10 Fitur Terbaik di ColorOS 11, dari Kustomisasi Hingga Privasi

Telset.id – Oppo berhasil menerapkan berbagai masukan dari konsumen dan para reviewer teknologi dalam mengembangkan ColorOS 11. Sistem operasi terbaru ColorOS 11 berbasis Android 11 ini memiliki beberapa fitur terbaru, peningkatan signifikan, dan hal-hal baik lainnya dibandingkan versi sebelumnya.

ColorOS 11 merupakan suksesor dari ColorOS 7 berbasis Android 10. Sistem operasi ini meluncur lebih cepat daripada ColorOS versi sebelumnya, dan Oppo merilisnya hampir berbarengan saat Google menggulirkan update Android 11 untuk seri Pixel mereka.

Oppo membawa semua peningkatan baru dari Android 11 untuk ColorOS 11, seperti fitur, opsi penyesuaian kepada pengguna, hingga privasi yang super aman.

Nah, kali ini tim Telset akan membahas seputar fitur terbaik ColorOS 11 yang dapat Anda coba dan manfaatkan di HP terbaru Oppo Anda. Penasaran? Yuk simak selengkapnya!

{Baca juga: Review ColorOS 11: OS Baru, Bikin Ponsel Oppo Lebih Personal}

Fitur Terbaik di ColorOS 11

Fitur Terbaik Canggih ColorOS 11
Foto: Muhammad Faisal/Telset.id

Setidaknya, kami akan membagikan 10 fitur terbaik dari ColorOS 11 berbasis Android 11 kepada Anda. Mulai dari personalisasi, keamanan, hingga gaming ada di sini.

Fitur-fitur tersebut tentu saja dapat Anda gunakan di berbagai HP terbaru Oppo, seperti Find X2 Pro, Oppo Reno5, hingga Reno 10x Zoom. Check this out!

1. Screen Translate

Menjadi salah satu OS pertama berbasis Android 11, Oppo tentu saja memaksimalkan layanan Google untuk meningkatkan kemampuan fitur di ColorOS 11.

Perusahaan asal China ini menggunakan kekuatan pintar dari Google Lens dan Google Translate untuk mengembangkan fitur bernama Screen Translate.

Fitur ini bisa Anda akses melalui Smart Sidebar, kemudian pilih Screen Translate. Bisa juga dengan menyentuh layar dan menahannya menggunakan tiga jari, dan atur area yang ingin diterjemahkan.

Anda bisa mengatur bahasa yang ingin diterjemahkan, dan secara real-time sistem akan menampilkan terjemahannya kepada Anda.

2. Personalizations

Dibandingkan ColorOS 7, salah satu fitur signifikan yang dimiliki ColorOS 11 adalah kustomisasi. ColorOS 7 memang sudah menawarkan banyak opsi penyesuaian kepada pengguna, tapi tak selengkap ColorOS 11.

Sistem operasi berbasis Android 11 ini menawarkan opsi penyesuaian ke level berikutnya. Melalui fitur ColorOS 11 ini, kami dapat dengan bebas mengatur segala hal yang berkaitan dengan tampilan smartphone.

Fitur Terbaik Canggih ColorOS 11

Personalizations adalah pusat dari segala pengaturan tampilan pada ColorOS 11. Fitur ini mencakup penyesuaian Themes, Wallpaper, Always-on Display, Icon styles, App layout, Fingerprint style, Colors, Font & display size, Notification drawer, Edge lightning, hingga Ringtone maker.

Anda bisa mengatur penyesuaian tampilan ponsel hanya dalam satu menu saja. Mudah kan?

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Oppo Terbaru}

3. Dark Mode

Hampir semua OS berbasis Android yang ada sudah menawarkan fitur Dark Mode. Namun di ColorOS 11, Dark Mode mendapatkan beberapa fitur baru yang pastinya Anda suka.

Anda sebagai pengguna dibebaskan untuk menentukan pilihan Dark Mode yang disukai. Terdapat tiga opsi, yakni Enhanced, Medium, dan Gentle.

Fitur Terbaik Canggih ColorOS 11

Masing-masing pilihan memiliki kontras, warna hitam yang berbeda. Enhanced menawarkan mode gelap yang benar-benar pekat, sementara lainnya cenderung berwarna abu-abu.

ColorOS 11 juga memungkinkan Anda mengaktifkan Dark Mode secara otomatis pada waktu tertentu atau membuatnya sesuai dengan waktu matahari terbenam atau terbit.

4. Keamanan

Peningkatan signifikan lainnya yang terdapat di ColorOS 11 adalah sistem keamanan. Kini, ada opsi baru yang memungkinkan pengguna untuk memberikan izin akses satu kali terhadap aplikasi, seperti kamera, mikrofon, lokasi, dan lainnya.

Bahkan, sistem ColorOS 11 dengan pintar akan mencabut izin akses dari aplikasi ketika pengguna jarang menggunakan aplikasi tersebut.

“Untuk mengamankan data Anda, jika aplikasi tidak digunakan selama beberapa bulan, beberapa izin akan dihapus,” begitu kata sistem keamanan ColorOS 11.

{Baca juga: Cara Update Sistem Oppo Reno4 F ke ColorOS 11}

5. Always-on Display

Fitur menarik di ColorOS 11 lainnya adalah Always-on Display. Di versi ColorOS sebelumnya, hanya ada beberapa model Always-on Display saja yang bisa diaplikasikan ketika layar mati.

Namun di ColorOS 11, pengguna setidaknya ditawari puluhan mode AOD ang dikategorikan berdasarkan gayanya, yakni pola kustom, teks, teks dan gambar, jam analog, serta jam digital.

Menariknya, Anda sebagai pengguna dapat membuat pola atau model AOD sendiri. Caranya, cukup tekan tombol “+” di bagian Custom Patterns.

Selanjutnya, tinggal pilih saja gaya, warna, dan pola garis sesuai keinginan. Lalu, kami tinggal mengetuk atau menyeret jari pada kanvas kosong dengan model yang ada. Menarik ya?

6. Ringtone Maker

Masih ingat di tahun 2000-an ketika Anda dimungkinkan untuk membuat ringtone sendiri dengan cara yang mudah di ponsel? Nah, Oppo mengembalikan masa nostalgia itu ke ColorOS 11 dalam kemasan yang jauh lebih canggih.

Melalui fitur bernama Ringtone Maker, Anda dapat dengan mudah membuat ringtone sendiri dengan cara menggeser jari pada panel yang tersedia untuk mengubah nada, timbre, dan ritme nadanya.

Anda pun dapat mengubah mode nada dering yang diinginkan, mulai dari Relax, Nostalgic, Visions, Delight, dan lain sebagainya.

{Baca juga: Mengenal Fitur Payment Protection yang Ada di Oppo ColorOS 11}

7. Private Safe

Buatlah ponsel pintar Anda lebih privasi lagi dengan fitur Private Safe di ColorOS 11. Fitur ini memungkinkan Anda untuk memasukkan data-data penting ke dalam mode super aman yang hanya dapat diakses oleh Anda sendiri.

Anda dapat memasukkan gambar maupun video, suara, dokumen penting, dan lainnya, tanpa khawatir orang-orang tak bertanggung jawab mengaksesnya.

8. HyperBoost 3.0

Fitur ColorOS 11 lainnya sekarang berkaitan dengan gamer. HyperBoost 3.0 merupakan fitur terbaru yang difokuskan untuk mengoptimalkan kemampuan smartphone ketika pengguna bermain game.

Diklaim, HyperBoost 3.0 dapat meningkatkan kinerja CPU sampai 30% dan mengurangi konsumsi daya baterai sebesar 12%. Itu artinya, Anda sebagai pengguna bisa main lebih lama dengan performa yang lebih tinggi.

ColorOS 11 juga tetap menghadirkan fitur bernama Game Space. Fitur ini mampu meningkatkan pengalaman gaming pengguna dengan baik.

Anda dapat memblokir notifikasi yang masuk hingga menolak panggilan secara otomatis. Game Space juga memungkinkan Anda memilih mode permainan, dari Competition Mode, Balanced, sampai Low Power.

{Baca juga: Canggihnya ColorOS 11 Lindungi Ponsel Oppo dari Ancaman Malware}

9. UI First 2.0

Di ColorOS 11, Oppo juga memperkenalkan fitur UI First 2.0 yang mampu mengurangi lag dan membuat transisi antar menu jauh lebih smooth.

UI First 2.0 menggabungkan teknologi lag-reduce dengan Quantum Animation Engine 2.0 untuk mengurangi waktu loading aplikasi.

Fitur Terbaik Canggih ColorOS 11

Menariknya, UI First 2.0 pun memanfaatkan teknologi AI App Preloading untuk mempelajari perilaku pengguna saat menggunakan aplikasi tertentu. Hal ini berguna untuk mempercepat dimuatnya aplikasi saat akan digunakan.

UI First 2.0 pun memiliki fitur bernama SuperTouch untuk mengoptimalkan kecepatan respon sentuh yang sesuai dengan keinginan pengguna.

10. Battery Guard

Last but not least, fitur terbaik nan canggih di ColorOS 11 adalah Battery Guard. Fitur ini sangat cocok bagi pengguna yang suka bablas ketiduran sambil ngecas smartphone mereka.

Keteledoran ini sangat berbahaya, karena bisa membuat smartphone panas dan berpotensi juga menyebabkan kebakaran.

Battery Guard dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan tersebut terjadi. Fitur ini akan secara pintar menghentikan pengisian daya setelah baterai mencapai 80% dari kapasitas maksimumnya apabila pengguna tak sengaja mengecasnya semalaman.

Fitur Terbaik Canggih ColorOS 11

ColorOS 11 nantinya akan memprediksi kapan pengguna bangun dengan melihat kebiasaan bangun tidur dari alarm atau kapan biasanya pengguna menyalakan ponsel di pagi hari.

Sehingga menjelang jadwal bangun tidur pengguna, Battery Guard otomatis akan melanjutkan proses pengisian daya hingga baterai mencapai 100%.

Nah, itu dia 10 fitur terbaik dan canggih di ColorOS 11 yang bisa Anda gunakan. Sejumlah HP terbaru Oppo sudah mendapatkan pembaruan ini, seperti Oppo Find X2 series, Oppo Reno2 series, Oppo Reno3 series, Oppo Reno4 series, bahkan yang terbaru Oppo Reno5. (MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -