Gaming Test Oppo Reno5 5G: Nge-game Pasti Lancar!

Gaming Test Oppo Reno5 5G

Telset.id – Oppo Reno5 5G debut di Indonesia dengan prosesor Snapdragon 765G. Menyuguhkan kinerja yang apik, apakah HP 5G termurah Oppo ini juga mumpuni untuk diajak main game? Well, kami akan menjawabnya melalui gaming test Oppo Reno5 5G berikut ini.

Perlu diketahui, Oppo Reno5 5G ditenagai oleh prosesor 5G kelas menengah dari Qualcomm bernama Snapdragon 765G.

Saat diperkenalkan pada tahun 2019, SoC ini merupakan bukti nyata dari Qualcomm untuk mendukung lebih banyak lagi perangkat berbasis 5G yang dijual dengan harga terjangkau.

Terbukti, Oppo Reno5 5G menjadi ponsel 5G termurah yang pernah dirilis Oppo di Indonesia dengan harga Rp 6,9 jutaan saja.

Prosesor Snapdragon 765G dirancang dengan arsitektur 7nm EUV. Chipset ini menawarkan peningkatan kinerja hingga 20% dibandingkan Snapdragon 730G.

Seperti Snapdragon 730G, emblem “G” di bagian belakang menandakan bahwa prosesor ini dioptimalkan untuk bermain game. GPU Adreno 620 di chipset ini menawarkan kinerja GPU 10% lebih baik daripada Snapdragon 765 standar.

{Baca juga: Mengenal Prosesor Kencang dari Oppo Reno5 5G, Snapdragon 765G}

Berdasarkan uji performa Oppo Reno5 5G menggunakan aplikasi 3DMark, smartphone punya kinerja GPU yang lebih baik dibandingkan 86% HP yang diuji menggunakan Sling Shot dan 66% lebih bagus dalam skema Sling Shot Extreme.

Melihat hasil tersebut, seharusnya Oppo Reno5 5G punya kemampuan untuk menjalankan berbagai pilihan game terbaik Android, mulai dari game ringan sampai paling berat sekalipun.

Nah, dalam gaming test Oppo Reno5 5G kali ini, kami akan mencoba bermain empat game populer, seperti COD Mobile, Mobile Legends, Life After, sampai Stumble Guys. Berikut ulasan lengkapnya!

Spesifikasi Oppo Reno5 5G

Gaming Test Oppo Reno5 5G

Sebelum masuk ke bahasan utama, kami jelaskan sedikit soal spesifikasi lengkap Oppo Reno5 5G terlebih dahulu. Smartphone ini mengusung layar berjenis AMOLED berukuran 6,4 inci dengan resolusi Full HD+.

Layarnya pun sudah mendukung teknologi kekinian berkat adanya refresh rate 90Hz, dan juga in-display fingerprint dengan respon yang cepat.

Selain ditenagai Snapdragon 765G, Oppo Reno5 5G pun dilengkapi RAM 8 GB, memori penyimpanan 128 GB, dan baterai 4.300 mAh dengan SuperVOOC 2.0 berdaya 65W.

Berdasarkan uji baterai Oppo Reno5 5G yang sudah kami lakukan, proses ngecas dari 5% sampai penuh hanya membutuhkan waktu kurang lebih 44 menit saja.

Pada sektor fotografinya, terdapat empat kamera di bagian belakang. Komposisinya terdiri dari kamera utama 64MP, 8MP Ultra Wide-angle, 2MP Macro, dan 2MP Mono.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Oppo Terbaru}

Berikut spesifikasi lengkap dari Oppo Reno5 5G

SPESIFIKASI OPPO RENO5 5G
RilisJanuari 2021
Network2G, 3G, 4G, 5G
OSAndroid 11, ColorOS 11.1
ChipsetQualcomm SM7250 Snapdragon 765G (7 nm)
CPU
Octa-core (1×2.4 GHz Kryo 475 Prime & 1×2.2 GHz Kryo 475 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 475 Silver)
GPUAdreno 620
RAM8 GB, 12 GB
Memori128 GB, 256 GB
Dimensi159.1 x 73.4 x 7.9 mm (6.26 x 2.89 x 0.31 in), 172 g
LayarOLED, 90Hz, 6.43 inches, 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio
Kamera Utama64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP, f/2.4, (macro), 2 MP, f/2.4, (depth)
Kamera Depan32 MP, f/2.4, 24mm (wide), HDR
BeteraiLi-Po 4300 mAh, Fast charging 65W, SuperVOOC 2.0
WarnaAurora Blue, Moonlight Black, Starry Dream
HargaRp 6,9 jutaan

Fitur Gaming

Gaming Test Oppo Reno5 5G

Oppo Reno5 5G berjalan di sistem operasi ColorOS 11 berbasis Android 11. Bukan cuma menawarkan fitur personalisasi terbaik saja, ColorOS 11 pun menyuguhkan fitur gaming bernama Game Space yang ditingkatkan kemampuannya.

Sama seperti seri OS sebelumnya, Game Space di ColorOS 11 memiliki opsi bernama Competition Mode untuk menambah pengalaman gaming dari pengguna.

Fitur ini mampu meningkatkan performa ponsel saat pengguna bermain game. Tak cukup, ada fitur Quick Return Bubble yang memungkinkan ponsel untuk menampilkan informasi dari game yang berjalan di background.

Fitur ini nantinya akan menampilkan gelembung ikon yang menampilkan informasi yang berkaitan dengan game, seperti respawn misalnya.

{Baca juga: Gaming Test Oppo Reno5: Respon Cepat, Main Game Lancar}

Sejauh ini, game yang sudah mendukung fitur Quick Return Bubble adalah PUBG Mobile, AoV (Arena of Valor), dan Mobile Legends.

Game Space juga punya kemampuan untuk memblokir notifikasi masuk yang akan mengganggu jalannya permainan. Selain itu, ada opsi juga untuk menolak panggilan otomatis.

Pengaturan lainnya, sistem dapat menyesuaikan resolusi permainan secara otomatis (apabila diaktifkan), mengunci intensitas cahaya, hingga Quick Startup untuk membuka kembali game yang terakhir dimainkan.

Gaming Test Oppo Reno5 5G

Gaming Test Oppo Reno5 5G

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, kami memainkan empat game Android dalam gaming test Oppo Reno5 5G, yaitu COD Mobile, Life After, Mobile Legends, dan Stumble Guys.

Dalam melakukan pengujian, kami juga mengaktifkan fitur untuk menampilkan refresh rate di layar. Fitur ini dapat diaktifkan melalui Developer Options yang dapat diaktifkan melalui klik Build Number 7 kali, dan aktifkan toggle Show Refresh Rate.

Fitur ini berguna untuk melihat apakah permainan yang kami coba dapat dimainkan di konsisi layar 90Hz atau tidak. Kami juga secara simultan mengecek informasi FPS yang ditampilkan oleh Game Assistant.

Hasil Gaming Test

Oppo Reno5 5G sanggup menjalankan game COD Mobile di grafis tertinggi alias Very High pada pengaturan Graphic maupun Frame Rate. Sementara untuk Mobile Legends dan Life After, game hanya dapat ditampilkan di grafis menengah alias HD.

Seluruh game yang kami mainkan dalam gaming test Oppo Reno5 5G ditampilkan dengan refresh rate 60Hz, alih-alih 90Hz. Informasi ini tertera dari petunjuk yang tampil di sudut kiri atas layar ponsel.

Meski demikian, pengalaman main game-nya jauh lebih lancar daripada ponsel dengan pengaturan layar standar 60Hz. Misalnya saja Oppo Reno4 yang masih menggunakan panel layar dengan refresh rate layar 60Hz.

COD Mobile dan Stumble Guys dapat dimainkan di 60 FPS tanpa adanya penurunan frame rate yang ekstrem. Sementara Life After dan Mobile Legends, kami mainkan dengan grafis 30 FPS secara stabil.

{Baca juga: Uji Baterai Oppo Reno5 5G: Ngecas Cepat, Daya Tahan 19 Jam!}

Layar dengan kecepatan refresh rate dan touch sampling rate yang tinggi benar-benar cocok bagi pengguna yang suka main game tembak-tembakan di Android.

Bagaimana tidak, dengan touch sampling rate 180Hz yang cepat, respon layar Oppo Reno5 5G sangatlah memuaskan. Fitur ini membuat layar dapat merespon sentuhan dengan cepat.

Perpaduan refresh rate dan touch sampling rate yang tinggi pastinya membuat tampilan lebih halus dengan respon yang jauh lebih cepat. Hal ini menjadi salah satu faktor penentu kemenangan saat bermain game.

Itu dia gaming test dari Oppo Reno5 5G yang telah kami lakukan. Semoga informasi ini bermanfaat buat Anda, sob! (MF)

Previous articleUpdate Telegram Versi 7.5.0 Hadirkan 7 Fitur Baru, Apa Saja?
Next article12 Game Bola Offline PC Paling Seru, Terbaik 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here