telset

Review Infinix Zero 5G: Performa Tangguh, tapi “Agak Boros”

Telset.id – Pasar Indonesia kedatangan smartphone 5G terbaru, Infinix Zero 5G. HP ini didukung oleh chipset MediaTek Dimensity 900 serta kamera dengan hasil foto dan video yang ciamik.

HP Infinix terbaru ini diluncurkan pada awal April 2022 dan menjadi  HP 5G pertama yang di bawa Infinix ke pasar Indonesia.

Infinix Zero 5G hadir untuk memenuhi kebutuhan pengguna khususnya anak muda yang membutuhkan ponsel tangguh yang bisa dipakai untuk berkomunikasi, membuat konten, streaming film hingga bermain game.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Infinix Zero 5G

Lantas kira-kira seberapa tangguh Infinix Zero 5G? tim Telset sudah melakukan test review Zero 5G secara lengkap dan silakan simak hasil reviewnya berikut ini.

Desain Infinix Zero 5G 

Review Infinix Zero 5G

Infinix memberikan 3 pilihan warna di Zero 5G berupa Cosmic Black seperti yang kami peroleh, Skylight Orange dan Horizon Blue.

Desainnya menggunakan konsep Uni-Curve dengan lekukan halus di panel belakang untuk membedakan kamera utama dan bodi secara keseluruhan.

Kemudian material yang digunakan adalah material komposit yang menyerupai kaca. Secara keseluruhan perpaduan warna dan desain yang ditawarkan membuat HP ini tampak elegan dan nyaman digenggam.

HP 5G Infinix
Desain bagian belakang

Sayangnya material komposit memiliki kekurangan, yaitu muncul bekas jari dan telapak tangan pengguna menempel apabila smartphone digengam terlalu lama.

Beralih ke bagian depan, smartphone terbaru 2022 ini memiliki layar IPS LCD berukuran 6,78 inci FHD+ dengan kamera depan yang berada di bagian atas layar.

Lalu untuk sisi kanan ada tombol untuk mengatur volume, fingerprint serta tombol matikan layar. Sedangkan di kiri ada SIM Card dan Micro SD slot yang muat untuk 2 SIM Card dan 1 Micro SD.

Adapun untuk bagian bawah ada port untuk USB Type-C 2.0, Audio Jack 3.5 mm dan speaker.

HP 5G
Desain bagian bawah smartphone

Layar dan Audio 

Layar yang digunakan berbahan IPS LCD berukuran 6,78 inci. Meskipun bahan layarnya tergolong standar, tetapi resolusinya adalah Full HD+ dengan dukungan refresh rate 120 Hz dan touch sampling rate 240 Hz.

Dengan layar yang lebar dan refresh rate tinggi, Infinix Zero 5G mampu memberikan pengalaman layar yang mulus.

HP 5G 3 jutaan
Wujud layar IPS LCD berukuran 6,78 inci Full HD+

Selama proses review, kami tidak menemui gangguan atau lag ketika smartphone digunakan untuk bermain main atau sekedar membuka aplikasi media sosial.

Sedangkan untuk audio, Infinix Zero 5G menggunakan speaker mono yang berada di bawah bodi yang mampu memberikan suara maksimal ketika dipakai untuk menonton video atau bermain game.

Performa 

HP Infinix terbaru

Dapur pacu Infinix Zero 5G diisi oleh komponen-komponen yang tangguh. Misalnya untuk chipset disematkan MediaTek Dimensity 900 fabrikasi 6nm serta GPU Arm Mali-G68 MC4.

Perpaduan keduanya diharapkan mampu memberikan performa yang sigap, cepat dan responsif untuk pengalaman gaming atau aktivitas sehari-hari. Tidak sampai di situ, kapasitas RAM dan memori HP juga lega.

Walaupun hanya ada 1 varian, tetapi komposisinya adalah RAM 8 GB dengan memori internal 128 GB. Kapasitas RAM sendiri bisa ditambah hingga 3 GB dengan fitur RAM Extended.

Baca juga: 6 Fitur Andalan Infinix Zero 5G

Sementara sumber dayanya sudah dilengkapi dengan baterai maksimal berkapasitas 5.000mAh, serta fast charging 33W.

Melalui spesifikasi tadi, Infinix Zero 5G bisa digunakan dengan baik untuk kegiatan sehari-hari atau bermain game.

Kami tidak menemukan adanya gangguan saat membuka beragam aplikasi mulai dari WhatsApp, Instagram dan NetFlix.

Hasil yang sama juga kami rasakan saat main game FIFA Mobile dengan grafis sedang serta frame rate 60 fps dan PUBG Mobile mode grafis HDR dan frame rate ultra.

Lalu agar objektif, kami menggunakan aplikasi pengujian performa smartphone seperti AnTuTu Bechmark, PC Mark dan 3D Mark untuk menguji performa HP. Berikut ini hasil dari masing-masing aplikasi.

AnTuTu Bechmark 

Performa Infinix Zero 5G

Pengujian pertama menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark dan hasilnya Zero 5G memperoleh skor 477.201 poin. Skor yang bagus karena skor di atas 500 ribu poin.

PC Mark

Infinix Zero 5G

Saat menggunakan aplikasi PC Mark, Infinix Zero 5G berhasil memperoleh skor untuk Work 3.0 Performance sebesar 12.056 poin. Hasil yang bagus dan sesuai dengan performa smartphone ketika digunakan sehari-hari.

3D Mark 

Infinix Zero 5G

Spesifikasi yang tinggi dari Infinix Zero 5G, membuat smartphone ini bisa dilakukan uji coba untuk semua kategori di aplikasi 3D Mark. Misalnya untuk pengujian Sling Shot dan Sling Shot Extreme smartphone mendapatkan skor 5.139 dan 3.870 poin.

Baca juga: Hands-on Infinix Note 11 NFC

Lalu untuk Wild Life dan Wild Life Stress Test, poin yang peroleh sekitar 2.045 dan 2.047. Adapun untuk Wild Life Extreme Stress Test maka skor yang dapatkan adalah 583 untuk Best Loop Score dan 577 poin untuk Lowest Loop Score.

Baterai 

Infinix Zero 5G ditopang oleh baterai 5.000 mAh dengan dukungan fast charging 33W. Baterainya juga didukung oleh teknologi pengaman TÜV Rheinland.

Teknologi yang mampu mengoptimalkan dan mengamankan proses pengisian daya. Maksudnya sumber daya akan dimatikan secara otomatis saat kapasitas baterai smartphone telah penuh, sehingga lebih aman.

Dari hasil pengujian menggunakan aplikasi PC Mark, HP baterai 5000 mAh ini memberikan performa screen on time selama 14 jam 39 menit. Hasil ini memperlihatkan kalau HP ini bisa dipakai aktivitas seharian, dalam sekali pengisian daya.

Baterai Zero 5G
Hasil pengujian menggunakan aplikasi PC Mark

Adapun untuk pengisian daya, fast charging 33W di Zero 5G mampu mengisi daya dari 11% ke 100% dalam kurun waktu 1,5 jam saja.

Kamera Infinix Zero 5G 

Spesifikasi kamera Infinix Zero 5G cukup mewah, yang terdiri dari 3 kamera di bagian belakang yang komposisinya kamera utama 48 MP kamera portrait 13 MP dan kamera virtual 2 MP.

Pada bagian kamera depan, terdapat 1 kamera selfie 16 MP. Untuk hasil kamera utama dan selfie, HP mampu memberikan hasil foto yang bagus baik di dalam atau luar ruangan.

Hasil Kamera Utama Infinix Zero 5G
Hasil kamera utama 48 MP
Hasil kamera selfie infinix
Hasil Kamera Selfie 16 MP

Selain kamera utama dan selfie, ada berbagai fitur-fitur canggih yang bisa Anda gunakan.

Misalnya terdapat fitur ultra zoom dengan tingkatan hingga 30 kali sehingga Anda bisa mengambil objek yang jauh. Fitur ini cocok untuk pengambilan foto outdoor seperti di jalan raya.

Mode Kamera Infinix
Hasil Mode Ultra Zoom 30x

Berikutnya ada Beauty Mode Camera yang mampu mengubah wajah menjadi lebih mulus dan putih. Fitur yang cocok untuk Anda yang ingin selfie dengan penampilan maksimal.

Tidak ketinggalan ada Portrait Mode. Berdasarkan hasil review, Portrait Mode Camera mampu memberikan efek bokeh yang bagus pada foto. Kami tidak merasa kesulitan mendapatkan foto bokeh dengan objek bunga dan hewan.

Mode Kamera Infinix
Hasil Portrait Mode Camera dengan objek bunga
Mode Kamera Infinix
Hasil Portrait Mode Camera dengan objek hewan

Hasil Super Night Mode Camera juga tidak kalah ciamik. Sebab fitur mampu menghasilkan gambar yang detail, dan natural meski kondisi objek di malam hari dengan minim cahaya.

Kamera Infinix
Hasil Super Night Mode Camera
Hasil Kamera Infinix Zero
Hasil Super Night Mode Camera

Fitur untuk pengambilan video tidak kalah beragam. Terdapat fitur opsi pengambilan video dengan format 720p frame rate 30 fps, 1080p frame rate 30 fps dan 60 fps, dan 4K frame rate 30 fps. Khusus untuk format 4K, hasil video tidak mengecewakan.

Baca juga: Spesifikasi Laptop Infinix InBook X2, Harga di Bawah Rp 10 Juta

Video mampu memberikan detail yang halus, sehingga mampu merekam suasana secara natural.

Hasil Video Format 4K Infinix Zero 5G
Hasil Video Format 4K

Ada juga Ultra Stable Mode, yang saat kami coba merekam di atas sepeda motor mampu bisa memberikan video yang stabil.

Hasil Ultra Stable Mode
Hasil video dengan fitur Ultra Stable

Sisanya ada fitur Short Video dengan durasi maksimal 15 detik, Beauty Video dan Efek Bokeh yang dapat membantu Anda membuat konten video di HP Zero 5G.

Kesimpulan 

Harga Infinix Zero 5G

Infinix Zero 5G masuk dalam kategori HP harga 3 jutaan. Harganya Rp 3.399.000 dan tersedia dalam varian RAM 8 GB dan memori 128 GB saja. Namun dengan harga seperti itu, apakah Zero 5G layak dibeli?

HP ini menambah daftar HP 5G murah yang ada di pasar Indonesia. Lalu dengan spesifikasi chipset MediaTek Dimensity 900 dan layar refresh rate tinggi membuat Zero 5G bisa menemani aktivitas gaming Anda.

Baca juga: Infinix Note 11 Series Dapatkan Fitur RAM Extended

Di sisi lain kameranya memiliki banyak fitur, untuk membantu Anda membuat konten foto atau video.

Adapun kekurangan Zero 5G adalah bodi yang berbahan kaca yang membuat bekas tangan menempel di bodi. Kekurangan lainnya adalah daya tahan baterai yang kurang lama.

Kelebihan Infinix Zero 5G 

  • Kamera dengan resolusi tinggi dan fitur yang lengkap.
  • Chipset MediaTek Dimensity 900 dengan performa tangguh dan kencang.
  • Didukung teknologi 5G.
  • Layar lega dengan refresh rate hingga 120 Hz.
  • RAM besar dan bisa ditambah dengan fitur RAM Extended. 
  • Pengisian baterai cepat.

Kekurangan Infinix Zero 5G

  • Bodi berbahan kaca sehingga membuat bekas telapak tangan membekas di bodi.
  • Daya tahan baterai kurang lama.

Nilai 9/10

SPESIFIKASI INFINIX ZERO 5G
Rilis April 2022
Network GSM / HSPA / LTE / 5G
OS Android 11, XOS 10
Chipset MediaTek MT6877 Dimensity 900 (6 nm)
CPU Octa-core (2×2.4 GHz Cortex-A78 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)
GPU Mali-G68 MC4
RAM 8 GB
Storage 128 GB
Dimensi 168.7 x 76.5 x 8.8 mm (6.64 x 3.01 x 0.35 in), 199 gram
Layar IPS LCD 6.78 inci FHD+
Kamera Utama 48 MP (wide) + 13 MP (telephoto) + 2 MP
Kamera Depan 16 MP (wide)
Beterai 5.000 mAh, Charging 33W
Warna Cosmic Black, Skylight Orange, Horizon Blue
Harga Rp 3.399.000.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0