Uji Baterai Oppo Reno5 5G: Ngecas Cepat, Daya Tahan 19 Jam!

Telset.id – Oppo Reno5 5G telah resmi hadir ke Indonesia. Bukan cuma dibekali spesifikasi yang sudah mendukung jaringan generasi kelima, Oppo Reno5 5G pun ditopang oleh baterai dengan daya tahan lama dan sudah didukung pengisian super cepat.

Perlu diketahui, Oppo Reno5 5G ditenagai oleh baterai berkapasitas 4.300 mAh. Tak cukup, Oppo memberikan fitur ngecas super cepat dengan dukungan SuperVOOC 2.0 berdaya 65W!

Oppo mengkliam, teknologi ini mampu mengisi baterai Reno5 5G dari 0 sampai penuh hanya dalam waktu 35 menit saja. Tapi, benarkah? Untuk membuktikannya, kami pun tertarik untuk melakukan uji baterai Oppo Reno5 5G.

Dalam tes kali ini, kami akan menguji seberapa lama baterai HP 5G dari Oppo ini bisa bertahan. Selain itu, kami juga menguji kecepatan charging-nya. Yuk simak!

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Oppo Terbaru}

Uji Baterai Oppo Reno5 5G

Uji Baterai Oppo Reno5 5G

Dalam melakukan pengujian daya tahan, kami menggunakan fitur Work 2.0 Battery Life di aplikasi PCMark. Masih soal daya tahan, kami juga memutar video YouTube sampai baterai ponsel tersisa 5% saja.

Untuk menghitung waktu charging, kami memanfaatkan aplikasi Battery Log untuk mencatat aktivitas dari baterai smartphone. Berikut rincian dari pengujian yang kami lakukan.

Daya Tahan Baterai

Dari pengujian menggunakan aplikasi PCMark, Oppo Reno5 5G bisa bertahan hingga 11 jam 5 menit dengan baterai tersisa 19%. Hasil yang biasa saja jika melihat dari besaran kapasitas baterai yang cukup jumbo.

Pengujian menggunakan PCMark

Namun perlu dicatat, bahwa pengujian baterai yang dilakukan PCMark merupakan simulasi pemakaian ponsel pada umumnya. Aplikasi ini akan menjalankan berbagai proses, seperti browsing, menampilkan presentasi, video call, dan lain sebagainya, selama berjam-jam.

Sementara ketika diuji dengan memutar video YouTube non stop di resolusi 1080p, Oppo Reno5 5G membukukan catatan waktu hingga nyaris 19 jam dengan baterai tersisa 5%.

Luar biasa bukan? Catatan waktu dari dua pengujian tadi sebenarnya memperlihatkan screen on time dari ponsel itu sendiri. Screen on time sendiri merujuk kepada baterai smartphone bertahan dalam kondisi layar aktif dalam sekali charge atau baterai penuh.

Awetnya baterai Reno5 5G tentu dipengaruhi oleh dapur pacu yang digunakannya. Ponsel pintar ini sudah ditenagai oleh Snapdragon 765G yang dirancang Qualcomm agar memiliki performa tinggi dengan efisiensi baterai terbaik.

Menurut Qualcomm, SoC tersebut telah didukung oleh chip AIE atau artificial intelligence engine dari Qualcomm yang bertugas untuk meningkatkan performa saat dibutuhkan, dan tetap menjaga power serendah mungkin untuk menghemat baterai.

{Baca juga: Mengenal Prosesor Kencang dari Oppo Reno5 5G, Snapdragon 765G}

Charging Test Oppo Reno5 5G

Dalam menghitung kecepatan charging dari Oppo Reno5 5G, kami menggunakan aplikasi Battery Log. Aplikasi ini dapat mencatat aktivitas baterai dengan tepat.

Di pengujian ini, kami juga sama sekali tidak menggunakan ponsel selama proses pengisian daya. Dan juga, ponsel dalam posisi menyala atau aktif dan terhubung ke jaringan WiFi.

Hasilnya, proses ngecas dari 5% sampai penuh hanya membutuhkan waktu selama kurang lebih 44 menit saja. Catatan yang dibukukan sedikit lebih lama dari klaim yang diberikan Oppo.

Namun, pengujian yang dilakukan Oppo mungkin menggunakan skenario berbeda dari yang kami lakukan. Setidaknya, catatan waktu charging yang kami dapat hampir menyamai klaim yang diberikan oleh Oppo.

Jika dijabarkan, pada 10 menit pertama, baterai sudah terisi 35%. Sedangkan dalam 20 menit, baterai terisi 58%. Untuk mencapai 80%, dibutuhkan waktu hanya 28 menit saja. Cepat sekali, kan?

Spesifikasi Oppo Reno5 5G

Uji Baterai Oppo Reno5 5G

Oppo Reno5 5G dilengkapi dengan layar AMOLED berukuran 6,4 inci dengan resolusi Full HD+. Layarnya sudah mendukung refresh rate 90Hz, dan juga in-display fingerprint dengan respon yang cepat.

Sektor dapur pacunya ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 765G 5G. Kinerjanya juga didukung dengan keberadaan RAM 8 GB dan memori penyimpanan 128 GB.

Pada sektor fotografinya, terdapat empat kamera di bagian belakang. Komposisinya terdiri dari kamera utama 64MP, 8MP Ultra Wide-angle, 2MP Macro, dan 2MP Mono.

{Baca juga: Oppo Reno5 5G Dirilis di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harganya}

Fitur kameranya terdiri dari AI Color Portrait, AI Monochrome Video AI Mixed Portrait, Dual-view Video, AI Highlight Video yang terdiri dari Live HDR dan Ultra Night Video, Ultra Steady Video.

Oppo Reno5 5G tersedia dengan harga resmi Rp 6.999.000. Perangkat ini sudah dijual perdana di Tanah Air sejak 5 Februari lalu. (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0