Review Asus VivoBook Flip 14 TP470: Laptop Convertible yang Bertenaga

Telset.id – Laptop convertible kini sudah makin mudah ditemui. Asus menjadi salah satu vendor yang punya banyak model laptop berjenis convertible. Salah satu yang terbaru adalah Asus VivoBook Flip 14. Kami sudah melakukan review Asus VivoBook Flip 14 TP470 secara lengkap, untuk menguji performanya.

Laptop convertible memiliki desain yang lebih fleksibel dengan layar yang dapat diputar hingga 360 derajat. Kemampuan tersebut membuat laptop convertible dapat difungsikan menjadi sebuah tablet.

Selain itu, pada Asus VivoBook Flip 14 ini juga sudah mengadopsi teknologi layar sentuh. Dengan penerapan teknologi ini pastinya akan membuat pengguna makin mudah untuk mengoperasikannya. Ditambah lagi Asus juga menyertakan aksesoris berupa stylus dalam paket penjualan.

{Baca Juga: Asus ROG Swift PG32UQX, Monitor Canggih untuk Gamer Hardcore}

Pastinya tidak cuma mengandalkan layar yang convertible, sejumlah kelebihan kami temukan di laptop terbaru dari Asus ini. Supaya lebih jelas, yuk langsung saja simak review Asus VivoBook Flip 14 berikut ini.

Desain VivoBook Flip 14 TP470

review asus vivobook flip
Asus VivoBook Flip 14 TP470 (Foto: Surya/Telset.id)

Dimulai dari desain, VivoBook Flip 14 TP470 mengadopsi desain yang simpel dan tampak tegas. Rasanya cocok untuk Anda para profesional yang membutuhkan laptop dengan desain fleksibel.

Tidak ketinggalan tentunya Asus menerapkan teknologi NanoEdge Display, yang membuat bezel layar jadi begitu tipis. Berdasarkan keterangan dari Asus, laptop ini memiliki screen to body ratio mencapai 82%.

Dengan layar yang lebih luas, menurut kami konten yang disajikan jadi lebih memuaskan mata. Ditambah lagi, layar yang bisa diputar hingga 360 derajat jelas menambah fleksibilitasnya.

Asus VivoBook Flip 14 TP470
Asus VivoBook Flip 14 TP470 (Foto: Surya/Telset.id)

Berbicara soal dimensi, VivoBook Flip 14 hadir dengan bodi yang ketebalannya hanya 18,7mm dan memiliki bobot cuma 1,5Kg. Dengan dimensi ini membuatnya mudah untuk diajak bermobilitas, apalagi untuk work from home seperti sekarang ini.

Seperti yang kami sebutkan di atas, laptop ini juga dilengkapi dengan stylus dalam paket penjualannya. Untuk mencegahnya terpisah dari laptop dan berpotensi hilang, stylus ini bisa “ditempelkan” dan menjadi satu kesatuan dengan laptop.

Dari pengalaman kami menggunakan laptop ini, hadirnya stylus makin membuat penggunaan layar convertible jadi lebih optimal. Apalagi ketika digunakan untuk menggambar misalnya, baik dalam tent mode atau tablet mode.

VivoBook Flip 14 TP470
Asus VivoBook Flip 14 TP470 (Foto: Surya/Telset.id)

Pada bagian keyboard juga sudah dibekali dengan backlit yang kami rasakan begitu memudahkan ketika harus mengetik di tempat dengan cahaya redup. Asus sedikit memberikan highlight berwarna hijau di sekeliling tombol enter, membuatnya tampak kontras.

Perihal konektivitas tergolong cukup lengkap. Selain dibekali dengan USB Type-C Thunderbolt 4 dan Type-A, selain itu laptopjuga sudah dibekali dengan port HDMI. Sementara untuk koneksi nirkabel sudah tersedia WiFi 6 dan Bluetooth 5.0.

VivoBook Flip 14 (TP470) juga dilengkapi dengan fitur keamanan biometrik menggunakan sensor sidik jari atau fingerprint, serta dukungan dari Windows Hello.

Layar

VivoBook Flip 14 TP470
Asus VivoBook Flip 14 TP470 (Foto: Surya/Telset.id)

Review Asus VivoBook Flip 14 berlanjut ke bagian layar. Laptop ini dibekali dengan layar  sentuh berjenis IPS berukuran 14 inci. Resolusinya Full HD dan memiliki rasio seluas 16:9.

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, layar ini juga sudah bisa dioperasikan dengan menggunakan stylus. Perangkat stylus tersebut mendukung fitur pressure input serta kompatibel dengan teknologi Windows Ink.

{Baca Juga: Ditenagai Intel Core Tiger Lake H, Ini Spesifikasi Asus ROG Zephyrus M16}

Konsep layar sentuh ini jelas sangat cocok jika dikombinasikan dengan laptop jenis convertible. Tidak sekadar menjadi gimmick, melainkan juga menambah fungsionalitasnya.

Di bagian bezel atas Asus menyertakan sebuah HD camera. Keberadaan kamera ini cukup bisa mengakomodir kebutuhan untuk memberikan gambar yang jernih ketika meeting online misalnya.

VivoBook Flip 14 TP470
Asus VivoBook Flip 14 TP470 (Foto: Surya/Telset.id)

Sayangnya, Asus tidak menyertakan cover pada kamera HD di bagian depan. Harusnya, sentuhan kecil semacam ini bisa memberikan proteksi lebih pada penggunanya.

Asus juga tidak ketinggalan menyertakan dukungan fitur keamanan berupa fingerprint scanner. Fitur ini yang memberikan proteksi sekaligus memudahkan Anda untuk membuka kunci layar tanpa perlu ribet mengetikkan password.

{Baca Juga: Review Asus ZenBook Duo UX482: Laptop Dua Monitor Kaya Fitur}

Ketika menyalakan laptop, Anda tinggal meletakkan jari yang sudah didaftarkan sebelumnya di fingerprint scanner yang terletak di mousepad, maka kunci layar akan langsung terbuka.

Berdasarkan pengalaman kami, pemindai sidik jari ini bisa sangat cepat mengenali. Membuka kunci layar laptop bisa dibilang jadi sangat instan. Menurut kami, fitur ini jadi solusi keamanan yang mumpuni sekaligus memudahkan.

Spesifikasi dan Performa VivoBook Flip 14 TP470

Asus VivoBook Flip 14 TP470
Asus VivoBook Flip 14 TP470 (Foto: Surya/Telset.id)

Review Asus VivoBook Flip 14 masuk ke bagian yang paling penting, apalagi kalau bukan soal spesifikasi dan juga performanya.

VivoBook Flip 14 memiliki performa yang cukup bertenaga berkat penggunaan prosesor Intel Core i5-1135G7 generasi ke-11. Jika Anda menginginkan yang lebih powerful, Asus menyediakan pilihan hingga prosesor Intel Core i7-1165G7.

Kinerjanya juga didukung dengan RAM berkapasitas 8 GB LPDDR4X dan juga memori penyimpanan dengan kapasitas 512 GB berjenis SSD.

{Baca Juga: 7 Laptop Gaming Asus ROG Terbaru 2021, Speknya Gahar!}

Untuk urusan pengolahan grafis, VivoBook Flip 14 ini merupakan salah satu laptop pertama di dunia yang menggunakan chip grafis Intel Iris Xe Max.

Berbeda dengan Intel Iris Xe yang merupakan chip grafis terintegrasi, Intel Iris Xe Max merupakan chip grafis terdedikasi yang terpisah dengan prosesor Intel Core generasi ke -11.

Sebagai informasi ya, sob, chip grafis tersebut memang diciptakan khusus untuk perangkat komputasi mobile dan mampu menghadirkan performa grafis lebih baik dari chip grafis terintegrasi, namun tetap menawarkan konsumsi daya yang rendah.

Intel Iris Xe Max hadir dengan VRAM DDR4X sebesar 4GB dan dilengkapi berbagai teknologi grafis terkini.

Salah satu teknologi terbaru yang dihadirkan di Intel Iris Xe Max adalah Intel Deep Link Technology yang menjanjikan performa serta efisiensi lebih baik untuk content creation, gaming, serta kemampuan encoding di sebuah laptop ultraportable.

Berikut hasil benchmark menggunakan aplikasi Cinebench dan 3D Mark:

Cinebench Asus VivoBook Flip 14 TP470
Hasil Benchmark Cinebench

Dari hasil pengujian dengan Cinebench R15, laptop ini berhasil meraik skor turbo mencapai 200. Sedangkan untuk Cinebench R15 nt berhasil mencapai skor sekitar 950an.

Demikian juga dari segi performa yang berhasil meraih skor 200 dan Cinebench R15 nt dengan pencapaian sekitar 930an.

3D Mark Asus VivoBook Flip 14 TP470
3D Mark

Pada pengujian di aplikasi 3D Mark, laptop ini berhasil meraih skor performa sebesar 15.744 untuk mode Night Raid. Sedangkan untuk di mode Fire Strike berhasil mendapatkan skor sebesar 5.449.

Hasil yang didapat dari pengujian 3D Mark bahkan berada sedikit di atas laptop ZenBook Flip UX363 yang kami ulas beberapa waktu yang lalu.

Untuk penggunaan sebagai daily driver, kami sama sekali tak mendapati keluhan. Menggarap berbagai kerjaan seperti membuat artikel, editing foto dan juga browsing dapat dilakukan dengan sangat lancar.

{Baca Juga: Rangkaian Asus ROG Terbaru dengan AMD Ryzen 5000 Tiba di Indonesia}

Kelebihan lain yang ditawarkan Asus pada laptop ini adalah, mereka telah menyediakan bundling software Office Home & Student 2019 secara cuma-cuma alias gratis.

Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data pengguna.

Dengan ini Anda tak perlu lagi mengeluarkan uang tambahan untuk membeli aplikasi Office. Apalagi sampai mengunduh aplikasi bajakan, yang sebaiknya jangan sampai dilakukan.

Pastinya juga kami coba menggeber kemampuan laptop ini untuk bermain game. Dikarenakan belakangan ini kami sangat gandrung dengan game Valorant, dengan segera kami mencoba kecakapan laptop ini untuk bermain game first person shooter tersebut.

{Baca Juga: Asus Ajak Tukar Tambah Smartphone Bekas dengan Laptop Baru}

Hasilnya cukup memuaskan. Berbagai pertandingan bisa kami mainkan dengan sangat lancar tanpa mengalami kendala berarti. Sayangnya karena keterbatasan waktu, kami belum bisa menjajal memainkan game lain yang lebih berat.

Bermain game atau streaming film juga makin seru ketika menggunakan laptop ini. Pasalnya dari sistem audio sudah didukung dengan teknologi dari Harman Kardon dan Asus SonicMaster.

Ini membuat semburan suara jadi lebih lantang, tetapi tetap terasa empuk dan bulat didengar di telinga. So far, kami sangat puas dengan sajian performa keseluruhan yang ditawarkan laptop ini.

Kesimpulan

Asus VivoBook Flip 14 TP470
Asus VivoBook Flip 14 TP470 (Foto: Surya/Telset.id)

VivoBook Flip 14 ini jadi pilihan baru dan segar pastinya untuk Anda yang menginginkan laptop seri VivoBook dengan desain convertible dan layar sentuh. Apalagi Asus juga ikut menyertakan aksesoris stylus dalam paket penjualan, yang membuatnya jadi semakin lengkap.

Ditambah lagi adanya penggunaan prosesor Intel Core generasi ke-11 dan GPU Intel Xe Max yang punya performa mumpuni.

Rasanya ini jadi salah satu pilihan laptop yang oke untuk menemani work from home di tengah pandemi. Produktivitas bakal terbantu berkat desain yang fleksibel dan performa yang bisa diandalkan.

Untuk Anda yang tertarik, VivoBook Flip 14 varian Intel i5 bisa Anda miliki dengan merogoh kocek sebesar Rp 13.799.000. Cukup sepadan dengan beragam kelebihan yang ditawarkan.

Kelebihan

Berikut kelebihan Asus VivoBook Flip 14:

  • Desain Convertible
  • Layar Sentuh
  • Sudah menggunakan Intel Core generasi 11
  • Dilengkapi stylus dalam paket penjualan
  • Sudah disertakan aplikasi Office

Kekurangan

Berikut kekurangan Asus VivoBook Flip 14:

  • Tidak ada cover kamera untuk keamanan ekstra
  • Kapasitas RAM tidak bisa ditambahkan

TELSET RATING: 8.5/10

SPESIFIKASI ASUS VIVOBOOK FLIP 14 TP470

Nama Produk Asus VivoBook Flip 14 TP470
Layar 14 inci FHD
SoC/Prosesor Intel Core i5-1135G7
GPU Intel Iris Xe Max Graphics
RAM 8GB LPDDR4X
Internal Storage 512 GB NVMe PCIe SSD
Kamera 720p HD Camera
Baterai 42WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
Charger
Konektivitas Wi-Fi 6 (Gig+) (802.11ax), Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2
Sistem Operasi Windows 10 Home
Varian Warna Transparent Silver, Indie Black
Harga Rp13.799.000 (Core i5 / 8GB RAM / 512GB NVMe PCIe SSD)

Rp16.299.000 (Core i7 / 16GB RAM / 512GB NVMe PCIe SSD)

Simak Video Review Asus VivoBook Flip 14 TP470: Laptop “Freestyle”:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0