telset

Gaming Test Oppo Reno5: Respon Cepat, Main Game Lancar

Telset.id – Diperkenalkan di Indonesia dengan prosesor yang sama dengan seri terdahulu, membuat kami penasaran soal kemampuan dapur pacu dari Oppo Reno5. Sebelumnya, kami sudah melakukan uji performa ponsel ini dan sekarang kami akan melakukan gaming test Oppo Reno5.

Oppo masih menyematkan prosesor yang sama dengan seri sebelumnya untuk Reno5. Smartphone ini ditenagai oleh prosesor octa-core 2.3 GHz Snapdragon 720G.

Prosesor dengan arsitektur 8nm ini sudah dilengkapi dengan pemrosesan grafis alias GPU Adreno 618. Dari uji performa Oppo Reno5 yang kami lakukan sebelumnya, GPU Adreno 618 meraih hasil yang tak memalukan.

Berdasarkan pengujian kemampuan grafis menggunakan aplikasi 3DMark, Reno5 lebih baik daripada 83% perangkat yang pernah diuji menggunakan skema Sling Shot.

Sementara dalam pengujian Sling Shot Extreme, HP terbaru Oppo ini lebih bagus dibandingkan 60% perangkat lainnya.

Dari pengujian menggunakan skema Wild Life Stress Test, Oppo Reno5 pun memiliki tingkat Stability hingga 99,7%. Sedangkan untuk Wild Life, ponsel pintar ini mendapatkan Average FPS 6.30 poin saja.

Apabila melihat hasil tersebut, seharusnya Oppo Reno5 sanggup menjalankan berbagai pilihan game terbaik Android yang ada di Google Play Store, mulai dari game ringan sampai berat sekalipun.

Tentu saja, tidak semua game yang bisa dimainkan dalam satu perangkat. Tapi setidaknya, ada beberapa game terkini yang dapat pengguna coba di HP Android mereka, termasuk Oppo Reno5.

Nah, dalam gaming test kali ini, kami akan mencoba bermain empat game di Oppo Reno5, yakni COD Mobile, PUBG Mobile, Asphalt 9, dan game terbaru Stumble Guys. Berikut ulasan lengkapnya!

Spesifikasi Oppo Reno5

Oppo Reno5 Indonesia

Sebelum masuk ke topik utama gaming test Oppo Reno5, kami akan membahas sisi spesifikasi dari ponsel seharga Rp 4,9 jutaan ini.

Di sektor layar, Oppo Reno5 mendapatkan peningkatan cukup signifikan. Smartphone ini mengusung layar berjenis AMOLED berukuran 6,4 inci dengan resolusi Full HD+.

Layar Oppo Reno5 kini sudah mendukung fitur refresh rate 90Hz dan touch sampling rate 180Hz. Tentu saja, fitur ini sangat berguna bagi para gamer yang ingin merasakan bermain game secara smooth tanpa kendala.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Oppo Terbaru}

Oppo Reno5 juga sudah dimotori oleh prosesor Snapdragon 720G. SoC ini bisa dibilang sebagai chipset khusus gaming, karena ada fitur bernama Qualcomm Snapdragon Elite Gaming yang memberikan pengalaman grafis tinggi dan smooth kepada pengguna.

Prosesor Snapdragon 720G dipadukan dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB yang bisa ditambah dengan microSD hingga kapasitas 256 GB, serta baterai berkapasitas 4.310 mAh dengan dukungan fast charging 50W.

Spesifikasi Oppo Reno5
Network 2G, 3G, 4G
OS Android 11, ColorOS 11.1
Chipset Qualcomm Snapdragon 720G (8 nm)
GPU Adreno 618
RAM 8 GB
Memori 128 GB
Dimensi 160.3 x 73.9 x 7.7 mm
Layar AMOLED 6,4 inci Full HD+
Kamera Utama 64 MP kamera utama, 8 MP ultrawide, 2 MP makro, dan 2 MP mono
Kamera Depan 44 MP
Baterai 4.310 mAh, 50W Flash Charge
Warna Stary Black dan Fantasy Silver
Cek Harga Rp 4.999.000

Fitur Gaming

Gaming Test Oppo Reno5

Oppo Reno5 sudah berjalan di sistem operasi ColorOS 11 berbasis Android 11. Tentu saja, ada fitur gaming di sini bernama Game Space.

Sama seperti seri OS sebelumnya, Game Space di ColorOS 11 memiliki opsi bernama Competition Mode untuk menambah experience gaming dari pengguna dengan meningkatkan kemampuan ponsel.

Game Space juga punya kemampuan untuk memblokir notifikasi masuk yang akan mengganggu jalannya permainan. Selain itu, ada opsi juga untuk menolak panggilan otomatis. Menarik kan?

Pengaturan lainnya, sistem dapat menyesuaikan resolusi permainan secara otomatis (apabila diaktifkan), mengunci intensitas cahaya, hingga Quick Startup untuk membuka kembali game yang terakhir dimainkan.

Gaming Test Oppo Reno5

Gaming Test Oppo Reno5

Ada empat game yang telah kami coba ketika menulis gaming test Oppo Reno5, yakni COD Mobile, PUBG Mobile, Asphalt 9, dan game terbaru Stumble Guys.

Dalam melakukan pengujian, kami juga mengaktifkan fitur untuk menampilkan refresh rate di layar. Fitur ini dapat diaktifkan melalui Developer Options (aktifkan dengan klik Build Number 7 kali), dan aktifkan toggle Show Refresh Rate.

Fitur ini berguna untuk melihat apakah permainan yang kami coba dapat dimainkan di konsisi layar 90Hz atau tidak. Kami juga secara simultan mengecek informasi FPS yang ditampilkan oleh Game Assistant.

Hasil Gaming Test

Gaming Test Oppo Reno5

Saat melakukan pengujian, kami pun mengatur grafis dan frame rate pada game yang kami coba, dalam hal ini COD Mobile dan PUBG Mobile saja.

Di COD Mobile, Oppo Reno5 sanggup menjalankannya dengan grafis “rata kanan” alias Very High. Sedangkan PUBG Mobile, kami bisa memainkannya dengan grafis HD dan frame rate High.

Selama bermain keempat game, Oppo Reno5 hanya menampilkan game di refresh rate 60Hz saja. Hal tersebut tertera dari informasi yang tampil di sudut kiri atas layar.

Akan tetapi, pengalaman main game di Oppo Reno5 jauh lebih smooth ketimbang Oppo Reno4 yang pernah kami lakukan gaming test juga.

COD Mobile, Asphalt 9, dan Stumble Guys dapat dimainkan secara stabil di 60 FPS. Sementara PUBG Mobile, hanya sanggup dijalankan di 30 FPS saja dengan grafis tertinggi.

{Baca juga: Gaming Test Oppo Reno4: 60 FPS di Grafis “Rata Kanan”}

Berkat touch sampling rate yang cepat, respon layar tergolong menakjubkan. Fitur layar ini sangat berguna untuk game tembak-tembakan seperti COD Mobile maupun PUBG Mobile.

Pasalnya, layar merespon dengan cepat perintah dari sentuhan oleh ujung jari. Selain itu, touch sampling rate yang tinggi pun berpengaruh terhadap gambar selanjutnya yang ditampilkan oleh layar.

Perpaduan refresh rate dan touch sampling rate yang tinggi tentu saja membuat tampilan lebih halus dengan respon yang jauh lebih cepat. Hal ini pun menjadi salah satu faktor penentu kemenangan saat bermain game.

Nah, itu tadi gaming test dari Oppo Reno5 yang telah kami lakukan. Bagaimana menurut Anda, sob? (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0