

TELSET RATING: 7.5/10

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0