telset

Review Asus ZenBook Duo UX482: Laptop Dua Monitor Kaya Fitur

Telset.id – Asus menyegarkan lini laptop ZenBook yang ada di Indonesia dengan menghadirkan ZenBook Duo UX482. Kali ini kami berkesempatan untuk menjajal langsung performanya yang akan kami sajikan untuk Anda dalam review Asus ZenBook Duo UX482.

Pada salah satu seri ZenBook generasi baru yang hadir di tahun 2021, Asus menerapkan desain baru yang akan membuat pengguna lebih nyaman ketika menggunakan laptop ini.

Selain punya desain baru, Asus juga tidak ketinggalan menjejalkan sejumlah fitur yang berfungsi mengoptimalkan kinerja dari laptop ini.

{Baca Juga: 7 Laptop Gaming Asus ROG Terbaru 2021, Speknya Gahar!}

Nah, seperti apa kelebihan dari laptop ZenBook generasi terbaru ini? Yuk cari tahu langsung di artikel review Asus ZenBook Duo UX482 berikut ini.

Desain

review asus zenbook duo
Asus ZenBook Duo UX482 (Foto: Surya/Telset.id)

Review Asus ZenBook Duo UX482 kita mulai dari bagian desain. Laptop ini memiliki desain yang ringkas. Bobotnya hanya 1,6 kg dan lebih tipis 16,9 mm. Ini membuatnya lebih ringan 50 gram dan lebih ramping 3 mm dari generasi yang sebelumnya.

Sasis dan cover dari laptop ini terbuat dari paduan aluminium magnesium, sehingga bobotnya bisa ditekan menjadi lebih ringan. Dari segi tampilan juga terlihat modern sekaligus elegan.

Menariknya, pada ZenBook Duo terbaru ini Asus telah membuat desain ulang tata letak internal untuk memungkinkan penggunaan engsel ErgoLift baru yang disertai dengan teknologi AAS plus.

{Baca Juga: Asus Ajak Tukar Tambah Smartphone Bekas dengan Laptop Baru}

Salah satu fitur yang membuat laptop ini spesial dari pada yang lainnya adalah kehadiran ScreenPad Plus. Ini merupakan layar sekunder yang bisa digunakan pengguna untuk memberikan display ekstra.

Desain engsel baru yang diterapkan tadi juga memungkinkan layar ScreenPad Plus terangkat hingga 7 derajat.

Dengan terangkatnya layar sekunder ini, pengguna bisa mendapatkan sudut yang lebih ergonomis. Selain itu juga berguna untuk menghindari pantulan cahaya pada layar.

Review Asus ZenBook Duo
Asus ZenBook Duo UX482 (Foto: Surya/Telset.id)

Modul engsel baru tidak hanya memungkinkan ScreenPad Plus terangkat, dan laptop itu sendiri terangkat dari meja untuk efisiensi termal dan pengalaman visual yang lebih baik, tetapi juga memungkinkan sasis laptop ini menjadi 3mm lebih ramping.

ZenBook Duo 14 memperkenalkan layar sekunder dengan Active Aerodynamic System (AAS +) yang unik. Itu menjadikan layar sentuh sebagai bagian dari sistem pendingin. 

Saat laptop terbuka, layar sekunder naik untuk tampilan yang lebih baik sekaligus membuka asupan besar untuk aliran udara 49% lebih tinggi. Pada saat yang sama laptop terangkat dari meja. 

{Baca Juga: 3 Laptop Asus ZenBook Terbaru Tiba di Indonesia, Gunakan Intel Gen-11}

Tentunya ini membuat aliran udara jadi lebih lancar. Sehingga pengguna tetap dapat menggunakan laptop dengan performa tinggi secara optimal dalam waktu yang lama.

Berkat penggunaan engsel ErgoLift, posisi keyboard juga ikut terangkat ketika laptop dibuka. Kami cukup senang karena ini membuat posisi laptop jadi lebih nyaman ketika digunakan untuk mengetik. 

Untuk urusan portnya ada dua port Thunderbolt 4 USB Type-C, port HDMI dan USB Type-A. Sayangnya di sini hanya ada satu port USB Type A, sehingga menyulitkan bagi Anda yang ingin menggunakan mouse dan flashdisk secara bersamaan.

Dengan ini mau tidak mau Anda harus memilih mengorbankan salah satunya dikarenakan keterbatasan port yang ada.

Layar

Asus ZenBook Duo UX482
Asus ZenBook Duo UX482 (Foto: Surya/Telset.id)

Untuk menampilkan beragam konten, ZenBook Duo memiliki layar Full HD berukuran 14 inci. Seperti biasa, Asus mengadopsi bezel dengan teknologi NanoEdge 4 mm yang sangat tipis di keempat sisinya, yang menghasilkan rasio layar-ke-tubuh sebesar 93%. 

Guna memberikan kenikmatan dan kenyamanan mata yang lebih pada pengguna, layar ZenBook Duo telah Divalidasi untuk memberikan akurasi warna paling presisi. Selain itu Asus juga menyisipkan mode Cahaya Biru Rendah dan teknologi Anti-Flicker, dan lulus sertifikasi TÜV Rheinland Eye Care.

{Baca Juga: 10 Laptop Core i5 Terbaik 2021, Rekomendasi Harga Termurah}

Bekerja atau menikmati konten hiburan sangat nyaman di layar ini. Bahkan mata juga tidak cepat lelah berkat adanya fitur-fitur pendukung tadi.

Oh iya, Asus juga tidak ketinggalan menyertakan dukungan fitur keamanan berupa Windows Hello. Fitur Windows Hello yang memudahkan Anda untuk membuka kunci layar tanpa perlu ribet mengetikkan password.

Windows Hello
Asus ZenBook Duo UX482 (Foto: Surya/Telset.id)

Cukup membuka laptop dan kamera akan langsung memindai wajah pengguna. Jika wajah tersebut telah didaftarkan, maka kunci layar akan langsung terbuka dengan sendirinya.

Tidak seperti laptop pada umumnya, ZenBook Duo memiliki dua buah layar. Layar utama berukuran 14 inci dan sebuah layar sekunder yang disebut ScreenPad Plus.

ScreenPad Plus ini memiliki ukuran 12,6 inci dan memiliki tingkat kecerahan hingga 400nits. Teknologi layar sekunder ini memberi tampilan ekstra yang menambahkan fungsionalitas dari layarnya.

Opsi panel 1W menggunakan daya satu watt pada kecerahan 150nits untuk memperpanjang masa pakai baterai, sekaligus menawarkan gambar yang jelas dan cerah hingga 400nits pada kecerahan penuh.

{Baca Juga: Asus Luncurkan 5 PC Edisi Khusus “Asus X Gundam Series”}

Berbicara mengenai ScreenPad Plus, teknologi ini juga menghadirkan sejumlah pembaruan fitur yang tak kalah menarik.

ScreenPad Plus menampilkan UI Control panel. Pengguna dapat menyesuaikan lokasi Control Panel dan menggesernya ke berbagai posisi sesuai preferensi pengguna. 

Kemudian ada launcher yang menjadi cara tercepat untuk meluncurkan aplikasi favorit melalui ScreenPad Plus. Fitur ini dapat dipersonalisasi dengan menambahkan aplikasi baru dari layar utama ke Launcher

Untuk membantu kreator mempercepat alur kerja dengan ScreenPad Plus, Asus telah menambahkan aplikasi Control Panel baru ke ScreenXpert 2.0. Fungsi ini sekarang mendukung Adobe Premiere, After Effects, Photoshop, dan Lightroom Classic. 

Saat pengguna membuka salah satu aplikasi ini, aplikasi Control Panel membuka panel terkait yang sesuai untuk setiap software yang diakses dan mengaktifkan fungsi yang umum digunakan, seperti zoom, kecerahan, dan kontras. 

Asus ZenBook Duo UX482
Screenpad Asus ZenBook Duo UX482 (Foto: Surya/Telset.id)

Kemudian ada menu App Switcher yang memungkinkan pengguna untuk menentukan ke mana jendela aplikasi harus diletakkan pada ScreenPad Plus. 

Ditambah lagi dengan adanya ViewMax memungkinkan pengguna untuk memaksimalkan ruang kerja mereka dengan menggabungkan tampilan utama dan sekunder menjadi satu tampilan virtual yang besar.

ScreenPad Plus sekarang juga menyertakan fungsionalitas window-flicking, memungkinkan pengguna untuk memindahkan jendela dari layar utama ke ScreenPad Plus, atau sebaliknya, dengan jentikan jari yang cepat.

Asus ZenBook Duo UX482
Asus ZenBook Duo UX482 (Foto: Surya/Telset.id)

Untuk semakin memudahkan pengoperasiannya, Asus menyediakan aksesoris stylus dalam paket penjualannya. Kehadiran pen ini kami rasa cocok bagi Anda pengguna seperti ilustrator atau desainer, yang kerap memanfaatkan laptop untuk menggambar karya.

Pastinya beragam fitur yang ada di ZenBook Duo ini bakal sangat memudahkan pengguna, terutama para konten kreator.

Spesifikasi dan Performa

Asus ZenBook Duo UX482
Asus ZenBook Duo UX482 (Foto: Surya/Telset.id)

Review Asus ZenBook Duo UX482 berlanjut ke bagian spesifikasi dan performa. Laptop ini dimotori prosesor Intel Core i5 generasi ke-11. Kinerjanya juga diperbantukan dengan kartu grafis Intel Xe Graphics terbaru.

Kombinasi performa dan grafis jelas sangat penting untuk para konten kreator. Karena untuk membuat konten seringkali menggunakan aplikasi yang tidak hanya membutuhkan performa CPU, tetapi juga performa grafis yang mumpuni.

Asus ZenBook Duo telah lulus sertifikasi platform Intel Evo, yang menjaminnya sebagai laptop ultra-portabel lengkap dengan kinerja terbaik, semua teknologi terbaru, dan masa pakai baterai yang lama.

Sementara untuk RAM-nya berjenis LPDDR4x dengan kapasitas 8 GB. Sementara memori penyimpanannya juga sudah menggunakan SSD berkapasitas 512 GB yang menjamin kinerjanya jadi lebih cepat.

{Baca Juga: Trio Laptop Premium Asus ZenBook Resmi Masuk Indonesia}

Untuk meningkatkan kinerjanya, laptop ini sudah dibekali sebuah fitur canggih bernama Asus Intelligent Performance Technology (AIPT) yang meningkatkan pengaturan daya CPU dari 15W menjadi 28W watt. 

AIPT juga secara dinamis menyesuaikan konsumsi daya sesuai dengan status dan suhu pemuatan sistem, untuk mengoptimalkan konsumsi daya, efisiensi, dan untuk mencapai operasi yang lebih tenang dan suhu yang lebih dingin.

Dikombinasikan dengan desain termal laptop Asus, Intelligent Performance Technology secara signifikan meningkatkan efisiensi prosesor untuk meningkatkan kinerja hingga 40%. Berkat modul termal berkualitas tinggi dan desain kipas, Asus Zenbook Duo 14 2021 mampu mengoperasikan CPU pada 28W nonstop.

Canggihnya lagi, laptop ini juga dilengkapi sensor pintar yang ditanamkan pada bagian motherboard. Sensor tersebut memungkinkan deteksi suhu untuk berbagai komponen secara real time. 

Algoritma eksklusif Asus secara akurat menghitung kebutuhan output konsumsi daya CPU saat ini, memungkinkan laptop mencapai efisiensi daya yang optimal.

Berikut ini beberapa hasil benchmark untuk review Asus ZenBook Duo UX482.

PC Mark
3D Mark

Laptop ini sudah kami coba untuk menyelesaikan berbagai tugas. Seperti mengetik, edit video dan bermain game. Untuk mengetik tentu tidak ada masalah dan bukan hal yang berat, tapi bagaimana dengan edit video dan bermain game?

Saat editor video kami mencoba menggunakan laptop ini untuk editing video, mereka mengaku cukup puas dengan performanya. Ditambah lagi dengan adanya dukungan ScreenPad Plus yang menambahkan visibilitas serta fungsionalitas saat mereka bekerja.

Sementara untuk bermain game, kami mencoba memainkan game first person shooter populer saat ini Valorant. Hasilnya sekali lagi sama-sama memuaskan. Valorant dapat dimainkan dengan sangat lancar tanpa kendala.

Asus ZenBook Duo UX482
Asus ZenBook Duo UX482 (Foto: Surya/Telset.id)

Laptop ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi Asus WiFi Master. Teknologi ini menghimpun sejumlah fitur canggih seperti Intel WiFi 6 dan WiFi Smart Connect.

WiFi 6 menawarkan kecepatan hingga 2,4 Gbps, yang mana 3x lebih cepat jika dibandingkan dengan WiFi 5. Sementara untuk WiFi SmartConnect memungkinkan laptop untuk terhubung secara otomatis ke router dengan sinyal terbaik.

Kesimpulan

ZenBook Duo
Asus ZenBook Duo (Foto: Surya/Telset.id)

Segala kebutuhan coba diakomodir Asus melalui jajaran laptop miliknya. Dengan Asus ZenBook Duo UX482, kami rasa cocok untuk para pengguna yang rutin membuat beragam konten.

Segala fitur yang dijejalkan seperti ScreenPad Plus dan aksesoris stylus akan sangat membantu dalam pembuatan karya. Apalagi secara performa dan display juga sudah sangat mendukung.

Melengkapi semua fitur yang ada, secara desain dan mekanisme laptop juga sudah didesain sedemikian rupa dengan engsel baru yang akan membuat pengguna makin betah dan nyaman ketika mengoperasikan ZenBook Duo UX482.

Overall, laptop ini jelas jadi pilihan menarik untuk Anda yang membutuhkan laptop yang powerfull dan fungsional untuk pembuatan konten. Bagi Anda yang tertarik, ZenBook Duo UX482 resmi dijual dengan harga Rp 19.299.000.

Kelebihan

+ Desain premium

+ Engsel ErgoLift baru

+ Layar memiliki banyak fitur

+ ScreenPad Plus Kaya Fitur

+ Performa handal

+ Dilengkapi stylus dalam paket penjualan

Kekurangan

– Port USB Type A cuma 1 sehingga agak merepotkan

SPESIFIKASI ASUS ZENBOOK DUO UX482

Nama Produk Asus ZenBook Duo 14 UX482
Layar 14 inci FHD
SoC/Prosesor Intel Core i5-1135G7
GPU Intel Iris Xe Graphics
RAM 8GB LPDDR4X
Internal Storage 512 GB NVMe PCIe SSD
Kamera HD Camera
Baterai 70 Whrs 4S1P 4 cell Li-ion
Charger 65 W type-C power adapter, Output: 20 V/3.42 A, Input: 100-240 V/50/60 Hz universal
Konektifitas WiFi 6 + Bluetooth 5.0

2 x Thunderbolt 4 USB-C with full range (5~20V) of charging, 1 x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1 x full size HDMI, 1.4, 1 x 3.5 mm audio jack, 1 x MicroSD Reader

Sistem Operasi Windows 10 Home
Varian Warna Celestial Blue
Harga Rp 19.299.000.

Simak Video “Review Asus ZenBook Duo UX482: Laptop 2 Monitor”:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0