Review Samsung Galaxy Buds Pro: TWS Pintar dengan ANC Canggih

Telset.id, Jakarta – Samsung kembali menelurkan portofolio True Wireless Stereo (TWS) terbaru mereka yang lebih canggih dan pintar, Galaxy Buds Pro. Kenapa kami sebut canggih dan pintar? Yuk langsung saja cari tahu di review Galaxy Buds Pro berikut ini.

Banyak perubahan yang diadopsi Samsung pada Galaxy Buds Pro, dibandingkan dengan Galaxy Buds Live. Mulai dari desain dan tentu saja fitur.

Untuk mendapatkan gambaran menyeluruh mengenai kelebihan dan kekurangan perangkat TWS baru dari Samsung ini, simak review Galaxy Buds Pro persembahan tim Telset berikut ini.

Desain Galaxy Buds Pro

Samsung Galaxy Buds Pro
Samsung Galaxy Buds Pro (Surya/Telset.id)

Galaxy Buds Pro memiliki tiga varian warna, yakni Phantom Black, Phantom Silver, dan Phantom Violet. Unit yang kami uji kali ini merupakan warna Phantom Violet yang tampil feminim, cocok untuk perempuan.

Balutan warna ini dibuat senada dengan warna dari casing pengisian daya. Mengenai casing pengisian dayanya, Samsung memilih bentuk kotak dan tidak lagi memakai casing berbentuk lonjong.

Pada bagian casingnya juga terdapat indikator yang otomatis berubah warna hijau, kuning dan merah, mengikuti indikator baterai sisa yang disimpan casing tersebut.

Samsung Galaxy Buds Pro
Casing Samsung Galaxy Buds Pro (Surya/Telset.id)

Untuk perangkat Buds-nya sudah didesain sedemikian rupa dengan dimensi yang compact dan ramping, hingga bisa terpasang dengan pas dan nyaman di telinga. 

Anda tidak perlu khawatir Buds akan mudah copot ketika dikenakan, bahkan saat digunakan untuk jogging. Samsung juga sudah menyediakan dua set eartip cadangan, yang dapat dipilih sesuai dengan kontur telinga Anda.

Tidak cuma memuat speaker untuk menyemburkan suara, pada sensor Buds ini juga sudah tertanam sensor, mic, mekanisme kontrol sentuh dan juga pin untuk mengisi dayanya.

Samsung memperkenalkan sebuah teknologi baru pada desain Galaxy Buds Pro, yang disebut sebagai Wind Shield. Teknologi ini meminimalisir kebisingan dari hembusan angin.

{Baca Juga: Fitur Canggih Galaxy Buds Pro, dari ANC Sampai Quick Charge}

Berkat desain Wind Shield ini, membuat suara yang keluar dari earbuds bekal lebih jelas, bahkan dalam kondisi angin kencang di sekitar. Teknologi ini tentu sangat berguna untuk penggunaan di luar ruangan.

Menariknya lagi, perangkat ini sudah menggunakan 20% material dari bahan daur ulang yang berarti lebih ramah lingkungan. Sesuai dengan visi misi Samsung belakangan ini.

Oh iya, proses pengisian daya dilakukan melalui kabel USB Type C yang masih tersedia dalam paket penjualan.

Fitur Galaxy Buds Pro

Samsung Galaxy Buds Pro
Fitur Galaxy Buds Pro (Surya/Telset.id)

Samsung menjejalkan sejumlah fitur pada Galaxy Buds Pro. Inilah mengapa kami menyebutnya sebagai TWS yang tidak hanya canggih dan juga pintar.

Dari awal menggunakan perangkat ini, Anda tidak perlu pusing mencari tahu bagaimana mengaktifkannya. 

Tinggal keluarkan dari casing, sambungkan ke smartphone atau laptop melalui Bluetooth, maka Anda bisa langsung mendengarkan lagu favorit Anda. Semudah itu.

Buds Pro dapat mendeteksi saat ia mulai dipasangkan ke telinga. Begitu juga saat Anda melepas Buds dari telinga, perangkat akan mendeteksi dan beberapa detik kemudian lagu yang Anda dengarkan juga otomatis akan ikut mati. 

{Baca Juga: Samsung Galaxy Buds Pro Tiba, Harga Mulai Rp 2 Jutaan}

Untuk navigasi dilakukan dengan kontrol sentuh pada bagian cangkang Buds, yang menurut kami cukup responsif. Misalnya tap sekali untuk memainkan dan pause lagu, sentuh dua kali untuk ke track berikutnya.

Hanya saja, kontrol berbasis sentuh ini menurut kami terlalu sensitif. Saat sedang digunakan sambil tiduran dan tersentuh bantal, kontrol langsung merespon dengan cepat dan menghentikan lagu yang sedang didengarkan.

Tentunya sedikit banyak ini mengurangi kenyamanan. Karena Anda harus berhati-hati agar kontrol tidak merespon sentuhan yang tidak diinginkan.

Galaxy Buds Pro
Galaxy Buds Pro (Surya/Telset.id)

Fitur utama yang sekaligus juga menjadi keunggulan dari Galaxy Buds Pro adalah Active Noise Cancelling (ANC). Samsung mengklaim bahwa teknologi ANC yang mereka gunakan merupakan teknologi paling cerdas di TWS saat ini.

Kami akui, fitur ANC ini cukup baik untuk meredam kebisingan. Bahkan, sejak TWS mulai dipasangkan di telinga. Kenikmatan mendengarkan lagu tidak akan terganggu dengan suara berisik di sekitar.

Hal ini dapat memungkinakan berkat mic built in yang tertanam di bagian dalam dan luar. Berkatnya, TWS dapat memantau kebisingan secara realtime. Anda juga dapat mengatur sensitivitas ANC melalui aplikasi.

Fitur di Aplikasi Galaxy Wearable

Pastinya Anda pernah merasakan repotnya harus melepas pasang perangkat TWS saat ada teman Anda yang ingin mengobrol, padahal Anda tengah mendengarkan musik.

Kejadian ini tidak akan Anda temui saat menggunakan Galaxy Buds Pro. Terima kasih pada fitur Ambient Sound yang memungkinkan kita dapat mengobrol dengan nyaman tanpa melepas Buds atau mem-pause lagu.

Fitur ini akan “mengambil” suara dari sekitar dan menyalurkannya ke telinga Anda. Lagu yang Anda dengarkan juga otomatis akan mengecil agar suara dari obrolan bisa terdengar jelas.

{Baca Juga: Rekomendasi 7 Earphone TWS Berkualitas, Harga Rp 200 Ribuan}

Kondisi semacam ini juga akan terjadi saat Anda mulai berbicara. Kekurangannya, Anda tidak akan bisa bernyanyi dengan keras saat mendengarkan lagu dengan Buds ini. Karena Buds akan mengira Anda akan memulai obrolan dan akan langsung mengecilkan volume lagu.

Beberapa kali kami batal ikut bernyanyi ala karaoke saat mendengarkan lagu favorit, karena Buds akan langsung mengurangi volume lagu yang tengah didengarkan.
Jika Anda tidak ingin mengaktifkan fitur ini, Anda bisa langsung mematikannya melalui aplikasi Galaxy Wearable yang terinstall di smartphone.

Untuk Anda yang gemar olahraga sembari mendengarkan lagu, Galaxy Buds Pro bisa jadi teman yang cocok untuk Anda.

Pasalnya, perangkat TWS ini sudah mengantongi sertifikasi IPX7. Ini berarti Galaxy Buds Pro sudah tahan terhadap air atau juga keringat.

Sertifikasi IPX7 di Galaxy Buds Pro (Dok: Samsung)

Menurut penjelasan dari pihak Samsung, Galaxy Buds Pro telah lolos pengujian saat diletakkan di kedalaman air 1 meter selama 30 menit.

Beragam pengaturan dari Galaxy Buds Pro bisa dilakukan melalui aplikasi Galaxy Wearable  yang bisa diunduh melalui Play Store. Aplikasi ini bisa di-install di semua jenis smartphone Android, tidak eksklusif di HP Samsung saja.

Melalui aplikasi Galaxy Wearable, Anda bisa mengatur tingkat Noise Control, mengaktifkan deteksi suara, menonaktifkan sentuhan pada Buds, mengatur equalizer, hingga menemukan lokasi Buds melalui Find My Earbuds.

Kualitas Suara

Galaxy Buds Pro
Galaxy Buds Pro (Surya/Telset.id)

Dari segi kualitas suara, tentu Galaxy Buds Pro tidak akan mengecewakan. Ditambah lagi ada dukungan fitur ANC yang membuat kegiatan mendengarkan lagu jadi makin seru.

Saat fitur ANC aktif, suara berisik dari luar bisa diblokir dengan baik. Anda bisa dengan fokus menikmati lantunan lagu favorit.

Kualitas suaranya juga terdengar empuk, treble atau bass tidak terlalu berlebihan. Equalizer juga bisa diatur melalui aplikasi Galaxy Wearable. Tersedia beragam preset yang bisa digunakan, seperti Soft, Dynamic, Treble Boost dan Clear.

Bermacam genre lagu coba kami dengarkan, seperti “Shadow Moses” dari Bring Me The Horizon yang kaya akan dentuman double pedal, lagu dengan vibes ala 80an, “Serenata Jiwa Lara” dari Diskoria, hingga syahdunya lagu “Adu Rayu” dari Yovie, Tulus dan Glenn, bisa di-deliver dengan sangat apik.

Daya Tahan Baterai

Samsung Galaxy Buds Pro (Surya/Telset.id)

Dari segi sumber daya, Buds-nya ditanamkan baterai dengan kapasitas 61 mAh di tiap bagiannya. Sementara di bagian case terbenam baterai dengan kapasitas 472 mAh.

Untuk kondisi baterai penuh, Galaxy Buds Pro dapat digunakan selama 8 jam dan 20 jam tambahan dari case. Sementara jika fitur ANC menyala, TWS hanya bisa digunakan selama 5 jam dan 13 jam dengan case.

Samsung Galaxy Buds Pro juga memiliki fitur pengisian daya cepat. Pada earphone TWS ini, hanya butuh waktu sekitar 5 menit untuk memberikan waktu penggunaan hingga 1 jam. TWS baru dari Samsung ini juga sudah mendukung Wireless Charging.

Kesimpulan

review galaxy buds pro
Samsung Galaxy Buds Pro (Surya/Telset.id)

Galaxy Buds Pro mampu memberikan pengalaman yang cukup baik bagi pengguna. Berbagai fitur canggih yang dihadirkan memang secara pintar disesuaikan dari kebiasaan dan kebutuhan pengguna. Ini mengapa kami menyebutnya sebagai TWS yang canggih dan pintar.

Beragam fitur yang dihadirkan juga sangat fungsional dan memudahkan. Salah satunya seperti fitur yang mendeteksi saat Buds dipasangkan di telinga, atau ketika Buds tidak lagi digunakan dan mematikan lagu dengan sendirinya. 

Untuk Anda yang ingin merasakan pengalaman serupa atau bahkan lebih dengan Galaxy Buds Pro, Anda bisa merogoh kocek sebesar Rp 2.999.000. Kami rasa, Galaxy Buds Pro kayak dilabeli Worth to Buy. (HR)

Kelebihan

+ Desain pas di telinga

+ Intelligent Active Noise Cancelling

+ Fitur Deteksi Suara Ambient Sound

+ Tahan Air dan Keringat IPX7

+ Kualitas suara oke

Kekurangan

– Kontrol sentuh terlalu sensitif

TELSET RATING: 8/10

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0