Layanan VoLTE Bisa untuk Panggilan Antar Operator, tapi…

Telset.id, Jakarta – Operator mulai menghadirkan layanan Voice over LTE (VoLTE) di Indonesia seperti Telkomsel, XL Axiata dan Smartfren. Lantas apakah layanan VoLTE yang saat ini ada bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon antar operator?

Menurut Group Head Commercial GTM XL Axiata Rahmadi Mulyohartono layanan VoLTE khususnya layanan dari XL Axiata bisa saja digunakan untuk melakukan panggilan telepon antar operator. Hal tersebut bisa dilakukan jika operator lain juga memiliki layanan VoLTE.

{Baca juga: XL Axiata Hadirkan VoLTE di Indonesia Secara Bertahap}

“Bisa telepon ke operator lain, tapi yang sudah VoLTE juga, itu bisa dilakukan. Yang digarisbawahi interkoneksi sama karena sama-sama interkoneksi existing,” kata Rahmadi via konferensi pers virtual pada Selasa (18/08/2020) kemarin.

Rahmadi mengatakan jika layanan ini memiliki keunggulan dengan panggilan telepon melalui jaringan 2G atau 3G. Jaringannya memiliki kualitas suara yang lebih jernih dan lebih cepat saat melakukan sambungan telepon ketimbang jaringan 2G atau 3G.

“Jaringan VoLTE memiliki kecepatan sambung yang jauh lebih cepat dengan suara yang jernih,” tutur Rahmadi.

Sebelumnya XL menghadirkan layanan VoLTE secara bertahap di beberapa kota untuk meningkatkan pengalaman pengguna dengan menghadirkan layanan panggilan telepon menggunakan jaringan 4G LTE.

{Baca juga: Telkomsel Hadirkan Layanan VoLTE, Ini 3 Keunggulannya!}

Pada tahap awal, jaringan XL Axiata siap mendukung di wilayah Jakarta dan Medan. Selanjutnya, XL akan terus memperluas ke area lainnya seiring dengan penyiapan jaringan infrastruktur pendukungnya.

Untuk kesiapan jaringan mendukung layanan ini, XL bekerja sama dengan Ericsson dan Huawei sebagai mitra teknologi untuk jaringan radio dan core. Hingga akhir tahun 2020 ini layanan VoLTE XL akan ada di 13 kota yang kemudian akan terus diperluas.

Optimasi jaringan juga telah dilakukan untuk memastikan semua fitur utama dapat dijalankan, seperti antara lain layanan VoLTE to VoLTE, VoLTE to non-VoLTE seperti layanan suara 2G dan 3G dan sebaliknya, termasuk juga layanan Video over LTE (ViLTE).

Pada tahap awal layanan ini didukung oleh lebih dari 3.000 BTS 4G XL Axiata yang tersebar di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Medan.

{Baca juga: Percepat Transformasi Digital, XL Axiata Gandeng Google Cloud}

Saat ini XL sedang menyiapkan BTS-BTS di kota-kota lainnya untuk mendukung layanan VoLTE di tahap selanjutnya. Operator asal Malaysia ini perlu melakukan optimasi jaringan secara menyeluruh sehingga benar benar siap untuk layanan VoLTE.

Jika semua jaringan sudah selesai dioptimasi, XL berencana ke depan seluruh BTS 4G/LTE akan dipersiapkan untuk mendukung layanan VoLTE. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI